Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi Keraton yang Kental

Rating: 89 out of 100, by 104 users
Siluet Sunset di Parangkusumo - DIY Yogyakarta : Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi Keraton yang Kental

Pantai Parangkusumo adalah salah satu pantai yang dipandang keramat di kawasan Pantai Parangtritis. Dalam budaya dan tradisi Jawa, pantai Parangkusumo ini dianggap sebagai gerbang utama menuju Kraton Gaib Laut Selatan, sebuah kerajaan Ratu Laut Kidul yang menguasai Laut Selatan (Samudera Hindia). Berbagai acara labuhan, baik dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat maupun dari masyarakat, dilaksanakan di pantai Parangkusumo ini.

Misalnya seperti Upacara Melasti sebagai rangkaian upacara Hari Raya Nyepi yang diperingati oleh umat beragama Hindu. Selain itu juga ada Labuhan Kraton di Parangkusumo sebagai peringatan akan simbol ikatan dan kekuasaan antara Kraton dan penguasa Laut Selatan.

Labuhan di Parangkusumo kepada Kanjeng Ratu Kidul merupakan sebuah ritual yang penting bagi Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ratu Kidul telah berjanji untuk melindungi Panembahan Senopati dan seluruh keturunannya dan Kerajaan Mataram ketika berada dalam kesulitan. Atas dasar nasehat dari Ki Juru Mertani, Panembahan Senopati bermeditasi di Parangkusumo, sebuah pantai kecil di pinggiran Laut Selatan (Samudera Hindia).

Meditasi yang luar biasa tersebut mengakibatkan “gara-gara” dan menimbulkan kekacauan di Kerajaan Segara Kidul (laut selatan). Kanjeng Ratu Kidul pun mendatangi penguasa Mataram tersebut dan mengatakan bahwa harapannya telah dikabulkan oleh Sang Maujud Agung.

Kemudian perjanjian antara Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul dibuat, berdasarkan Babad Tanah Jawa. Hubungan antara raja-raja Mataram dan Kanjeng Ratu Kidul telah memperkokoh legitimasi kebudayaan kepada Sultan.

Melasti di Pantai Parangkusumo - DIY Yogyakarta : Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi Keraton yang Kental
Siluet Sunset di Parangkusumo - DIY Yogyakarta : Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi Keraton yang Kental

Salah satu objek wisata alam yang ada di jogja yang tidak kalah menariknya dengan wisata alam pantai jogja yang lain. Lokasinya di Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 30 km di sebelah selatan kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo ini juga berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Wisatawan bisa menikmati suasana pantai selatan di Pulau Jawa dengan ombak yang besar. Di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah petilasan yang dipercayai sebagai jejak sejarah dari Panembahan Senopati.

Pada cerita masyarakat Yogyakarta ada sebuah legenda tentang pertemuan Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul. Setiap tahunnya, Kraton Yogyakarta menyelenggarakan sebuah upacara labuhan di pantai ini, dan bertepatan dengan peringatan hari kelahiran dari sultan yang berkuasa.

Bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda empat dari Yogyakarta ataupun Bantul. Pantai ini juga dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki jika Anda dari terminal Parangtritis. Karena Pantai Parangkusumo lokasinya berdampingan dengan Pantai Parangtritis, tersedia banyak akomodasi yang ada di sekitar pantai ini.

Hanya pada waktu-waktu tertentu saja para pengunjung dapat melihat sebuah upacara atau prosesi labuhan, yang biasanya diselenggarakan dan bertepatan dengan hari kelahiran sultan yang berkuasa.

Selain itu Anda juga dapat berkendara keliling pantai dengan menggunakan kereta kuda, Anda dapat menikmati setiap sudut pantai dengan menggunakan kereta kuda, dari barat ke timur ataupun sebaliknya.

Anda juga akan meletwati Batu Cinta dan dapat menikmati pemandangan alam berupa hempasan ombak yang besar dan desau angin yang semilir. Ongkos untuk sewa kereta kuda dan kusir tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp 20.000 untuk satu kali keliling.

Galeri dari cerita tentang Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi Keraton yang Kental

Ada 4 potret di dalam Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi Keraton yang Kental cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 potret high-res.

Siluet Sunset di Parangkusumo - DIY Yogyakarta : Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi Keraton yang KentalMelasti di Pantai Parangkusumo - DIY Yogyakarta : Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi Keraton yang KentalPantai Parangkusumo Bantul - DIY Yogyakarta : Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi Keraton yang KentalPantai Parang Kusumo - DIY Yogyakarta : Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi Keraton yang Kental
Diposting pada 18 September 2013 - Oleh dian - Kategori DIY Yogyakarta.
Tag: wisatawan, kawasan Parangkusumo, Lokasi Bantul, pemandangan, pulau, akomodasi, budaya .

Apa pendapatmu tentang Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi Keraton yang Kental

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi Keraton yang Kental Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Papuma Pesona Bebatuan
Pantai Papuma merupakan salah satu pantai unik yang ada di Indonesia. Papuma melengkapi ...

Pantai Katatop, Sorong –
Pantai Katatop – Hampir semua orang sangat suka liburan, mulai dari anak kecil ...

Pulau Siladen, Manado – Sula
Pulau Siladen merupakan salah satu pulau di kepulauan taman laut bunaken. Berbeda dengan ...

Pantai Ujung Batee di Aceh yan
Pantai Ujung Batee cenderung ramai dikunjungi pada pagi hari, dan ombaknya yang lembut ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Purnama, Gianyar – Bali
Pantai Tiram, Padang Priaman – Sumater
Pantai Papa, Sumbawa – NTB
Pantai Air Cina, Kupang – NTT
Pantai di daerah Krui Lampung
Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi
Pulau Siompu, Baubau – Sulawesi Tengga
Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.