Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karang

Rating: 90 out of 100, by 103 users
Pulau Karang dari pantai Kukup - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karang

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km di sebelah Timur Pantai Baron. Pantainya landai berpasir putih dan terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Pantai Baron, serta sebuah pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan senggol dari atas Pulau karang kita dapat melihat hamparan pantai yang cukup luas dan sangat indah.

Selain itu pantai ini kaya akan biota laut dan juga terkenal dengan beragam ikan hias air laut yang sangat indah di Aquarium Laut atau yang dijajakan oleh para pedagang di sepanjang pantai.

Di pantai ini juga terdapat pendopo cottege dengan fasilitas yang memadai. Sama seperti di Pantai Baron, di setiap bulan Sura di pantai ini juga diadakan Sedekah Laut.

Pantai Kukup adalah salah satu obyek wisata yang berada di daerah Gunungkidul Yogyakarta. Suasana eksotis akan mulai dinikmati pengunjung sebelum menuju pantai ini.

Pantai berpasir putih yang indah serta meskipun tidak terlampau luas layaknya pantai parangtritis di kabupaten bantul, di tempat wisata pantai kukup ada demikian banyak bermacam biota laut terlebih ikan hias yang dijual oleh pedagang di lebih kurang tepi dari tempat wisata pantai kukup atau juga ada yang dipelihara di gedung aquarium laut yang tetap ada di satu lokasi di lebih kurang pantai kukup.

Di pantai ini terdapat pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Sesuatu pulau karang kecil yang diatasnya ada gardu pandang untuk nikmati keindahan laut, pulau tersebut dikaitkan dengan sesuatu jembatan, untuk dapat hingga ke gardu pandang tersebut kita dharuskan naik ke sesuatu bukit.

Dari atas pulau karang ini kita bisa melihat indahnya hamparan pantai yang sangat luas disertai deburan ombak yang cukup besar. Sensasi tersebut akan semakin bertambah apabila pengunjung menikmatinya bersama sanak keluarga.

Pantai Kukup juga kaya akan biota laut. Selain itu juga terkenal dengan beragam ikan hias air laut yang sangat indah. Di pantai ini, pengunjung akan menjumpai aquarium laut yang secara alamiah terbentuk di karang-karang bagian pinggir pantai.

Atau pengunjung bisa langsung membeli aneka makhluk laut untuk menambah koleksi akuarium air lautnya, seperti ikan hias, belut laut, bintang laut, bahkan terkadang dijual juga anak hiu.

Ragam varietas tersebut bisa juga dinikmati pengunjung di aquarium laut. Atau pengujung juga bisa menangkap sendiri biota laut tersebut dengan membeli jaring kecil yang dijajakan pedagang di pinggir pantai.

Pantai ini juga menyimpan eksotisme gua-gua karang yang teduh. Gua-gua ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berteduh apabila terik di pantai sudah munlai menyengat. Dan hampir serupa dengan di bibir pantai, gua-gua ini juga menyajikan biota laut yang terdapat di genangan air yang memasuki gua.

Sarana yang ada di tempat wisata pantai kukup salah satunya sesuatu pendopo untuk pertemuan, pondok wisata, hotel kelas melati, warung makan, serta kios untuk cenderamata, pedagang ikan hias, dan pedagang yang jual beragam camilan dari ikan. masyarakat lebih kurang pantai kukup juga melaksanakan upacara sedekah laut kurun waktu yang berbarengan dengan nelayan pantai baron.

Tempat wisata pantai kukup ada di selatan kota wonosari, kabupaten gunungkidul dengan jarak lebih kurang lebih kurang 25 km. Bila dari kota yogyakarta menuju ke pantai kukup ini memerlukan waktu lebih kurang , 5 jam menggunakan kendaraan bermotoBaik roda empat ataupun roda dua. untuk hingga ke pantai kukup juga ada angkutan umum.

Jalanan menuju pantai kukup ini berkelok-kelok serta naik-turun. lantas ingin waspada bila menggunakan kendaraan menuju ke sini. Meskipun jalur berkelok-kelok. Namun jalur telah bagus. untuk dapat menuju pantai kukup sebagian jalur apabila dari kota yogyakarta, di antara melalui kota wonosari atau juga dapat melalui panggang. Tempat wisata pantai kukup ada dekat pantai baron.

jembatan di pantai kukup - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karang
karang pantai kukup - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karang

Rute yang berkelok-kelok dan naikturun akan memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung, terlebih suasana di kanan-kiri yang ditawarkan adalah rimbunnya pohon-pohon tropis. Tiba di Pantai Kukup, pengunjung dijamin akan puas dengan pemandangan landscape pantai.

