Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengah

Rating: 87 out of 100, by 119 users
Aijunga Di pantai PAI - Jawa Tengah : Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengah

Mencari tempat liburan yang komplit di Tegal bukan hal yang sulit karena kalau anda berkendara dari jalur Pantura, anda bisa menjumpai satu tempat wisata baru yang selalu berbenah bernama Pantai Alam Indah. Anda harus mempersiapkan energi yang cukup dari dari rumah karena akan ada banyak hal yang wajib anda coba saat anda berada di Pantai Alam Indah.

Dan kalau anda mau kesana dengan anak-anak, anda juga perlu menyediakan baju ganti karena bisa saja anak anda basah kuyup setelah bermain-main di pantai dengan pasirnya yang berwarna kehitaman. Untuk masalah akses jalan, anda tidak usah khawatir karena kalau anda lewat jalur Pantura, anda pasti dapat menjumpainya dengan mudah, karena lokasinya sangat strategis dan dekat dengan kota Tegal.

Fasilitas

anjungan pantai PAI - Jawa Tengah : Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengah
pesona Pantai Alam Indah - Jawa Tengah : Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengah

Untuk tiket masuk anda pasti akan kaget karena tiap orang hanya ditarik Rp2.000* saja. Namun, kalau masih ingin menikmati beberapa wahana di dalam Pantai Alam Indah, memang anda harus membayar lagi. Tapi, itu tergantung dari wahana yang akan anda coba. Hal pertama yang bisa anda kunjungi ketika telah sampai di tempat ini adalah Museum Dirgantara. Sudah menjadi hal yang biasa kalau benda-benda bersejarah ditempatkan di dalam ruangan karena dapat lebih aman dan bisa awet. Tetapi, ditempat ini berbeda.

Kalau anda datang menjelang sore dan berlangit cerah, mungkin anda bisa menyaksikan panorama pantai dengan sunset yang sangat menawan. Warna kuning keemasan ditambahkan dengan kombinasi warna lain semakin membuat siapa saja enggan beranjak dari tempat duduk mereka. Namun, kalau anda datang disaat hari masih siang, anda juga bisa melakukan banyak hal disana. Yang pertama tentu saja bermain-main dengan air dan berenang.

Tetapi, kalau anda tidak suka, anda dapat menyewa kapal nelayan untuk mengantarkan anda ke tengah laut dengan tarif sekitar Rp300.000 – Rp400.000 untuk 10 orang penumpang. Jadi, kalau anda membawa rombongan, anda dapat ‘patungan’ untuk membayar sewa kapal. Sedangkan kalau anda hobi memancing, anda juga bisa duduk nyaman di ujung anjungan yang sering digunakan oleh para pemancing amatir untuk sekedar melepas penat ditemani deburan ombak yang terus-menerus mengejar tepian pantai.

Ada juga perahu dan kereta wisata yang harus anda coba kalau ingin melengkapi kunjungan di Pantai Alam Indah. Jalur yang akan dilewati adalah kawasan pantai dan mengelilingi perairan di Pantai Alam Indah dengan biaya masing-masing Rp5.000* per orang.

Wisata

Pantai Alam Indah, yang harus dicoba tentu saja menu kulinernya yang sangat tradisional, original dan tentu saja lezat. Ada berbagai pilihan yang dapat anda coba. Misalnya, kupat glabed, kupat bongkok, sate blekok, sauto atau soto, dan menu lain yang sayang sekali kalau anda lewatkan. Biarpun wujudnya super sederhana, tetapi menu itu punya rasa istimewa.

Sedangkan untuk oleh-oleh, anda dapat membeli kaos dengan background Pantai Alam Indah. Harganya juga cukup terjangkau. Untuk anak-anak, sekitar Rp10.000* – Rp15.000*. Sedangkan untuk orang dewasa Rp25.000* – Rp35.000* per potong. Kalau anda pandai menawar, bisa saja anda mendapatkan harga yang lebih miring..

