Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakarta

Rating: 88 out of 100, by 111 users
indahnya sunset pok tunggal - DIY Yogyakarta : Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakarta

Yogyakarta tidak lepas dari pantai – pantainya yang menawan. Di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung di Gunungkidul, tersembunyi Pantai Pok Tunggal yang sangat indah dengan pasir putihnya.

Pantai Pok Tunggal itulah sebuah nama pantai yang berada di sebelah barat pantai Indrayanti di Gunung Kidul. Meskipun perjalanan menuju lokasi harus melewati jalan yang berbatu, namun sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan di pantai Pok Tunggal. Hamparan pasir putih membentang dari tebing sebelah barat sampai tebing sebelah timur.

Pantai pok tunggal memang diapit oleh dua tebing yang menjulang tinggi serta karang yang berdiri gagah mengelilinginya dengan keindahan yang luar biasa. Jika tebing sebelah barat sudah dibuat jalan dengan dicor dan dilengkapi dengan beberapa gazebo dikanan-dan kiri jalan, lain halnya dengan tebing di sebelah timur karena kemiringannya hingga 90 derajat.

Lokasi

Lokasi Pantai Pok Tunggal berada di Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika dari pantai indrayanti hanya dibutuhkan beberapa menit saja karena letaknya yang cukup berdekatan. Pantai Pok Tunggal memang tak begitu luas, akan tetapi selama ini masih cukup untuk menampung para wisatawan. Aktivitas yang biasa Anda lakukan disini adalah berenang, camping, atau sekedar bercengkrama dengan pasangan menikmati keindahan sunset dipantai Poktunggal

Pantai Pok Tunggal adalah pilihan tepat untuk dikunjungi saat liburan. Waktu perjalanan yang ditempuh kira-kira mencapai 2 jam dari Kota Yogyakarta, melewati daerah Wonosari, Gunungkidul.

Selama perjalanan, Anda akan disuguhi indahnya pemandangan alam Kota Wonosari, terlebih saat kami melewati perbukitan Wonosari. Jalan yang berkelok-kelok menambah serunya perjalanan Anda.

Transportasi :

Kendaraan umum : hingga saat ini belum ada kendaraan umum untuk sampai kelokasi wisata. Jadi bila menggunakan kendaraan umum cuma dapat sampai di terminal wonosari, setelah itu perjalanan ditempuh dengan ojek.

icon pantai pok tunggal - DIY Yogyakarta : Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakarta
sunset di pok tunggal - DIY Yogyakarta : Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakarta

kendaraan pribadi ( jalur ) : dari jogja- piyungan – patuk àsambipitu – arah rimba bunder- gading -logandeng – siyono- bundaran tugu bpd – jl. kyai legi – jalur lingkar selatan – jl. krt djojodiningrat – jalan girisubo – wonosari – jalur saptosari – tepus-pok tunggal. atau

jogja – imogiri àpanggang- jalur saptosari – tepus – ikuti arah ke Pantai Baron – pertigaan jalur sebelum saat  pantai Baron belok kiri menuju pantai Indrayanti  – pertigaan di lokasi pantai Indrayanti  ke kiri ikuti jalur aspal – pos retribusi. sebelah kanan jalur ada papan panduan arah “pantai pok tunggal” – ikuti jalur kecil cor blok ( jalur batu ) ke lokasi pantai Poktunggal dengan ciri ada pohon duras di kanan jalur masuk.

Fasilitas

Pantai Pok Tunggal yang terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung ini, semakin mengukuhkan Gunungkidul sebagai gudangnya pantai cantik berpasir putih yang masih alami.

Sebagai pantai yang masih baru, fasilitas yang ada di tempat ini pun tergolong lengkap. Areal parkir yang luas siap menampung kendaraan para pengunjung, baik mobil atau kendaraan roda dua. Parkir dikelola oleh masyarakat.

Tarif yang dikenakan pun normal: sepeda motor 2.000, mobil 5.000, minibus 15.000. WC dan kamar mandi pun melimpah sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir setelah bermain air laut dan pasir. Air yang digunakan pun air tawar.

