Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat.

Rating: 84 out of 100, by 137 users
pesona keindahan pantai karang tawulan - Jawa Barat : Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat.

Pantai Karang Tawulan merupakan pantai indah dengan hamparan aneka bentuk pulau-pulau karang mini penuh exotika diantara gelombang pantai yang cukup besar. Pesona Pantai Karang Tawulan sebagai obyek wisata kebanggaan Kabupaten Tasikmalaya, menyimpan banyak keindahan, baik pantainya maupun keasrian dan kesejukan alam sekitarnya.

Pantai ini masih sangat lah alami alamnya masih terjaga. Namun sayang tidak ada perhatian dari pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, akses jalan yang rusak infrastruktur wisata yg tidak terurus menjadikan pantai ini semakin tidak dikenal orang banyak sehingga pantai ini kalah pamor dengan pantai Batu hiu dan batu karas di Kabupaten Ciamis, padahal pantai ini jauh lebih indah dan mempesona. selain itu diperparah dengan adanya kegiatan penambangan pasir besi disekitar pantai ini, hal ini membuat kondisi di pantai karang tawulan semakin memprihatinkan.

Bila sudah tiba di Karang Tawulan, maka pemandangan yang mencolok adalah kokohnya karang yang menjulang. Kontur dari pantai ini termasuk landai sehingga dapat digunakan pengunjung untuk berenang. Kalau diperhatikan ke tengah laut, maka akan tampak sebuah pulau kecil bernama Nusa Manuk. Di sana dihuni oleh sekumpulan burung-burung camar. Beruntung bila datang ke pantai ini kala musim penyu bertelur, saat bulan purnama, tengah malamnya kita dapat menyaksikan penyu-penyu itu mengeluarkan telurnya.

Keindahan Pantai Karang Tawulan dengan suasana alam yang tenang, hanya debur ombak, suara angin pantai dan dedaunan ditambah keasrian kawasan ini, akan lebih terasa saat menikmati keindahannya. Karang Tawulan pada hari bukan liburan, pantainya sepi dan indahnya pantai ini lebih dapat dinikmati, dari sebuah bukit di Pantai Karang Tawulan, sepanjang mata memandang birunya lautan luas dan karang-karang kemilau saat terkena sinar matahari menambah pesona keindahan pantai ini. Sunset Karang Tawulan saat matahari akan tenggelam di ujung barat dari pantai ini menambah keindahan hamparan lautan Karang Tawulan diterpa sinar keemasan matahari sore.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Karang Tawulan

  • Pantai Karang Tawulan terletak di ujung selatan Kabupaten Tasikmalaya-Jawa Barat, jaraknya sekitar 90km dari Kota Tasikmalaya, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor, jalan menuju Pantai Karang Tawulan sudah bagus dan beraspal.
  • Jika masuk dari arah Pangandaran akan memakan waktu sekitar 3jam perjalanan berkendara, dengan kecepatan laju kendaraan antara 50-60km/jam, jika kecepatan kendaraan di tambah, tentunya akan lebih cepat sampai ke pantai ini.
  • Jika Anda telah berkunjung ke Green Canyon Pangandaran, untuk menuju Pantai Karang Tawulan hanya memerlukan kurang lebih 1,5jam perjalanan ke arah barat dengan melalui beberapa pantai indah Selatan Jawa Barat, seperti Pantai Legok Jawa, Pantai Cimanuk, dan banyak sekali sudut pantai lainnya.

Wisata

Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya mempunyai keindahan dan kekhasan tersendiri, pantai dan karang-karangnya mirip dengan Pantai Lot Bali, dan Pantai Karang Nini Pangandaran, tentunya dengan kelebihan pesona dari masing-masing pantainya. Hamparan Karang berumput di tengah pantai diantara gelombang laut biru menyerupai pulau-pulau kecil sebagai khasan pesona keindahan Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sejumlah wisatawan mengungkapkan panorama eksotik dan alamiah kawasan objek wisata Karang Tawulan. Dibandingkan dengan objek wisata Sindangbarang dan Pamayangsari yang berkarang curam dan ombak besar, Pantai Karang Tawulan cenderung landai. Sejumlah lokasi cukup aman dipergunakan untuk berenang.

Oleh karena itu, kebanyakan wisatawan yang datang berkunjung ke Karang Tawulan, umumnya tidak hanya untuk berenang di tengah sengatan matahari. Akan tetapi, juga menikmati alam dengan segala keindahannya, terutama sore hari menjelang petang. Ya, menjelang petang kita seakan diajak untuk mengagumi karunia ciptaan Tuhan yang sangat indah dan sulit diungkapkan.

Kita dapat menyaksikan sekawanan burung camar berarak pulang menuju sarangnya di Nusa Manuk, pulau kecil agak ke tengah laut. Di antara kepakan sayap dan suara riuh burung-burung menuju Nusa Manuk. Kalau udara sedang cerah, kita dapat menyaksikan matahari tenggelam di balik punggung Nusa Manuk.

