Pantai Lawata, Bima – NTB

Rating: 87 out of 100, by 123 users
suasana senja di pantai lawata - Bali & NTB : Pantai Lawata, Bima – NTB

Pantai Lawata – Pantai merupakan suguhan wisata yang umum di Indonesia khususnya di kawasan yang berupa pulau seperti Sumbawa. Namun, pantai yang dimiliki pulau ini terlihat sangat cantik karena didukung oleh pemandangannya yang indah dan berbukit-bukit. Tak sulit mencari pantai di pulau ini, bahkan tak jauh dari pusat kota Kabupaten Bima di Sumbawa pun anda sudah bisa menemukannya, salah satunya seperti Pantai Lawata.

Lokasi dan Transportasi

Seperti disebutkan sebelumnya, Pantai Lawata merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Bima tepatnya di kawasan kelurahan Sambinae atau kurang lebih berjarak hanya sekitar lima kilometer dari pusat pemerintahan kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pantai ini juga berada di dekat jalan provinsi dan posisinya terletak tak jauh dari awal memasuki kawasan kabupaten Bima.

Walaupun tidak jauh, tetapi bagi anda yang berada di ibukota Provinsi, yakni kota Mataram di Pulau Lombok, untuk mencapai Bima anda masih harus menyebrang menuju Pulau Sumbawa menggunakkan kapal ferry selama 2 jam penyebrangan, kemudian melanjutkan perjalanan darat sekitar 5 jam untuk tiba di Kabupaten Bima.

Anda bisa menggunakkan bis dari terminal bertais dengan jurusan Bima/Dompu, sehingga anda tak perlu naik turun kendaraan dan tak perlu bingung lagi mencari kendaraan untuk menuju Bima setibanya di pelabuhan pototano di Pulau Sumbawa. Namun, jika tak ingin lama di jalan, anda bisa menggunakkan pesawat dan tiba di Bandara Sultan Mahmud Salahudin yang berada di Kabupaten Bima.

Setibanya di Bima, anda bisa mencari kendaraan yang akan membawa anda menuju Pantai Lawata. Umumnya, untuk mencapai pantai ini, anda bisa menggunakkan ojek ataupun taksi. Namun, jika anda ingin lebih merasakan kenyamanan ataupun ingin berkeliling-keliling ke tempat-tempat lainnya, anda bisa menyewa kendaraan roda empat. Per harinya, biasanya anda akan dikenakan biaya sewa sekitar Rp 400.000*) hingga Rp 600.000*).

Harga tersebut sudah termasuk sopir. Namun, jika anda tidak menggunakkan sopir atau anda membawa kendaraan pribadi, anda bisa langsung menuju jalan raya provinsi yang menghubungkan bima dengan beberapa kabupaten lain. Nah, tak jauh dari awal anda memasuki Bima, di sanalah anda bisa menemukan Pantai Lawata.

Jangan segan untuk bertanya apabila anda ragu ataupun bingung masalah rute untuk mengurangi kemungkinan tersesat. Gerbang masuk Pantai Lawata akan ditandai dengan adanya portal kayu. Anda tinggal masuk dan dapat menikmati wisata anda di Pantai Lawata.

Fasilitas dan Akomodasi

Lawata memang sudah sejak dulu menjadi sebuah obyek wisata atau tempat piknik bagi masyarakat Bima. Lawata terletak hampir di luar kota Bima, berupa sebuah “tonjolan” ke teluk Bima.

Di Lawata terdapat sebuah bukit kecil yang memiliki beberapa buah gua kecil. Pantainya bukanlah tempat yang bagus untuk bermain air, namun air lautnya bisa dibilang cukup jernih walaupun kadang berlumpur dan banyak batu-batu yang berserakan.

Fasilitas berupa cottage, toilet umum, warung-warung makan, serta penginapan juga telah tersedia di pantai ini. Untuk cottage, anda harus menyewanya dan muat untuk sekeluarga ataupun rombongan yang memiliki kapasitas kurang lebih 10 orang. Cottage ini cukup lengkap dimana bagian depan anda bisa melihat langsung ke arah pantai, di bagian dalam berupa lesehan serta di belakangnya anda bisa mendapatkan tempat barbeque untuk mengisi acara wisata anda.

Sayangnya, sudah banyak cottage yang memiliki kondisi kurang baik. Bagi anda yang membawa anak-anak, Pantai Lawata juga menyediakan lokasi kolam renang yang mungkin bisa lebih aman dibandingkan jika si kecil bermain air di lautan.

Wisata

Pantai Lawata merupakan salah satu pantai yang dijadikan sebagai alternatif wisata bagi masyarakat Kabupaten Bima. Tak hanya karena jarak yang dekat, namun akses jalan yang mudah serta tak sulit untuk dijangkau, menjadikannya sebagai sasaran wisata sebagian masyarakat Bima.

