Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta

Rating: 90 out of 100, by 99 users
ombak dan pasir pantai - DIY Yogyakarta : Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta

Pantai Pandansimo berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, kurang lebih 20 kilometer arah barat daya Kota Bantul. Terletak bersebelahan dengan Muara Sungai Progo, dan merupakan pantai paling barat dari deretan Pantai Selatan yang masuk ke wilayah Kabupaten Bantul.

Pandansimo sendiri berasal dari kata “pandan” (pohon pandan) dan “simo” (macan). Di pantai ini terdapat padepokan khas bangunan Jawa yang di tengahnya ada pohon pandan. Dari jauh, bangunannya nampak seperti simo (harimau).

Deburan ombak yang besar dan liar, suasana mistis yang masih kental dengan banyaknya petilasan yang keramat, hiruk-pikuk nelayan melawan melawan ganasnya ombak merupakan gaya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain panorama pantai yang indah, di pantai Pandansimo juga terdapat objek wisata ziarah seperti Pandanpayung dan Pandansari. Hal menarik yang dapat di lakukan di sini adalah berbelanja ikan laut yang masih segar dan baru saja di tangkap oleh nelayan setempat langsung dari nelayan lokal.

Di sini juga terdapat berbagai aktivitas kebudayaan seperti upacara tradisi Merti Dusun, labuhan sedekah laut, dan pentas seni budaya. Selain itu di Pantai Pandansimo juga terdapat objek wisata ziarah seperti Pandanpayung dan Pandansari. Tarif masuk ke pantai ini cukup murah, hanya Rp. 2.000 per orang

Pada zaman Raja Hamengkubuwono VIII pantai ini diresmikan dan dijadikan tempat tirakatan, sekaligus kampung nelayan. Disini ada pasar ikan, dan ada padepokan yang dibangun dengan model khas bangunan Jawa.

Pantai ini tidak cocok untuk berenang, karena pantai ini tegolong sangat dalam dan curam. Maka dari tu pengunjung dilarng untuk berenng. Namun pemandangan di pantai ini sangat bagus. Apalagi bila disaksikan di pagi hari. Sekitar pukul 05.30 sampai 06.30.

Curamnya laut tidak menjadi penghalang untuk para wisatawan mengunjungi pantai ini, panorama yang indah mengalahkan nya. Sangat cocok bagi orang yang menyukai alam bebas. Menyukai alam adalah bentuk perwujudan syukur kita kepada Sang Pencipta. Ciptaan yang luar biasa begitu indah.

Secara ekonomis, masyarakat setempat berprofesi sebagai nelayan. Ada juga warga yang bekerja sebagai petani, pegawai dan wiraswasta .Sebagai nelayan, pemerintah setempat telah memberi fasilitas penunjang seperti pembuatan pasar ikan, memperhalus jalan, promosi dan lain – lain.

Di lingkungan pantai sendiri telah berdiri fasilitas penunjang untuk pariwisata. Lapangan sepak bola, kolam renang, lahan untuk out bond, camping, bermain dan lain – lain. Dengan di bangunnya sarana penunjang di harapkan pengunjung akan lebih nyaman.

Memanfaatkan angin kencang yang bertiup dari laut selatan, maka didirikan kincir angin untuk sumber energi. Sumber energi gas bumi yang semakin menipis dan tentu saja semakin mahal, maka sumber energi tenaga angin menjadi pilihan.

sunset di Pantai Pandansimo - DIY Yogyakarta : Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta
menyusuri pantai pandansimo - DIY Yogyakarta : Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta

Tidak jauh dari pantai ini terdapat ada pelabuhan baru yang sedang dibangun, pelabuhan untuk para nelayan. Ikan – ikan yang dijual di sini cukup murah, sekitar Rp 20.000 per kg. Ikan – ikan yang segar langsung dari laut.

Perbedaan pantai ini dengan pantai yang lainnya adalah terletak pada pasir nya yang lebih mirip pasir sungai.Besar dan lembut. Bagi pengunjung yang ingin melakukan tela[pan kaki, dapat langsung berjalan di pantai ini. Tidak dipungut biaya tentunya umtuk telapan kaki ini.

Pantai yang berbeda dan indah, menawan bagi yang melihatnya memikat utuk datang berkunjung. Liburan yang menyenangkanpastinya di pantai ini, Pantai Pandansimo.

Galeri dari informasi tentang Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta

Ada 6 potret di dalam Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

ombak dan pasir pantai - DIY Yogyakarta : Pantai Pandansimo Bantul YogyakartaPemandangan Langit di Pantai Pandansimo - DIY Yogyakarta : Pantai Pandansimo Bantul Yogyakartasenja di pantai pandansimo - DIY Yogyakarta : Pantai Pandansimo Bantul Yogyakartasunset di Pantai Pandansimo - DIY Yogyakarta : Pantai Pandansimo Bantul YogyakartaAktivitas nelayan menjelang senja - DIY Yogyakarta : Pantai Pandansimo Bantul Yogyakartamenyusuri pantai pandansimo - DIY Yogyakarta : Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta

Apa pendapatmu tentang Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Batu Bedaun di Kepulaua
Pantai Batu Bedaun Terletak di kampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat ...

Pantai Sanur Bali – Meli
Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ...

Pantai Grupuk, Lombok –
Menjelajahi keelokan pantai yang ada di Lombok rasanya memang tak cukup bila hanya ...

Pantai Kusamba di Pulau Bali
Pantai Kusamba merupakan obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di pulau Bali, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari –
Pantai Sundak Mempesona di Gunung Kidul
Pantai Talise, Palu – Sulawesi Tengah
Pantai Losari di Makassar
Ke Belitong Tak Lengkap Tanpa Kopi
Wisata ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu
Pantai Serang di Blitar Jawa Timur
Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kali

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.