Pantai Salira di Serang Banten

Rating: 90 out of 100, by 101 users
Pantai Salira Banten - Jawa Barat : Pantai Salira di Serang Banten

Dahulu banyak orang menyebut Pantai Salira Indah sebagai Marina Ancol-nya Banten. Karena pantai ini terletak di daerah Pulo Ampel, Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pantai ini berjarak sekitar 15 kilometer dari terminal bis Merak.

Untuk menuju daerah wisata air ini, ada dua jalur jalan yang bisa digunakan untuk pengunjung. Pertama, menggunakan jalur angkutan kereta api yang tiap hari melayani angkutan penumpang dari Merak ke Jakarta dan kota-kota lainnya di Jawa. Dari Merak kemudian menggunakan angkutan umum menuju kawasan wisata Salira Indah. Jalan yang dilintasi, tentu saja bagus.

Jalan yang kedua adalah melalui jalan Negara poros Bojonegara-Merak. Selanjutnya dari Merak – jika ingin melanjutkan perjalanan ke berbagai kota tujuan, tersedia beragam jenis jurusan bus di terminal antarkota Merak yang siapi melayani Anda selama 24 jam.

Jika Anda ingin ke Jakarta, Bekasi atau Bogor misalnya, angkutan penumpang dari daerah ini selalu menggunakan jalan bebas hambatan sehingga waktu tempuhnya hanya sekitar 1 hingga 2 jam.

Pantai ini berbatasan langsung dengan Selat Sunda. Selain berpasir putih, pantainya landai. Ombaknya pun relatif kecil, sehingga nyaman untuk bermain dan berenang anak-anak sekaligus menyusuri pantai yang mempunyai pemandangan indah nan sejuk.

Pantai Salira Banten - Jawa Barat : Pantai Salira di Serang Banten

Banyak warga sekitar Bojonegara memanfaatkan lokasi wisata ini untuk mencari penghasilan. Mereka mendirikan saung–saung untuk menjajakan makanan dan minuman, menyewakan ban-ban untuk berenang, kacamata air dan penyewaan sampan kecil untuk digunakan pengunjung menikmati perjalanan ke laut lepas.

Perahu-perahu motor juga tersedia di pantai ini. Dengan menyewa perahu motor tersebut hingga beberapa mil dari bibir pantai Salira Indah, pengunjung juga bisa menyaksikan gugusan pulau seribu, bisa menyaksikan hilir mudik kapal feri dari dan ke pelabuhan Merak-Bakauheni, juga terdapat perahu-perahu nelayan dari laut ke pelabuhan ikan Karangantu-Pulau Panjang, dan ada juga kapal-kapal yang lego jangkar di sekitar pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

Kondisi air laut pantai Salira Indah sangat bersih dan bening, sehingga memungkinkan untuk pengunjung yang mempunyai hobi menyelam dan snorlkling. Pengunjung tidak usah khawatir dengan masalah peristirahatan karena pengunjung dapat dengan mudahnya mencari tempat peristirahatan dalam bentuk bungalow.

Pihak pengelola wisata juga menyewakan tenda-tenda dalam ukuran kecil, sedang dan besar yang bisa digunakan pengunjung jika ingin berkemah atau menggelar acara-acara kekeluargaan di bawah tenda.

Sedangkan bentuk oleh-oleh yang bisa dibeli selain berupa buah-buahan segar dari daerah Banten, juga ikan segar hasil pancingan masyarakat nelayan daerah Bojonegara dan Merak. Beragam bentuk wisata lain yang bisa dinikmati adalah menunggang kuda, dan sekedar melihat – lihat binatang yang menghuni kebun binatang di daerah ini.

Namun semua itu tinggalkan cerita masa lalu, sejak lokasi wisata pantai ini ditutup pada 16 Juli 2007. Akibat penutupan itu, selain masyarakat kehilangan salah satu alternatif tujuan wisata, juga banyak masyarakat Salira yang kehilangan sumber mata pencahariannya. Dan yang lebih menyedihkan lagi, kondisi pantai saat ini yang menjadi tempat persinggahan sampah-sampah yang berserakan di pinggir pantai.

Sempat tersiar kabar akan dibuka kembali pada tahun 2008 karena banyaknya permintaan dari para pengunjung terdahulu dan juga dari permintaan masyarakat disekitar daerah Salira, namun nyatanya hingga saat ini, Kamis (14/07/2011), Pantai Salira Indah masih tutup. Kawasan wisata pantai Salira Indah merupakan objek wisata bahari milik swasta, sehingga pemerintah daerah tidak bisa mengambil alih pengelolaannya.

Galeri gambar dari artikel tentang Pantai Salira di Serang Banten

Ada 2 gambar di dalam Pantai Salira di Serang Banten artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 2 gambar high-res.

Wisata Pantai Salira Banten - Jawa Barat : Pantai Salira di Serang BantenPantai Salira Banten - Jawa Barat : Pantai Salira di Serang Banten

Apa pendapatmu tentang Pantai Salira di Serang Banten

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Salira di Serang Banten Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Tanjung Lesung Kehangat
Pantai Tanjung Lesung, Pantai indah yang berada di ujung Pulau Jawa ini tidak ...

Pantai Karang Hawu, Sukabumi &
Panorama alam yang indah, udaranya sejuk, dan hamparan pasirnya yang luas dan lembut,ma ...

Pantai Toronipa, Kendari ̵
Kota lama Kendari, Kampung Salo, dan Kelurahan Mata. Berikut nya adalah desa Purirano ...

Gili Meno. Lombok – NTB
Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Papa, Sumbawa – NTB
Hidden Bay, Raja Ampat – Papua
Pulau Asu, Nias – Sumatera Utara
Pantai Pink Lombok, Nusa Tenggara Timur
Gili Sunut, Lombok – NTB
Pantai Widarapayung Cilacap
10 Pantai Terindah Di Nusa Tenggara Timu
pantai Kamali, Bau Bau – Sulawesi

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.