Tempat wisata ini menyediakan pemandangan alam pantai yang indah, sesuai dengan namanya, Pantai Alam Indah. Kita bisa melihat hamparan pantai dan Laut Jawa. Ombaknya pun cukup besar. Jadi bisa untuk berenang ditepian pantai atau sekedar bermain air. di bibir pantai banyak penyewaan pelampung yang menggunakan ban dalam mobil. harganya pun cukup terjangkau. Namun untuk berenang, harus mematuhi rambu-rambu yang ada.

Bagi yang ingin mengarungi pantai, di PAI ini juga menyediakan sewa perahu. Untuk masalah kemanan, kita diharuskan menggunaan jaket pelampung yang disediakan oleh pemilik kapal. Kemudian, setelah jumlah penumpangnya sudah mencukupi, baru kita akan di bawa berkeliling pantai.

Selain perahu, di PAI juga ada beberapa anjungan yang bisa digunakan untuk melihat pantai. Ada salah satu anjungan yang cukup panjang, yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk melihat laut, memancing, atau untuk lokasi berfoto.

Pantai Alam Indah atau PAI adalah salah satu tujuan liburan untuk mereka yang mudik ke Kota Tegal. Tidak hanya pantai yang bisa dinikmati, tapi juga beragam objek wisata lain. Silahkan mampir jika Anda mudik lewat Pantura.

Anjungan, museum, waterpark dan kuliner siap memuaskan liburan Anda di PAI. Cukup membayar tiket masuk seharga Rp 1.500 untuk menikmati 6 spot di bawah ini:

1. Anjungan pantai

Parkirlah kendaraan anda dan berjalanlah menuju anjungan di bibir pantai. Telusuri jalan hingga ke ujung anjungan yang berjarak lebih dari 100 meter, maka Anda seolah sudah berada di tengah lautan. Semilir angin pantai, deburan ombak, dan indahnya sunset bisa menjadi penghilang rasa penat yang melanda, berganti dengan pikiran yang segar.

Sambil menikmati panorama alam, kita bisa menikmati jajanan Khas kota Tegal yang banyak dijajakan oleh pedagang di depan gapura anjungan. Jangan lupa untuk mencicip segarnya air kelapa muda. Jika ingin berinteraksi dengan alam, cobalah untuk memancing di tempat santai di ujung anjungan. Mengabadikan momen dengan berfoto juga jadi salah satu kegiatan yang tidak boleh terlupa.

2. Museum Dirgantara

Berbeda dengan museum kebanyakan yang memajangkan benda museum di dalam ruangan, Museum Dirgantara ini memajang barang-barang sejarah di alam terbuka. Sehingga pengunjung bisa bebas mengekspresikan diri untuk berfoto dengan benda pameran. Ambil posisi di dekat kendaraan tank perang dengan latar belakang laut, maka foto yang dihasilkan nampak seperti nyata. Tidak seperti berada di dalam museum, hasilnya akan jadi lebih keren.

Selain kapal tank, bermacam objek lain bisa ditemukan. Beberapa di antaranya adalah pesawat tempur model capung, peluru dan rudal zaman Belanda yang berukuran tinggi 1.5 meter, dan beberapa benda kedirgantaraan lainnya.

3. Waterboom Poci

Meskipun termasuk kecil jika dibandingkan dengan Waterboom di Ancol dan Waterboom Lippo Cikarang, namun waterboom Poci ini bisa membuat sensasi andrenalin yang berbeda saat kita mencobanya. Perosotan melingkar dengan panjang lintasan lebih dari 30 meter  ini berujung di kolam renang dengan air jernih dan segar.

