Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Barat

Rating: 85 out of 100, by 131 users
Pantai Tirtamaya - Jawa Barat : Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Barat

Sebagai sebuah kota yang berada di belahan utara Pulau Jawa, Indramayu menyimpan banyak potensi wisata pantai yang menarik. Salah satunya adalah sebuah pantai bernama Pantai Tirtamaya. Bagi Anda yang berkunjung ke pantai utara Pulau Jawa, Pantai Tirtamaya bisa menjadi pilihan untuk berekreasi. Dengan deburan ombaknya yang khas, pantai ini merupakan salah satu daya tarik wisata alam di Kabupaten Indramayu yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Anda dapat membawa peralatan piknik untuk lebih meresapi pengalaman wisata pantai Anda.

Objek Wisata Pantai Tirtamaya merupakan salah satu daya tarik wisata alam di Indramayu yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dengan deburan ombaknya yang khas, pantai ini merupakan salah satu daya tarik wisata alam di Kabupaten Indramayu. Anda dapat membawa peralatan piknik untuk lebih meresapi keindahan wisata Pantai Tirtamaya, sekaligus berenang di Pantai Tirtamaya. Selain sebagai pemandian laut yang aman juga mempunyai panorama yang indah terutama pada saat terbit dan terbenamnya matahari.

Wisata pantai memang menyenangkan, apa lagi bermain air di pantai sungguh sangat menyenangkan sekali, namun anda juga harus berhati-hati saat di pantai jangan sampai anda terkena gigitan binatang laut seperti ubur ubur atau yang lainnya, dan tetap waspada saat berenang jangan sampai anda tenggelam atau terseret arus ombak, saat melintasi jalur pantura untuk orang yang pergi ke jawa dengan mobil pribadi atau bus biasanya anda melewati indramayu, dan di jalur pantura tersebut ada beberapa tempat yang jalanannya dekat laut salah satunya yaitu indramayu biasanya orang melihat kawasan wisata pantai tirtamaya.

Wisatawan yang biasa datang ke pantai ini memang tidak melakukan aktivitas snorkeling ataupun diving. Hal ini karena ombak yang ada di pantai ini cukup besar. Biasanya wisatawan yang datang sekedar untuk piknik, berenang, ataupun menikmati pemandangan matahari terbenam.

Lokasi

Pantai Tirtamaya di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu termasuk salah satu obyek wisata yang relatif lebih dikenal masyarakat luas, dibandingkan obyek wisata pantai lainnya yang ada di Indramayu. Maklum, obyek Wisata Tirtamaya ini sejak dulu sudah dikelola Pemkab Indramayu melalui Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga.

Lokasi pantai Tirtamaya yang berjarak sekira 20 kilometer dari Kota Indramayu itu, sangat mudah ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Di lokasi wisata ini juga terdapat pantai yang kurang lebih 50 meter ke lepas pantai masih bisa di lalui dengan jalan kaki. Di lokasi wisata ini juga terdapat warung-warung untuk peristirahatan selepas menikmati keindahan pantai Tirtamaya, terdapat juga tempat untuk Pemandian atau ruang bilas apabila sudah selesai bermain di pantai ini.

Akibat Abrasi

Hanya saja dalam perjalanannya, obyek wisata Tirtamaya yang letaknya sekitar 15 km arah Timur Kota Indramayu yang bersebelahan dengan Pantai Glayem ini nampaknya kurang beruntung. Hal itu disebabkan karena Tirtamaya sejak dekade 90-an terkena bencana alam abrasi atau pengikisan pantai akibat ombak laut.

pinggir pantai tirtamaya - Jawa Barat : Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Barat
Pantai Tirtamaya - Jawa Barat : Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Barat

Kini lahan pertanian yang berada di pesisir Eretan berubah jadi lautan. 30 tahun lalu di depan SPBU Eretan merupakan kawasan hutan mangrove dan lahan pertanian subur, kini bahu jalan berdekatan dengan laut hanya kurang dari 10 meter. Diperkirakan daratan yang tergerus abrasi untuk Eretan mencapai 200 hektare. Lahan garapan petani Eretan menghilang, selain itu hutan mangrove dan tempat bermain warga serta tempat wisata, kini hanya tinggal kenangan. Diperkirakan abrasi akan semakin merusak daratan Indramayu.

Sebelumnya tempat wisata pantai Tirtamaya, Kabupaten Indramayu jadi tujuan pengunjung, sekarang arena bermain dan daratannya berubah menjadi lautan hanya tersisa sekitar 10 persen. Kini tempat tersebut sepi dan nyaris ditinggalkan.

Pihak Pantai Tirtamaya berharap ada upaya dari pemerintah untuk melindungi pantai Indramayu yang semakin tergerus akibat abrasi, selama ini hanya dibuat pemecah gelombang, padahal mengembalikan hutan mangrove akan menjadi solusi.

Namun, saat ini pantai laut Tirtamaya sudah dikembangkan. Tidak hanya telah dibangun penahan ombak atau break water, namun juga menjadi tempat sandarnya kapal boat yang menuju ke Pulau Biawak.

