Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Barat

Rating: 85 out of 100, by 131 users
pantai sindangkerta tasikmalaya - Jawa Barat : Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Barat

Negara kepulauan menjadikan Indonesia sangat kaya dengan laut dan pantainya. Ribuan bahkan ratusan kilometer garis pantai Indonesia menawarkan panorama yang memikat. Keindahan ini didukung keramahan para penduduknya yang terkenal baik terhadap para pendatang.

Hampir setiap provinsi mempunyai kekayaan laut dan keindahan pantai yang berbeda. Ada yang menawarkan ombak nya yang cantik, panorama pasir putih yang menggugah selera wisata, bahkan indahnya pemandangan yang di setiap pagi dan sore dengan sunset dan sunrise-nya.

Keindahan panorama obyek wisata bahari yang ada di wilayah pantai selatan Kabupaten Tasikmalaya, rasanya kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Pantai Sindangkerta. Karena pantai ini hanya berjarak 4 km dari objek wisata Pantai Cipatujah ke arah timur.

Pantai Sindangkerta merupakan pantai landai dengan hamparan pasir putih yang mempunyai taman laut yang mengesankan serta merupakan tempat habitat penyu (celonyamidas) dalam penetasan telur-telurnya. Di pantai  Anda dapat menyaksikan penangkaran penyu yang berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem penyu yang ada di daerah ini agar terhindar dari kepunahan.

Lokasi dan akses menuju Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta berlokasi di Desa Sindangkerta, Kecamatan Ciaptujah, Kabupaten Tasikmalaya dan berjarak 4 Km dari Pantai Cipatujah. Pantai ini cocok dijadikan tempat wisata keluarga.

Via Kendaraan Pribadi

Bagi yang membawa kendaraan pribadi harap diperhatikan selepas Tasikmalaya, SPBU hanya dapat ditemukan di Urug, Sukaraja, Karangnunggal dan terakhir di Kota Kecamatan Cipatujah (sekitar 10 Km menjelang Pantai Sindangkerta).

Dari Jakarta

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Cipularang > Tol Padaleunyi > Gerbang Tol Cileunyi > Cileunyi > Raya Rancaekek > Rancaekek > Parakanmuncang > Bypass Parakanmuncang > Nagrog > Nagreg > Limbangan > Malangbong > Kadipaten > Ciawi > Jamanis > Rajapolah > Indihiang > Jalan Letnan Harun > Jalan Juanda (Bypass Tasikmalaya) > Jalan Gubernur Sewaka > Jalan Syekh Abdul Muhyi (Perintis Kemerdekaan) > Urug > Sukaraja > Cibalong > Karangnunggal > Simpang Bantarkalong > Cipatujah > Sindangkerta.

Dari Bandung

Bandung > Tol Padaleunyi > Gerbang Tol Cileunyi > Cileunyi > Raya Rancaekek > Rancaekek > Parakanmuncang > Bypass Parakanmuncang > Nagrog > Nagreg > Limbangan > Malangbong > Kadipaten > Ciawi > Jamanis > Rajapolah > Indihiang > Jalan Letnan Harun > Jalan Juanda (Bypass Tasikmalaya) > Jalan Gubernur Sewaka > Jalan Syekh Abdul Muhyi (Perintis Kemerdekaan) > Urug > Sukaraja > Cibalong > Karangnunggal > Simpang Bantarkalong > Cipatujah > Sindangkerta.

Via Angkutan Umum

Dari Bandung

Dari Terminal Cicaheum naik bis jurusan Bandung-Tasikmalaya-Karangnunggal (Bis Budiman) setiap jam 06.00 dan 12.00 turun di Simpang Bantarkalong. Disitu sambung bis medium jurusan Tasikmalaya-Karang-Cipatujah-Pamayang (Bis Budiman, Sakura) turun di Pantai Sindangkerta.

Dari Jakarta

Dari Terminal Jakarta naik salah satu :

Terminal Kalideres : Bis Budiman Kalideres-Tasikmalaya.

Terminal Kampung Rambutan : Bis Budiman/Primajasa Kampung Rambutan-Tasikmalaya.

Terminal Lebak Bulus : Bis Primajasa Lebak Bulus-Tasikmalaya.

Terminal Tanjung Priok : Bis Budiman Tj Priok-Tasikmalaya.

Turun di Terminal Indihiang Tasikmalaya. Disitu sambung bis medium jurusan Tasikmalaya-Karang-Cipatujah-Pamayang (Bis Budiman, Sakura) turun di Pantai Sindangkerta.

Fasilitas

Adapun fasilitas yang tersedia di objek wisata Pantai Sindangkerta ini antara lain terdapat gazebo, kios-kios Toilet Mushola Penyewaan ban renang Area parkir yang luas makanan minuman, tempat bakar ikan dan penginapan dengan harga yang relatif terjangkau untuk sebuah kawasan wisata. Untuk menuju tempat ini, dapat menggunakan bis mikro dari Pusat Kota Tasikmalaya dengan tarif sekitar Rp 18.000.

Wisata

Pantai Sindangkerta dapat digunakan untuk berenang ketika kondisi laut sedang surut, sedangkan di taman lautnya Anda dapat menemukan berbagai macam ikan hias dalam aneka warna dan suaka satwa alam penyu hijau yang langka. Atraksi lain yang bisa Anda lakukan di sini adalah lomba melepas penyu yang dilaksanakan oleh balai penangkaran penyu sebagai penyeimbang ekosistem penyu di daerah ini.