Setelah puas melintasi Waterboom, cobalah berada di tengah tengah kolam renang. Inilah wahana utaman, teko raksasa atau masyarakat menyebutnya Poci setinggi 15 meter akan mengguyurkan air dalam jumlah banyak setiap beberapa menit. Sensasi kesegaran dan guyuran air teko raksasa itu membuat semua pengunjung yang berada di tengah kolam berteriak histeris. Untuk memasuki wahana ini, setiap pengunjung dikenakan tarif retribusi Rp. 10.000,-

4. Wisata kuliner

Tak afdhol rasanya mengunjungi Pantai Alam Indah tanpa mencoba kuliner khas Tegal yang banyak di jajakan di sepanjang garis pantai. Beragam makanan dan jajanan khas Tegal yang unik dan tidak mungkin Anda temui di tempat lain. Ada beragam kupat yang bisa dicoba di sini antara lain kupat glabed, ketupat dengan sayur santan kuning dicampur dengan ayam dan kerupuk mi khas Tegal.

Satu lagi kupat yang tidak boleh terlewat yaitu kupat bongkok. Campuran tauge, mi kuning dan bumbu olahan tempe bongkrek akan menggoda lidah. Ingin coba yang lain, coba sate blekok. Tidak dari ayam atau kambing, sate ini berasal dari burung pantai seperti bangau, lezat! Terakhir, sauto. Ini adalah makanan yang terdiri dari tauge, daging soun, daun bawang dan bumbu rahasia. Di kota lain, makanan ini disebut soto, namun bumbu rahasia membuat makanan khas Tegal ini berbeda dari yang lainnya.

Makanan khas tersebut bisa kita jumpai di kawasan Pantai Alam Indah (PAI). Menikmati makanan khas Tegal bisa dilakukan sambil lesehan dan berjemur di pantai atau bisa juga sambil duduk-duduk di saung yang sengaja didirikan oleh pengelola objek wisata di dekat pantai. Jika ingin lebih privat, Anda bisa memesan tempat khusus, yaitu di sebuah restoran kapal yang berada di tengah pantai. Restoran yang terbuat dari bangkai kapal ini berada di tengah pantai berjarak sekitar 20 meter dari daratan.

5. Kereta wisata & perahu wisata

Wahana ini difasilitasi oleh pengelola wisata khusus untuk Anda yang ingin berkeliling area objek wisata agar tidak terlalu menguras tenaga. Trek yang dilalui oleh kereta wisata adalah sepanjang pantai wisata PAI, dengan tarif Rp 5.000/orang, sama dengan tarif  perahu wisata. Bedanya perahu wisata ini akan mengantar anda mengelilingi perairan wisata Pantai Alam Indah. Jika penasaran, petugas perahu wisata akan mengantar Anda menuju bangkai kapal yang berada lebih dari 200 meter dari bibir pantai untuk sekadar berfoto.

Selain kereta wisata dan perahu wisata, di area wisata Pantai Alam Indah juga telah disediakan berbagai wahana untuk anak-anak. Kereta halilintar, komedi putar, kolam renang mini, dan wahana pendukung lainnya jadi surga tersendiri untuk anak-anak.

6. Belanja suvenir

Setelah puas mengelilingi objek wisata Pantai Utara Kota Tegal dan bergegas untuk melanjutkan perjalanan mudik Anda, tiba saatnya untuk membeli oleh oleh dan souvenir khas Tegal.

Suvenir berupa kaos Tegal, baju pantai dan pernak pernik lainnya bisa kita dapatkan di sepanjang area wisata Pantai Alam Indah. Biasanya para pedagang ini menjual dagangannya di area terbuka, sehingga bisa mengakrabkan diri dengan pembeli. Harganya cukup variatif, untuk kaos ukuran kecil berkisar Rp 10.000-15.000. Sedangkan ukuran dewasa dalam kisaran Rp 25.000-35.000.

