Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan Asri

Rating: 89 out of 100, by 105 users
Perahu perahu Pantai Trisik - DIY Yogyakarta : Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan Asri

Pantai Trisik merupakan pantai pertama di Kabupaten Kulon Progo yang akan ditemui bila anda melaju melewati lintasan Bantul – Purworejo, melewati Palbapang dan Srandakan. Berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Trisik terletak sangat dekat dengan jalan raya sehingga sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi.

Perjalanan ke Pantai Trisik akan terasa menyenangkan dan tak begitu melelahkan meski jaraknya cukup jauh. Jalan menuju pantai ini sangat halus dan minim tanjakan, terdapat pula warung makan di kanan kiri jalan yang bisa menjadi tempat beristirahat bila lelah.

Melewati jalur Palbapang dan Srandakan, anda juga akan dapat menikmati pemandangan Sungai Progo ketika melewati jembatan penghubung Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo.

Pantai Trisik memiliki kekhasan dibanding pantai-pantai lainnya di Kulon Progo, yaitu suasana pedesaan pesisir yang begitu terasa. Pantai, rumah-rumah warga, gubug-gubug yang menjajakan makanan dan jalan penghubung desa dengan kota terletak saling berdekatan. Beragam aktivitas warga sekitar yang memanfaatkan wilayah pesisir dan laut sebagai sumber penghidupan juga turut meperkuat suasana pedesaan pesisir itu.

Tempat pelelangan ikan adalah salah satu tempat yang akan dijumpai ketika memasuki wilayah pantai ini. Tempat ini menjadi jantung bagi warga Trisik yang berprofesi sebagai nelayan, sebab di situlah aktivitas jual beli ikan berlangsung. Biasanya, tempat ini ramai sejak sesaat ketika nelayan selesai melaut mencari ikan. Terdapat salah seolah nelayan yang tengah mengangkut ikan pari hasil tangkapannya.

Eksotisme pedesaan pesisir dengan dunia perikanan sebagai keseharian akan dijumpai begitu anda sampai di pantai. Jejeran perahu-perahu motor yang biasa digunakan warga untuk mencari bisa dijumpai. Tak jauh darinya, terdapat beberapa jala yang berserakan menunjukkan baru saja selesai digunakan. Sejumlah kecil warga membuka warung-warung dari gedheg bagia beberapa wisatawan yang berkunjung, menjajakan minuman sekedarnya.

Di waktu tertentu, anda bisa menyasikan beragam jenis burung berlaga di angkasa pantai ini. Diyakini, Pantai Trisik adalah salah satu persinggahan burung migran dari berbagai wilayah. Jenis burung migran yang bisa dilihat antara lain trinil rawa, trinil pantai, trinil semak, kedidi leher merah, cerek kernyut, cerek kalung kecil dan layang-layang asia. Sementara itu, terdapat pula burung-burung non migran seperti kuntul kerbau, walet sapi dan udang biru.

Bila berjalan ke barat mengikuti arah jalan aspal menuju Pantai Glagah, anda akan menemukan aktivitas lain warga desa pesisir Trisik. Di kanan-kiri jalan itu, anda bisa menjumpai warga desa memanfaatkan panas matahari di wilayah pantai untuk mengeringkan eceng gondok yang diperoleh warga dari daerah Ambarawa. Saat menjelang sore hari, mereka tengah mengumpulkan eceng gondok kering dan membaginya dalam beberapa ikat.

Eceng gondok yang telah dikeringkan itu disetor pada para pengrajin untuk dibuat tas, sandal dan beragam boks. Hasil kerajinan biasanya didistribusikan ke kota atau disetor pada pengusaha kerajinan di berbagai wilayah untuk diproses lebih lanjuut.

Para pengrajin di kota biasanya melakukan proses finishing dengan menambah beragam aksosoris untuk mempercantik. Meski dalam skala kecil, aktivitas menjemur eceng gondok ini mampu memberi penghidupan pada warga.

Dengan nuansa pedesaan pesisir yang begitu kental, tentu Pantai Trisik sangat pantas untuk dimasukkan dalam agenda wisata anda. Tak banyak pantai yang memiliki nuansa yang masih asri dan sederhana seperti Pantai Trisik.

Pemandangan Sekitar Pantai - DIY Yogyakarta : Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan Asri
Wisata Pantai Trisik - DIY Yogyakarta : Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan Asri

Kumpulan Gambar dari berita tentang Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan Asri

Ada 6 potret di dalam Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan Asri berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

Pantai Trisik Kulon Progo - DIY Yogyakarta : Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan AsriPemandangan Sekitar Pantai - DIY Yogyakarta : Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan AsriPerahu perahu Pantai Trisik - DIY Yogyakarta : Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan AsriSunset di Pantai Trisik - DIY Yogyakarta : Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan AsriWisata Pantai Trisik - DIY Yogyakarta : Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan AsriPanorama Pantai Trisik - DIY Yogyakarta : Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan Asri
Diposting pada 19 September 2013 - Oleh dian - Kategori DIY Yogyakarta.
Tag: wisata pantai, nelayan, pemandangan, bantul, rawa, Informasi Trisik, kota yogyakarta .

Apa pendapatmu tentang Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan Asri

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir nan Asri Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai indah Masceti, Gianyar
Pantai merupakan kawasan wisata yang menjadi favorit banyak orang. Semua usia menyukai aktifitas ...

Pantai Sulamadaha Ternate Nuan
Pantai Sulamadaha merupakan pantai eksotik yang masih sangat alami terletak di Ternate, Provinsi ...

Pantai Marina, Batam – K
Sekilas terpampang sebuah tulisan yang berukuran besar untuk mengawali sebuah sambutan bagi para ...

Pantai Nambo, Kendari –
Pantai Nambo terletak di Sulawesi Tenggara, berada 12 km di sebelah selatan Kota Kendari. ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Selong Belanak, Lombok – NT
Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Barat
Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papu
Pantai Batu Karas dan Batu Hiu Pangandar
Pulau Dodola, Morotai – Maluku
Pulau Jefman, Sorong – Papua
Pantai Badur, Madura – Jawa Timur
Pulau Buluh, Batam – Kepulauan Riau

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.