Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta

Rating: 91 out of 100, by 95 users
pantai Goa Cemara - Jawa Tengah : Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta

Pantai Goa Cemara. Pantai ini sebagaian wisatawan Belum banyak yang tahu keberadaan pantai yang satu ini. Bahkan ketika anda mengunjungi untuk pertama kalinya, kemungkinan tersesat sangat  besar dan jika anda bertanya kepada penduduk sekitar Palbapang, bantul sebagian pasti menjawab tik tahu. Padahal pantai ini sangat menarik untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga, bahkan untuk tempat kegiatan pertemuan di dalam keteduhan hutan cemara.

Suasana Pantai Goa Cemara yang Teduh

Pantai Goa Cemara terletak di dusun Patehan, Gadingsari, kecamatan Sanden, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Disebut Goa Cemara karena di sepanjang pantai ditumbuhi rerimbunan pohon cemara udang yang membentuk lorong di tengah-tengahnya mirip seperti goa. Masyarakat sendiri yang memberi nama pantai ini dengan Goa Cemara, karena sejak awal masyarakat yang mengusahakan penanaman pepohonan cemara dan merawatnya hingga memenuhi pinggiran pantai.

Sejak memasuki area parkir, kita langsung temukan  rerimbunan pohon cemara udang yang membuat teduh suasana. Sungguh unik, pohon-pohon cemara tumbuh dengan subur di sekitar lahan pantai yang berpasir. Berjajar-jajar, ranting dan daunnya saling terhubung dan membentuk keteduhan yang sangat alami dan asti. Dari tempat parkir hanya hutan cemara yang bisa kita lihat, menutupi pemandangan pantai.

Awalnya, sekitar tahun 2000 penduduk setempat memikirkan cara “memecah angin” untuk mencegah pengikisan pasir pantai. Mereka memilih tanaman cemara udang (casuarina equessetifolia) yang mampu menahan angin dan badai serta dapat hidup di pesisir pantai. Para masyarakatpun bekerja bakti melakukan penanaman ribuan bibit cemara, dan memeliharanya dengan tertib, hingga akhirnya membentuk hutan seperti yang anda lihat disana ketika anda mengunjungi pantai ini.

Di sepanjang kawasan Goa Cemara kita bisa menggelar tikar untuk bersantai dan relaksasi, melepaskan kepenatan kerja dan rutinitas di rumah dan dikantor. Dari pagi hingga sore kita tidak akan kepanasan, karena banyaknya pepohonan cemara yang menjamin keteduhannya. Pada hari Sabtu dan Minggu kita akan menjumpai rombongan komunitas masyarakat yang menggelar acara di keteduhan cemara.

Deburan Ombak yang Ganas

Untuk menuju lokasi pantai, pengunjung harus melewati gundukan pasir yang cukup tinggi. Di balik gundukan pasir anda akan masih menemukan hutan cemara lagi yang sangat lebat, dan di balik hutan cemara itulah terdapat pantai.

Kondisi pantai Goa Cemara sama seperti rata-rata pantai yang berada di wilayah kabupaten Bantul, seperti Samas dan Parangtritis. Pantai yang landai dengan pasir berwarna kecoklatan dan deburan ombak khas pantai selatan yang ganas. Para pengunjung juga  tidak bisa leluasa bermain ombak di pantai ini karena ombak sangat keras dan ganas. Hati-hati jika membawa anak-anak kecil, anda harus selalu membersama dan menemaninya agar tidak terlalu jauh bermain ombak pantai yang sangat ganas itu.

Karena ombak yang sangat kuat dan ganas itulah maka di sepanjang pantai selatan sangat sedikit terdapat nelayan. Jika anda membeli ikan di wilayah pantai selatan, itu tidak semuanya hasil laut setempat, namun sebagian didatangkan dari wilayah lain, seperti Semarang, Jawa Tengah. Hasil ikan di pantai selatan tidak memadai karena tidak banyak nelayan yang berani melaut dengan ombak yang besar itu.

Suasana Tradisional sekitar Pantai Goa Cemara

Di sekitar pantai Goa Cemara, terdapat beberapa tempat makan dan tempat jualan makanan ringan. Semuanya bercorak tradisional. Terbuat dari bambu yang tampak rapi dan menarik. Termasuk kios yang dibuat dari bambu agar tampak alami dan tradisional.

Menurut salah seorang penduduk, mereka ingin semua masyarakat yang ingin membuka usaha di kawasan pantai Goa Cemara agar membuat tampilan yang seragam dengan contoh yang sudah ada. Harapannya agar para wisatawan akan terlihat senang dan kawasan ini ketika membesar  akan tampak rapi dan tertib, bahkan mempertahankan corak tradisional dengan bangunan dari bambu.

Tidak salah anda menyempatkan datang ke pantai Goa Cemara. Alokasikan waktu yang cukup. Jika anda datang dari luar kota Yogyakarta, memerlukan waktu satu jam dari pusat kota untuk mencapai pantai Goa Cemara.

cemoro 6 - Jawa Tengah : Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta
rrhehgkg - Jawa Tengah : Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta

Nikmati keteduhannya, bercengkerama bersama keluarga dan kerabat melepaskan kejenuhan dan rutinitas. Sembari menikmati angin pantai dan suara deburan ombak yang ganas.

 

Kumpulan Gambar dari konten tentang Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta

Ada 4 foto di dalam Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

pantai Goa Cemara - Jawa Tengah : Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta MG 9476 - Jawa Tengah : Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakartacemoro 6 - Jawa Tengah : Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakartarrhehgkg - Jawa Tengah : Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta
Diposting pada 7 October 2012 - Oleh PasirPantai.com - Kategori Jawa Tengah.
Tag: pemandangan, kabupaten bantul, tempat rekreasi, pesisir pantai, pemandangan pantai, pohon cemara, .

Apa pendapatmu tentang Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta

Satu Komentar to “Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta”

  1. Sungguh asyik dan indah

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Pasir Enam, Jayapura &#
Pantai Pasir Enam – Keindahan alam yang diberikan tanah dan lautan di Papua, ...

Keindahan Pantai Air Cina dan
Jauh di ujung barat pulau Timor kurang lebih, 42 km dari Kota Kupang, ...

Pantai Lhok Nga di Banda Aceh
Pantai Lhok Nga ini terbilang sangat ramai di hari-hari libur, mulai dari siang ...

Pantai Mailan Makbon, Sorong &
Pantai Mailan Makbon – Kota Sorong memang terkenal akan wisata Baharinya apalagi bagian ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Tambakrejo Blitar
Eksotika Pantai Lampu Satu, Merauke R
Pantai cahaya sendang sikucing, kendal
Pantai Panjang Bengkulu
Pantai Pasir Panjang Singkawang, Kaliman
Pantai Cijayana Pameungpeuk Garut
Bersantai Sambil Menikmati Semua Wahana
Pantai Manikin, Kupang – Nusa Teng

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.