Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat.

Rating: 84 out of 100, by 138 users
terlihat pantai pangandaran dari atas bukit lembah putri - Jawa Barat : Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat.

Pantai Lembah Putri merupakan pantai yang masih alami dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Dalam perjalanan menuju pantainya, Anda akan menemukan sejumlah anak tangga yang akan mengarahkan Anda ke sebuah pendopo di atas bukit. Dari atas pendopo tersebut, Anda akan melihat berbagai pemandangan indah seperti pantai Pangandaran, perkebunan jati dan pulau Nusakambangan.

Pendopo tersebut didirikan dari tumpukan batu-batu alam yang tersusun rapi. Luas pendopo tersebut sekitar 100 m2. Atapnya dibuat datar sehingga Anda dapat merasakan pemandangan yang lebih menarik dari atap pendopo tersebut. Dari atap pendopo tersebut, Anda dapat melihat lebih jelas lagi hamparan laut lepas yang biru. Semilir angin pantai yang menyejukkan jiwa. Ribuan nyiur di pinggir pantai melambai mengikuti arah angin. Deburan-deburan ombak yang bergemuruh serta suasana alam yang dapat membuat hati Anda tenang.

Sekitar Pantai Lembah Putri terdapat sebuah bukit, dan gua yaitu Gua Ronggeng, konon pada malam tertentu sering terdengar suara menyerupai musik dan gamelan ronggeng, menurut sejarah dan cerita masyarakat di Putra Pinggan dulu ada sebuah kerajaan, dan berhubungan erat dengan Cerita Dewi Rengganis, yang sering mementaskan kesenian Ronggeng Gunung yaitu sebuah kesenian asli Pangandaran. Arah barat dari Pantai Lembah Putri bisa kita temui Muara yaitu muara dari Sungai Ciputra Pinggan.

Saat ini, Lembah Putri dimiliki seorang pengusaha asal Tasikmalaya. Tempat wisata ini terhitung paling anyar di Pangandaran, karena baru diresmikan tiga tahun lalu. Bukit inipun hingga kini belum dikunjungi oleh banyak orang. Namun dalam waktu dekat akan dibuat kesepakatan antara pemerintah dan pemilik untuk menetapkan Lembah Putri menjadi tempat wisata untuk umum.

Pengelola menyediakan empat buah cottage bagi pengunjung yang ingin berlibur dalam waktu yang lama. Lokasi ini sangat cocok untuk liburan keluarga.

Lokasi

Pantai Indah Lembah Putri Pangandaran terletak di dusun Lembah Putri, Desa Putra Pinggan, Kecamatan Kalipucang, Jawa Barat, sekitar 3 KM arah timur Pangandaran. Lembah Putri pun cukup strategis, karena berdekatan dengan Pantai Pangandaran. Untuk sampai ke Pangandaran, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan kendaraan berkecepatan 60 km per jam.

Untuk menuju ke Pangandaran ada berbagai transportasi umum yang bisa digunakan. Pengunjung bisa menggunakan bus dari Bandung. Atau jika ingin berkelana, pengunjung bisa menggunakan kereta api dari Bandung ke Banjar lalu dilanjutkan dengan bus. Selama perjalanan menggunakan kereta, pemandangan sepanjang jalan cukup indah. Satu lagi, Pangandaran juga bisa dicapai dengan transportasi udara.

Wisata

Keindahan Pantai Lembah Putri memang masih tersimpan di lembah indah, kalah populer dengan Pantai-pantai lainnya di wisata Pangandaran. Pemandangan pantai indah Lembah Putri juga mempesona dan masih jarang pengunjung datang ke pantai ini sehingga keasriannya masih mantap.

indahnya pantai lembah putri - Jawa Barat : Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat.
tangga yang didesain seperti miniatur Tembok Cina di Pantai lembah putri - Jawa Barat : Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat.

Ada panorama pantai yang indah. Ada pula hawa pegunungan yang sejuk. Satu perpaduan yang layak dinikmati. Batu bertuliskan ‘Lembah Putri’ terpampang di sebelah kiri jalan menuju Pantai Pangandaran. Sepi, itulah kesan yang muncul saat menginjakkan kaki di gerbang masuk tempat tersebut. Di sebelah batu tadi hanya terdapat satu pos Satpam. Melihat tampilan dan aksen yang terlihat di gerbang masuk tadi, seolah kita tengah menuju ke sebuah hotel mewah. Namun saat ditelusuri, Lembah Putri justru menyuguhkan ‘teka-teki’ tentang keindahan sebuah pantai.

Ada dua cara untuk memecahkan teka-teki itu, yakni menggunakan kendaraan atau jalan kaki. Kendaraan yang dipergunakan haruslah dalam kondisi baik. Sebab, jalanan yang harus dilalui cukup berliku dengan tanjakan yang lumayan tajam.

