Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Barat

Rating: 85 out of 100, by 131 users
ombak pantai madasari - Jawa Barat : Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Barat

Pantai Madasari yang ada di Desa Masawah Pangandaran memiliki keindahan yang tak terkira. Selain pantainya yang masih sepi, keeksotisan pantai, batu-batu karang dan pasirnya membuat pantai tersebut seperti surga yang tersembunyi di Kabupaten Pangandaran. Pantai tersebut hingga kini belum dikelola atau ada campur tangan pemerintah dan ada investor. Dengan kata lain, pantai perawan itu masih diurus oleh masyarakat setempat.

Di sana ada enam batu karang. Yakni Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampai. Semua batu tersebut berbentuk indah dan unik. Terlebih Batu Leuit atau warga menyebutnya Karang Seugeuh. Sebab, batu karang tersebut berada tak jauh dari bibir pantai. Dan, di atasnya ditanami pohon. Rupanya, seluruh batu karang ada pepohonan juga di atasnya.

Pantai Madasari menyajikan panorama alam yang sangat indah dengan dihiasi pulau-pulau kecil berpadu dengan hijaunya dataran Desa Masawah.  Selain itu, Anda juga akan terpukau oleh keindahan antara perpaduan laut dan bukit karang dengan deburan ombak yang besar seakan-akan mengajak Anda untuk melepas lelah dan melupakan segala rutinitas yang biasa dilakukan sehari-hari.

Lokasi

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak, pantai ini memiliki panorama keindahan yang unik, dimana kita bisa melihat hamparan laut dari bebukitan, dan terlihat beberapa bebatuan karang di tengah laut dengan terlihat hamparan rumput dan pepohonan yang tumbuh diatasnya. selain itu tempat ini merupakan pantai yang dipilih bagi para peselancar lokal maupun turis asing yang datang, dan ada spot tertentu untuk melakukannya.

Pantai Madasari dapat ditempuh dari Pangandaran sekitar 1 jam menggunakan mobil/motor pribadi. sarana angkutan umum ke pantai ini memang agak terbatas alias susah. Dari Pangandaran kita bisa menuju Cimerak menggunakan jalan raya yang cukup baik melewati objek wisata Pantai Batu Hiu dan Green Canyon (nanti diposting juga). Alternatif 1 dari Cimerak bisa lurus ke Legokjawa terus belok kiri ke Bulakbenda dan Madasari. Alterrnatif 2 dari Cimerak bisa langsung belok kiri ke desa Masawah terus ke Bulakbenda dan Madasari. Perjalanan dari pangandaran ke Cimerak sekitar 30 menit, dan dari Cimerak ke pantai Madasari kurang lebih 30 menitan juga (baik lewat Masawah maupun lewat Legokjawa). saran saya kalau mau ke pantai Madasari lebih baik ambil jalur Legok Jawa karena jalan sepanjang Legok jawa ke Madasari adalah di pinggir pantai dan pemandangan sangat indah. Pantai Madasari masih sangat asli untuk masuk nya pun tidak dikenakan biaya sama sekali. Gratis

Wisata

Hamparan pasir membentang luas layaknya permadani indah menyambut Anda begitu menginjakkan kaki di pantai ini. Pantai Madasari, pantai indah yang terletak di Dusun Madasari, Desa Masarwah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Di sepanjang pantai ini, Anda bisa melihat pulau-pulau kecil dengan karang-karang yang unik sebagai dekorasi.

Memandangi pemandangan alam yang bebas dan luas tentu menjadi sarana relaksasi yang sangat berguna untuk memulihkan kondisi mental yang setiap hari menjalani rutinitas yang sama. Pantai Madasari bisa menjadi penawar meredakan ketegangan otot-otot dari berbagai tekanan. Hantaman ombak yang seperti tidak ada henti-hentinya di Pantai Madasari menjadi pertunjukan yang unik dan indah untuk disaksikan. Percikan air laut yang membentur karang lalu pecah tak beraturan ke arah langit membuat momen seperti ini tidak akan terlupakan saat Anda berada di Pantai Madasari. Perpaduan bukit karang dan laut merupakan salah satu karakterisktik Pantai Madasari yang menjadi nilai tambah ketika Anda memilih pantai ini sebagai tempat bersantai.

