Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jawa Barat

Rating: 82 out of 100, by 61 users
Kegiatan Syukur Laut Di Pantai Pamayangsari - Jawa Barat : Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jawa Barat

Pantai Pamayangsari merupakan salah satu Obyek wisata bahari yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya., tepatnya di Kecamatan Cipatujah. Pantai Pamayangsari merupakan pantai yang landai dengan panorama alam pesisiryang khas. Bebatasan langsung dengan tempat konservasi penyu hijau yang langka dan dilindung. disebelah timurnya terdapat Pelabuhan Nelayan dan tempat Pelelangan Ikan.

Disini banyak dijumpai perahu perahu nelayan yang siap untuk mencari ikan di laut lepas, didukung dengan tempat pelelangan ikan menjadikan tempat ini banyak diminati oleh wisatawan yang ingin menyantap hidangan laut yang segar dengan harga yang relatif terjangkau. Di pantai ini pula akan segera di bangun Pelabuhan untuk menunjang arus transportasi laut.

Akses

Jarak dari Pantai Pangandaran sekitar 85 Km yang ditempuh melalui jalan yang menyusuri sepanjang pantai di wilayah selatan atau dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari Pantai Pangandaran. Untuk menuju ke tempat ini dapat menggunakan kendaraan Umum (Bis Mikro) dari Terminal Tipe A Tasikmalaya jurusan Tasik

Kegiatan

Setiap tahun tepatnya setiap awal bulan Muharam tahun hijriyah, dipantai ini selalu diadakan Ritual Syukur Laut yang ditandai dengan pelepasan Jampana ke laut lepas Pantai ini berjarak 8 km dari Pantai Cipatujah dan merupakan obyek wisata yang dilalui apabila melakukan perjalanan menyusur jalur Jabar Selatan dari Pelabuhan Ratu Sukabumi sampai Pantai Pangandaran Ciamis.

Jajaran Kapal Nelayan Di Pantai Pamayangsari - Jawa Barat : Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jawa Barat
Kegiatan Syukur Laut Di Pantai Pamayangsari - Jawa Barat : Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jawa Barat

HAJAT Lembur merupakan tradisi tahunan yang digelar para nelayan di Pantai Pamayangsari Cipatujah Kab.Tasikmalaya,yang merupa kan ungkapan rasa syukur kepadaTuhan YME.

Bahkan, kemeriahan upacara tradisi kaum nelayanitu semakin terasa dengan ada nya berbagai hibur an seperti pentas dangdut, kesenian daerah yang digelar pemuda nelayan,juga adanya pasar malam.

Puncak acara perayaan Hajat Lembur digelar upa cara adat dengan menampilan kesenian daerah.

Kemudian sesaji yang ada dalam jempana diusung oleh para nelayan yang diarak pendu duk kampung nela yan dan para pengunjung untuk dilabuh di tengah laut lepas di Pantai Pamayangsari.

Pada malam hari nya,acara dilanjut kan dengan pertun jukan kesenian tradi sional di tiap-tiap desa oleh kelompok nelayan yang ber sangkutan.

Dengan semarak nya pergelaran upacara peringatan tradisi Hajat Lembur tersebut, maka diharapkan akan menarik perhatian wisatawan domestik untuk berkunjung ke objek wisata Pantai Pamayangsari Cipatujah yang tak kalah indah dibandingkan Pantai Pengandaran.

Wisata

Pantai Pamayangsari merupakan pantai yang landai dengan panorama alam pesisir yang khas. Bebatasan langsung dengan tempat konservasi penyu hijau yang langka dan dilindung. disebelah timurnya terdapat Pelabuhan Nelayan dan tempat Pelelangan Ikan.

Disini banyak dijumpai perahu perahu nelayan yang siap untuk mencari ikan di laut lepas, didukung dengan tempat pelelangan ikan menjadikan tempat ini banyak diminati oleh wisatawan yang ingin menyantap hidangan laut yang segar dengan harga yang relatif terjangkau.

