Pulau umang, Pandeglang – Banten

Rating: 82 out of 100, by 67 users
Kawasan resort pulau umang - Banten : Pulau umang, Pandeglang – Banten

Seperti yang telah sama-sama kita ketahui, terdapat berbagai tempat-tempat wisata berupa pulau yang indah dan eksotik di Provisi Banten yang memiliki luas mencapai kurang lebih 9.160,70 kilometer persegi tersebut. Dimana diantara pulau-pulau tersebut, banyak tersebar dan dapat kita jumpai disekitar kabupaten Pandeglang yang memiliki luas mencapai 2.747 kilometer persegi dan mengarah langsung ke Samudra Indonesia. Salah satu dari pulau eksotik dan menawarkan berbagai kecerian berwisata yang terdapat di provinsi Banten yakni, Pulau Umang yang terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang.

Mungkin tidak banyak dari kita yang mengenal atau pernah melihat langsung binatang khas pesisir pantai yang bernama Umang. Menurut cerita dari beberapa penduduk disekitar Pandeglang, pulau tersebut dinamakan Pulau Umang karena, pada awalnya lokasi tersebut memang merupakan tempat habitat dari binatang yang memiliki cangkang seperti kepiting ini. Hingga saat ini kita tetap masih dapat melihat langsung binatang khas yang terdapat di Pulau Umang tersebut.

Berbagai fasilitas wisata yang terdapat dipulau eksotik ini begitu bersahabat dengan alam, pasalnya pulau yang dkelola oleh pihak swasta tersebut mengusung konsep Green Land guna menjaga kelestarian pesona lama yang terdapat disekitar Pulau Umang. Sejumlah kegiatan yang bertema kepedulian terhadap lingkungan juga sering diselenggarakan di tempat wisata ini, seperti kegiatan penanaman pohon-pohon dan sering kali dihadiri oleh berbagai pejabat pemerintahan. Maka jangan terkejut bila anda menyaksikan suasana yang begitu hijau dan begitu asri ketika berkunjung ke Pulau Umang.

Lokasi Dan Transportasi

Pulau Umang terletak di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten. Lokasinya berjarak kurang lebih 183 kilometer dari ibukota jakarta dan bisa ditempuh kurang lebih 6 jam perjalanan dari Jakarta.

Jika Anda ingin berwisata ke Pulau Umang, perjalanan dimulai dengan bus dari terminal Kalideres. Dari terminal Kalideres Anda memilih bus yang menuju ke Labuan dengan membayar ongkos 25,000 Rupiah. Perjalanan dari terminal Kalideres – Labuan akan memakan waktu kurang lebih 4 jam. Dari Labuan, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus dengan membayar ongkos 15,000 Rupiah menuju Sumur yang memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Jalan dari Labuan menuju Citeureup kondisinya cukup baik. Memasuki Citeureup yang menuju Cibaliung sampai Sumur, jalan mulai berkelok-kelok dan naik turun. Anda juga akan melewati Taman Nasional Ujung Kulon yang berupa hutan dan masih terlihat alami.

Kurang lebih 1 kilometer dari Pantai Sumur, anda harus membeli tiket sebesar 100,000 Rupiah untuk penyeberangan ke Pulau Umang dengan menggunakan boat. Perjalanan dengan boat ke Pulau Umang hanya memakan waktu 5 menit saja.

Wisata

Keindahan pemandangan alam yang begitu mempesona dapat kita nikmati dipulau yang hanya memiliki luas sekitar 5 hektar tersebut. Pemandangan yang ditawarkan disekitar pantai di Pulau Umang akan menawarkan berbagai keindahan dan kecerian. Hamparan butiran pasir yang berwarna putih bersih serta air yang begitu jernih menjadikan pulau ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga.

Bermain dipinggir pantai sepertinya akan menjadi sebuah kegiatan yang mengasikkan untuk dilakukan dipulau yang memiliki air yang begitu jernih tersebut, apalagi menikmati sejuknya air dengan cara berenang dilaut sekitar pantai di Pulau Umang. Disamping itu bagi wisatawan yang ingin menikmati dan merasakan sensasi olahraga air, anda juga dapat menemukan beberapa fasilitas bermain air seperti jet ski, banana boat, dan snorkeling dipulau tersebut. Kita juga dapat berkeliling menggunakan sebuah perahu dan menikmati sajian alam yang ditawarkan di Pulau Umang.

Selain itu terdapat sebuah pulau kecil disekitar loksi Pulau Umang yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan olahraga air Diving dan Snorkling. Dengan menggunakan perahu melalui Pulau Umang, dan menempuh perjalanan hanya sekitar 10 menit saja, kita dapat menuju lokasi yang menawarkan indahnya pesona pemandangan bawah laut bernama Pulau Oar. Pemandangan bawah laut dipulau yang banyak ditumbuhi oleh pepohonan bakau tersebut, sungguh begitu memukau. Pasalnya lokasi ini kita dapat menyaksikan berbagai jenis terumbu karang serta ikan-ikan kecil yang berwarna-warni.

