Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakarta

Rating: 85 out of 100, by 132 users
pantai trenggole dari atas bukit - DIY Yogyakarta : Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakarta

Gunungkidul di DI Yogyakarta punya banyak pantai yang indah untuk dikunjungi, salah satunya Pantai Trenggole. Tidak banyak yang tahu bahwa dibalik keramaian Pantai Pulang Syawal (yang terkenal dengan cafe Indrayanti) terdapat sebuah pantai yang memiliki keindahan yang tidak kalah menarik. Pantai Trenggole namanya dan letaknya hanya dibalik bukit sebelah timur Pantai Pulang Syawal. Kondisi pantai ini tergolong sepi dan berbanding terbalik dengan Pantai Pulang Syawal yang terdapat di sebelah baratnya.

Sama dengan kebanyakan pantai di Gunung Kidul, pantai ini juga punya pasir putih dengan dihapit bukit-bukit batu karst. Panjang garis pantai kira-kita hanya sepertiga dari pantai Indrayanti.

Lokasi

Pantai Trenggole berada di dusun Ngasem, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk sampai ke pantai Trenggole, Anda harus melewati jalan yang bergelombang dan berkelok-kelok. Di sepanjang jalan ini dapat kita menemukan rangkaian pantai lainnya.

Untuk menuju ke Pantai Trenggole bisa dilakukan dengan berjalan kaki dari Pantai Indrayanti. Di sebelah kanan ada bukit karang yang membatasi Pantai Indrayanti dengan Pantai Sundak. Sedangkan di sebelah kiri terdapat bukit yang bisa didaki, itulah jalan menuju Pantai Trenggole. Atau Anda  bisa menggunakan kendaraan pribadi melewati jalan tanah yang telah diperlebar untuk kelancaran transportasi. Jalan yang dilalui menuju ke Pantai Trenggole hampir sama dengan Pantai Goa Watulawang  karena letak Pantai Trenggole hanya berada di sebelah baratnya.

Di pantai ini berserakan batu-batu besar berwarna hitam berbentuk kubus. Keberadaan batuan hitam berbentuk kubus tersebut jarang ditemui di pantai selatan Gunungkidul dan menurut informasi batuan tersebut sengaja diletakkan untuk mencegah abrasi saat ombak pasang. Di sudut barat terdapat beberapa bangunan mirip instalasi atau unit yang mengolah air laut untuk kolam/tambak. Beberapa kolam berukuran besar dibuat untuk menampung air laut sebelum diolah.

Keberadaan bangunan pengolahan air laut, batuan pemecah ombak, dan pasir putih pantai memberikan daya tarik Pantai Trenggole yang sedikit berbeda dengan Pantai Pulang Syawal disebelah baratnya.

Fasilitas dan penginapan

Untuk kalian yang kurang suka berjemur, tenang saja, di pinggir pantai terdapat semacam gazebo yang dapat digunakan untuk berteduh. Jika lelah dan ingin makan, memang kita tidak harus kembali ke pantai Indrayanti. Di pantai ini juga terdapat penjual meskipun jumlahnya tidak sebanyak pantai disebelahnya.

Dekat pantai, di daerah tempat parkir mobil ada kamar dengan ukuran kecil, WC-nya di luar. Wilayah sekitar kamar akan ramai oleh turis yang akan parkir dan mandi di siang hari. Pada malam hari, suara debur ombak lumayan deras akan menjadi nina bobo yang akan cukup mengganggu bila harus tidur dalam keadaan sepi. Ada juga kamar yang terletak di atas bukit, tangganya akan membuat siapa saja yang naik dijamin akan lelah namun pemandangan dari atas begitu memanjakan mata,WC di dalam kamar. Saran saya, lebih baik intip dulu sebanyak-banyaknya penginapan yang ada, baru kemudian pilih yang sesuai dengan selera.

Wisata

Saat tiba di Pantai Trenggole suasana tampak sepi dan berbanding terbalik dengan kawasan Pantai Pulang Syawal yang penuh dengan wisatawan. Hanya terlihat beberapa wisatawan yang berkunjung di pantai ini dan sepertinya mereka berjalan kaki dari Pantai Pulang Syawal.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke pantai ini merupakan wisatawan yang jenuh dan kurang nyaman keramaian Pantai Pulang Syawal. Meskipun tidak menjadi kawasan wisata utama, kedepannya Pantai Trenggole cukup berpotensi menjadi kawasan wisata pelengkap Pantai Pulang Syawal seperti Pantai Somadeng yang berada disebelah barat Pantai Pulang Syawal.

Selain unggul dengan kesunyiannya, lanskap alam pantai Trenggole sangat indah. Pasir pantainya yang putih dan halus, dengan lingkungan yang masih bersih, serasi dengan hijau-biru air laut dan hamparan langit birunya. Gemuruh ombak yang sesekali menerpa bebatuan dadu, semilir angin, dan cerahnya cahaya matahari, membangun suasana yang menenangkan sekaligus menyenangkan. Namun bagi Anda yang suka berenang, pantai ini sepertinya tidak cukup aman dijadikan arena berenang Anda karena ombak di pantai ini cukup buas.

pantai trenggole - DIY Yogyakarta : Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakarta
batu kubus pantai trenggole - DIY Yogyakarta : Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakarta

Di pantai Trenggole yang sunyi ini pas sekali untuk kita sekadar duduk-duduk membaca buku sambil berjemur, dan menikmati ketenangan yang jarang kita temui di pantai lain yang ramai dengan wisatawan. Atau kita bisa bermain dengan kawan-kawan, bermain bola, membangun istana pasir, atau bahkan bermain air laut.

Pantai Trenggole bisa jadi tujuan liburan Anda ketika ke Yogyakarta. Jika ingin menikmati suasana pantai dengan khusyuk, bebas dari hiruk pikuk, inilah tempatnya. Dengan catatan untuk beberapa saat ini, entah besok ketika pantai ini sudah terdengar luas, dan semakin banyak pengunjungnya.

 

Galeri gambar dari posting tentang Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakarta

Ada 5 gambar di dalam Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakarta posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

pantai trenggole dari atas bukit - DIY Yogyakarta : Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakartapantai trenggole - DIY Yogyakarta : Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakartapasir Pantai di trenggole - DIY Yogyakarta : Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakartabatu kubus pantai trenggole - DIY Yogyakarta : Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakartaombak pantai trenggole - DIY Yogyakarta : Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakarta

Apa pendapatmu tentang Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakarta

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakarta Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Ajibata, Samosir –
Danau Tobaba,  danau vulkanik ini sudah tidak asing di telinga kita, karena merupakan ...

Pantai Amal Tarakan Kalimantan
Pantai ini berada di Kota Tarakan dan merupakan nama salah satu kelurahan yang ...

Pulau Hoga, Wakatobi – Sulaw
Pulau Hoga hanyalah salah satu dari beberapa pulau yang membentuk gugus kepulauan Wakatobi, ...

Pantai Pasir Putih Holtekamp,
Pantai Pasir Putih Holtekamp – Jayapura adalah ibukota Provinsi Irian Jaya bagian timur, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papu
Pulau Derawan Kalimantan Timur – N
Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat
Indahnya Pantai Mutun Plus Bonus Pulau T
Pantai Atuh Bali – Pasir Putih yan
Pantai Sayang Heulang, Garut – Jawa Ba
Pantai Lagoi, Batam – Kepulauan Ri
The Passage, Raja Ampat – Papua

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.