Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa Barat

Rating: 85 out of 100, by 134 users
images (6) - Jawa Barat : Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa Barat

Pantai Cipatujah, dengan luas 115 ha, merupakan pantai berkarang yang kaya akan terumbu-terumbu untuk ikan-ikan bertelur dan berkembang biak. Pantai ini merupakan pantai terlebar dan terpanjang di kawasan Pantai Selatan, serta menawarkan pasir besi yang sangat baik untuk berjemur dan melakukan aktivitasi rekreasi pantai lainnya. Keindahan Pantai Cipatujah terlihat dari perpaduan hamparan pantai yang landai, gelombang laut yang besar, perkebunan kelapa yang subur, serta hamparan rumput yang luas.

Para peternak kerbau yang tinggal di sekitar daerah pantai kerap menggembalakan kerbaunya di padang ini dan sesekali mengadakan atraksi balap kerbau yang diiringi tabuhan pencak, rampak kendang, ditambah angklung yang banyak mengundang orang untuk menontonnya. Suatu pertunjukan budaya setempat yang tentunya menarik untuk disaksikan. Banyak aktivitas pantai yang biasa dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke daerah ini, seperti berenang, voli pantai, berjemur, serta memancing di muara sungai Cipatujah. Datang dan nikmati keindahan Pantai Cipatujah sekarang juga.

HAmparan Pasir di Pantai Cipatujah - Jawa Barat : Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa Barat
Suasana Di Pesisir Pantai Cipatujah - Jawa Barat : Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa Barat

Lokasi

Lokasi Pantai Cipatujah terletak di Desa Cipatujah Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmlaya, Jawa Barat – Indonesia

Jarak Bandung – Cipatujah sekitar 179 kilometer, sedangkan jarak Tasikmalaya – Cipatujah adalah 74 kilometer.

Aksesibilitas
Transportasi menuju pantai cipatujah dapat di tempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Arah jalan dari Bandung menuju Pantai Cipatujah ialah menggunakan rute sebagai berikut :
Bandung – Ciawi – Rajapolah – Kota Tasikmalaya – Pantai Cipatujah.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum dari Bandung menuju tasik bisa menggunakan Bis, kemudian dilanjutkan dari terminal Tasikmalaya ke lokasi menggunakan Tipe A

Wisata

Pantai Cipatujah, hamparan pantainya yang landai dengan pasir putihnya dan sebagian berpasir besi sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bermain di pantai, Selain itu di pantai cipatujah pengunjung diperbolehkan untuk memancing ikan, aktivitas memancing biasanya banyak dilakukan di muara sungai Cipatujah.

Selain itu di Pantai Cipatujah suka diadakan hiburan Balapan Kerbau yang diadakan saat pesta nelayan, acara ini mampu menyedot perhatian turis mancanegara untuk datang ke tempat ini.

Kawasan wisata yang luas serta di dukung dengan panorama alam yang indah seperti terumbu karang, perkebunan kelapa serta sungai yang cukup besar membuat panorama alam disekitarnya terlihat mempesona, pantai ini merupakn potensi wisatayang menjanjikan di Tasikmalaya, luas Pantai Cipatujah sekitar 115 hektar.

Fasilitas

Bagi anda yang akan berkunjung ke tempat wisata pantai cipatujah, berukut adalah beberapa fasilitas di pantai tersebut yang bisa dinikmati. diantara fasilitas tersebut ialah

– Balawista

– Gazebo

– Kios Wisata

– Panggung Hiburan

– Penginapan

– Pondok Wisata

– TempatMakan Keluarga

– Tempat Parkir yang Cukup luas

– warung makanan dan minuman

Pantai ini memiliki terumbu-terumbu karang yang biasanya dimanfaatkan untuk bertelurnya ikan-ikan. Pantai Cipatujah merupakan pantai yang terpanjang dan terlebar di sekitar kawasan Pantai Selatan. Pantainya berpasir besi sehingga sangat baik dipergunakan untuk aktivitas menjemur diri dan melakukan aktivitas pantai lainnya.