Kondisi pantai laut Tirtamaya, yang saat ini semakin indah dan enak serta nyaman bagi para pengunjung, membuat pantai laut itu menjadi favorit warga untuk melakukan wisata laut bersama keluarga dan handautaulannya.

Objek wisata lain yang berada di Indramayu

Pulau Biawak

Pulau Biawak adalah obyek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri terdapat di pulau tersebut, pulau Biawak juga dilengkapi dengan pasir putih, tanaman Bakaudan Budidaya rumput laut serta menara Mercusuar yang di bangun oleh ZM. Willem pada tahun 1872 merupakan daya tarik tersendiri. Aktivitas rekreasi yang dapat dilakukan di pulau Biawak adalah Selam (Diving), Mancing, Snorkeling dan wisata petualangan. Pulau Biawak memiliki luas ± 120 Ha, terletak 40 Km sebelah utara Indramayu yang dapat dijangkau dengan perahu nelayan.

Situ Bojongsari

Situ Bojongsari terletak di pusat Kota Indramayu dengan luas permukaan air ± 6 Ha. Tempat tersebut mempunyai daya tarik tersendiri seperti memancing, berkemah dan rekreasi air yaitu sepeda Air, Perahu Wisata serta Olahraga Dayung.

Situ Bolang

Situ Bolang merupakan salah satu tempat wisata alternatif yang mempunyaidaya tarik tersendiri, seperti memancing, area perkemahan dan rekreasi air. Tempat tersebut terletak di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung ± 20 Km dari kota Indramayu, Situ Bolang juga memiliki nuansa pedesaan yang sangat kental dengan panorama pesawahan, ternak kambing, dan pohon Mangga yang tumbuh disekeliling Situ Bolang yang begitu menyajikan suasana nyaman.

Koloni Kera Banjar

Koloni Kera Banjar merupakan tempat wisata yang banyak juga dikunjungi oleh para wisatawan karena daya tariknya yang unik berupa koloni kera sejak dahulu sampai sekarang jumlahnya 41 ekor Kera, yang terletak di Desa Bulak Kecamatan Jatibarang 17 Km dari Kota Indramayu.

Pantai Eretan

Pantai Eretan merupakan salah satu tempat rekreasi yang tidak kalah banyaknya pengunjung dari berbagai daerah, pantai Eretan yang terletak di Kecamatan Kandanghaur ± 39 Km dari kota Indramayu, pantai Eretan jugasebagai Rest Area cocok untuk peristirahatan sejenak melepas lelah darikepenatan perjalanan baik yang menuju ataupun yang pulang dari Jakarta. Disepanjang pantai telah ditumbuhi hutan mangrove yang rindang dan juga banyak berdiri Restoran dan Rumah Makan yang siap menyajikan aneka hidangan ikan laut segar.

 

Galeri foto dari berita tentang Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Barat

Ada 6 gambar di dalam Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Barat berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

Objek Wisata Pantai Tirtamaya Indramayu - Jawa Barat : Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa BaratPantai Tirtamaya - Jawa Barat : Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Baratpinggir pantai tirtamaya - Jawa Barat : Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Baratsenja di pantai tirtamaya - Jawa Barat : Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Baratberenang di pantai tirtamaya - Jawa Barat : Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa BaratSunrise tirtamaya - Jawa Barat : Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Barat
Diposting pada 24 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Jawa Barat.
Tag: hidangan, Objek Wisata Pantai Tirtamaya, memancing, pulau jawa, bola, subur, wisata bahari .

Apa pendapatmu tentang Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Barat

Satu Komentar to “Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Barat”

  1. Hallo travelers.. :)
    Anda masih bingung menentukan tempat wisata untuk liburan ..,?? atau mau Rafting Murah di Bandung ??.
    Tidak perlu bingung, karena ada Bintang Wisata Tour and Travel Bandung yg siap membantu anda semua untuk mewujudkan impian liburan anda semua. Selain tempat wisata, kami jg menyediakan Transport Mobil, ELF Pariwisata dan Hotel Bandung dengan harga Murah & Berkualitas loh’. Silahkan hub. Bintang Wisata Tour and Travel, Hotline : 022 6085 1785 / 0813 2289 5099. http://www.bintangwisataindonesia.com .
    #PAKET WISATA RAFTING MURAH di BANDUNG (Travel Agent Bandung)#.

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Sukamade Banyuwangi, Wi
Pantai Sukamade merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Meru Betiri dan merupakan ...

Pantai Pondok Bali, Subang –
Pantai Pondok Bali meskipun namanya mengandung kata “Bali” namun tidak berada di Pulau ...

Pantai Batu Hiu, Ciamis –
Jika para wisatawan atau wisatawan asing ingin berbagi mengenai tempat wisata pantai yang ...

Pantai Pusong, Sangkalan ̵
Pantai Pusong Sangkalan berjarak 3 Km (tiga kilometer) dari Kota Blangpidie Ibu Kota ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Jembatan Polak, Sumbawa – N
Pantai Bunaken Wisata Pantai dan Laut Lu
Pantai Merak Belantung Kalianda
Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawe
Pantai Kenjeran, Satu Dari Deretan Panta
Pantai Lamaru Balikpapan – Potensi
Gili Tangkong, Lombok – NTB
Pantai Air Manis Padang Sumatera Barat

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.