Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat

Rating: 85 out of 100, by 137 users
laut yang biru di pantai citepus - Jawa Barat : Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat

Teluk Pelabuhan Ratu dihiasi dengan pantai-pantainya yang menawan. Hal ini dikarenakan bentuknya yang menyerupai huruf U. Diantara banyaknya pantai-pantai, terselip satu pantai yang menjadi primadona di sini, Pantai ini bernama Pantai Citepus.

Nama Pantai Citepus mungkin masih terdengar asing di telinga Anda, memang popularitas Pantai Citepus kalah dari Pantai Pelabuhan Ratu. Akan tetapi, pantai yang berada di desa Citepus, kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi ini menyimpan keindahan yang tidak kalah dari pantai didekatnya yakni Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai yang terletak di selatan pulau Jawa ini menawarkan keindahan alam yang menawan. Hamparan pasir pantai yang indah, deburan ombak khas laut selatan, tebing karang yang curam menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata alternatif yang layak dikunjungi.

Pantai yang terletak di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu lebih kurang 3 km dari dari pusat kota Palabuhan Ratu juga terkenal dengan citra yang cukup buruk dengan adanya kawasan Pasar Monyet yang dikatakan sebagai tempat prostitusi, disana berjajar warung remang-remang, cafe dan diskotik. Tapi kabarnya mulai tahun 2011 ini pemerintah setempat akan menertibkan tempat-tempat tersebut dan akan membenahi Pantai Citepus ini supaya para pengunjung bisa lebih nyaman berwisata di pantai Citepus.

Pantai Citepus kini telah ditata menjadi pantai open space yakni pemandangan pantai terbuka yang terbebas dari bangunan apa pun, termasuk warung. Terlebih sebelumnya, posisi warung-warung yang berada di sempadan pantai sangat riskan terkena gelombang pasang.

Di sepanjang pantai ini dibuat pula taman dan tempat rekreasi. Tahap awal pembuatan trotoar di pinggir jalan Citepus sepanjang 420 meter. Selain trotoar juga dibangun jogging track sebagai fasilitas olah raga yang nyaman di sepanjang pantai.

Lokasi

Pantai citepus terletak Desa Citepus, Kecamatan di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Pantai yang hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota pelabuhan ratu ini cukup menyenangkan untuk dijadikan tempat liburan.

Untuk anda yang hendak berwisata ke Pantai Citepus dengan kendaraan umum anda bisa naik bus jurusan Cisolok dari terminal sukabumi, kemudian menggunaan angkot untuk sampai ke lokasi, atau anda yang datang dari arah Jakarta anda berhenti di Cibadak, atau anda melalui terminal Baranang Siang – Bogor kemudian naik bus yang menuju Cisolok.

Jika anda dari arah Jakarta perlu anda perhatikan ketika sampai di Cibadak ambil jalan belok kanan yang menuju pantai Pelabuhan Ratu, untuk anda yang datang dari arah Bandung anda bisa menggunkan jalanPelabuhan Dua dari kota Sukabumi yang kondisi lalu lintasnya relatif lancar.

Wisata

Pasirnya memiliki tekstur yang sedikit keras dan ombaknya juga besar. Namun pengunjung tetap bisa bermain air di wilayah tertentu. Terhempas dengan ombak atau bermain dengan papan gabus hingga terseret ke bibir pantai menjadi aktivitas yang menyenangkan saat berkunjung ke pantai ini.

senja di pantai citepus - Jawa Barat : Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat
sunset pantai Citepus - Jawa Barat : Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat

Pantai Citepus ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara saat akhir pekan maupun liburan. Selain pemandangan alamnya yang menawan, salah satu alasan wisatawan berkunjung ke pantai ini adalah karena pantainya yang bersih. Ketiadaan sampah yang berserakan di bibir pantai maupun yang hanyut terbawa ombak membuat wisatawan betah berlama – lama di pantai ini.