Mendekati malam, suara ombak semakin bergemuruh, pecah sebelum tiba di pantai. Di antara buih-buih putih, kawanan burung laut berebut ikan-ikan kecil yang terlempar.

Seperti umumnya kawasan objek wisata pantai, di Pantai Karang Tawulan, makanan khas ikan-ikan laut menjadi menu utama. Bahkan kalau sedang musimnya, ikan-ikan laut asal Pamayangsari, harganya dijamin sangat murah dibandingkan dengan objek wisata pantai mana pun.

Pantai Karang Tawulan juga merupakan tempat munggahan favorit di wilayah selatan Jawa Barat, Menjelang Bulan Ramadhan tiba biasanya tempat ini ramai menjadi tempat makan bersama, acara munggahan yang mengasikan, bakar ayam, bakar ikan oge ngaliwet ( masak nasi ), dan di makan bersama-sama di pinggir Pantai Karang Tawulan, muda-mudi Pangandaran juga banyak yang munggahan di pantai ini, jarak yang jauh tidak menjadi masalah yang penting bisa munggahan bersama di Pantai Indah Karang Tawulan-Tasikmalaya.

Biasanya, nasi yang disuguhkan untuk menemani ikan dibakar atau digoreng, ditabur sambal hijau berbahan dasar tomat muda dan cabai hijau. Nasi tersebut adalah beras huma merah.  Sementara itu, air minum yang dihidangkan berupa teh tubruk diberi gula batu.

Bila sedang musim penyu bertelur, terutama saat terang bulan purnama, dari tengah malam hingga pukul 3.00 WIB, kita dapat menyaksikan penyu bertelur. Lokasi paling banyak terutama di kawasan Pantai Pamayangsari yang pantainya cenderung masih tertutup tanaman pantai.

Umumnya, wisatawan yang berkunjung ke kawasan objek wisata Pantai Selatan Tasikmalaya atau yang terkenal dengan Pantai Cipatujah jarang menginap di pondokan kalau bukan pergi bersama keluarga. Pasalnya, menjelang pagi, pukul 5.30 WIB kita dapatmenyaksikan air laut yang surut hingga meninggalkan batu karang yang cukup luas.

debur ombak di pantai karang tawulan - Jawa Barat : Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat.
batuan karang yang menghiasi pantai karang tawulan - Jawa Barat : Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat.

Saat berjalan menikmati udara pagi di bebatuan tersebut, kita juga dapat menyaksikan sejumlah hewan laut kecil aneka warna di antara celah karang. Kumang atau siput laut mudah ditangkap.

Waktu satu hari penuh kiranya tidak akan cukup untuk menikmati kawasan Pantai Selatan Tasilmalaya yang luasnya mencapai 115 hektare tersebut. Sejak bangun tidur hingga akan kembali terlelap. Pantai Karang Tawulan tidak hanya menyuguhkan keindahan pantainya, tetapi juga menyuguhkan berbagai peristiwa alam yang menjanjikan keindahan. Pantai Karang Tawulan dapat menjadi salah satu tujuan wisata karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari Pangandaran. Untuk menuju objek wisata Karang Tawulan, akan melewati objek wisata Pantai Sindangkerta, Cipatujah, Pamayang, dan objek lainnya yang berada di sisi kanan jalan.

Jika anda ingin berlibur ke pantai yang indah tapi dengan pengunjung yang tidak banyak maka Pantai Karang Tawulan bisa menjadi salah satu solusinya.

 

Kumpulan Gambar dari posting tentang Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat.

Ada 6 potret di dalam Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat. posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

debur ombak di pantai karang tawulan - Jawa Barat : Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat.pantai karang tawulan - Jawa Barat : Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat.pemandangan yang eksotis di pantai karang tawulan - Jawa Barat : Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat.pesona keindahan pantai karang tawulan - Jawa Barat : Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat.batuan karang yang menghiasi pantai karang tawulan - Jawa Barat : Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat.bukit di tepi pantai karang tawulan - Jawa Barat : Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat.

Apa pendapatmu tentang Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat.

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – Jawa Barat. Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Harlem, Jayapura –
Pantai Harlem – Tanah Papua, bisa dikatakan sepenggal tanah surga di Indonesia. Kealamian ...

Pantai Widuri Pemalang –
Pantai Widuri merupakan ikon wisata Kab. Pemalang yang sudah cukup dikenal di kawasan ...

Pantai Lagoi, Batam – Ke
Pantai Lagoi, Pantai ini sangat populer di kalangan masyarakat Batam maupun masyarakat sekitar ...

Pantai Tropical, Sumbawa ̵
Pantai Tropical – Pantai yang sangat sepi dan jarang di kunjungi bukan berarti ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Fani, Raja Ampat – Papua
Pantai Rajegwesi, Banyuwangi – Jaw
Pantai Tiram, Padang Priaman – Sumater
Pantai Batakan – Wisata Pantai di
Pantai Kijing, Pontianak – Kaliman
Pantai Loji, Sukabumi – Jawa Barat
Pantai Kusamba di Pulau Bali
Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.