Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakarta

Rating: 88 out of 100, by 111 users
pantai ngandong dari atas bukit - DIY Yogyakarta : Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakarta

Daerah Yogyakarta tidak hanya kaya dengan budaya dan seninya, tapi juga gunung dan pantainya. Tepatnya di Gunung kidul DIY seolah menjadi surganya para pecinta pantai. Ada banyak pantai-pantai dengan pasir putih dan pemandangan sunset yang sangat mempesona yang akan membuat siapa saja terkesima salah satunya pantai Ngandong.

Pantai ini memang tidak terkenal seperti Pantai Siung atau Indrayanti, namun pesona dari pantai ini dapat Anda buktikan sendiri. Pantai Ngandong terletak di dusun Sidoharjo, kecamatan Tepus, Gunung Kidul, sekitar 55 km ke arah tenggara dari pusat kota Yogyakarta. Gunung Kidul merupakan daerah perbukitan yang dahulunya gersang (bukit gamping/batu kapur), dan sekarang terkenal dengan objek wisata goa karst di Pindul, area panjat tebing juga wisata pantai, di antaranya pantai Krakal, Kukup, Indrayanti dan Sundak.

Pantai Ngandong terkesan sebagai anak tiri karena lebih banyak orang yang mengenal pantai Sundak dan pantai Krakal yang letaknya bersebelahan. Namun, keindahannya tidak kalah dengan kedua pantai yang mengapitnya. Di pantai Ngandong, anda masih dapat melihat ikan-ikan kecil yang saling berlarian untuk mencari makanan dan bersembunyi di sela-sela terumbu karang dengan lumut hijaunya.

Lokasi

Pantai Ngandong terletak di sebelah barat pantai Sundak yang berjarak kira-kira 8 km dari pos restribusi. Sedangkan pantai Sundak sendiri berada di desa Sidoharjo Kecamatan Tepus, kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta. Untuk dapat sampai ke pantai Ngandong, anda dapat memarkir kendaraan terlebih dahulu di pantai Sundak, kemudian berjalan kaki menuju pantai Ngandong.

Jika perjalanan Anda dimulai dari Yogyakarta, diperlukan waktu sekitar 2 jam hingga 2,5 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan, anda dapat menikmati pemandangan khas daerah Gunung kidul, yaitu pemandangan yang cantik berupa bukit kapur berwarna putih. Sedangkan infrastruktur untuk sampai ke Pantai Ngandong dan juga Pantai Sundak yang letaknya bersebelahan pun cukup nyaman karena sudah diaspal dengan baik.

Kebanyakan pengunjung tidak menyadari bila ada Pantai lain diseberang Pantai Sundak sehingga kawasan Wisata Pantai Ngandong masih sepi karena letaknya tidak langsung berhadapan dengan jalan beraspal. Jadi, jika anda ingin pergi ke Pantai Ngandong, sebelum anda sampai di parkiran, anda dapat berbelok kekanan melewati jalanan berbatu yang jaraknya sekitar 100 meter.

Memang jalan menuju pantai ini tidaklah mudah. Anda harus melewati jalanan berbatu dan juga pohon-pohon besar di kiri-kanan. Akan tetapi, rasa lelah tersebut akan hilang seketika saat Anda menginjakan kaki di Pantai Ngandong.Pantai landai dengan butiran pasir putih akan menyambut kedatangan Anda di sana. Di depan mata, ada lautan biru dengan ombak yang relatif tenang.

Jika anda jenuh dengan pantai yang terlalu penuh dengan pengunjung, ambil lah jalan setapak ke arah timur menyisir tepi pantai Sundak. Tersembunyi oleh deretan kumpulan karang besar, disitulah pantai Ngandong berada.

Rute Untuk Menuju Pantai Ngandong :

  1. Dengan kendaraan umum dari yogyakarta menuju wonosari kemudian berganti jurusan ke arah pantai krakal. (Catatan belum begitu banyak angkutan umum yang melayani rute Wonosari – Pantai Krakal/Ngandong)
  2. Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat sobat dapat mengambil arah Wonosari kemudian setelah sampai di alun – alun wonosari jalan lurus kemudian belok kanan di pertigaan setelah pasar Wonosari. Setelah itu sobat akan ketemu dengan terminal lama bus wonosari. Silahkan jalan lurus dan ikuti penunjuk arah hingga ketemu arah ke Pantai Baron. Setelah ketemu dengan pos TPR sobat akan ketemu persimpangan. Ambil arah kiri, hati – hati karena jalan yang akan dilalui sangat ekstrim naik dan turunnya. sampai disini sobat ikuti saja papan penunjuk arah yang banyak terpasang di pinggir jalan. Ikti arah yang menuju pantai Sundak karena lokasi Pantai Ngandong bersebelahan dengan pantai Sundak.