Namun, tak hanya penduduk setempat, beberapa wisatawan dari luar Bima ataupun Sumbawa juga sering mengunjungi pantai ini untuk mengisi kunjungan wisatanya selama menikmati keindahan alam Pulau Sumbawa.

Asal nama Lawata sendiri sebenarnya memiliki legenda yang berasa dari seorang musafir dari Jawa yang dikenal sebagai Sang Bima. Pada saat itu, Sang Bima datang bersama istri yang merupakan anak dari Ncuhi di Tambora.

Untuk melakukan penyambutan, digelar tarian di pantai dan untuk mempersilahkan tamunya duduk, para Ncuhi berkata “Ake Lawang Ita”, dimana lawang berarti pintu masuk dan ita adalah tuan. Kemudian Lawang Ita dijadikan nama pantai yakni Lawata dengan artian pintu masuk di kota Bima.

Objek wisata Pantai Lawata menyuguhkan panorama alam yang indah dengan hamparan pasir putihnya yang halus serta air laut yang biru dan jernih. Beberapa tonjolan perbukitan pun tampak menghiasi dan menyejukkan pandangan anda dengan warna hijau dan sedikit kekuningan.

suasana senja di pantai lawata - Bali & NTB : Pantai Lawata, Bima – NTB
salah satu penginapan di pantai lawata - Bali & NTB : Pantai Lawata, Bima – NTB

Pantai yang menghadap langsung ke kawasan teluk bima ini memiliki ombak yang tenang sehingga cukup aman untuk bermain air ataupun berenang di bibir pantainya. Pantai ini juga tergolong landai, namun pada bagian utara dan ke bagian tengahnya, kondisi pantai cukup curam sehingga harap berhati-hati, khususnya bagi yang belum terlalu mahir berenang.

Untuk masuk ke kawasan Pantai Lawata, biasanya anda dikenakan biaya retribusi yang tampaknya liar. Biasanya yang meminta uang tersebut adalah penduduk sekitar. Namun, harga yang dipinta tidak begitu besar, hanya sekitar Rp 1.000*) saja untuk uang parkir kendaraan bagi yang membawa kendaraan.

Tips

1. Sebaiknya bawalah tikar ataupun alas duduk lainnya bagi anda yang ingin bersantai atau piknik di Pantai Lawata. Karena, bila tak menyewa cottage, anda hanya bisa duduk-duduk di atas batu ataupun pasir saja.

2. Jika saat anda tiba di pantai tak ada petugas jaga di portal, anda bisa membukanya sendiri dan memarkirkan kendaraan anda di sekitar portal tersebut.

3. Dalam memilih cottage, pilihlah yang kondisinya baik agar anda tidak merasa kecewa sehingga mengganggu mood liburan anda.

Berwisata di negeri sendiri seperti Pantai, merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan penat dengan keseharian. Apalagi jika pantai tersebut tak jauh dari kawasan perkotaan dan mudah dijangkau seperti Pantai Lawata.

 

Galeri dari berita tentang Pantai Lawata, Bima – NTB

Ada 4 gambar di dalam Pantai Lawata, Bima – NTB berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 gambar high-res.

pantai lawata - Bali & NTB : Pantai Lawata, Bima – NTBpemandangan pantai lawata dari atas bukit - Bali & NTB : Pantai Lawata, Bima – NTBsalah satu penginapan di pantai lawata - Bali & NTB : Pantai Lawata, Bima – NTBsuasana senja di pantai lawata - Bali & NTB : Pantai Lawata, Bima – NTB
Diposting pada 10 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: liburan, teluk, ikan, Info Lawata, Lawata, pantai NTB, wisata bahari .

Apa pendapatmu tentang Pantai Lawata, Bima – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Lawata, Bima – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Ulee Rubek, Lhokseumawe
Pantai Ulee Rubek – Bingung mencari lokasi wisata terutama pantai yang menawan di ...

Pantai Baloiya, Kota Banteng &
Berdekatan dengan ibukota kabupaten nya, kota Bantaeng, pasir putih terhampar sepanjang 300 meter ...

Pantai Suluban, Eksotisme di B
Pantai Suluban berada di Desa Pecatu yang terletak di ujung selatan Kabupaten Badung, ...

Pantai Goa Lawah, Klungkung &#
Pariwisata Bali seolah tak akan pernah ada habisnya untuk dibahas dan diketengahkan. Negeri ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kusamba di Pulau Bali
Pantai Salira di Serang Banten
Pulau Hoga, Wakatobi – Sulawesi Tengga
Pulau handelwum – Banten
Pulau Satonda, Sumbawa – NTB
Pantai Tanjung Lesung Kehangatan Pasir P
Pantai Lawar, Sumbawa – NTB
Pulau Weigo, Raja Ampat – Papua

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.