Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakarta

Rating: 88 out of 100, by 111 users
panorama pantai jogan - DIY Yogyakarta : Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakarta

Pantai Jogan adalah salah satu pantai di Indonesia yang memiliki keunikan yang mungkin hanya sebagian kecil pantai di Indonesia yang memilikinya yaitu memiliki air terjun setinggi 10 meter yang langsung menghadap ke samudera. Seperti pantai di sekitarnya Pantai Jogan juga memiliki pasir putih udara sejuk dan di kelilingi bukit kapur yang megah.

Ratu Wisata – Diapit tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur, Pantai Jogan bak peraduan, area air sungai turun gunung menjumpai ombak yang pulang melaut. Dari beberapa puluh pantai yang berada sekitar 71 km di pesisir gunung kidul, pantai Jogan menempati posisi istimewa, dikarenakan keberadaan air terjun yang segera jatuh dari atas tebing ke bibir laut, mengingatkan pada “  McWay beach waterfall di California “.

Nama Jogan diambil dari nama pantai dimana air terjun ini berada.  Adapun pantai ini ada di sebelah barat Pantai Nglambor dan Siung atau di sebelah timur Pantai Timang. Selama ini, tidak banyak pelancong yang tahu perihal pantai jogan. Karena lokasinya yang persis ada di sebelah barat pantai siung kerap terlupa oleh beberapa pemanjat yang dipacu motivasi memeluk moleknya tebing siung.

Lokasi

Pantai Jogan berada di desa purwodadi kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta yang jaraknya cukup jauh dari kota Yogyakarta namun sebanding dengan keindahan yang disajikan. Datang ke Pantai Jogan sebaiknya dilakukan di musim hujan. Pada musim ini, debit air akan tersedia cukup besar sehingga air terjun yang menghiasi Pantai Jogan pun tampil maksimal. Jangan datang ketika kemarau, karena saat air kali kecil di sekitar pantai ini kering, otomatis air terjun akan mati dan keindahan Jogan akan banyak berkurang ditambah dengan kegiatan penyedotan airnya untuk kepentingan warga. Mata air tersebut berasal dari gunung karst yang barada di sebelah utara.

Berjarak sekitar 70 km dari kota Yogja yang dapat ditempuh sekitar 2 jam berkendara. atau 200 m ke arah barat Pantai Siung. Kondisi jalan menuju ke sana beraspal mulus. Sesampainya di dekat lokasi kondisi jalan berubah dengan cor blok sekitar 1 km jauhnya.

Dapat diakses dengan kendaraan roda dua dan empat. Untuk meraih pantai jogan, perlu waktu lebih kurang dua jam berkendara dari jogja. menyusuri jalanan aspal mulus, berkelok-kelok membelah perbukitan karet yang disebut sisa lautan jutaan tahun silam.

apabila kita sampai di pos retribusi pantai siung, berarti pantai jogan telah dekat, dikarenakan lebih kurang 400 meter dari pos tersebut, dapat tampak papan kayu penunjuk arah menuju Jogan.Dari Kota Yogja arah kendaraan menuju Wonosari (jalur Yogja-Wirosari).

Sesampainya di daerah Mulo akan ditemui pertigaan, ambil ke arah kiri munuju pantai.  Ikuti jalan tersebut hingga tiba di daerah Tebus.  Sesampainya di daerah ini akan ditemui papan petunjuk arah menuju Pantai Siung, ambil belokan ke kanan hingga tiba di pertigaan jalan menuju ke Pantai Jogan.  Di pertigaan ini ambil arah ke kanan memasuki jalan yang di semen.

Setelah sampai pintu masuk menuju Pantai Jogan, sekarang giliran jalan setapak berbatu yang menemani perjalanan anda menuju bibir Pantai Jogan. Disarankan agar anda yang membawa kendaraan roda empat untuk memarkir kendaraan sebelum jalan berbatu jika tidak mau mengambil resiko jalan terjal, apalagi untuk mobil berjenis sedan. Tapi tidak usah terlalu berkecil hati, karena di sisi kiri anda ada dua buah sungai kecil yang mengalir yang nantinya akan menyatu menjadi air terjun di Pantai Jogan tersebut. Jadi, anda tidak akan kecewa karena keindahan yang dapat dinikmati sepadan dengan beratnya medan.

Untuk dapat nikmati guyuran air dari atas tebing, kita mesti turun ke bawah. ada dua cara untuk turun,Cara pertama dengan teknik canyoning dengan kata lain rappeling di air terjun, pasti dibutuhkan peralatan serta kekuatan mumpuni untuk mengerjakannya. Cara yang kedua, menapaki turunan licin yang basah, tapi untunglah ada kayu-kayu pegangan sebagai penopang tubuh agar tidak terjatuh.

Walau demikian, kehati-hatian yaitu perihal harus dikarenakan jalur yang curam. Sesudah batuan curam nan licin, tersisa satu lagi tantangan, kita tetap mesti melalui karang yang dihuni oleh beberapa ribu bayi kepiting berwarna transparan berukuran lebih kurang 5 mm. Ini memanglah bukan hanya koloni kepiting merah penghuni christmas island ( yang dekat jawa barat namun dimiliki australia ), tetapi melewatinya dengan kaki telanjang pasti bukan hanya perkara sederhana.