Wisata

Gelombang kecil di pantai Ngandong membuatnya menjadi tempat terbaik untuk aktivitas berenang, hal ini karena gelombang laut pantai selatan yang besar, sudah di pecahkan oleh batuan karang besar di bagian depannya yang seolah merangkul tepi pantai. Dari sinilah nama ngandong berasal (ngandong: menggendong/merangkul).

Dengan deburan ombak yang kecil dan bersahabat, anda dan juga anak-anak anda dapat bermain-main dan berkejar-kejaran menyambut ombak yang mulai lemah saat sampai di tepi pantai. Anda tidak perlu khawatir karena memang pantai Ngandong tergolong aman untuk dijadikan tempat wisata bahari keluarga.

Satu hal yang menarik dari Objek Wisata Pantai Ngandong adalah karena Pantai ini diapit oleh dua Pantai, yaitu Pantai Sundak dan Pantai Krakal. Anda hanya perlu menyusuri tepi Pantai bila anda berada di Pantai Sundak atau di Pantai Krakal dan melewati bukit yang memisahkan masing-masing Pantai. Di tengah-tengah kedua Pantai inilah Pantai Ngandong berada dengan view yang sangat menawan dan tidak kalah dengan kedua Pantai yang terlebih dahulu dikenal oleh masyarakat luas.

Seperti halnya pantai-pantai lainnya di GunungKidul, Ngandong terdiri dari pasir putih halus dengan air berwarna biru pirus yang jernih. Ngandong dengan mudah dapat di kenali dari garis pantainya, tidak begitu lebar, dengan beberapa perahu nelayan yang sedang berlabuh di tepiannya. Meski tidak luas, Pantai Ngandong akan sangat memanjakan Anda. Pantai ini relatif sepi dari wisatawan, sehingga Anda bisa bersantai dengan puas sambil ditemani alunan deru ombak dengan pasir pantainya yang putih dan masih bersih.

Fasilitas

nikmatya berenang di pinggir pantai - DIY Yogyakarta : Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakarta
ketenangan pantai ngandong - DIY Yogyakarta : Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakarta

Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola Pantai Ngandong untuk para wisatawan. Misalnya, anda dapat menikmati pemandangan dan keindahan Pantai dengan duduk di kursi yang memang sengaja disediakan oleh para pemilik warung yang berdagang di tepi Pantai. Dengan begitu, anda pun dapat mengawasi putera-puteri anda yang sedang bermain dan berenang di Pantai dengan airnya yang tenang.

Pantai Ngandong juga menjadi tempat tinggal oleh nelayan-nelayan setempat. Anda akan menemukan beberapa warung dan penginapan yang terletak di dekat pantainya.

Jika Anda masih ingin suasana traveling yang lebih menantang dan masih penasaran untuk lebih menikmati wisata bahari yang lebih di pantai Ngandong, Anda dapat ikut bersama kapal nelayan untuk berlayar bersama-sama. Setelah berlabuh sekitar 15 menit-an ke arah timur, dari sana Anda akan dapat melihat umbul air, yaitu air tawar yang keluar dari dasar laut. Di sumber air ini, Anda pun dapat memancing ikan jiti dengan puas bersama para nelayan.

jika Anda membawa kamera arahkan mata lensa kamera Anda ke kiri dan kanan, ada perbukitan batu kars yang sangat indah. Warna hijau dari bukitnya menjadi pemandangan cantik saat berpadu dengan pasir putih dan lautan biru.

Selain itu, ada juga batu-batu karang yang terletak di lepas lautan. Pantai ini langsung menghadap ke Samudera Hindia. Oleh sebab itu, sunset yang cantik akan menyempurnakan hari Anda di sana. Saat matahari tenggelam, langit berubah warna menjadi kuning dan jingga. Cahaya senjanya juga menyinari pasir-pasir putih di pantainya. Sungguh, pemandangan yang menawan. Inilah si cantik yang tersembunyi di Gunung kidul. Tempat yang istimewa bagi Anda fotografer.