Selain itu, kita juga akan terpukau oleh keindahan antara perpaduan laut dan bukit karang dengan deburan ombak yang besar seakan-akan mengajak kita untuk melepas lelah dan melupakan segala rutinitas yang biasa dilakukan sehari-hari. Di Pantai Madasari juga kita dapat berjalan-jalan menjelajahi kawasan yang banyak ditumbuhi pepohonan dengan jalan setapak yang menghubungkan antara Pantai ini dengan objek wisata Batu Karas.

Bagi yang suka Camping juga bisa dilakukan di pantai Madasari, dimana banyak spot hamparan rumput di sekitar pantainya, serta bisa menyaksikan terbitnya matahari dari ufuk sebelah timur pantai, sore harinya akan di hibur oleh segerombolan burung-burung kecil yang akan bermalam di karang yang ada di tengah laut. Bagi yang berencana Camping di pantai Madasari bisa menghubungi penduduk setempat atau karang taruna yang ada disana, dan bisa membantu menunjukan tempat mana yang paling asik untuk malakukan kegiatan Camping, tentu yang dekat dengan fasilitas Kamar mandi dan WC. dan kita akan di beri peringatan oleh pemandunya agar tidak merusak keasrian alam pantainya, serta tidak membuang sampah sembarangan atau “Hanya meninggalkan jejak kaki”.

Bagi yang ingin mencobanya, siapkan segala keperluannya untuk Camping. namun jangan khawatir bagi yang tidak membawa perlengkapan tenda dan sebagainya anda bisa menghubungi beberapa operator yang siap membantu petualangan anda.

Wistawan yang datang ke tempat tersebut masih sedikit. Biasanya, pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur, tidak lebih dari 50 hingga 100 orang. Mereka yang datang ke sana biasanya untuk bermain air di tepi pantai, atau memancing dari atas batu karang. Lokasi  yang masih asri jika dikembangkan dengan tepat dan benar, maka akan menjadikan keuntungan dan daya tarik wisatawan yang sangat bagus.

Jika Anda berfikir, bahwa untuk refreshing dan berwisata ke Pulau Bali terlalu jauh dan memerlukan uang yang tidak sedikit, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi Kawasan Wisata pantai Pangandaran yang terletak di Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Kawasan Wisata pantai Pangandaran ini memiliki berbagai objek wisata pantai yang eksotis dan tak jauh beda dengan pantai Kuta nya Bali.

Selain itu, di Pangandaran, disekitarnya kita juga diberikan berbagai pilihan objek wisata alam lainnya yang juga tak kalah indah, yaitu

Wisata Cukang Taneuh (Green Canyon)

Jika merasa terlalu jauh berkunjung ke Grand Canyon yang ada di Amerika sana, sekarang Anda tidak perlu terlalu kecewa lagi. Indonesia ternyata juga memiliki Green Canyon sendiri yang tak kalah cantiknya. Sebenarnya tempat ini punya nama asli yaitu Cukang Taneuh. Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Perancis pada tahun 1993. Sedangkan Cukang Taneuh punya arti yaitu jembatan tanah. Hal itu dikarenakan di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani di sekitar sana untuk menuju kebun mereka.

Green Canyon Indonesia ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Di dekat objek wisata ini terdapat objek wisata Batukaras serta Lapangan Terbang Nusawiru.

Pantai Batu Karas dan Pantai Batu Hiu

Batu Karas merupakan salah satu pantai wisata di daerah Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat.Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Pantai Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat juga pantainya yang landai membuat pengunjung betah. Terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran.

Sebagai salah satu surga bagi para peselancar, Batu Karas merupakan campuran dari pantai Batu Hiu dan pantai Pangandaran. Pantai ini cocok untuk berenang dan berselancar, karena Batu Karas tidak hanya menawarkan air yang tenang tetapi juga gelombang yang menantang. Merupakan perpaduan yang cantik dan harmonis.

Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini merupakan salah satu objek wisata pantai indah di daerah Selatan jawa barat tepatnya terletak di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang ± 83 km dari kota Ciamis ke arah Selatan.

Sepanjang jalan dari pintu gerbang ke lokasi, akan Anda nikmati kesejukan hutan jati dengan irama alam liarnya. Bukan itu saja, pada beberapa bagian jalan ini akan dihidangkan panorama pantai di kejauhan dengan latar belakang Sagara Anakan.

