Pulau handelwum – Banten

Rating: 82 out of 100, by 62 users
pulau handeleum - Banten : Pulau handelwum – Banten

Berpetualang menyusuri pepohonan rindang yang masih begitu asri ditengah hutan, serta dipenuhi dengan berbagai satwa liar yang hidup bebas didalamnya, memang menjadi sebuah kegiatan yang menawarkan sensasi dan pengalaman tersendiri. Pasalnya kegiatan yang tergolong dapat memacu adrenalin ini, hanya dapat dilakukan bagi mereka yang benar-benar memiliki jiwa petualang.

Bagi anda yang menyukai kegiatan berwisata alam tersebut, terdapat berbagai lokasi dengan menawarkan sensasi alam liar tersebut, di Provinsi Banten. Diantaranya adalah, Pulau Handeleum yang berada disekitar Semenanjung Ujung Kulon.

Terdapat berbagai tempat yang menyajikan pesona berwisata alam liar dan dapat anda temukan di sekitar lokasi yang telah dijadikan sebagai salah satu habitat asli Badak Jawa ini. Semenanjung Ujung Kulon merupakan daerah kepulauan yang berada di titik paling ujung dari Pulau Jawa, dimana terdapat sebuah suaka perlindungan satwa liar bernama Taman Nasional Ujung Kulon dan dikelola oleh pihak Depertemen Perhutanan Indonesia.

Berbagai pesona alam yang begitu menakjubkan juga dapat kita nikmati disekitar pesisir Semenanjung Ujung Kulon tersebut, diantaranya yakni pesona keindahan berbagai batu karang berukuran besar bernama Karang Copong yang berada disekitar laut kepulauan Semenanjung Ujung Kulon tersebut. Menyaksikan pesona Karang Copong akan memberikan kenikmatan dan kepuasan tersendiri bagi anda, pasalnya untuk sampai dilokasi tersebut anda harus berjalan menyusuri lintasan dan memotong hutan yang rindang.

Transportasi

Untuk sampai di Pulau Handeleum kita dapat menggunakan jasa kapal penyebrangan melalui dermaga yang terdapat di desa Sumur dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 1 jam untuk sampai disana. Umumnya para wisatawan terlebih dahulu singgah di sebuah pulau kecil yang berada tidak jauh dari Pulau Handeleum bernama Pulau Badul. Pasalnya anda dapat menemukan keceriaan berwisata air seperti, berenang ataupun senorkling, guna menikmati pesona alam bawah laut yang disajikan dipulau tersebut.

Wisata

Semenenjung Unjung Kulon, sejatinya memang sebuah lokasi wisata yang banyak sekali menyajikan berbagai lokasi untuk menikmati berbagai keseruan berpetualang dialam liar. Selain, objek wisata bahari Pantai Tanjung Layar, Pantai Ciramea, serta lokasi Taman Laut Citerjun yang terdapat di Pulau Peucang, salah satu lokasi yang menyajikan pesona berpetualang dialam liar layaknya seperti berwisata dihutan belantara Amazon adalah Pulau Handeleum.

Pulau yang memiliki luas sekitar lebih kurang 220 hektar tersebut, menjadi salah satu surga bagi berbagai jenis tanaman mangrove untuk dapat hidup dan tumbuh subur, tanpa takut terganggu oleh tangan-tangan manusia yang ingin merusaknya. Pulau handeleum juga menjadi salah satu lokasi habitat asli dari beberapa jenis satwa liar khas hutan tropis yang terdapat pada berbagai pulau yang ada disekitar dikepulauan Semenanjung Ujung Kulon.

Diantara jenis satwa liar yang banyak ditemukan dipulau eksotik yang berada pada bagian paling barat kepulauan Semenanjung Ujung Kulon tersebut adalah, sekelompok satwa rusa atau Rusa timorensis, dan ular phyton. Wah, mendengar kalau lokasi ini menjadi habitat jenis ular besar tersebut saja.

