Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto Yogyakarta

Rating: 89 out of 100, by 106 users
Kapal Nelayan Pantai Congot - DIY Yogyakarta : Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto Yogyakarta

Jajaran pesisir Pantai Selatan Yogyakarta memang menawarkan sajian wisata bahari yang mengagumkan. Potensi pariwisata pantai yang tersedia di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, juga demikian. Terdapat sejumlah tempat tujuan wisata pantai di Kulonprogo yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Congot.

Pantai ini masih merupakan satu rangkaian dengan pantai-pantai lain yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, dari Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Bantul, hingga Kabupaten Gunungkidul, seperti Glagah, Trisik, Samas, Depok, Parangtritis, Baron, Krakal, Kukup, Siung, dan seterusnya. Pantai Congot terletak tidak begitu jauh dari Pantai Glagah yang menjadi obyek wisata pantai andalan Kabupaten Kulonprogo.

Kedua pantai ini dihubungkan oleh jalan halus beraspal yang kondisinya relatif baik sehingga memudahkan diakses oleh para pengunjung. Pemandangan alam dan kehidupan warga yang tersaji di sepanjang jalan, baik jika ditempuh dari Yogyakarta, atau dari Wates, ibukota Kabupaten Kulonprogo, pun cukup memikat. Mata kita akan terasa teduh dengan menyaksikan hamparan sawah hijau dan aktivitas pertanian warga.

Selain itu, perjalanan menuju Pantai Congot akan semakin mempesonakan dengan deretan pohon-pohon kelapa yang berbaris rapi di tepi jalan. Tiba di lokasi pantai, Anda dipastikan akan terkagum-kagum oleh kegagahan Pantai Selatan dengan gelombang ombaknya yang bergelora. Kontras dengan kondisi pantai di sebelah utara pulau Jawa yang relatif beriak tenang, Pantai Selatan memang menawarkan sensasi ombaknya yang khas.

Namun, kepada seluruh pengunjung diharapkan agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap ganasnya ombak. Jangan terlalu ke tengah, karena dengan bermain-main air di tepian pantai saja rasanya sudah cukup menyenangkan.

Pantai Congot sangat cocok dikunjungi pada waktu sore hari ketika senja mendekati malam. Panorama yang terlihat akan bertambah mempesona jika Anda menyempatkan diri untuk menikmati terbenamnya matahari di ufuk barat.

Jika datang di pagi hari, Anda bisa melihat aktivitas penduduk sekitar yang rata-rata bermata pencaharian sebagai nelayan. Para pencari ikan itu tampaknya sudah terbiasa dengan kehadiran wisatawan di Pantai Congot sehingga mereka tetap nyaman melakukan aktivitasnya, dari menjala ikan di tepi pantai, mencari hewan-hewan laut lainnya untuk diolah, hingga sekadar membersihkan perahu.

Nuansa tradisi kaum nelayan yang kental terlihat di lingkungan Pantai Congot menjadi ciri khas tersendiri yang membedakan pantai ini dengan lokasi pantai-pantai lainnya. Jadi, meskipun dalam sekali perjalanan Anda ke wilayah wisata pesisir di Kabupaten Kulonprogo bisa mengunjungi beberapa pantai sekaligus, namun masing-masing pantai menawarkan pesona dan kekhususan yang berbeda-beda satu sama lain.

Keistimewaan

Nuansa kegiatan masyarakat maritim menjadi salah satu keistimewaan khusus yang dapat Anda temui di Pantai Congot. Di suasana pagi, rombongan nelayan terlihat hendak membuka harinya, mencari ikan ke tengah laut dengan naik perahu bermotor. Menjelang siang, biasanya mereka kembali ke pesisir dan membawa hasil laut hasil tangkapannya.

Sampai di pantai, para nelayan itu segera menuju ke tempat pelelangan ikan yang terletak tidak begitu jauh. Anda pun bisa turut menikmati keriuhan suasana pasar ikan dan tentunya di situ pula Anda dapat membeli ikan segar sebagai oleh-oleh.

Lokasi Pantai Congot yang berada di muara Sungai Bogowonto dengan lagunanya yang indah. Pertemuan air tawar sungai dan air asin laut inilah yang membuat di tempat ini terdapat berbagai jenis ikan dalam jumlah yang banyak.

Gemah-ripah sumber daya bahari di Pantai Congot tentu saja membawa anugerah bagi warga sekitar. Mereka membudidayakan ikan dan udang di tambak untuk menambah penghasilan. Bagi Anda yang hobi memancing, di sinilah tempat yang tepat. Jika Anda lupa membawa peralatan untuk memancing, Anda bisa mencari ikan di tepi pantai dengan menggunakan jala kecil.

Di Pantai Congot, Anda juga bisa melihat pengembangan tanaman pandan. Daun dari tanaman ini bisa dijadikan serat sebagai bahan baku untuk membuat beraneka macam barang kerajinan. Akhirakhir ini, masyarakat pesisir Pantai Congot memang sedang menggalakkan budidaya tanaman pandan karena barang-barang hasil kerajinannya cukup berpotensi untuk diekspor ke luar negeri yang memang menggemari produk yang ramah lingkungan.

Pantai Nelayan COngot - DIY Yogyakarta : Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto Yogyakarta
Kapal Nelayan Pantai Congot - DIY Yogyakarta : Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto Yogyakarta

Masih di kawasan Pantai Congot, Anda dapat pula sekaligus menyambangi Gunung Lanang. Kompleks tempat wisata ini ramai didatangi orang terutama pada bulan Suro. Selain bertujuan untuk mengalap berkah, orang-orang yang datang ke Gunung Lanang pada bulan Suro juga bermaksud untuk menonton pertunjukan wayang kulit yang digelar pada bulan tersebut.