Masyarakat lebih kurang biasa mengambil bayi kepiting ini untuk dimasak, jadi rekan makan nasi hangat di saat musim hujan. apabila mujur, pengunjung juga dapat melihat ratusan kupu-kupu bergerombol di bebatuan kering. Jangan khawatir, semua perjuangan menuju ke lokasi ini akan terbayar lunas oleh keindahan yang bisa kita nikmati disini. Tidak sekadar berwisata, mengunjungi Pantai Jogan adalah sebuah petualangan.

Wisata

bila mencari keheningan dan suasana yang tenteram, pantai ini bisa menjadi salah satu pantai yang anda bisa coba kunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Ditambah lagi, pantai ini juga dikelilingi oleh bukit dengan tumbuhan hijau yang bisa menjadi lokasi yang bagus untuk mengambil gambar berlatar belakang panorama alam nan hijau bersama anggota keluarga, teman-teman, maupun kolega.

Selain pesona air terjun, Pantai Jogan juga menawarkan pemandangan tebing-tebing yang indah. Dari tebing itu kita dapat menikmati hamparan laut beserta sunset, Melihat poseidon melempar gulungan ombak yang seolah siap melahap, sesaat di balik punggung, nada air terjun memekakkan telinga, tandanya derasnya air yang jatuh. Tidak perlu takut, nikmatilah keramahan percikan air waktu kaki-kaki air menjamah kerasnya batuan karang. Menikmati deburan keras ombak laut yang menghantam keras tebing perbukitan kapur, gemericik air yang terjun memeluk lautan lepas, keheningan alam pegunungan, angin laut yang lembut menerpa tubuh laksana kepingan surga yang jatuh ke bumi.

Menyongsong sopan sebelum saat anda menyibak tirai air, memasuki peraduan grojogan. Diguyur segarnya air tawar dari sungai-sungai rahasia perbukitan karet membuat kita jadi seolah kegersangan gunungkidul hanya mitos. dikarenakan sebenarnya tempat ini punya sangat banyak sumber air, yang sayangnya tersembunyi di perut bumi.

Pantai jogan bagaikan pemberi kesegaran, laksana oase di luasnya hamparan pantai pasir putih gunungkidul. juga layaknya garnishes di piring yang terlampau sayang untuk ditinggalkan. pantai yang pas untuk anda yang pingin rasakan sensasi tidak sama dari surga pesisir selatan jogja.

Tips

Tips yang harus ditaati untuk berkunjung ke kawasan pantai-pantai terpencil di Gunungkidul adalah persiapan yang matang. Pastikan bahan bakar terisi penuh karena pom bensin tidak tersedia cukup di area ini. Bawalah serta makanan dan minuman yang cukup, baik untuk perjalanan maupun dinikmati di lokasi wisata. Ini perlu untuk mengantisipasi jika makanan yang dijual di kawasan ini tidak memenuhi selera.

Jika menggunakan kendaraan umum dari kota Yogja naik kendaraan umum ke Terminal Wonosari dilanjutkan dengan berganti angkutan ke arah Tepus atau Pantai Siung.

Tiket masuk adalah Rp 3000 per orang dan sudah termasuk tiket ke Pantai Siung.  Sedangkan ongkos parkir Rp 2000.

 

Pantai jogan dari sisi timur - DIY Yogyakarta : Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakarta
air terjun pantai jogan - DIY Yogyakarta : Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakarta

Galeri dari informasi tentang Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakarta

Ada 8 foto di dalam Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakarta informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 foto high-res.

air terjun pantai jogan - DIY Yogyakarta : Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakartaair terjun saat kering - DIY Yogyakarta : Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakartaindahnya perpaduan air terjun dan pantai jogan - DIY Yogyakarta : Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakartakeindahan air terjun pinggir pantai - DIY Yogyakarta : Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakartapanorama pantai jogan - DIY Yogyakarta : Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakartapantai jogan dari bawah - DIY Yogyakarta : Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakarta

Apa pendapatmu tentang Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakarta

Satu Komentar to “Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakarta”

  1. mantabbbb bosss,,,semoga bisa segera berkunjung kesana.

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Jogan, Gunung Kidul – Yogyakarta Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Tasik Ria, Manado – S
Rasanya memang pantai-pantai utara di Manado tak lepas dengan olah raga air, diving, ...

Pantai Leli Pulau Rote –
“Leli”, kedengarannya seperti nama seorang perempuan cantik n anggun. Kalau yang mendengarnya pecinta ...

Pantai Kamdera, Kamdera –
Pantai Kamdera – Kita semua pasti sudah tahu bahwa jayapura memang memiliki keindahan ...

Pulau Bacan, Halmahera Selatan
Indonesia memang negeri yang kaya. Kekayaan tak hanya pada sumber daya alamnya, melainkan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Tinjil, Pandeglang – Banten
Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atr
Pantai – Pantai Di Taman Impian Ja
Pantai Air Cina, Kupang – NTT
Pantai Rantung, Sumbawa – NTB
Pantai Karang Copong, Banten – Jawa Ba
Pulau Batang Pele, Raja Ampat – Pa
Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengah

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.