Keindahan pantai ini terlihat dari perpaduan hamparan pantainya yang landai, gelombang lautnya yang besar serta perkebunan kelapa yang sangat subur serta hamparan rumput dan ilalang yang luas. Oleh karenanya, pantai yang memiliki area lebih kurang 115 hektar ini kerap dimanfaatkan untuk kegiatan menggembala kambing dan hewan ternak lainnya oleh warga sekitar

Salah satu kegiatan wisata yang rutin diselenggarakan di sini adalah balap munding (kerbau). Balap kerbau merupakan budaya tradisional yang berkembang sejalan dengan potensi daerah Cipatujah sebagai daerah peternakan kerbau. Balap kerbau sebenarnya acara para peternak kerbau dalam mengisi kebutuhan rekreasi mereka di saat-saat senggang, diiringi kesenian rakyat seperti kendang penca, buncis, dan dogdog.

Balap kerbau berkaitan dengan agrowisata kerbau seluas 40 hektar yang masih di dalam area Pantai Cipatujah. Di dalamnya kita bisa melihat dan mempelajari bagaimana cara-cara para peternak beternak kerbau dengan pendekatan secara tradisional. Para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini juga bisa menikmati acara kumpul kebo, yaitu berkumpul bersama kerbau dan para peternak kerbau.

Atraksi lain yang bisa dilakukan di Pantai Cipatujah ini adalah menaiki kerbau yang dimiliki oleh para peternak, dan mencoba bertanding menjadi pembalap kerbau antarsesama wisatawan yang datang ke daerah ini. Atraksi ini sangat diminati oleh wisatawan yang datang, terutama dari wisatawan mancanegara. Atraksi ini merupakan atraksi langka di negara asal wisatawan, karena mungkin di sana tidak ada kerbau yang bisa digunakan untuk balapan seperti di Pantai Cipatujah ini.

Pantai Cipatujah ialah pantai yang terkenal memiliki ombak yang besar. Pantai ini memiliki terumbu-terumbu karang yang biasanya dimanfaatkan untuk bertelurnya ikan-ikan. Pantai Cipatujah merupakan pantai yang terpanjang dan terlebar di sekitar kawasan Pantai Selatan. Pantainya berpasir besi sehingga sangat baik dipergunakan untuk aktifitas menjemur diri dan melakukan aktifitas pantai lainnya.

 

Galeri dari posting tentang Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa Barat

Ada 8 foto di dalam Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa Barat posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 foto high-res.

Kegiatan Nelayan di Pantai Cipatujah - Jawa Barat : Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa BaratKeindahan Pantai Cipatujah - Jawa Barat : Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa BaratSuasana Di Pesisir Pantai Cipatujah - Jawa Barat : Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa BaratSuasana Senj di Pantai Cipatujah - Jawa Barat : Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa BaratSunset di Pantai Cipatujah - Jawa Barat : Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa BaratFasilitas Pendopo di Pantai Cipatujah - Jawa Barat : Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa Barat
Diposting pada 14 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Jawa Barat.
Tag: voli pantai, berenang, kelapa, pasir putih, muara sungai, Info Cipatujah, Pantai Pulau Jawa Barat .

Apa pendapatmu tentang Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Gili Sulat, Lombok – NTB
Gili kecil dengan hamparan pasir putih yang luas, hutan bakau, pantai yang bersih ...

Pantai Karang Paranje, Garut
Pantai Karang Paranje adalah salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Garut yang ...

Pantai Tablanusu, Jayapura 
Pantai Tablanusu – Pantai adalah salah satu tempat wisata yang pasti ramai di ...

Pantai Pagatan, Banjarmasin &#
Kabupaten Tanah Bumbu, pada zaman dahulu daerah ini dikenal sebagai salah satu sentra ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Anyer Carita Banten dan Akomodasi
Pantai Lawata, Bima – NTB
Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – J
Pantai Trikora, Bintan – Batam
Pantai Manggar Segarasari Balikpapan
Pantai Anyer dan Carita – Keindaha
Pantai Sawarna Wisata Surga di Banten
Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.