Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Barat

Rating: 91 out of 100, by 96 users
pantai karang hawu - Jawa Barat : Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Barat

Panorama alam yang indah, udaranya sejuk, dan hamparan pasirnya yang luas dan lembut,ma pantai ini adalah Pantai Karang Hawu. Di pantai ini, pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti surfing, berenang, dan memancing. Selain itu, pengunjung juga dapat berlari-lari, jalan santai, maupun duduk bersantai di atas pasir yang lembut sambil menghirup udaranya yang sejuk dan melihat tebing dan karang yang tampak menakjubkan.

Konon kata nya, karang yang menjorok ke laut itu merupakan singgasana Nyai Roro Kidul, penguasa Laut Selatan. Pada beberapa cekungan batu karang itu terdapat genangan air yang jernih. Banyak para pengunjung yang memanfaatkan air itu untuk mandi atau membasuh mukanya karena hal itu diyakini d

apat membawa berkah. Bahkan tak sedikit pengunjung yang sengaja memasukan air tersebut ke dalam botol untuk dibawa pulangPantai Karang Hawu adalah salah satu pantai yang cukup terkenal di Sukabumi, Jawa Barat. Karang dan tebingnya yang menjorok ke laut merupakan ciri khas panorama alam di pantai ini. Disebut Pantai Karang Hawu karena di area pantai ini terdapat sebuah karang yang menjorok ke laut dan berlubang di beberapa bagiannya yang membentuk seperti tungku (tungku dalam bahasa Sunda disebut hawu).

Kabarnya salah satu tebing itu merupakan tempat Nyai Roro Kidul (putri Prabu Siliwangi) mencemburkan diri ke laut karena frustasi dengan penyakit yang dideritanya. Setelah mencemburkan diri, akhirnya penyakit sang putri itu sembuh, tapi konsekuensinya sang putri harus tinggal di laut dan tidak bisa kembali ke bumi lagi. Sang putri itulah yang kemudian disebut Nyai Roro Kidul, penguasa laut selatan.

Pantai Karang Hawu terletak di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Untuk menuju obyek wisata Pantai Karang Hawu Sukabumi cukup mudah karena dapat dijangkau dari berbagai kota di sekitarnya dengan menggunakan kendaraan pribadi (mobil) maupun sarana angkutan umum seperti bus dan taksi. Jika pengunjung menggunakan sarana angkutan umum (bus), maka perjalanan dapat dimulai dari Terminal Pelabuhan Ratu. Perjalanan dari Terminal Pelabuhan Ratu sampai ke lokasi kurang lebih dibutuhkan waktu 20 menit, karena jarak antara terminal dengan lokasi hanya sekitar 14 km.

Panorama yang indah mampu memikat hati para wisatawan untukmengunjungi tempat ini. Tak jauh dari pantai terdapat dua pegunungan yang nampak asri, yaitu Pegunungan Winarum dan Pegunungan Rahayu. Untuk menuju puncak pegunungan itu, pengunjung harus berjalan kaki melalui jalan setapak. Selama pendakian pengunjung juga dapat menikmati indahnya suasana pantai dari ketinggian.

Di puncak Pegunungan Winarum tersebut, terdapat makam dan petilasan yang dikeramatkan, yaitu makam Syeh Hasan Ali, seorang ulama besar dan cukup terkenal di daerah Sukabumi. Pada zaman dulu di bukit ini juga pernah dijadikan tempat pertemuan 40 ulama besar dalam mengatur strategi penyebaran agama Islam di daerah selatan Sukabumi. Selain itu, terdapat juga sebuah rumah yang dipercaya sebagai tempat persinggahan penguasa laut selatan (Nyai Roro Kidul) beserta dayang (pembantu) setianya. Kemudian di puncak Pegunungan Rahayu terdapat makam seorang tokoh penyebar agama Islam yang bernama Raden Dikudratullah dan Raden Cengkal, keduanya adalah keturunan dari Sunan Gunung Jati.

pemandangan pantai karang hawu - Jawa Barat : Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Barat
sunset di pantai karang hawu - Jawa Barat : Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Barat

Seperti pantai pada umumnya terdapat beberapa fasilitas di pantai ini sepertii mushola, tempat parkir yang luas, mini market, hotel atau penginapan, serta kios-kios kecil di pinggir pantai.

Galeri foto dari artikel tentang Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Barat

Ada 6 gambar di dalam Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Barat artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

pantai karang hawu jawa barat - Jawa Barat : Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Baratpantai karang hawu karang batu - Jawa Barat : Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Baratpantai karang hawu sukabumi - Jawa Barat : Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Baratpantai karang hawu - Jawa Barat : Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Baratpemandangan pantai karang hawu - Jawa Barat : Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Baratsunset di pantai karang hawu - Jawa Barat : Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Barat
Diposting pada 10 October 2012 - Oleh PasirPantai.com - Kategori Jawa Barat.
Tag: pasir, Pasir Pantai Karang Hawu, tebing, Gambar Pantai Karang Hawu, mushola, Penginapan di Jawa tengah, Kidul .

Apa pendapatmu tentang Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jawa Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Purwahamba yang Teduh d
Suburnya tumbuhan nyiur meneduhkan suasana di tepi pantai. Kenyamanan ini semakin bertambah indah ...

Pulau Adonara, Flores –
Adonara adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa tenggara, yakni di sebelah timur ...

Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung
Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu pantai yang terdapat di Belitung. Tepatnya berada ...

Ke Belitong Tak Lengkap Tanpa
Banyak orang mengatakan, Anda tak sah disebut pernah mengunjungi Pulau Belitung jika belum ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang –
Pantai Marina Semarang
Pantai Jembatan Polak, Sumbawa – N
Pantai Petitenget dan Pura Kuno
Mentawai Si Cantik nan Eksotis
Pantai Carocok Painan nan Rancak di Rana
Pulau Dofior, Sorong – Papua
Pantai Suluban, Eksotisme di Balik Batu

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.