Cagar Alam Pananjung

Taman Wisata Alam Pangandaran memiliki kekayaan sumber daya hayati berupa flora dan fauna serta keindahan alam. Hutan sekunder yang berumur 50-60 tahun dengan jenis dominan antara lain laban, kisegel, merong , dan sebagainya. Juga terdapat beberapa jenis pohon peninggalan hutan primer seperti pohpohan kondang, dan benda . Hutan pantai hanya terdapat di bagian timur dan barat kawasan, ditumbuhi pohon formasi Barringtonia, seperti butun, ketapang.

Pantai Karang Tirta

Satu lagi obyek wisata lainnya di kawasan Pantai Pangandaran adalah Pantai Karang Tirta. Obyek wisata ini terletak di sebelah selatan Pantai Indah Pangandaran dengan jarak kurang lebih 8 KM, di sebelah kiri jalan raya jalur Pangandaran – Cijulang, tepatnya di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih ke arah Batu Hiu belok kiri. Obyek wisata ini sangat berbeda dengan obyek wisata lainnya di area selatan Pangandaran. Di objek wisata ini pengunjung selain dapat menikmati keindahan alam juga melakukan rekreasi berupa bersampan, memancing dan berkemah. Fasilitas yang bersedia berupa kedai makanan dan minuman dan pondok wisata.

Wisata Alam Citumang

wisata cagar alam pananjung - Jawa Barat : Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Barat
ombak pantai madasari - Jawa Barat : Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Barat

Obyek wisata alam Citumang merupakan obyek wisata yang memiliki daya tarik khusus, yaitu sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiruan. Tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa. Keheningan alam akan Anda jumpai disini. Musik alami berupa gemercik air sungai, bisikan angin sepoi yang menyelinap di antara pepohonan dan suara satwahutan yang tak pernah sepi. Obyek wisata ini terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, berjarang lebihJalan menuju lokasi kurang 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran – Cijulang. Jarak seluruhnya dari kota Ciamis sekitar 95 km.

Tips-tips jika anda mengunjungi Pantai Madasari ini:

  • Disini fasilitas umum masih kurang, untuk itu siapkan perbekalan yang anda butuhkan.
  • Disarankan mengunjungi pantai ini pada saat sore hari karena pada siang hari dipantai ini sangat panas, dan pada pagi hari sangat dingin.
  • Bawalah perbekalan makanan yang cukup, restaurant disini masih kurang dan cukup jauh.
  • Disini tidak ada tempat penginapan, jadi jika anda ingin menginap bawalah perlengkapan tenda sendiri atau anda bisa menyewa rumah warga yang empatnya di Dusun Madasari.
  • Berhubung disini masih sangat alami, jadi jagalah sopan santun baik dalam perkataan maupun yang lainnya.

 

Galeri gambar dari konten tentang Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Barat

Ada 11 potret di dalam Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Barat konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 11 potret high-res.

batu karang pantai madasari - Jawa Barat : Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Baratbatu karang pantai madasari - Jawa Barat : Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Baratgreen canyon - Jawa Barat : Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Baratombak pantai madasari - Jawa Barat : Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Baratpaket wisata green valley citumang - Jawa Barat : Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Baratpantai madasari - Jawa Barat : Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Barat

Apa pendapatmu tentang Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Amed Bali
Amed adalah pantai yang terletak di ujung timur pulau Dewata, tepatnya di Desa ...

Pantai Wedhi Ireng, Blitar –
Bagi yang sudah bosan dengan eksotika pantai berpasir putih, tidak ada salahnya untuk ...

Pantai Padang – Padang B
Saat mendengar nama Bali, tentu dalam setiap orang yang mendengarkannya adalah keindahan. Ya, ...

Pantai Goa Cina, Malang – Ja
Malang tak hanya dikenal dengan apelnya, melainkan juga dengan keindahan alamnya. Jika Anda ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Bagus di Lampung
Pantai APRA, Cianjur – Jawa Barat
Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Ti
Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawes
Pulau Dofior, Sorong – Papua
Pantai Batu Nona, Kupang – NTT
Pulau Kakaban, Berau – Kalimantan Timu
10 Pantai Terindah Di Nusa Tenggara Timu

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.