Lelah bermain dengan ombak Pantai Citepus, Anda dapat mencoba Warung dan rumah makan yang berjejer di bagian belakang untuk mengisi perut yang lapar. Aneka sajian makanan siap untuk disantap setelah lelah seharian berada di pantai ini. Selain itu, panorama matahari terbenam atau sunset yang indah menjadikan pantai ini sebagai tujuan banyak pasangan untuk menghabiskan bulan madu mereka.

Pantai berpasir ini selalu dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang mencari kehangatan dan merasakan keindahan laut selatan. Pada saat tertentu, penduduk setempat melakukan penangkapan ikan-ikan kecil untuk diternakkan di sungai yang terdapat di sekitar desa. Pantai Citepus menjadi tempat utama kalangan muda untuk menikmati suasana alam yang mengesankan dan eksotis.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di pantai ini juga terbilang lengkap. Mulai dari penginapan, penjaja makanan khas Sukabumi, WC umum, hingga penjual pakaian dan souvenir khas Jawa Barat terdapat di pantai ini. Jika anda ingin menjadikan Pantai Citepus sebagai tujuan wisata akhir pekan maupun liburan.

Ada banyak hotel atuapun guest house yang terdapat disekitaran pantai Citepus, untuk tarif cukup murah ada yang Rp 200.000 per malam anda sudah bisa menginap dengan nyaman, terdapat pula Hotel yang tersedia tidak jauh dari lokasi pantai Citepus.

Di sekitar pantai citepus terdapat tempat makan yang tentunya dengan menu utama sea food entah itu berupa lesehan, atau dengan konsep restoran, untuk tempat makan dengan model lesehan rata-rata pemandangan langsung ke pantai tentunya ini menjadi nilai tambah.

Untuk fasilitas lainnya terdapat pula MCK, mushola, tempat parkir. Dimalam hari anda pun bisa menikmati suasana pantai masih tetap menarik untuk dinikmati, terutama jika malam pergantian tahun akan sangat ramai sekali oleh pengunjung.

Selain itu jangan lewatkan acara perayaan hari nelayan yang tidak kalah menarik untuk disaksikan yang dirayakan setiap tanggal 6 April.

 

Galeri gambar dari info tentang Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat

Ada 11 gambar di dalam Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 11 gambar high-res.

pantai citepus yang tertata rapi - Jawa Barat : Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Baratpantai citepus - Jawa Barat : Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Baratpemandangan matahari terbenam di pantai citepus - Jawa Barat : Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Baratsenja di pantai citepus - Jawa Barat : Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Baratsunset pantai Citepus - Jawa Barat : Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa BaratArung Gelombang - Jawa Barat : Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat
Diposting pada 29 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Jawa Barat.
Tag: Informasi Citepus, penginapan, bermain, makanan khas, Penginapan Pantai Citepus, Foto Sukabumi, nelayan .

Apa pendapatmu tentang Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Cipatujah, Tasikmalaya
Pantai Cipatujah, dengan luas 115 ha, merupakan pantai berkarang yang kaya akan terumbu-terumbu ...

Pantai Baron Gunung Kidul Yogy
Pantai Baron terletak di Kabupaten Gunung Kidul, untuk mencapainya terlebih dahulu kita ke ...

Pantai Sinam & Tanjung Da
Sinam beach terletak di kota Pemangkat, kabupaten sambas. Kawasan ini masih asli dan ...

Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administrasi di DKI Jakarta. Wilayahnya meliputi gugusan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pesona Baru Pantai Siung
Pulau Weigo, Raja Ampat – Papua
Pantai Mirota, Batam – Kepulauan R
Pantai Dalegan Panceng Gersik
Pantai Karma Kandara Wisata Favorit di U
Pantai Rajegwesi, Banyuwangi – Jaw
Pulau Soop, Sorong – Papua
Pantai Selong Belanak, Lombok – NT

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.