Di Gunung Lanang, Anda dapat menyaksikan berbagai prasati sejarah, seperti Astana Jingga, Badraloka Mandira, Candi Wisuda Panitisan, Tirta Kencana, dan Ajisaka. Jika perut sudah terasa lapar, jangan khawatir. Di Pantai Congot juga telah tersedia kawasan kuliner yang menyediakan bermacam-macam menu makanan sea food. Menyantap hidangan laut sembari menyaksikan kesibukan kaum nelayan sehabis melaut tentunya akan meninggalkan kesan tersendiri.

Usai makan dan bersantai sejenak, Anda bisa berjalan kaki menuju muara Sungai Bogowonto. Di sana, terdapat bangunan tanggul di tepi hilir sungai yang dapat Anda naiki untuk menikmati suasana bahari yang damai dan tenteram

Lokasi dan Akses

Pantai Congot terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Lokasi Pantai Congot sangat mudah dijangkau karena selain kondisi jalannya yang sudah cukup baik, letak pantai ini juga tidak jauh dari jalan raya antar kota antar provinsi (kira-kira dengan jarak 2 kilometer), yakni Jalan Raya Wates.

Jalan raya ini adalah jalur yang menghubungkan Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dan merupakan salah satu jalan utama menuju Jakarta atau jalur selatan Jawa.

Dari Kota Yogyakarta, terdapat dua alternatif rute perjalanan menuju Pantai Congot yang bisa Anda pilih. Pertama, tentu saja melalui Jalan Raya Wates yang merupakan jalur utama. Anda bisa memulai perjalanan dari Kantor Pos Besar. Dari jantung kota Kota Yogyakarta yang terletak sangat dekat dengan kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo tersebut Anda hanya harus mengikuti jalan raya lurus menuju ke arah barat kira-kira sejauh 40 kilometer. Setelah melihat papan yang menunjukkan arah ke Pantai Congot atau Pantai Glagah, beloklah ke kiri atau ke arah selatan. Ikuti jalan yang ada kira-kira sepanjang 1,5 kilometer, dan sampailah Anda ke lokasi pantai.

Jalur yang kedua adalah melewati rute selatan. Dari Kota Yogyakarta, Anda dapat meluncur ke arah selatan hingga ke Jalan Bantul. Susuri jalan raya tersebut hingga sampai di Palbapang. Setelah itu, ambil simpangan ke kanan atau ke arah barat yang menghubungkan Bantul dengan Purworejo.

Di sepanjang jalan Bantul-Purworejo itulah banyak terdapat lokasi pantai wisata, termasuk Pantai Congot yang merupakan salah satu pantai yang berada di ujung barat Kabupaten Kulonprogo.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menumpang kendaraan umum. Dari Terminal Giwangan Kota Yogyakarta, misalnya, Anda disarankan untuk naik kendaraan umum (bus atau minibus) yang bertujuan ke Terminal Kota Wates. Setibanya di Terminal Kota Wates, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menumpang angkutan umum yang hendak menuju ke Pantai GlagahPantai Trisik-Pantai Congot.

Jika Anda enggan menunggu terlalu lama di terminal, ada baiknya Anda naik kendaraan umum JogjaWates yang sering mangkal di perempatan Wirobrajan (terletak tidak jauh dari Kantor Pos Besar ke arah barat) untuk sampai ke Terminal Kota Wates.

Harga

Sejak 1 Juli 2010, mulai diberlakukan perubahan dalam penarikan tiket masuk ke kawasan Pantai Congot, yaitu Rp. 2000,00 per orang, belum termasuk ongkos parkir. Sebelumnya, untuk masuk ke lokasi Pantai Congot, wisatawan tidak perlu membayar lagi karena sudah termasuk dalam paket retribusi tiket masuk ke Pantai Glagah.

Galeri foto dari berita tentang Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto Yogyakarta

Ada 8 gambar di dalam Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto Yogyakarta berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 gambar high-res.

Pantai Congot Yogyakarta - DIY Yogyakarta : Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto YogyakartaPantai Nelayan COngot - DIY Yogyakarta : Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto YogyakartaKapal Nelayan Pantai Congot - DIY Yogyakarta : Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto YogyakartaPantai Congot Yogyakarta - DIY Yogyakarta : Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto YogyakartaPantai Nelayan COngot - DIY Yogyakarta : Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto YogyakartaSiluet Senja Pantai Congot - DIY Yogyakarta : Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto Yogyakarta

Apa pendapatmu tentang Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto Yogyakarta

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto Yogyakarta Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Krakal Gunung Kidung &#
Pantai Krakal terletak di Kampung Krakal Kelurahan Ngestirejo Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Gunungkidul, ...

Pantai Bangko, Lombok –
Pantai Senggigi, Pantai Kuta dan Pantai Selong Belanak, tak dipungkiri indahnya, nah pantai Bangko ...

Gili Ketapang, Probolinggo –
Gili Ketapang adalah sebuah desa dan pulau kecil di selat Madura, tepatnya 8 km ...

Pantai Sambilangan Madura
Pantai Sambilangan merupakan tempat wisata pantai yang indah, terletak sekitar 7 km di ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepu
Pantai Kuta, Pantai Matahari Terbenam di
Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan
Pantai Dok II, Jayapura – Papua
Pantai Atuh Bali – Pasir Putih yan
Pulau Siompu, Baubau – Sulawesi Tengga
Pantai Glagah Kulonprogo yang Memukau
Pantai Kondang Merak Pesisir Selatan Jaw

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.