Setidaknya, terdapat dua tanjakan yang cukup tajam dengan kontur jalan melingkar 180 derajat. Selepas itu, pengunjung akan melihat jalanan aspal yang tertata begitu alami. Selama dalam perjalanan di kompleks Lembah Putri, pengunjung disarankan membuka jendela. Sejuknya perpaduan hawa pantai dan gunung sangat terasa di bukit yang luasnya sekitar 5 hektare ini. Sedangkan di sisi kiri dan kanan jalan terhampar hijaunya dedaunan.

Di tengah bukit, pengunjung sudah bisa melihat pesona pantai. Hamparan laut yang begitu eksotik, seolah membuat pengunjung tak ingin pergi dari sana. Namun pesona itu belum seberapa. Di salah satu sisi jalan terdapat tangga yang didesain seperti miniatur Tembok Cina.

Teka-teki Lembah Putri makin menarik. Saat kaki melangkah di setiap undakan miniatur Tembok Cina, keindahan alam makin terasa. Untuk menaklukkan miniatur Tembok Cina dibutuhkan sedikit kerja keras. Jangan kaget, Anda akan bermandi keringat ketika berjalan mendaki miniatur Tembok Cina ini.

Minatur Tembok Cina dibuat dari batu alam berwarna hitam. Tingginya sekitar 1 meter, sedangkan luas untuk berjalan kaki sekitar 1 meter. Jarak antara undakan yang satu dengan undakan yang lain juga cukup luas. Saat berpeluh mendaki bangunan ini, hiburlah mata Anda dengan memandang pantai yang biru beserta deburan ombaknya.

Pantai Lembah Putri menawarkan untuk Anda panorama alam yang sangat indah. Dari ketinggian bukit yang ada, Anda dapat melihat pesona hamparan lautan yang sangat luas dengan gelora ombak Samudra Indonesia yang datang tanpa henti.

Hal menarik lainnya mencakup tembok mirip miniatur tembok cina yang dibangun di atas perbukitan Lembah Putri, beberapa goa alam yang menarik, panorama perbukitan yang hijau, dan patahan batu-batuan dari bukit sekitar pantai yang semakin menambah keindahan pemandangan alam di daerah pantai ini secara keseluruhan. Di sini Anda dapat melakukan berbagai kegiatan olah raga seperti gantole, memancing, dan berkemah.

Di Kabupaten Ciamis, terdapat 22 objek wisata, yaitu :

  1. Situ Lengkong Panjalu
  2. Curug Tujuh
  3. Astana Gede
  4. Situs Gunung Susuru
  5. Karangmulyan
  6. Kampung Kuta
  7. Urug Kasang
  8. Goa Donan
  9. Majingklak
  10. Palatar Agung
  11. Karapyak
  12. Karang Nini
  13. Lembah Putri
  14. Pangandaran
  15. Cagar Alam Pananjung
  16. Karang Tirta
  17. Citumang
  18. Batu Hiu
  19. Cukang Taneuh
  20. Batu Karas
  21. Madasari
  22. Keusikluhur

 

Galeri foto dari cerita tentang Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat.

Ada 5 gambar di dalam Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat. cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

indahnya pantai lembah putri - Jawa Barat : Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat.pantai lembah putri - Jawa Barat : Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat.pemandangan pantai lembah putri dari atas bukit - Jawa Barat : Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat.tangga yang didesain seperti miniatur Tembok Cina di Pantai lembah putri - Jawa Barat : Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat.terlihat pantai pangandaran dari atas bukit lembah putri - Jawa Barat : Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat.
Diposting pada 31 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Jawa Barat.
Tag: Lokasi Lembah Putri, ikan, samudera, wisata pan, Pantai Lembah Putri, keindahan alam, sejuk .

Apa pendapatmu tentang Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat.

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Lembah Putri, Kalipucang – Jawa Barat. Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Bandengan (Tirta Samude
Menurut kisah turun temurun, nama Pantai Bandengan pertama kali diberikan oleh putra Sunan ...

Pantai Lampuuk, Aceh Besar
Pantai Lampuuk merupakan salah satu primadona wisata Aceh Besar. Pantai ini selalu ramai ...

Pulau Satonda, Sumbawa –
Di kawasan perairan sekitar Pulau Sumbawa, juga terdapat banyak potensi wisata yang layak ...

Wisata Pantai Lasiana, Kupang
Pantai lasiana, adalah salah satu obyek wisata di kabupaten kupang, ntt (nusa tenggara ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Cubadak – Surga di Sumatera
Pantai Nunsui, Kupang – NTT
Pantai Karang Bolong, Serang – Ban
Pantai Tanjung Bira – Sulawesi Sel
Pantai Ratenggaro, Sumba – NTT
Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Si
Pantai Katatop, Sorong – Papua
Pulau Tiga, Dua, Satu Di Selatan Ambon &

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.