Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang – Banten

Rating: 82 out of 100, by 63 users
Kondisi Pesisir panlau Burungtai Pu - Banten : Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang – Banten

Terletak disudut paling barat Pulau Jawa, Provinsi Banten ternyata memiliki banyak sekali lokasi wisata alam yang menawarkan pemandangan nan indah. Tak hanya itu, Provinsi yang dahulu masih bergabung dengan Provinsi Jawa Barat ini, juga menyimpan banyak sekali pulau-pulau eksotik yang sangat layak untuk kita kunjungi. Diantaranya adalah, Pulau Manuk atau sering disebut dengan Pulau Burung, yang terletak di Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Pulau ini menjadi salah satu pulau wisata andalan Provinsi Banten dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pesona keindahan pantai di pulau yang berada tidak terlalu jauh dari Pantai Sawarna ini sungguh begitu eksotik. Anda akan menemukan hamparan gugusan karang dengan ukuran besar, butiran pasir berwarna putih bersih, serta airnya yang berwarna biru jernih, akan menjadi salah satu pemandangan yang menghiasi pantai di Pulau Burung tersebut.

Cagar Alam Pulau Burung

Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa pulau tersebut dinamakan dengan Pulau Manuk atau Pulau Burung, Pulau yang sejatinya memiliki luas sekitar 30 hektar dan berada dilepas pantai Banten tersebut, ternyata menjadi sebuah kawasan wisata cagar alam yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Banten, dimana terdapat beraneka jenis burung yang hidup didalamnya.

Terdapat sekitar 14 ribu ekor burung dari berbagai spesies, diantaranya Elang Jawa, Burung Bangau, Belibis, serta beberapa jenis hewan lainnya, seperti Lutung dan Siamang, yang dilindungi dilokasi wisata cagar alam Pulau Burung tersebut. selain itu, hampir sekitar 85 jenis tumbuhan juga dapat kita temukan disekitar taman wisata cagar alam ini.

Lokasi

Untuk sampai di Pulau Burung, kita harus menempuh perjalanan sekitar 90 kilometer lebih dari kota Jakarta menuju Serang Banten. Yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum pedesaan menuju desa Kasemen dan menempuh jarak sekitar 20 kilometer.

Terhitung untuk sampai di desa kasemen kita akan menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 6 jam untuk sampai. Dari Kasemen inilah, untuk sampai dilokasi wisata Cagar Alam Pulau Burung kita dapat berjalan kaki melalui kota Banten Lama atau menggunakan jasa penyebrangan dengan perahu yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit melalui daerah Sawah Luhur, Kasemen.

Wisata

Di pulau Burung, kita juga dapat menyaksikan sekawanan burung yang sering terbang rendah disaat menjelang matahari terbenam. Salah satu pemandangan eksotik yang akan mengisi waktu kita, sembari menikmati keindahan alam yang disajikan dipinggir pantai Pulau Burung.

Keunikan lain yang dimiliki oleh lokasi wisata Cagar Alam Pulau Burung adalah, pulau ini juga menjadi salah satu tempat persinggahan bagi berbagai jenis burung yang tengah bermigrasi. Menurut sebuah data, pulau ini selalu dipenuhi oleh ribuan burung yang datang dari berbagai Negara.

Diperkirakan hampir sekitar 40.000 ekor burung dari berbagai jenis dan spesies, datang dan singgah ke pulau ini berasal dari benua Australia, Asia, dan Afrika. Maka tidak salah bila Pulau Burung juga banyak dikunjungi oleh para pemerhati kehidupan satwa lokal maupun asing, dan digunakan sebagai tempat untuk mempelajari dan melakukan penelitian terhadap ribuan burung yang tengah bermigrasi tersebut.

Bagi anda yang ingin menyaksikan pemandangan ribuan ekor burung yang tengah bermigrasi dan singgah di Pulau Burung tersebut. Sebaiknya anda datang kepulau ini pada bulan April dan Agustus, pasalnya dibulan inilah diperkirakan sekitar 60 jenis spesies burung-burung yang berasal dari berbagai belahan dunia tersebut mulai bermigrasi dan singgah di Pulau Burung.

Sungguh sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan, bila kita dapat menyaksikan secara langsung ribuan jenis burung tersebut terbang secara bergerombol dan membentuk sebuah barisan yang indah diatas pesisir pantai Pulau Burung tersebut.

Mengingat kawasan ini merupakan areal cagar alam, kita tidak akan menemukan penginapan yang menawarkan berbagai fasilitas disana. Bisa saja kondisi tersebut bertujuan untuk tetap menjaga keasrian dan melindungi berbagai habitat yang ada disana. Bagi anda yang mencari tempat penginapan, sebaiknya anda berkunjung ke Pulau Umang yang berada di Teluk Sumur, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pasalnya berbagai fasilitas serta kecerian juga dapat kita temukan di pulau tersebut.

Kondisi Pesisir panlau Burungtai Pu - Banten : Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang – Banten
Pemandangan Alam Pulau Burung - Banten : Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang – Banten

Pulau Umang memiliki keindahan alam yang masih alami dengan pasirnya yang putih, serta air laut yang begitu jernih. Untuk mencapai Pulau Umang, Anda harus terlebih dahulu melewati jalan darat yang cukup panjang menuju daerah Sumur. Daerah tersebut memiliki jarak sekitar 183 km dari Jakarta melewati Pandeglang dan waktu tempuh kurang lebih sekitar 6 jam. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang laut menggunakan speedboat menuju Pulau Umang, dengan waktu tempuh hanya 5 menit.

Kita dapat menemukan berbagai jenis penginapan dipulau yang diperkirakan hanya memiliki luas sekitar 5 hektar tersebut, mulai dari cottage hingga hotel ataupun resort yang menawarkan banyak fasilitas yang memadai. Selain itu terdapat pula beberapa restaurant untuk menemani anda berwisata kuliner, serta berbagai fasilitas olahraga air. Jadi, anda dapat menjadikan Pulau Umang sebagai lokasi wisata untuk bersantai setelah berkunjung dan menikmati pesona Cagar Alam Pulau Burung.

 

Galeri foto dari berita tentang Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang – Banten

Ada 4 gambar di dalam Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang – Banten berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 gambar high-res.

Sekawanan Burung di cagar alam Pulau Burung - Banten : Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang – BantenKondisi Pesisir panlau Burungtai Pu - Banten : Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang – BantenPemandangan Alam Pulau Burung - Banten : Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang – Bantenpulau Burung ( Pulau Manuk ) - Banten : Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang – Banten

Apa pendapatmu tentang Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang – Banten

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang – Banten Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Batu Payung, Bengkayang
Pantai ini sebenarnya merupakan perkampungan nelayan Batu Payung, Bengkayang. Dinamakan Pantai Batu Payung, ...

Pantai Jungwok Keindahan Terse
Panorama di Pantai Jungwok sangat indah dan luas. Letak pantai ini di sebelah ...

Pantai Canggu Surga Terkenal P
Pantai Canggu terletak di Desa Canggu, kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, sekitar 30 ...

Pantai Torowamba, Sumbawa R
Berlibur ke pantai merupakan salah satu pilihan yang bisa anda lakukan untuk menenangkan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi
Pantai Cermin Ulee Lheue – Banda Aceh
Pantai Petanahan Kebumen
Pantai Lagundri, Nias – Sumatera U
Pantai Carocok Painan nan Rancak di Rana
Pantai Losari di Makassar
Pantai Sili, Sumbawa – NTB
Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.