Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTB

Rating: 87 out of 100, by 122 users
pemandangan bawah laut pantai kencana - Bali & NTB : Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTB

Pantai Kencana – Sumbawa memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya, terutama keindahan alam pantainya. Salah satunya adalah Pantai Kencana yang merupakan pantai terbaik untuk dikunjungi wisatawan. Pantai ini termasuk dalam kawasan hotel dimana keasriannya tetap terjaga dan masih sangat alami dengan hamparan pasir putihnya yang memukau.

Lokasi Dan Transportasi

Pantai Kencana terletak sekitar 11 Kilometer dari Kota Sumbawa Besar, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Untuk rutenya hanya ikuti saja Jalan Provinsi ke arah Pelabuhan Poto Tano, nanti anda akan tiba di Pelabuhan Badas. Dari sini anda berjalan lagi sekitar 500 meter ke arah Barat, barulah anda akan menemukan gerbang masuk ke Pantai ini yang berada di sebelah kanan jalan. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar 20 menit dengan kendaraan,

Banyak alternatif transportasi yang bisa anda gunakan untuk menuju kesini. Jika ingin lebih hemat, anda dapat naik angkot, ongkosnya sekitar Rp 5.000*) per orang. Alternatif lainnya anda dapat menyewa jasa ojek ataupun dengan naik taksi. Ongkosnya biasa akan ditentukan berdasarkan jarak yang di tempuh.

Semakin jauh perjalanan anda maka semakin mahal pula ongkos yang harus di bayar, begitu pula sebaliknya.

Jika anda memiliki dana lebih atau datang berombongan, tidak ada salahnya untuk menyewa mobil saja. Selain tidak repot, anda pun dapat lebih berhemat karena bisa patungan biaya sewa.

Di Sumbawa banyak tersedia jasa penyewaan dengan berbagai jenis mobil seperti Avanza, Xenia, Innova dan APV. Tarif yang dipasang pun bermacam-macam tergantung dari jenis mobil yang akan disewa. Biasa harga sewanya berkisar antara Rp 400.000*) – Rp 500.000*) per harinya dan dengan tarif tersebut biasanya sudah termasuk pula dengan sopir. Jadi anda tidak perlu lagi bingung mencari rutenya karena sopir disini sudah sangat paham dengan jalur yang akan dilalui.

Fasilitas dan akomodasi

Walau terletak di dalam kawasan Hotel Kencana, pantai ini terbuka untuk umum. Pihak pengelola mengizinkan siapa pun yang ingin menikmati suasana pantai tanpa harus menginap di cottage yang tersedia di pantai ini. Pengunjung juga bisa menggunakan kolam renang yang ada di sini dengan leluasa.

Konsep natural dan modern menjadi konsep awal pembangunan penginapan di Pantai Kencana. Bentuknya yang seperti rumah panggung, rumah adat masyarakat Sumbawa, menjadikan penginapan ini terlihat unik.

Keunikan lain yang dapat ditemui di pantai yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumbawa Besar ini adalah adanya pura yang dibangun di atas bukit. Rumah ibadah umat Hindu ini semakin melengkapi keindahan Pantai Kencana. Dari atas bukit ini, Anda dapat melihat dengan jelas garis Pantai Kencana yang melengkung dengan indah.

Wisata

Pantai Kencana merupakan pantai yang termasuk dalam kawasan Hotel. Jadi jangan heran saat anda tiba di gerbangnya akan menemui tulisan “Hotel Pantai Kencana”. Sebelumnya untuk masuk ke kawasan pantai ini anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.000*) per orang dan Rp 1.000*) untuk parkir motor. Karena merupakan kawasan hotel, fasilitas yang ada pun cukup lengkap. Sepanjang pinggiran pantai terdapat beberapa cottage yang bentuk bangunannya sangat khas dengan Sumbawa, cukup membantu bagi anda yang ingin menginap.

Terdapat pula restoran dan beberapa toko souvenir yang bisa anda beli untuk oleh-oleh di rumah nantinya. Tidak hanya itu, di pantai ini pula terdapat kolam renang yang di sekelilingnya dibuat taman lengkap dengan ukiran-ukirannya. Pohon-pohon Palm yang tumbuh di sekitarnya pun semakin membuat sejuk suasana.

Pantai Kencana terbilang masih sangat bersih dan alami, hal ini dikarenakan masyarakat sekitar yang selalu menjaga kelestarian pantai, begitu pula dukungan dari para pengunjungnya. Pasirnya yang putih bersih seakan memanjakan mata saat memandangnya, hembusan angin laut yang segar dan pohon-pohon yang tumbuh di sepanjang bibir pantai pun semakin membuat sejuk suasana.

