Pantai APRA, Cianjur – Jawa Barat

Rating: 85 out of 100, by 135 users
Deburan Ombak di Pantai Apra - Jawa Barat : Pantai APRA, Cianjur – Jawa Barat

Namanya pantai APRA. Pantai ini terletak dekat dengan muara sungai Cisadea dan biasanya di muara ini banyak sekali rakit yang digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan di sungai, Apra dan sungai Cisadea bisa terkenal saat musim Impun tiba. Impun ini berupa ikan yang kecil-kecil hampir sama dengan bentuk belatung namun ini sangat nikmat dan lezat., musim Impun ini biasanya terjadi pada 21 hingga 25 setiap bulannya ataupun hanya pada bulan-bulan tertentu saja. Pada siang hari pantai ini nyaris tidak ada yang mau datang untuk berkunjung (kecuali Lebaran) karena panas yang sangat menyengat dan tidak ada pepohonan untuk berteduh.

Konon diberi nama APRA untuk mengabadikan penggalan sejarah pergerakan nasional pra kemerdekaan yakni Angkatan Perang Rakyat Semesta (APRA).

Pantai APRA lazimnya pantai selatan pada umumnya berombak besar. Namun air lautnya tidak biru, justru mirip lumpur. Menurut keterangan warga sekitar desa Saganten Kecamatan Sindangbarang, air laut tersebut memang lumpur akibat hujan dan longsor di beberapa tempat yang terjadi dalam sebulan terakhir.

Tidak ada ciri serta keunikan yang khas dari pantai yang satu ini, hanya saja saat sore hari banyak orang yang berkunjung untuk melihat matahari terbenam ataupun sekedar foto-foto. Saat malam minggu tiba, pantai ini biasanya begitu ramai dimalam hari karena dijadikan sebagai tempat nongkrong oleh kalangan muda yang ingin menghabiskan malam minggunya di pantai ini.

Pintu Masuk Menuju Pantai Apra - Jawa Barat : Pantai APRA, Cianjur – Jawa Barat
Pantai Apra - Jawa Barat : Pantai APRA, Cianjur – Jawa Barat

Wisata

Pantai ini berpotensi menjadi tempat wisata besar suatu hari nanti dan tentunyan indah, apalagi buat kamu yang jarang  bahkan  tidak sama sekali pernah ke pantai, Apra bisa dikatakan indah dan nyaman sebagai tempat berkunjung pertama aliasan pemanasan sebelum melihat pantai-pantai yang lebih indah lagi di selatan Cianjur lainnya.

Bagi anda yang membawa anak kecil, harap diperhatikan, arusnya besar sekali, tarikan ombaknya juga sangat kencang. Turuti instruksi dari penjaga pantai disana, khawatir terseret ombak. Soalnya sudah banyak kasus terseret ombak gegara kekurang hati-hatian pengunjung.

Untuk kesana tidak terlalu mahal.. Cukup 5.000 untuk retribusi, parkir 3.000, melihat ombak yang sesekali mengeluarkan suara yang menggelegar lokasi Pantai Ini lumayan jauh dari Cianjur kota, apalagi dari Jakarta. sebenarnya untuk akses kesini transportasi sudah memadai, ada angkutan elf dari Terminal Pasir Hayam Cianjur ke Sindangbarang.

Nikmati keaslian pantai Apra dengan pemandangan yang indah. Di sini Anda dapat berenang, berjemur, olahraga pantai, menikmati alam dan bisnis fotografi. Pasir Pantai Apra yang luas dengan angin yang cukup kuat sehingga cocok untuk festival layang – layang dan kegiatan lain seperti voli pantai.

Laut dan ombaknya yang tidak biru, pantai ini juga kotor oleh sampah. Jika tak ada deretan rumah penduduk yang terletak 500 meter dari arah pantai, mungkin pas jika kita menyebutnya sebagai pantai mati tanpa pengunjung kecuali hari raya.

Warga yang tinggal disekitar pantai ini menempati rumah-rumah yang kelihatannya permanen dan dihuni bersama para leluhur mereka sebelumnya. Hanya saja bentuk rumahnya agak berbeda dengan rumah kebanyakan yang kerap kita lihat ditengah-tengah masyarakat. Antara pondasi rumah dengan lantai terdapat jarak 1 meter (seperti rumah Kalimantan). Lantai rumah terbuat dari papan kayu yang disusun rapi.

Sedang dinding rumah terbuat dari anyaman bambu. Tidak ada jendela sehingga membuat rumah agak pengap dan gelap. Pembatas kamar juga terbuat dari anyaman bambu (gedek). Di rumah ukuran 4×7 meter ini rata-rata dihuni oleh 7 orang anggota keluarga (suami istri dan 5 orang anak). Di samping kanan-kiri rumah dengan model anyaman bambu ini memang ada satu-dua rumah yang layak disebut rumah yakni rumah yang dibangun oleh pemiliknya setelak anaknya datang dari TKW di luar negeri.

Dengan gambaran struktur rumah tersebut, tentu bisa dipastikan tidak ada fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus). Warga masyarakat biasa menggunakan fasilitas MCK umum yang mereka dirikan untuk wisatawan yang berkunjung ke pantai.

Warga sekitar pantai APRA ini menjalani hidup sederhana. Sebagian kecil dari mereka bekerja menangkap ikan dengan cara sederhana yakni menjala. Hasil tangkapan ikan tersbeut dijual di pasar. Sedangkan sebagian besar warga lainnya bekerja sebagai buruh tani musiman.

 

Galeri dari posting tentang Pantai APRA, Cianjur – Jawa Barat

Ada 4 foto di dalam Pantai APRA, Cianjur – Jawa Barat posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

Keindahan Alam Di Pantai Apra - Jawa Barat : Pantai APRA, Cianjur – Jawa BaratPantai Apra - Jawa Barat : Pantai APRA, Cianjur – Jawa BaratPintu Masuk Menuju Pantai Apra - Jawa Barat : Pantai APRA, Cianjur – Jawa BaratDeburan Ombak di Pantai Apra - Jawa Barat : Pantai APRA, Cianjur – Jawa Barat
Diposting pada 17 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Jawa Barat.
Tag: wisata alam, Wisata Cianjur, berjemur, muara sungai, Penginapan Di Pantai Apra, jawa, Akomodasi Apra .

Apa pendapatmu tentang Pantai APRA, Cianjur – Jawa Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai APRA, Cianjur – Jawa Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Tablolong & Gua Kr
Pemandangan alam sebagai tempat pariwisata di daerah Nusa Tenggara Timur pada umumnya masih ...

Pulau Moyo, Sumbawa – NT
Sumbawa memiliki banyak tempat wisata menarik yang sangat terkenal dengan keindahan dan kealamiannya, ...

Pantai Permisan, Nusakambangan
Mendengar kata Nusakambangan biasanya orang mengasumsikan sebagai tempat yang menyeramkan. Memang tidak salah ...

Pantai Namalatu, Ambon –
Sejumlah objek wisata pantai di Kota dan Pulau Ambon dimanfaatkan umat Kristiani sebagai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua
Pantai Ballina, Karangasem – Bali
Pantai Ujung Genteng Jawa Barat –
Pantai Katatop, Sorong – Papua
Pantai Palippis, Polewali Mandar –
Pantai Reklamasi Pusong, Lhokseumawe 
Pantai Cijayana Pameungpeuk Garut
Pantai Maluk, Lombok – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.