Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengah

Rating: 91 out of 100, by 92 users
wisata di pantai ayah - Jawa Tengah : Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengah

Pantai Ayah, atau juga dikenal dengan sebutan Pantai Logending, adalah salah satu obyek wisata pantai yang berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Obyek wisata ini cukup terkenal karena memadukan antara wisata hutan dengan wisata bahari, yaitu Hutan Wisata Logending dan Pantai Ayah. Hutan Wisata Logending merupakan kawasan hutan jati milik Perum Perhutani Kedu Selatan yang berada di dekat pantai tersebut.

Menurut cerita masyarakat setempat, Pantai Ayah dan Hutan Logending pada zaman dulu pernah dijadikan sebagai tempat pengintaian dan pos penjagaan oleh tentara Belanda maupun Jepang sewaktu menjajah di Indonesia. Hal ini terbukti dengan adanya bekas peninggalan berupa benteng yang terletak di tepi pantai maupun di atas pegunungan Logending. Pada tahun 1948—1950, ketika terjadi revolusi di Indonesia, kawasan hutan Logending ini juga pernah dijadikan sebagai tempat persembunyian para pejuang TNI saat mempertahankan wilayah itu.

Keistimewaan Pantai Ayah
Pantai yang berjarak sekitar 8 km dari obyek wisata Gua Jatijajar ini, memiliki pemandangan alam yang indah dengan air yang jernih, serta hamparan pasir yang luas dan landai. Di kawasan wisata ini, pengunjung dapat menghirup udara segar sambil berjalan-jalan menyusuri pantai. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat bermain sepak bola, voli pantai, maupun duduk bersantai di atas pasir.

Setelah puas menikmati suasana pantai, pengunjung dapat menuju kawasan hutan Logending yang terletak puluhan meter dari pantai. Di dalam hutan ini terdapat berbagai macam tumbuhan yang merupakan tanaman lokal maupun mancanegara yang tergolong langka. Salah satu tumbuhan yang tergolong langka yang terdapat di dalam hutan ini adalah mahoni Afrika. Tumbuhan ini jarang terdapat di hutan-hutan lain di Indonesia pada umumnya. Karena alasan itulah, kemudian area hutan ini dijadikan sebagai tempat penelitian tanaman langka dan sekaligus pengembangan mahoni Afrika tersebut.

Obyek wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi dan berada di kawasan obyek wisata Pantai Ayah adalah indahnya muara sungai Bodo, yaitu sungai yang memisahkan wilayah Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap. Untuk menikmati pemandangan sungai ini wisatawan dapat berkeliling dengan menyewa perahu nelayan setempat. Sepanjang sungai tersebut, pengunjung dapat melihat air Sungai Bodo yang tenang, rimbunnya pohon payau di tepian sungai, dan lebatnya pohon jati milik Perum Perhutani yang tampak tertata rapi dan menghijau.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana obyek wisata ini pada malam hari, dapat mendirikan tenda-tenda perkemahan di lokasi perkemahan Perum Perhutani yang terletak di kawasan hutan jati tersebut. Area perkemahan yang luas, bersih, dan sejuk ini khusus diperuntukkan bagi wisatawan yang gemar camping sambil berwisata.

Lokasi Pantai Ayah
Pantai Ayah terletak di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Akses ke Pantai Ayah

wisata di pantai ayah - Jawa Tengah : Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengah
pantai ayah - Jawa Tengah : Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengah

Untuk menuju obyek wisata ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi (mobil), maupun sarana angkutan umum (bus) dari Kebumen. Jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Kebumen, akan menempuh jarak kurang lebih 20 km sampai ke lokasi obyek wisata Pantai Ayah ini. Namun, bagi pengunjung yang ingin naik angkutan umum (bus), perjalanan dapat dimulai dari Terminal Kebumen. Dari terminal ini banyak bus yang melewati obyek wisata tersebut dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Harga Tiket Pantai Ayah
Untuk dapat masuk ke obyek wisata Pantai Ayah, setiap pengunjung dipungut biaya sebesar Rp 2.200 per orang (November 2008).

Akamodasi dan Fasilitas di Pantai Ayah

Di kawasan obyek wisata Pantai Ayah terdapat berbagai macam fasilitas di antaranya area perkemahan, tempat bersantai, parkir luas, mushala, penginapan, sarana permainan anak, tempat persewaan perahu, pusat pelayanan informasi wisata, dan lain–lain. Terdapat juga warung-warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman, suvenir (kerajinan anyaman pandan, kerajinan kece), dan pedagang ikan laut yang menjajakan ikannya dalam kondisi masih segar. Bagi pengunjung yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas dari Kebumen yaitu “grobi” dan gula kelapa, dapat dengan mudah mendapatkannya, karena di area wisata ini banyak warung-warung yang menjual kedua dagangan tersebut dengan harga yang cukup murah.

TRAVEL TIPS

Secara reguler objek wisata ini dilalui oleh kendaraan umum, jadi untuk sampai ke lokasi tidaklah sulit. Dari Kebumen, naiklah kendaraan umum dan turunlah di Gombong. Dari sini kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan wisata.

Informasi:
Diparda TK II Kebumen
Jl. Pahlawan, No. 136 Kebumen, Jawa Tengah. Telp: (0287) 81988

Koeswintoro
Terminal Wisata
Jl. Yos Sudarso, No. 565, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah.
Telp: (0287) 71250

Galeri dari info tentang Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengah

Ada 6 potret di dalam Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengah info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

pantai ayah - Jawa Tengah : Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengahpantai ayah kebumen - Jawa Tengah : Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengahpantai ayah - Jawa Tengah : Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa TengahPantai ayah dr ketinggian - Jawa Tengah : Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa TengahPantai ayah logeding kebumen - Jawa Tengah : Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengahwisata di pantai ayah - Jawa Tengah : Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengah

Apa pendapatmu tentang Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengah

Satu Komentar to “Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengah”

  1. Aku dan keluarga Lebaran nanti mau ke Pantai Logending, mohon informasi Penginapan di sekitar Pantai Logending. Thank’s

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen – Jawa Tengah Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Bangko, Lombok –
Pantai Senggigi, Pantai Kuta dan Pantai Selong Belanak, tak dipungkiri indahnya, nah pantai Bangko ...

Pantai Melur, Batam
Pantai Melur yang terletak di sisi barat Pulau Galang, di Barelang, Tanjung Pinang ...

Surga Dunia di Karimun Jawa
Mendengar kata pantai dan laut, pasti  yang terlintas di pikiran anda adalah Bali, ...

Pulau Derawan Kalimantan Timur
Sebuah nirwana tropis berada di salah satu pulau wilayah Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai indah Masceti, Gianyar – Ba
Gili Kapal, Lombok – NTB
Pantai Papa, Sumbawa – NTB
Pantai Laguna Ujung Lancang Lampung
Pantai Lhok Nga di Banda Aceh
Surga Dunia di Karimun Jawa
Pantai Temajuk, Sambas – Kalimanta
Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.