Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Rating: 91 out of 100, by 96 users
krukup2 - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kukup merupakan pantai yang berpasir putih yang indah dan luas, terdapat aneka biota laut terutama ikan hias yang dijual oleh pedagang di pinggir Pantai Kukup atau dipelihara di gedung aquarium laut yang terletak pada satu kawasan di Pantai Kukup. Di sini juga terdapat sebuah pulau karang kecil yang diatasnya terdapat gardu pandang untuk menikmati keindahan laut.

Pantai Kukup berada Kurang Lebih sekitar 25 km ke arah selatan dari Kota Wonosari. Jika dari Yogyakarta menuju ke pantai Kukup ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor.Baik Roda empat Maupun Roda Dua. untuk sampai ke Pantai Kukup juga ada angkutan Umum.

Fasilitas yang ada diantaranya pendopo untuk pertemuan, pondok wisata, hotel melati, warung makan, dan kios untuk cenderamata, pedagang ikan hias, dan pedagang ikan siap saji. Masyarakat setempat juga melaksanakan upacara sedekah laut dalam waktu yang bersamaan dengan nelayan Pantai Baron.

Jalanan menuju pantai Kukup ini berkelok-kelok dan naik-turun. Jadi harap berhati-hati jika menggunakan kendaraan menuju kesini. Walaupun jalan berkelok-kelok.tapi jalan sudah bagus

krukup3 - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta
krukup - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Hembusan angin yang ditimbulkan pantai yang sepoi-sepoi membuat para pengunjung merasa nyaman berada di sini. Duduk bersantai di karang-karang yang kokoh berdiri menikmati irama debur ombak yang mendamaikan kalbu. Pasir putih di sepanjang garis pantai Kukup, bersih sejauh mata memandang.

Di pantai Kukup ada sebuah karang yang menjorok ke laut terpisah dari daratan dengan jembatan yang terbentang. Jalan mendaki yang sengaja di buat sebagai akses ke karang tersebut semakin memanjakan para pengunjung. Karang yang terhubung oleh sebuah jembatan. Mendekatkan diri ke dalam pelukan damai Pantai Kukup.

Beberapa fasilitas yang terdapat di pantai Kukup antara lain : tempat parkir yang luas, sehingga para pengunjung tidak kebingungan untuk memarkir kendaraannya. Parkir ini terletak di pintu masuk agak jauh dari pantai sehingga pengunjung harus berjalan kaki untuk sampai di pinggir laut. Di kiri kanan jalan memasuki pantai kukup berjajar para pedagang yang menawarkan berbagai souvenir khas pantai, makanan-makanan laut dan ada juga biota laut termasuk ikan hias yang dapat dibeli dengan harga yang wajar.

Salah satu tempat beristirahat di atas karang yang berdiri kokoh di Pantai Kukup. Memperluas pandang ke hamparan ombak.
Untuk menjamin keselamatan para pengunjung, pihak pengelola menyiapkan armada SAR untuk memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan sekaligus menginformasikan kondisi pantai, ombak dan datangnya biota laut berbahaya. Perlu diketahui dan diwaspadai oleh para pengunjung, bahwa di pantai ini kadang datang ubur-ubur di kawasan pantai yang jika menggigit akan menyebabkan keracunan.

Tapi jangan khawatir, tim SAR akan menginformasikan datangnya ubur-ubur dan siap membantu jika ada pengunjung yang terlanjur terkena ubur-ubur. Sebenarnya ada cara pengobatan yang manjur, yaitu dengan mengoleskan bekas gigitan dengan getah kerang-kerangan yang banyak di jual di sana. Kemudian minum kopi pahit untuk mempercepat netralisasi racun. Jadi, jangan merasa takut bermain ombak di pantai kukup selama masih mematuhi peraturan yang di sampaikan oleh tim SAR melalui pengeras suara.

Mengintip pesona Pantai Kukup Gunungkidul

Untuk para pengunjung yang ingin bermalam di Pantai Kukup tak usah binggung. Di kawasan obyek wisata Pantai Kukup, ada penginapan PONDOK WISATA yang akan melayani para wisatawan yang ingin merasakan pemandangan malam di Kukup dengan harga terjangkau.

Selamat bersantai di Pantai Kukup, membangun istana pasir putih, merasakan gulungan ombak ramah kukup atau sekedar duduk menatap hamparan luas laut sambil mendengarkan alunan orkestra alam pantai Kukup.

Galeri dari cerita tentang Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Ada 3 potret di dalam Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 potret high-res.

krukup - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakartakrukup2 - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakartakrukup3 - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta
Diposting pada 17 October 2012 - Oleh PasirPantai.com - Kategori DIY Yogyakarta.
Tag: Informasi Gunungkidul, pinggir pantai, pendopo, nyaman, daratan, Obyek wisata di Yogyakarta, Keindahan Pantai Kukup .

Apa pendapatmu tentang Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Tanjung Taipa, Kendari
Manisnya beraneka jenis mangga bakal anda nikmati bila berkunjung ke pantai ini persis ...

Pantai Jonggring Saloko, Malan
Jawa Timur memang merupakan kawasan yang menawarkan berbagai macam pesona laut yang menakjubkan. ...

Pantai di daerah Krui Lampung
Krui adalah ibukota kecamatan Pesisir Tengah di dalam Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Krui ...

pantai Kamali, Bau Bau –
Hampir di setiap kota besar selalu terdapat alun-alun yang menjadi pusat hiburan warga ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Tello, Nias – Sumatera Utara
pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi
Pantai cahaya ( sendang sikucing ), kend
Pantai Balian, Jembrana – Bali
Gili Kondo, Lombok – NTB
Pantai Manggar Segarasari Balikpapan
Pulau Hoga, Wakatobi – Sulawesi Tengga
Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepu

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.