Kebutuhan makanan pun tersedia di sini. Mulai dari makanan ringan hingga makan tersedia di berbagai warung sederhana yang tersebar di sepanjang jalan menuju pantai

Surga Gunung Kidul kini bertambah lagi dengan Pantai Pok Tunggal. Sungguh surga yang indah dan menawan. Pasangan muda mudi banyak yang mengunjungi pantai ini hanya sekedar untuk melihat sunset dan sunrise.

Banyak juga pengunjung yang camping di sepanjang pantai dan menyaksikan indahnya bulan dan bintang di langit pantai Pok Tunggal. Di pantai ini anda pun akan dimanjakan dengan pemandangan sunset yang menakjubkan bahkan tidak jarang ada beberapa pengunjung yang menghabiskan malam di tempat ini dengan mendirikan tenda untuk berkemah di tempat ini.

Beberapa penduduk ditempat inipun menerima sinyal tersebut dengan menyediakan dan menyewakan tenda dome sehingga anda jika berkeinginan untuk bermalam di kawasan ini tidak perlu repot repot membawa tenda.

Dengan harga Rp. 60.000 kita sudah dapat menyewa tenda dome tersebut. atau Anda hanya ingin menikmati Pantai Pok Tunggal dibawah payung pantai, Anda bisa menyewa dengan tarif Rp 20.000,-. Atau dapat juga duduk-duduk di gazebo yang tersebar di sekitaran pantai. Jika anda suka mandi air laut maka dipantai ini anda bisa mandi sepuasnya, namun tetaplah berhati-hati.

Berkemah di Pantai Pok Tunggal juga menjadi salah satu kegiatan yang menarik. Selain dengan membawa perlengkapan tenda sendiri, Anda juga dapat menyewa tenda dome yang dapat dipergunakan untuk tidur 2-3 orang.

Di pantai ini pengunjung juga akan dihibur dengan kehadiran monyet-monyet kecil yang tinggal di tebing-tebing yang tak jauh dari situ. Karena mereka adalah satwa liar maka sebaiknya pengunjung juga waspada dan tidak terlalu mengganggu mereka. Menikmati matahari terbenam juga dapat menjadi alternatif acara menikmati Pantai Pok Tunggal.

Disarankan pengunjung pulang sebelum matahari terbenam atau memilih untuk menginap di pantai, karena akses jalan belum baik dan tidak ada penerangan jalan yang memadai, dikhawatirkan mengalami kesulitan di jalan ketika gelap mulai datang.

Pagi hari Anda dapat menikmati keindahan sunrise Pantai Pok Tunggal dengan udara yang segar serta angin pagi yang berhembus perlahan menyapa penuh kehangatan.

Wisata

Terlalu sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata bagaimana keindahan Pok Tunggal. Yang jelas Anda akan menemukan barisan tebing karang yang berdiri kokoh disekitar pantai, bukan itu saja karang-karang tersebut tinggi menjulang tegak lurus kurang lebih 50 meter), anda juga akan bisa menjumpai kawanan monyet liar melompat dari balik tebing di sisi timur,

yang luar biasa di pantai ini menyembur mata air tawar dari bumi. Jalan yang dilalui untuk menuju ke sini memang masih rusak dan agak sulit dilewati. Namun begitu tiba di Pantai Pok Tunggal, rasa lelah pasti langsung sirna. Pasir putih yang indah dan bersih membentang di bibir pantai yang melintang panjang. Pantai ini juga dikelilingi tebing-tebing tinggi nan indah.

Bagi Anda yang berjiwa petualang, cobalah untuk menaiki tebing sebelah timur. Kemiringan di tebing sebelah timur ini mencapai 90 derajat dengan ketinggian sekitar 50 meter.Tebing ini sangat berpotensi untuk kegiatan panjat tebing. Pada tebing ini sudah dibuatkan sebuah jalan menggunakan kayu sehingga Anda bisa naik ke atas tebing. Diatas tebing tersebut terdapat sebuah gazebo untuk berteduh dan menikmati keindahan pantai.