Bila Anda tertarik lebih jauh dan ingin mempelajari tentang penyu, menginaplah di pantai ini untuk melihat penyu-penyu langka menetaskan telurnya yang kemudian dikubur oleh induk penyu di area pantai ini sampai kemudian telur-telur penyu ini menetas. Sungguh suatu pengalaman yang edukatif sekaligus menghibur.

Banyaknya pohon besar yang ada di pinggir pantai, hamparan pasir putih yang mengesankan dan angin laut yang sejuk membuat para pengunjung ingin berlamaan di pantai ini.Kawasan pantai ini terdapat tempat berkumpulnya habitat penyu dan taman laut dengan luas 20 ha yang berupa taman lengser atau taman datar yang cukup luas. Biasanya digunakan pengunjung untuk memancing ikan dan penelitian biota laut.

Pada obyek wisata akan didapati Taman Lengsar atau Taman Datar, karena terdapat karang yang datar dan cukup luas yang akan jelas terlihat apabila permukaan laut sedang surut. Pada ujung karang datar ini, biasanya digunakan wisatawan untuk memancing ikan, karena posisinya yang menjorok ke arah laut membuat pengunjung yang hobi memancing kerap kali mendapatkan ikan yang cukup besar. Bagi wisatawan yang gemar mancing Anda bisa berwisata sambil memancing ikan dilaut. Lalu ikan laut hasil pancingan Anda dapat dibakar dipinggir pantai dengan nasi liwet.

Pada setiap akhir tahun masehi, di Sindangkerta salalu diadakan hajat laut yang meriah. Ini menjadi daya tarik lainnya bagi para wisatawan. Lebih baik kalau kita datang ke Sindangkerta pada akhir tahun atau minggu terakhir bulan Desember karena akan ada dua hajat laut yang unik dan sangat menarik. Pesta laut ini digelar sebagai bentuk rasa syukur terhadap semua hasil yang telah dicapai pada tahun tersebut.

Selanjutnya, setiap 31 Desember diadakan hajatan kampung bagi para penduduk Sindangkerta. Hajatan ini menjadi agenda tiap tahun bagi warganya. Segala jenis hasil tanah dibagikan kepada warga sekitar. Ini sama halnya dengan sukuran laut. Acara “mapag tahun” ini menjadi sebuah ajang supaya pada tahun berikutnya diberikan rezeki yang banyak dan melimpah.

sunset di pantai sindangkerta - Jawa Barat : Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Barat
Penyu - Jawa Barat : Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Barat

Pelestarian Budaya Sunda

Sebagi salah satu pusat seni budaya di bagian selatan, Sindangkerta pun tidak melupakan budayanya. Pakaian adat sunda di pakai oleh para “gegeden” yang datang ke tempat ini sebagai salah satu bentuk kecintaannya terhadap budaya Sunda. Bukan hanya pakaian saja, kegiatan seperti musik menabuh gamelan dan jaipongan pun diadakan di sini, tentunya sebagai salah satu alat hiburan juga bagi masyarakat sekitar.

Tempat ini bisa menjadi salah satu referensi berlibur bagi Anda ketika akhir tahun datang dan menyambut tahun baru. Anda juga bisa melanjutkan wisata menuju daerah lainnya bila sudah selesai dari sini. Pantai Cipatujah, Pamayang, Kalapa Genep, Batu Hiu dan bisa diakhiri di pantai Pangandaran. Inilah sebuah kekayaan pantai Indonesia yang tidak ada habisnya.

 

Kumpulan Gambar dari cerita tentang Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Barat

Ada 8 foto di dalam Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Barat cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 foto high-res.

pantai sindangkerta tasikmalaya - Jawa Barat : Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Baratpantai sindangkerta - Jawa Barat : Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Baratpasir hitam putih pantai sindangkerta - Jawa Barat : Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Baratpelepasan bayi penyu - Jawa Barat : Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Baratpenyu di Pantai Sindangkerta - Jawa Barat : Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa BaratPenyu - Jawa Barat : Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Barat
Diposting pada 24 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Jawa Barat.
Tag: Sindangkerta, sunrise, kuta, cipatujah, jawa, Obyek wisata di Tasikmalaya, pantai landai .

Apa pendapatmu tentang Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jawa Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Purnama, Gianyar –
Pulau Bali merupakan pesona wisata yang tiada bandingannya. Tuhan begitu baik dengan menganugerahkan ...

Pulau Asei, Jayapura – P
Seperti hal nya danau Toba yang mempunyai Pulau Samosir, maka danau Sentani pun ...

Pantai Bandengan (Tirta Samude
Menurut kisah turun temurun, nama Pantai Bandengan pertama kali diberikan oleh putra Sunan ...

Pulau Soop, Sorong – Pap
Bumi Papua memang sangat terkenal dengan pesona alamnya, bahkan seperti tidak ada habisnya ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Suluban, Eksotisme di Balik Batu
Pulau Dewata Bali
Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papu
Pulau Rani, Raja Ampat – Papua
Pantai Padang – Padang Bali 20 Bes
Pantai Tidung Kepulauan Seribu
Pulau Adonara, Flores – NTT
Pantai Werur, Sorong – Papua

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.