Berpetualang menyusuri hutan yang tenang serta menawarkan udara yang begitu segar dipulau Handeleum, memang akan terasa sangat mendebarkan dan penuh dengan sensasi menikmati pesona alam yang juga luar biasa, terlebih jika kita berjalan lebih jauh lagi menuju hutan dibilangan pedalaman Pulau Handeleum. Kita dapat menyaksikan indahnya pemandangan alam disekitar Sungai Cigenter yang memiliki arus sangat tenang.

Untuk menikmati pesona yang ditawarkan Sungai Cigenter, kita dapat menggunakan sebuah perahu kecil bernama Jukung dan hanya mampu bembawa penumpang sebanyak sekitar lima orang saja. Disamping itu, kita juga tidak perlu khawatir akan keamanan serta kenyamanan selama mengarungi sungai, pasalnya perjalanan kita akan dipandu oleh polisi patroli hutan guna menyusuri sungai Cigenter yang dikelilingi oleh pepohonan tersebut. Beraneka jenis satwa liar dapat kita temukan disepanjang perjalanan seperti Burung Rangkong, serta beberapa jenis monyet. Hal ini akan memberikan pesona yang menakjubkan bagi anda yang menyaksikan dan merasakan sendiri keseruan mengarungi arus sungai Cigenter.

Bila anda beruntung, sesekali kita dapat melihat langsung satwa yang paling dilindungi pada areal Pulau Handeleum yakni Badak Jawa, yang kadang-kadang dapat muncul dan terlihat disekitar pesisir sungai Cigenter. Namun sebaiknya anda bersikap tenang dan jangan membuat kegaduhan selama mengarungi sungai, pasalnya menurut penjaga hutan setempat, hal tersebut dapat mengundang buaya jenis air asin untuk datang.

dermaga pulau handeuleum - Banten : Pulau handelwum – Banten
handeuleum - Banten : Pulau handelwum – Banten

Sungai Cigenter juga merupakan salah satu lokasi habitat asli dari hewan pemangsa daging tersebut. Wah, jantung anda pasti akan berdegub kencang jika mengetahui hal tersebut? Namun tidak usah khawatir, pasalnya pesona pamandangan air terjun bertingkat dengan pesona hutan bambu yang eksotik disekelilingnya, akan menunggu anda dihulu sungai tersebut. Selain itu, anda juga dapat menyaksikan pemandangan sekawanan Banteng liar yang terdapat dilokasi pengembalaan Cigenter.

Akomodasi

Disarankan, bagi yang ingin bermalam di Objek Wisata Pulau Handeuleum Banten ini, agar membawa perlengkapan berkemah sendiri. Karena di Pulau Handeuleum, pengunjung hanya akan menemukan sebuah penginapan sederhana dengan kapasitas maksimal sekitar 12 orang saja. Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang membawa berbagai perlengkapan untuk berkemah ketika berkunjung ke Pulau Handeuleum.

 

 

Galeri foto dari informasi tentang Pulau handelwum – Banten

Ada 4 potret di dalam Pulau handelwum – Banten informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 potret high-res.

dermaga pulau handeuleum - Banten : Pulau handelwum – Bantenhandeuleum - Banten : Pulau handelwum – Bantenpulau handeleum - Banten : Pulau handelwum – Bantensungai cigenter di pulau handeuleum - Banten : Pulau handelwum – Banten

Apa pendapatmu tentang Pulau handelwum – Banten

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau handelwum – Banten Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Ambalat, Kutai Kertaneg
secara geografis, Obyek Wisata Pantai Ambalat ini memiliki bibir pantai yang landai dengan ...

Pantai Namalatu, Pantai Santai
Ambon tidak akan pernah bosan menawarkan kemolekan alam tropis pada tiap wisatawan. Tidak ...

Pantai Ngantep, Malang – Jaw
Pantai Ngantep adalah pantai yang berada di Malang Selatan yang belum terkelola daerah ...

Pantai Krakal Gunung Kidung &#
Pantai Krakal terletak di Kampung Krakal Kelurahan Ngestirejo Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Gunungkidul, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Bingin, Badung – Bali
Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kali
Pantai Lakeba di Buton Utara – Nir
Pulau Sabolon, Flores – NTT
Pantai Cijeruk Indah Garut
Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NT
Pantai Sinam & Tanjung Datu, Sambas
Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.