Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta

Rating: 89 out of 100, by 104 users
Kereta Gantung ke Watu Panjang - DIY Yogyakarta : Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Timang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Perjalanan menuju ke pantai sekitar 3 jam dari Yogya. Pantai yang terletak diantara pantai siung dan pantai sundak ini berlokasi memang relatif terpencil dan aksesnya cukup sulit sehingga kurang dikenal oleh warga sekitar apalagi diluar daerah.

Meskipun tidak terkenal, pantai ini menyugukan keindahan yang mampu melunasi rasa lelah selama perjalanan. Di sisi barat dapat terlihat pantai dengan substrat berbatu terjal, sedangkan di sebelah timur dapat ditemui pantai berpasir seperti pantai di daerah pantai selatan pada umumnya. Di sebelah selatan dapat kita lihat onggokan batu besar yang oleh masyarakat sekitar disebut watu panjang atau batu panjang.

Pemandangan Perjalanan - DIY Yogyakarta : Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta
Watu Panjang Pantai Timang - DIY Yogyakarta : Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta

Ada pula tali yang menghubungkan batu tersebut dengan daratan, dilengkapi alat sederhana untuk menyeberang. Pantai ini sepertinya belum dikembangkan sebagai obyek wisata. Ini terlihat dari jalan yang menuju pantai Timang yang lumayan berat. Kami harus melewati jalan berbatu sejauh kurang lebih 3 Km. Namun, panorama pantai yang alami dapat dinikmati di sini.

Menuju Pantai Timang Gunungkidul

Untuk dapat berwisata ke Pantai Timang, anda bisa mengikuti beberapa jalur dengan melewati beberapa jalan desa yang sudah ada blok cor (sisi kiri dan kanan jalan sudah diperkeras dengan semen) dan kurang lebih 2 kilometer jalan yang masih berupa jalan tanah yang sudah diperkeras dengan batu-batuan.

Jalur Utama menuju Pantai Timang :

Kuncinya adalah : Jalur utama Tepus – Jepitu dan mulai masuk jalan kampung di pertigaan depan SD Tepus 4 dusun Gembuk (jalannya agak menurun dan berkelok sedikit).

Wonosari – mulo – mentel – bintaos – Pertigaan desa Tepus ke kiri arah Jepitu (kalau ke kanan ke Pantai Indrayanti-krakal –kukup-baron) – dari pertigaan tepus ini ke arah jepitu dan k.l. 3 km ada pertigaan (depan SD Tepus IV di dusun Gembuk) – ikuti jalan semen blok cor arah ke kanan – sampai dusun Cari – dari dusun CARI masih lurus terus – pantai Timang.

Jalur ke dua menuju Pantai Timang:

Kuncinya adalah : Jalur utama Jepitu – Tepus dan mulai masuk jalan kampung di pertigaan Wingangun /Nangun (pertigaan ini 50 meter sebelah barat dari pertigaan kalau mau ke pantai Siung)– ambil jalan yang blok cor semen menuju dusun Danggolo – dari Danggolo lurus saja menuju dusun CARI – dari dusun CARI lurus terus sampai di Pantai Timang.

Catatan :

Bila menemui pertigaan atau perempatan di tengah kampung dan anda bingung jalan mana yang mau di ambil, jangan segan-segan untuk bertanya. Orang-orang di kampung akan melayani anda dengan senang hati, mereka akan menunjukkan Jalur/peta menuju Pantai Timang Gunungkidul.

Kereta Gantung dan Lobster

Selain keindahan alamnya, ada hal yang unik dari Pantai Timah. Apa itu? Yakni keberadaan kereta gantung yang berfungsi mengantarkan para nelayan ke Pulau Panjang.

Pulau Panjang ini adalah batu karang berukuran besar di tengah laut, di seberang Pantai Timang. Penduduk setempat juga biasa menyebutnya Watu Panjang atau Batu Panjang.