Di sekitar pantai juga terdapat beberapa rumah makan dan fasilitas toilet/ruang ganti. Duduk beralaskan tikar sambil membakar ikan bersama kerabat juga dapat menjadi pilihan untuk bersantai di pantai ini.

Sebagai pantai yang banyak dipenuhi oleh para nelayan karena dianggap sebagai pelabuhan kecil, sobat pun akan dapat melihat banyak kapal-kapal nelayan yang ‘parkir’ di tepi pantai sambil berjejer-jejer. Para nelayan tidak boleh melabuhkan kapal-kapal mereka di pantai Sundak karena pengelola pantai Sundak ingin mengkhususkan pantai ini sebagai tempat pariwisata murni, dan bukan untuk tempat berlabuhnya kapal para nelayan.

Dan karena pantai Ngandong dipenuhi oleh nelayan, Anda pun dapat menikmati hidangan sea food yang disediakan oleh para pedagang makanan yang banyak berderet di tepi pantai. Menu khas pantai Ngandong yang paling dicari adalah sup ikan. Dengan merogoh kocek Rp25.000, Anda sudah dapat menikmati semangkok sup ikan yang lezat dengan segelas teh.

Dan untuk memanjakan para wisatawan, pengelola pantai Ngandong pun menyediakan paket untuk keluarga dengan harga terjangkau. Jika sobat ingin membawa oleh-oleh dari pantai Ngandong, anda pun dapat membeli ikan segar secara langsung dari para nelayan setelah mereka mendarat di pantai. Ikan-ikan yang banyak dijumpai di pantai Ngandong adalah ikan kakap, lemadang, dan ikan jiti.

Fasilitas lain yang dapat anda peroleh saat anda berkunjung ke Objek Wisata Pantai Ngandong Gunung Kidul ini adalah penginapan satu rumah, yang terdiri dari empat kamar dan juga rumah panggung dengan AC didalamnya. Rumah panggung ini berada di bibir Pantai sehingga sangat mengasyikan untuk menikmati keindahan dalam mengeksplorasi Pantai Ngandong. Satu hal lagi yang perlu anda tahu adalah bahwa sinyal telepon di kawasan Pantai Ngandong masih lemah. Jadi, bila anda ingin berkomunikasi dengan dunia luar, anda perlu naik ke bukit agar bisa mendapatkan sinyal operator telepon seluler.

Galeri dari info tentang Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakarta

Ada 7 potret di dalam Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakarta info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 potret high-res.

ketenangan pantai ngandong - DIY Yogyakarta : Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakartaombak yang tenang - DIY Yogyakarta : Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakartapantai ngandong dari atas bukit - DIY Yogyakarta : Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakartaperahu nelayan sedang bersandar - DIY Yogyakarta : Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakartapantai berpasir putih - DIY Yogyakarta : Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakartaairnya yang tenang - DIY Yogyakarta : Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakarta

Apa pendapatmu tentang Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakarta

Satu Komentar to “Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakarta”

  1. Hemmm,,,,sungguh sangat memanjakan para pecinta pantai

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yogyakarta Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Maneron Sepulu sang per
Pantai Maneron Sepulu – Wisata pantai memang hal yang lazim untuk wilayah pulau ...

Pantai Melur, Batam
Pantai Melur yang terletak di sisi barat Pulau Galang, di Barelang, Tanjung Pinang ...

Gili Sudak, Lombok – NTB
Lombok selama ini terkenal dengan keindahan alam yang memukau. Pesona pulau ini bahkan ...

Pantai Oi Fanda, Sumbawa ̵
Pantai Oi Fanda – Ada beragam aktivitas wisata yang atraktif untuk mengisi liburan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pasir Kuning, Tempilang – B
Pantai Tanjung Bemban, Batam – Kepulau
Pulau Bengkalis – Kepulauan Riau
Pulau Jemur, Riau
Pantai Kuta di Pulau Lombok
Pantai Pulau Merah, Banyuwangi – Jawa
Pantai Hamadi, Jayapura – Papua
Pulau Rani, Raja Ampat – Papua

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.