Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Rating: 90 out of 100, by 101 users
Sunset di Pantai Samas - DIY Yogyakarta : Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Pantai Samas adalah pantai yang terletak di Desa Srigading, Sanden, Bantul atau sekitar 24 km selatan Yogyakarta. Pantai Samas terkenal dengan ombaknya yang besar, delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga.

Oleh Sub Dinas Perikanan Propinsi DIY, telaga-telaga tersebut digunakan untuk pengembangan perikanan, penyu dan udang galah serta untuk lokasi pemancingan.

Hamparan pasir Pantai Samas sering digunakan sebagai lokasi bertelur sejumlah penyu langka seperti Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Blimbing, dan Penyu Lekang. Berburu telur-telur penyu di sepanjang hamparan pantai tersebut sering dilakukan oleh nelayan setempat untuk berbagai keperluan.

Namun, atau prakarsa dan kesadaran sejumlah nelayan pantai Samas bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta serta sejumlah lembaga swadaya lingkungan maka dibentuk Forum Konservasi Penyu Bantul dengan anggota para nelayan yang dulunya berburu telur penyu.

Nelayan Pantai Samas Yogyakarta - DIY Yogyakarta : Pantai Samas Bantul Yogyakarta
Keindahan Pantai Samas - DIY Yogyakarta : Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Penyu-penyu sering mendarat di pantai Samas untuk bertelur. Forum ini menerapkan penetasan secara semi alami untuk telur-telur penyu yang akan menetas.

Biasanya, oleh Forum Konservasi Penyu Bantul telur penyu yang telah diletakkan ke pasir oleh induknya akan dipindahkan ke sarang buatan. Setelah menetas, anak penyu tersebut ditempatkan di kolam pemeliharaan yang dikelola, karena yang dilakukan adalah penetasan semi alami, maka pelepasan ke laut harus menunggu 3 bulan agar lebih kuat.

Anak penyu yang ditempatkan di kolam pemeliharaan diberi pakan telur semut (kroto) atau ikan yang dicacah. Setelah tiga bulan, penyu biasanya dilepas ke laut oleh murid-murid sekolah sebagai bagian dari pendidikan lingkungan, khususnya konservasi penyu.

Ombak laut yang besar, delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga menjadi keindahan tersendiri sebagai daya tarik pantai ini. Telaga yang terbentu dari danau air tawar tersebut menjadi tempat pengembangan ikan dan udang galah.

Selain ombaknya yang besar, pantai Samas terkenal dengan angin lautnya yang kencang dan bibir pantai yang curam serta pantainya yang berpasir putih. Matahari terbenam disini pun tidak kalah cantik dari pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia.

Terdapat banyak fasilitas di pantai ini, pastinya terdapat restaurant yang menyajikan masakan khas daerahnya. Ada juga publik toilet, mushola, jaringan listrik dan penginapan tentunya. Harga masuk ke pantai ini sangat murah, hanya dengan Rp. 1.100 saja (Rp. 100 nya untuk asuransi). Tempat parkir nya pun sangat luas. Namun tidak usah khawtir bagi yang tidakmempunyai kendaraanpribadi.Terdapat Angkot dari Yogyakarta samapi ke pantai ini hanya dengan ongkos erjalanan Rp. 2.000 saja

Di pantai ini, sering diadakan ritual keagamaan oleh masyarakat Yogyakarta seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut. Masyarakat pesisir pantai samas menggelar “Kirab Tumuruning Maheso Suro” sambut 1 Suro atau tahun baru Muharram. 1 Suro merupakan awal bulan pertama tahun baru Jawa atau Muharram.

Dalam kalender Jawa pertama kali diterbitkan oleh Raja Mataram Sultan Agung Hanyokrokusumo pada 1940 lalu, mengacu penanggalan Hijriyah (Islam). Ritual ini rutin digelar tiap tahunnya guna mengenang Maheso Suro yang dipercaya telah mendatangkan kemakmuran warga pesisir pantai selatan ini. Pantai Samas berbatasan dengan Pantai Patehan di barat dan Pantai Parangtritis di timur. .

Disebelah Barat pantai ini terdapat Pantai Patehan dengan panorama yang indah Lokasi nya di Desa Srigading, Kec. Sanden kurang lebih 24 Km dari yogyakarta ke arah Selatan. Atraksi atau Event Wisata nya seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro, Labuhan Sedekah Laut, Pentas Seni Budaya ( liburan dan lebaran ).

Galeri foto dari posting tentang Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Ada 6 gambar di dalam Pantai Samas Bantul Yogyakarta posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

Nelayan Pantai Samas Yogyakarta - DIY Yogyakarta : Pantai Samas Bantul YogyakartaBerwisata ke Pantai Samas - DIY Yogyakarta : Pantai Samas Bantul YogyakartaKeindahan Pantai Samas - DIY Yogyakarta : Pantai Samas Bantul YogyakartaPantai Samas sebagai lokasi bertelur penyu - DIY Yogyakarta : Pantai Samas Bantul YogyakartaSunset di Pantai Samas - DIY Yogyakarta : Pantai Samas Bantul YogyakartaKapal Nelatan Pantai Samas - DIY Yogyakarta : Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Apa pendapatmu tentang Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Samas Bantul Yogyakarta Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Cipatujah, Tasikmalaya
Pantai Cipatujah, dengan luas 115 ha, merupakan pantai berkarang yang kaya akan terumbu-terumbu ...

Pantai Likupang, Bitung –
Terletak di bagian ujung utara pulau Celebes disitulah terdapat pantai bernama pantai Likupang. ...

Pantai Sulamadaha Ternate Nuan
Pantai Sulamadaha merupakan pantai eksotik yang masih sangat alami terletak di Ternate, Provinsi ...

Tips Aman dan Menyenangkan di
Menjadika pantai sebagai tujuan rekreasi keluarga ataupun bersama kerabat memang pilihan yang tepat. ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa Timur
Mentawai Si Cantik nan Eksotis
Pantai Drini Satu dari Deretan Pantai Ca
Karimun Jawa – Berenang Bersama Hi
Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua
Pantai Minajaya, Sukabumi – Jawa B
Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB
Pantai Kijing, Pontianak – Kaliman

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.