Hamparan air laut yang membiru di padu dengan latar langit, akan membuat pengunjung merasakan kesegaran baik mata maupun jiwa. Pantai ini menawarkan pereda stres bagi para pengunjung yang selama ini penat dengan rutinitas.

Menggenang di air laut yang Di Pantai Kukup pengunjung harus berhati-hati sebelum menceburkan diri ke air, karena banyak karang dilaut dangkalnya. Atau pengunjung bisa langsung membeli aneka mahluk laut untuk menambah koleksi akuarium, seperti ikan hias, belut laut, bintang laut, bahkan terkadang dijual juga anak hiu.

Kawasan pantai Kukup juga merupakan percontohan penataan kawasan wisata pantai. Bahkan, Pantai Kukup menjadi pilot project untuk pengembangan dan penataan kawasan wisata pantai di Gunungkidul.

Kawasan pesisir pantai Kukup dikelola secara mandiri oleh masyarakat yang tinggal di sekitar pantai Kukup. Di setiap bulan Sura di pantai ini juga diadakan Sedekah Laut tau yang akrab disebut labuhan.

Bagi para pengunjung yang memiliki keinginan untuk melanjutkan ke objek wisata alam lainnya, Pantai Kukup merupakan mata rantai dari kunjungan rekreasi ke pantai Baron, sebab jarak diantara kedua pantai tersebut lebih kurang hanya 1 kilometer, bisa ditempuh dengan jalan setapak.

Tak mau kalah, biasanya Pantai ini juga sering disambangi pengunjung yang memiliki hobi memancing. Pemancing pun mulai berdatangan untuk mengadu nasib untuk mendapatkan ikan.

Akses

Untuk bisa mencapai kawasan ini, pengunjung harus mencapai Wonosari, ibukota Kabupaten Gunung kidul. Wonosari, berjarak lebih kurang 40 km dari Kota Yogyakarta. Setelah mencapai Wonosari, pengunjung masih menempuh perjalanan lebih kurang 22 kilometer ke arah selatan.

Bagi yang ingin menggunakan kendaraan umum pengunjung bisa memilih Bus umum atau Mikro bus (elf) jurusan Yogyakarta-Wonosari. Dari kota Wonosari diteruskan dengan Micro bus ke Baron.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di pantai ini juga terdapat pendopo cottege dengan fasilitas yang memadai. Sama seperti di Pantai Baron. Selain itu bagi pengunjung yang ingin membeli cinderamata, Pantai Kukup juga menyediakan pedagang ikan hias maupun terumbu karang yang dijual di sepanjang pantai

Galeri dari posting tentang Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karang

Ada 6 gambar di dalam Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karang posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

karang pantai kukup - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karangkeindahan pantai kukup wono - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karangkoleksi ikan hias - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau KarangPulau Karang dari pantai Kukup - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karangwisata pantai kukup wonosari - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karangjembatan di pantai kukup - DIY Yogyakarta : Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karang
Diposting pada 5 September 2013 - Oleh dian - Kategori DIY Yogyakarta.
Tag: anjunan, Foto Pantai Kukup, Keindahan Tanjungsari, Lokasi Kukup, gunung, gunungkidul, gardu .

Apa pendapatmu tentang Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karang

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan Hias, hingga Pulau Karang Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Bagus di Lampung
Sedikit Sepi memang. Tapi justru oleh karena itu pula, tempat ini dapat menjadi ...

Pantai Ujong Blang, Lhokseumaw
Pantai Ujong Blang – Pernahkah anda mendengar nama dari pantai ini ? Ujong ...

pantai kata, Pariaman –
Mungkin bukan hal asing lagi bagi anda yang suka dengan wisata pantai. Pemandangan ...

Tanjung Ringgit, Lombok –
Kawasan Pantai Tanjung Ringgit, Tanjung Perak dan Tanjung Cina merupakan kawasan pantai yang ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Nipah, Lombok – Nusa Tenggara B
Pulau Jemur, Riau
Pantai Lagoi, Batam – Kepulauan Ri
Semenanjung Totok, Ratatotok – Sulawes
Palm Beach (Taman Impian Pasir Panjang),
Pantai Walur Pasir Putih dan Landai
Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan
Pantai Kemala Balikpapan – Tempat

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.