Jadi, bagi Anda yang kebetulan musim Lebaran ini mudik dari Jakarta menuju Jawa tengah dan Jawa Timur serta melintas di daerah Pantura Tegal, mampirlah sejenak ke objek wisata Pantai Alam Indah (PAI). Selain untuk sekadar menghilangkan rasa lelah di perjalanan, berkunjung ke sini juga jadi pengalaman baru yang mungkin tak terlupakan. Semoga perjalanan Anda lancar untuk berlebaran di kampung halaman tercinta.

Tentu saja itu semua bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Keberadaan restoran apung Lor Ing Margi dan anjungan baru dapat menjadi magnet untuk menggaet wisatawan lokal maupun dari luar daerah untuk berkunjung ke PAI. Dengan demikian, pendapatan asli daerah Kota Tegal meningkat.

Di Sini Bermula Angkatan Laut

Mempelajari sejarah bangsa, tidak selalu harus dilakukan di bangku sekolah. Belajar sejarah dapat dilakukan dengan melihat benda-benda dan lokasi peninggalan masa lalu.

Monumen Bahari terletak di kiri jalan, sekitar 20 meter setelah pintu masuk kawasan PAI. Monumen Bahari Kota Tegal diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, Sabtu 20 Desember 2008. Pada bagian tengah, terdapat bangunan induk, yang digunakan sebagai ruang pameran.

Sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista) yang sudah tidak terpakai, menghiasi sekeliling bangunan induk. Alat-alat tersebut merupakan sumbangan dari TNI Angkatan Laut, di antaranya kendaraan tempur tank PT 76, kendaraan tempur Pintam BRDM, pesawat udara Nomad N-22, meriam darat, bouyance, lampu navigasi, jangkar dan rantai, ranjau tanduk, serta terpedo MK 44.

Pengunjung dapat masuk dan melihat dari dekat, pesawat maupun senjata yang dipamerkan. Mereka tidak perlu berdesak-desakkan, karena Monumen Bahari dibangun di atas lahan yang cukup luas, sekutat 12.000 meter persegi.

Monumen Bahari di Kota Tegal merupakan monumen yang ke-35. Dari 34 monumen sebelumnya, 21 dikelola pemerintah daerah, sedangkan 13 dikelola TNI Angkatan Laut. Selain menjadi sarana rekreasi, keberadaan monumen tersebut diharapkan dapat mengembalikan jiwa bahari masyarakat Tegal, karena Angkatan Laut muncul dari Tegal.

Keberadaan Kota Tegal dalam sejarah berdirinya TNI Angkatan Laut, dapat dilihat dari brosur yang dapat diperoleh di sana. Kota Tegal menjadi cikal bakal terbentuknya Korps Mari­nir TNI Angkatan Laut, pada 15 No­vem­ber 1945, dengan nama Corps Ma­riniers. Selanjutnya, tanggal tersebut dijadikan sebagai hari lahir Korps Marinir.

Selain itu, Kota Tegal juga menjadi kota awal berdirinya Sekolah Angkatan Laut (SAL). Beberapa bangunan bersejarah lainnya yang dapat meyakinkan pengunjung mengenai peranan Tegal dalam sejarah berdirinya TNI Angkatan Laut, yaitu Gedung Pangkalan Angkatan Laut dan Monumen Kalibakung.

Monumen Kalibakung merupakan monumen yang menandai tempat itu pernah dipakai oleh Angkatan Laut RI sebagai tempat penyelenggaraan latihan opsir. Selain itu, terdapat sejumlah lokasi penyelenggaraan SAL, yang saat ini digunakan untuk asrama susteran PIUS dan SMKN 1 Tegal.

Bangunan-bangunan tersebut memang tidak berada dalam satu kawasan dengan Monumen Bahari. Meskipun demikian, pengunjung dapat menemukannya dengan berkeliling Kota Tegal dan sekitarnya.