Disisi lain, air laut yang begitu jernih menciptakan pemandangan bawah laut tersebut, terlihat semakin menawan. Maka tidak salah bila pesona yang dimiliki oleh Pulau Oar tersebut menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Umang, sehingga mampu mengundang banyak wisatawan yang datang dari berbagai Negara.

Pesona lain yang tidak kalah indahnya dan dapat kita temukan serta nikmati di Pulau Umang adalah, bersantai dipinggir pantai sembari menikmati indahnya pemandangan matahari terbit ataupun matahari tenggelam. Panorama alam yang satu ini dapat menciptakan suasana yang begitu hangat dan romantis, oleh sebab itu, sering kali tempat wisata Pulau Umang dijadikan sebagai lokasi untuk berbulan madu bagi pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Nah, bagi anda yang bingung mencari lokasi untuk berbulan madu, sepertinya Pulau Umang dapat menjadi salah satu tujuan tepat dan dapat direkomandasikan.

Sarana Dan Praasarana

Berbagai sarana dan prasarana wisata dipulau ini juga begitu lengkap, terdapat beberapa Resort dan Villa dengan desain tradisional yang unik dengan sentuhan khas masyarakat suku Banten, yang semakin menambah keindahan pulau tersebut.

Kawasan resort pulau umang - Banten : Pulau umang, Pandeglang – Banten
umang resort - Banten : Pulau umang, Pandeglang – Banten

Terdapat pula beberapa fasilitas-fasilitas pendukung lainnya dan akan memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Diantaranya yaitu, Kolam Renang, fasilitas Spa, serta areal pemancingan bernama Fishing Plat Form. Disekitar areal Pulau Umang juga tersedia sebuah areal Outbond, yang dibangun di puncak bukit Lengon. Beraneka jenis permainan alam dapat kita temukan diareal tersebut, yaitu Jump Fox, Elvis, dan Fliying Fox.

Selain itu bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh, dipulau ini juga disediakan berbagai lokasi yang menjajakan beraneka jenis pernak-pernik khas lokasi wisata Pulau Umang, untuk kita jadikan sebagai buang tangan yang akan dibawa pulang.

Untuk sampai dipulau eksotik yang berada di Kecamatan Sumur tersebut, kita dapat menempuh perjalanan dari kota Jakarta menuju Pandeglang dan membutuhkan waktu sekitar 5 jam lebih dengan menggunakan jalur ruas tol Jakarta-Merak. Setibanya di kecamatan tersebut kita harus melanjutkan perjalanan menuju Pulau Umang dengan menggunakan jasa penyebrangan melalui dermaga yang terdapat di Kecamatan Sumur. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir, pasalnya di Pulau Umang juga disediakan sebuah areal parkir untuk kendaraan anda tersebut.

 

Galeri gambar dari cerita tentang Pulau umang, Pandeglang – Banten

Ada 7 gambar di dalam Pulau umang, Pandeglang – Banten cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 gambar high-res.

Prenginapan Di Pulau umang - Banten : Pulau umang, Pandeglang – BantenPulau Umang dari Kejauhan - Banten : Pulau umang, Pandeglang – BantenPulau Umang - Banten : Pulau umang, Pandeglang – Bantenumang resort - Banten : Pulau umang, Pandeglang – Bantenjetski di pulau umang - Banten : Pulau umang, Pandeglang – BantenKawasan Pulau Umang - Banten : Pulau umang, Pandeglang – Banten

Apa pendapatmu tentang Pulau umang, Pandeglang – Banten

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau umang, Pandeglang – Banten Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Batu Berlayar, Samadua &
Batu Berlayar adalah susunan batu-batu granit raksasa dimana terdapat 2 batu besar yang berdiri ...

Gili Banta, Bima – NTB
Indonesia memang memiliki banyak sekali pulau-pulau kecil, dan hampir sebagian besar masih merupakan ...

Pantai terindah di Lombok
Lombok memang terkenal dengan wisata pantainya, berikut adalah daftar pantai terindah yang berada ...

Pantai Anyer Carita Banten dan
Pantai Anyer carita merupakan object wisata yang berada di provinsi banten dan mempunyai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Wai Ipa, Sula – Maluku
Pantai Karma Kandara Wisata Favorit di U
pantai Bakaro, Papua Barat
Pantai Yakoba, Jayapura – Papua
Pantai Cicalobak, Garut – Jawa Barat
Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jaw
Pantai Tanjung Lesung Kehangatan Pasir P
Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papua

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.