Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya

Rating: 90 out of 100, by 97 users
wedi ombo beach - DIY Yogyakarta : Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya

Terletak kurang lebih 30 km ke arah selatan kota Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Daerah Tingkat II Gunungkidul. Asal kata Wediombo dari bahasa jawa yang artinya wedi : pasir dab ombo : luas, dan bila di satukan menjadi pantai yang pasirnya luas. Itu memang benar, pasir putih yang membentuk teluk dan membentang dari ujung selatan ke utara dan menghadap ke barat sangat luas.

air pantai di wediombo - DIY Yogyakarta : Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya
pantai wediombo - DIY Yogyakarta : Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya

Penduduk setempat memang mengungkapkan bahwa nama pantai ini yang diberikan oleh nenek moyang tak sesuai dengan keadaannya. Ada yang mengungkapkan, pantai ini lebih pantas menyandang nama Teluk Ombo, sebab keadaan pantai memang menyerupai teluk yang lebar. Terdapat batu karang yang mengapit, air lautnya menjorok ke daratan, namun memiliki luas yang lebih lebar dibanding teluk biasa.

Dari pantai Wediombo kita akan dimanjakan pemandangan-pemandangan yang elok nan indah. Di sana kita akan dimanjakan dengan susunan batu karang yang indah, tempat bersembunyinya ikan-ikan penghuni tepian pantai Wediombo. Kita juga bisa memancing di ketinggian bukit karang yang ditawarkan dari wisata Wediombo ini. Saat ini jenis wisata yang bermula dari kebiasaan memancing penduduk setempat ini tengah digemari oleh para pehobby dari kota Yogyakarta dan Wonogiri. Menurut penduduk setempat mendapatkan ukuran ikan besar merupakan tujuan utama para pehobby itu.

Bukan hal yang mudah untuk memancing di bukit karang, sebab letaknya jauh dari pantai. Bukit karang itu baru bisa dikangkau setelah berajaan keara timur menyusuri bibir pantai, naik turun karang hingga tepian pantai yang terjal,licin, dan kadang dihempas ombak besar, kemudian naik lagi hingga puncak bukit karang yang langsung berhadapan dengan laut lepas yang dalam. Bagi yang telah terbiasa saja, perjalanan menuju bukit karang bisa memakan waktu satu jam.

Pada sore harinya mata kita akan di fokuskan pada peristiwa alam dimana sang Matahari kembali ke peraduannya. Dari tepian pantai Wediombo yang kebetulan menghadap ke arah barat, jadi kita akan bisa leluasa menyaksikan peristiwa indah ciptaan Allah SWT.

Di jarak sekitar 200m dari bibir pantai ada sepasang batu yang disebut dengan BATU NGANTEN. Konon cerita masyarakat batu itu selalu tampak sama walau pantai dalam keadaan pasang atau surut. Jadi seolah-olah batu itu mengapung di laut tetapi tidak berpindah.

Panorama yang lain yang dijanjikan ketika wisatawan akan mengunjungi pantai Wediombo tidak hanya pantai yang indah, tetapi juga kita dapat berselancar di sini. Tidak seperti halnya pantai selatan di Pulau Jawa lainnya, pantai Wediombo mempunyai ombak besar yang sangat cocok untuk berselancar (surfing), sehingga akan menambah pengalaman berselancar anda yang tak terlupakan.

Kawasan pantai Wediombo di kelilingi oleh pegunungan karst dengan ditumbuhi oleh banyak sekali vegetasi tumbuhan keras. Lahan pertanian cukup luas didaerah ini karena memang sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Adanya pegunungan karst mengakibatkan terbentuknya beberapa gua-gua dan beberapa sungai bawah tanah yang merupakan karakteristik khas topografi karst.

Anda tidak akan kecewa jika berkunjung ke Pantai Wediombo ini karena di pinggiran pantai berdiri fasilitas yang lengkap seperti lahan parkir yang luas, toilet yang memadai serta untuk memanjakan lidah disini telah dibangun warung-warung yang menjajakan aneka macam makanan, mulai dari makanan khas desa Jepitu, dan makanan jajanan warung pada umumnya.

Galeri foto dari konten tentang Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya

Ada 6 foto di dalam Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

pasir pantai wediombo - DIY Yogyakarta : Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogyawedi ombo beach - DIY Yogyakarta : Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogyaair pantai di wediombo - DIY Yogyakarta : Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogyabatu karang wediombo - DIY Yogyakarta : Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogyapantai wediombo - DIY Yogyakarta : Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogyapantai wedi ombo - DIY Yogyakarta : Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya

Apa pendapatmu tentang Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya

Satu Komentar to “Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya”

  1. keren sekali ini pantai,walaupun jika masuk dari gerbang gugusan pantai di gunung kidul..sangat jauuh sekali.Namun terbayar ketika melihat keindahan Wedhi Ombo.Hanya yg membuat aga kesal adalah pembayaran restribusi yg kurang jelas.masuk kawasan pantai dikenakan tarif…setelah sampai wedhi ombo ada restribusi kembali.masukan untuk pemkab setempat.

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Simping, singkawang –
Hampir seluruh daerah tujuan wisata saya kunjungi, tetapi yang sangat berkesan melakukan perjalanan ...

Pantai Sindangkerta, Tasikmala
Negara kepulauan menjadikan Indonesia sangat kaya dengan laut dan pantainya. Ribuan bahkan ratusan ...

Kepulauan Raja Ampat Papua 
Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, ...

Pantai Lagundri, Nias –
Sejak 1993, pantai ini terkuak kesempurnaanya untuk surfing oleh para penunggang papan selancar ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Sausapor, Sorong – Papua
Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timur
Pantai Sadeng Gunung Kidul
Pantai Ngetun, Gunungkidul – Yogyakart
Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua
Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timur
Pantai Lawar, Sumbawa – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.