Saat ini, pengunjung masih dapat menikmati objek wisata tersebut, de­ngan biaya yang murah. Tiket masuk Monumen Bahari masih menjadi satu dengan tiket masuk PAI. Padahal, harga tiket masuk objek wisata PAI cukup murah. Untuk orang dewasa hanya Rp 1.500 per orang, sedangkan untuk anak-anak Rp 1.000 per orang.

Selain Monumen Bahari, kawasan PAI juga dilengkapi waterboom dan anjungan wisata. Waterboom dibangun di atas lahan seluas 3.600 meter persegi, dengan kapasitas tempat luncuran maksimal 10 orang.

Keberadaan monumen tersebut diharapkan dapat menyerap tenaga kerja, sehingga membantu mengatasi krisis yang terjadi saat ini.

Pada tahun 2014, Pemkot Tegal mencanangkan program Tegal Wisata. Tidak tanggung-tanggung, biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 20 miliar. Angka yang sangat fantastis untuk mengubah PAI menjadi seperti “Ancol Mini”.

Namun wajah baru tersebut tidak serta merta berubah begitu saja, bertahap mulai dari wilayah timur terlebih dahulu yang kini lebih banyak ditanami pepohonan dan dijadikan semacam taman. Untuk anjungan kini tinggal satu yang tadinya berjumlah ada tiga. Anjungan yang tersisa mungkin kedepannya akan diperbaiki kembali. Untuk Waterboom Poci yang sekarang masih ditutup sementara juga menjadi salah satu lokasi yang akan mendapat perbaikan serius. Karena tentu saja akan sangat diminati oleh wisatawan, terutama anak-anak.

Perubahan pun akan terasa ketika begitu akan masuk ke dalam Obyek Wisata ini, pada gerbangnya, poster sponsor mulai ditiadakan. Monumen Bahari pun kini dipercantik lagi. Payung dan tempat duduk mulai terlihat di dekat bibir pantai, sarana dan prasarana sedikit demi sedikit mulai diperbaiki.

Tidak heran jika Pemkot sangat serius untuk menjadikan PAI ini satu- satunya wisata alam kebanggan Kota Tegal. Perubahan-perubahan tersebut diharapkan bisa lebih banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung di Pantai Alam Indah ini. Dan yang pasti sebagai pengunjung, harus tetap menjaga kebersihan lingkungan terutama dalam hal membuang sampah.

Galeri foto dari konten tentang Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengah

Ada 7 gambar di dalam Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengah konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 gambar high-res.

museum dirgantara PAI - Jawa Tengah : Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengahpesona Pantai Alam Indah - Jawa Tengah : Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa TengahRudal yang berada di Musium PAI - Jawa Tengah : Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengahsunset di pantai PAI - Jawa Tengah : Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengahwaterboom poci raksasa - Jawa Tengah : Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa TengahAijunga Di pantai PAI - Jawa Tengah : Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengah
Diposting pada 4 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Jawa Tengah.
Tag: Pantai Tegal, Kawasan Pantai Alam Indah, anjungan pantai, jakarta, dewa, Info Alam Indah, bibir pantai .

Apa pendapatmu tentang Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengah

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengah Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Sekilak Batu Besar Bata
Bersantai dan bermain di pantai saat libur bersama keluarga atau pasangan, menjadi satu ...

Pantai Amed Bali
Amed adalah pantai yang terletak di ujung timur pulau Dewata, tepatnya di Desa ...

Pantai Garoga Tigaras, Danau T
Berbicara tentang pesona kota wisata Parapat, tentu tidak akan ada habisnya. Sebab kota ...

Pantai Bentar, Probolinggo 
Bentar Indah adalah obyek wisata Pantai yang terletak di tepi jalan Surabaya Banyuwangi, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Natsepa Ambon
Gili Nanggu, Lombok Barat – NTB
Festival Pulau Makasar
Pulau Bungin, Sumbawa – NTB
Pulau Walo, Raja Ampat – Papua
Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua
Pantai Sambilangan Madura
Pantai Rebo Bangka

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.