Keberadaan pantai yang masih agak sulit dalam mencapainya membuat keberadaan pantai ini belum banyak dikenal dan juga jarang dikunjungi. Dengan benteng berupa karang karang yang menjulang di sekeliling pantai ini seolah menjadi pantai yang terisolir dari dunia luar.

Namun jika kita berada di kawasan ini pastilah hanya decak kagum yang akan terdengar dan terucap dari para pengunjung pantai ini.Ditambah dengan keindahan pantainya itu sendiri dimana dengan pasirnya yang putih dan lautan nan biru akan semakin menambah takjub kita akan kawasan ini. Dengan kondisi jalan yang agak sulit akan terbayar dengan kondisi yang kemudian terlihat didepan mata kita.

Pantai ini mempunyai ciri khas yang unik yaitu pantai yang luas dan landai, ombak relatif tenang cocok buat Anda yang ingin berenang. Selain itu pantai ini mempunyai beberapa pohon yang sejuk untuk berteduh. Salah satunya pohon “Duras” yang menjadi favorit pengunjung untuk berteduh saat berada di pantai ini.

Pohon Duras yang tumbuh rindang di bibir pantai menjadikan ikon pantai ini. Pohon ini sangat sulit tumbuh sehingga dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat. Para wisatawan dilarang memanjat pohon tersebut yang tampak cantik tersebut.

Anda akan tercengang dengan keindahan pasir pantai, bukit, serta tebing-tebing tinggi yang menjulang. Pesona Pantai Pok Tunggal dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh dinding perbukitan merupakan lokasi yang asyik untuk dieksplor.

Masih ada satu kunikan lagi di pantai Poktunggal ini. Keunikan itu adalah adanya mata air tawar yang ada di bibir pantai. Sumber mata air ini terlindungi oleh pohon yang besar dan rimbun. Kita bisa menggunakannya sebagai sarana berteduh dari sinar matahari. Sumber mata air inilah yang digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan aneka warung dan kamar mandi swadaya masyarakat. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir ketika berada di lokasi pantai ini. Air yang digunakan berasal dari sumber mata air tawar.

Galeri foto dari cerita tentang Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakarta

Ada 6 foto di dalam Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakarta cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

icon pantai pok tunggal - DIY Yogyakarta : Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakartapantai pok tunggal - DIY Yogyakarta : Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakartapasir pantai yang bersih - DIY Yogyakarta : Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakartapayung mewarnai keindahan pantai pok tunggal - DIY Yogyakarta : Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakartasunset di pok tunggal - DIY Yogyakarta : Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakartaindahnya sunset pok tunggal - DIY Yogyakarta : Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakarta

Apa pendapatmu tentang Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakarta

2 Komentar to “Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakarta”

  1. Wouwww,,,keren

  2. […] wisata Pok Tunggal, dan subjek Obyek wisata di Yogyakarta, jadi jangan lupa untuk membaca artikel Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakarta untuk mendapatkan informasi lebih […]

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul – Yogyakarta Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Sabolon, Flores –
Flores, Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan Taman Wisata Pulau Komodo-nya itu ternyata ...

Pantai Merak Belantung Kaliand
Pantai Merak Belantung atau juga di kenal dengan pantai embe terletak di sebuah ...

Pantai Ulee Rubek, Lhokseumawe
Pantai Ulee Rubek – Bingung mencari lokasi wisata terutama pantai yang menawan di ...

Pantai Lembah Putri, Kalipucan
Pantai Lembah Putri merupakan pantai yang masih alami dan berhadapan langsung dengan Samudera ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Walur Pasir Putih dan Landai
Pantai Setoko, Batam – Kepulauan R
Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak
Pantai Baluk Rening, Jembrana – Ba
Pantai Pasir Kuning, Tempilang – B
Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara –
Pantai Kampung Baru, Bulungan – Kalima
Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.