Dijamin akan membuat anda betah untuk berlama-lama disini. Pantai Kencana memiliki bentuk yang unik, dimana bentuknya melengkung dan disalah satu sisinya terdapat bebatuan karang dengan bentuk yang unik pula. Air lautnya pun sangat jernih, bahkan dari permukaan airnya saja kita dapat melihat biota laut yang ada di dalamnya. Harap berhati-hati saat hendak bermain air di pantai ini karena bentuk dasarnya yang curam sehingga terdapat bagian dasarnya yang langsung dalam.

Keindahan yang disajikan pantai ini tidak hanya sebatas di permukaan saja, panorama alam bawah lautnya pun tak kalah cantiknya yang sayang untuk dilewatkan. Jika ingin menikmatinya anda bisa menyewa peralatan snorkeling ataupun diving yang ada di sekitar pantai.

pemandangan bawah laut pantai kencana - Bali & NTB : Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTB
garis pantai melengkung pantai kencana - Bali & NTB : Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTB

Pemandangan alam pantai ini tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di tempat lain. Seperti tak cukup waktu jika hanya sebentar saja mengunjunginya karena selalu banyak cara untuk menikmati setiap pesonanya. Jika anda berniat untuk bermalam disini, sebaiknya jangan lewatkan untuk barbeque bersama rekan dan keluarga. Tentunya akan menjadi cerita yang sangat menyenangkan dengan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Obyek Wisata lain yang ada disekitar Pantai Pasir Kencana adalah adanya Krematorium, pura, tambak ikan serta Aquarium Ikan Laut yang ada di Pelabuhan Perikanan.

Tips

1. Bawalah barang seperlunya saja, jangan sampai membuat anda repot sendiri saat dalam perjalanan nantinya.

2. Jika anda tidak tahan dengan cuaca pantai yang panas, sebaiknya bawalah topi atau payung. Bawalah pula sunblock untuk melindungi kulit anda dari sengatan matahari.

3. Gunakanlah pakaian yang mudah kering dan nyaman.

4. Berhati-hatilah saat bermain air di laut, terutama jika anda membawa anak kecil, sebaiknya selalu awasi mereka.

5. Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan atau jika tidak sebaiknya anda membawa plastik sampah sendiri untuk dibawa pulang. Hal ini untuk menjaga kelestarian pantai agar selalu nampak bersih dan indah.

Bermain di pantai merupakan liburan yang sangat mengasikkan. Deburan ombak dan hembusan angin lautnya terkadang mampu membuat tenang pikiran. Jika anda berniat liburan ke Sumbawa pastikan Pantai Kencana masuk dalam daftar tujuan wisata anda. Ajaklah serta rekan dan keluarga anda agar liburan semakin menyenangkan.

 

Galeri foto dari informasi tentang Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTB

Ada 6 gambar di dalam Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTB informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

pemandangan bawah laut pantai kencana - Bali & NTB : Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTBsunset di pantai kencana - Bali & NTB : Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTBtaman di kawasah pantai kencana - Bali & NTB : Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTBgaris pantai melengkung pantai kencana - Bali & NTB : Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTBpanorama pantai kencana - Bali & NTB : Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTBPAsir putih Pantai kencana - Bali & NTB : Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTB

Apa pendapatmu tentang Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Pasir Kencana, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Hidden Bay, Raja Ampat –
Wilayah timur Indonesia memang surga keindahan pantai dan laut. Sebut saja mulai dari Bali, ...

Pantai Dalegan Panceng Gersik
Pantai ini terletak di desa Delegan Kecamatan Panceng dari Gresik kota berjarak sekitar ...

Gili Nanggu, Lombok Barat R
Tak banyak yang mengetahui bahwa Pulau Lombok tak hanya memiliki gili yang berjumlah ...

Pantai Karang Hawu, Sukabumi &
Panorama alam yang indah, udaranya sejuk, dan hamparan pasirnya yang luas dan lembut,ma ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kampung Baru, Bulungan – Kalima
Pulau Rani, Raja Ampat – Papua
Pulau Ular, Sumbawa – NTB
Gili Lampu, Lombok – NTB
Pantai Lombang, Sumenep – Madura
Pantai Lamaru Balikpapan – Potensi
Pantai Palippis, Polewali Mandar –
Pantai Ule, Pulau Sumbawa.- Nusa Tenggar

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.