Di pantai ini pula akan segera dibangun Pelabuhan untuk menunjang arus transportasi laut.Setiap tahun tepatnya setiap awal bulan Muharam tahun hijriyah, dipantai ini selalu diadakan Ritual Syukur Laut yang ditandai dengan pelepasan Jampana ke laut lepas

Pendapatan nelayan di pantai Pamayangsari, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada akhir tahun 2013 mencapai Rp 4,2 miliar dengan hasil tangkapan ikan sebanyak 389 ton. Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari nelayan tersebut meningkat sekitar 20 % dari tahun 2012 atau 6 % pendapatann disumbangkan kepada PAD Kabupaten Tasikmalaya.

PAD dari sektor nelayan tersebut terpaut jauh bila dibandingkan dengan PAD yang disumbangkan dari sektor pertambangan pasir besi. Data tersebut disampaikan DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tasikmalaya saat tutup buku akhir tahun 2013.

Syukur Laut

Syukur Laut di Pantai Pamayangsari Kec. Cipatujah pada tahun 1973 yang berganti-ganti nama kegiatan diantaranya : Hajat laut, Pesta Nelayan, Pesta pantai, Pesta Laut dan terakhir Syukur Laut. Sesaji itu yang dahulu berupa Bunga 7 macam, Kepala Hewan Ternak/Sapi, Munding Bule atau Kepala Kambing Hitam yang dibungkus dengan kain putih dan jampana dihias sebagus mungkin lalu di labuh dilaut, seiring berjalannya waktu kini telah berubah hanyalah sebuah jampana kosong yang tetap dilabuh dilaut, yang satu hari sebelumnya seluruh nelayan setempat mengadakan pengajian ( syukuran atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan penguasa alam semesta)

Sebelum acara melabuhkan jampana biasanya terlebuh dahulu diadakan prosesi upacara adat serta gelar seni dan budaya yang dihadiri oleh seluruh nelayan serta para undangan baik dari unsur pemerintah maupun unsur tokoh masyarakat dan ulama setelah selesai mengadakan prosesi seni dan budaya jampana diarak oleh seluruh nelayan dan tamu undangan yang antar oleh lengser, selanjutnya jampana tersebut dilepas oleh Pejabat Pemerintah kepada perwakilan nelayan yang akan melabuhkan jampana tersebut ke laut lepas, Acara syukur laut saat ini telah menjadi daya tarik bagi wisatawan dan telah menjadi agenda wisata.

 

Galeri foto dari cerita tentang Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jawa Barat

Ada 4 foto di dalam Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jawa Barat cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

Jajaran Kapal Nelayan Di Pantai Pamayangsari - Jawa Barat : Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jawa BaratKegiatan Syukur Laut Di Pantai Pamayangsari - Jawa Barat : Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jawa BaratPantai Pamayangsari - Jawa Barat : Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jawa BaratSuasana Senja Di Pantai Pamayangsari - Jawa Barat : Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jawa Barat

Apa pendapatmu tentang Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jawa Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jawa Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Atuh Bali – Pasir
Pantai Atuh ialah pantai yang dianugerahkan Dewata untuk siapapun yang datang ke Bali. ...

Pantai Maluk, Lombok – N
Pantai Maluk – Para penikmat wisata alam berupa pantai, mungkin sudah tak asing ...

Pantai Tanjung Kelayang, Belit
Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu pantai yang ada di kecamatan Sijuk, Belitung. ...

Taman Wisata 17 Pulau, Riung
Wilayah NTT saat ini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata khususnya wisata laut ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Rancabuaya Garut
Pantai Walur Pasir Putih dan Landai
Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara –
Pantai Sekilak Batu Besar Batam
Pantai Indrayanti yang Indah
Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa t
Pantai Bozihona, Nias – Sumatera U
Pantai Bugel Panjaitan, Kulon Progo R

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.