Penduduk setempat biasa pergi ke Pulau Panjang untuk memancing ikan dan berburu lobster. Pulau Panjang memang dikenal sebagai tempat terbaik untuk berburu lobster di kalangan penduduk sekitar. Nah, untuk menuju Pulau Panjang ini, digunakanlah sebuah “kereta gantung” sederhana.

Kereta gantung ini dibangun oleh warga setempat. Untuk keperluan membuat jalur “kereta” gantung ini, mereka harus berenang melawan ombak laut selatan yang ganas di antara tebing curam.

Saat ini, jalur tersebut menggunakan tambang sepanjang kurang lebih 200 m, dengan diameter sekitar 4 cm. Wahana untuk meluncur melalui jalur tersebut dibuat berbentuk kursi, dengan bahan kayu biasa. Meskipun sederhana, kereta gantung ini cukup kokoh.

Kereta gantung ini dioperasikan dengan cara ditarik menggunakan sistem katrol. Memang, tidak ada jaminan ataupun pihak yang bertanggungjawab atas keselamatan Anda ketika naik kereta gantung sederhana ala nelayan setempat ini. Tapi jika berani mengambil risiko untuk menjajal, sensasinya luar biasa.

Meluncur tidak sampai ke seberang pun tak masalah. Tubuh Anda akan terayun-ayun pada ketinggian sekitar 50 m di tengah riuh suara ombak berdebur.

Jika ombak sedang besar, ketinggiannya bisa mencapai posisi Anda yang sedang duduk di kursi gantung. Siap-siap saja untuk basah kuyup. Selain menjajal sensasi ekstrim naik kereta gantung.

Setelah bermain di pantai, beristirahat dengan mencicipi lobster dan ikan tangkapan nelayan. Asik dan seru berwisata semakin lengkap bukan?. Suasana sore di Pantai Timang juga indah. Pantai yang lebih menjorok keselatan membuat Anda bisa menikmati sunset yang tampak di atas laut.

Galeri gambar dari artikel tentang Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta

Ada 6 foto di dalam Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

Lobster Hasil Tangkapan Nelayan - DIY Yogyakarta : Pantai Timang Gunung Kidul YogyakartaPantai Timang - DIY Yogyakarta : Pantai Timang Gunung Kidul YogyakartaPemandangan Perjalanan - DIY Yogyakarta : Pantai Timang Gunung Kidul YogyakartaWatu Panjang Pantai Timang - DIY Yogyakarta : Pantai Timang Gunung Kidul YogyakartaBebatuan Terjal Pantai Timang - DIY Yogyakarta : Pantai Timang Gunung Kidul YogyakartaKereta Gantung ke Watu Panjang - DIY Yogyakarta : Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta
Diposting pada 12 September 2013 - Oleh dian - Kategori DIY Yogyakarta.
Tag: Yogyakarta, memancing, obyek, laut selatan, pantai selatan, nelayan, Lokasi Gunungkidul .

Apa pendapatmu tentang Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Wai, Raja Ampat –
Kawasan wisata Kabupaten Raja Ampat, memang terkenal akan wilayah perairannya. Tentu saja, karena ...

Pantai Trikora, Bintan –
Eksotisme wisata bahari di Indonesia memang tidak terkalahkan dengan wisata bahari di mancanegara. ...

Pantai Losari di Makassar
Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar. Pantai ...

Pantai Dalegan Panceng Gersik
Pantai ini terletak di desa Delegan Kecamatan Panceng dari Gresik kota berjarak sekitar ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Romodong Objek Menarik Pulau Bang
Pantai Lampuuk, Aceh Besar
Pantai Merak Belantung Kalianda
Pantai Sanur Bali – Melihat Keinda
Pulau Gag, Raja Ampat – Papua
Pulau Derawan Kalimantan Timur – N
Mentawai Si Cantik nan Eksotis
Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kal

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.