Pantai Karang Bolong, Serang – Banten

Rating: 87 out of 100, by 122 users
pantai karang bolong - Jawa Tengah : Pantai Karang Bolong, Serang – Banten

Kawasan Pantai Anyer, salah satu lokasi wisata diprovinsi Banten tersebut, memang menawarkan banyak sekali keceriaan. Pantai yang berjarak sekitar 160 kilometer dari kota Jakarta tersebut, memang terlihat begitu indah serta memiliki pesona alam hingga dapat memikat mata wisatawan yang datang dan berkunjung ke pantai yang terletak dikabupaten Serang ini.

Pantai yang disekitarnya terdapat berbagai objek wisata alam, serta berbagai fasilitas pendukung liburan tersebut, telah menjadikan pantai yang telah dikenal sejak tahun 1980 tersebut, menjadi salah satu tujuan berwisata bagi penduduk dari kota Jakarta dan sekitarnya, terlebih bagi mereka yang ingin berlibur bersama keluarga.

Berbagai objek serta lokasi yang menawarkan pemandangan indah, serta berbagai fasilitas yang dapat memberikan keceriaan berwisata bahari, akan banyak sekali tersaji disekitar pantai yang termasuk kedalam daftar objek wisata andalan provinsi Banten tersebut. Nah, tidak disangka ternyata terdapat sebuah objek wisata bahari bernama Pantai Karang Bolong, yang berada disekitar kawasan Pantai Anyer.

Pantai yang terletak disekitar jalur utama menuju Pantai Anyer dan Pantai Carita ini, menawarkan pamandangan alam yang begitu indah serta suasana alam yang sangat mempesona. Jadi, sempatkan diri anda untuk berkunjung dan berwisata ke Pantai Karang Bolong.

Transportasi

Untuk Menuju Pantai Karang Bolong dapat ditempuh dengan jalur melalui rute: Jalan Tol Jakarta Merak – Cilegon Barat – Anyer – Karang Bolong.

keindahan pantai karang bolong - Jawa Tengah : Pantai Karang Bolong, Serang – Banten
suasana pesisir pantai karang bolong - Jawa Tengah : Pantai Karang Bolong, Serang – Banten

Dari Jakarta, Karangbolong hanya berjarak 140 km atau 50 km dari Kota Serang. Karangbolong bisa ditempuh kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Bagi yang mengendarai kendaraan pribadi, dari Jakarta dapat langsung keluar melalui Pintu Tol Cilegon Timur, lalu ke arah selatan menyusuri Jalan Raya Anyer. Lokasi Pantai Karang Bolong tepatnya di Jl. Raya Karang Bolong Km 35 Anyer Lor Serang – Banten.

Harga tiket masuk Rp5.000 per orang atau Rp250.000 per bus (60 penumpang). Anda yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraan di dalam areal kawasan ini.

Fasilitas

Bagi anda yang ingin menikmati keceriaan berwisata air, juga dapat menyewa jasa perahu motor untuk berkeliling disekitar perairan pantai, atau menikmati keseruan bermain air dengan menggunakan Banana boat ataupun Speedboat.

Berbagai fasilitas wisata di Pantai Karang Bolong juga telah begitu memadai, mulai dari tempat-tempat yang dapat kita gunakan untuk bersantai disekitar pantai, yakni berupa pondok-pondok dan taman sederhana, serta warung-warung yang juga menjajakan berbagi jenis makanan dan minuman.

Akomodasi

Bagi Anda yang ingin bermalam untuk menikmati keindahan pantai ini lebih lama maka dapat menginap di hotel dan cottage yang tersedia di sekitar pantai. Harganya bervariasi dari yang murah sampai dengan yang mahal, jadi yang perlu Anda lakukan adalah memilih akomodasi yang sesuai dengan isi kantong.

Selain hotel dan cottage, tersedia pula penginapan berupa villa dengan tarif antara Rp400.000,- sampai Rp800.000,- per malam tanpa makan.

Di Tanjung Lesung dapat Anda temukan beragam akomodasi apabila Anda mencari alternatif lain

Kegiatan 

Ada banyak aktivitas menarik dapat Anda lakukan di sekitar pantai ini. Berpiknik di tepi pantai ini layak untuk dicoba karena akan membuat Anda betah berlama-lama. Menyaksikan keindahan laut dan deburan ombak yang menghantam batu karang beralaskan tikar akan menjadi pengalaman yang istimewa. Terutama bagi Anda yang mendambakan ketenangan dari hiruk pikuk aktivitas perkotaan. Untuk lebih menambah keistimewaan berpiknik di pinggir pantai, bawahlah makanan, minuman dan buku kesayangan Anda untuk menemani. Sebuah pemutar MP3 bisa juga menjadi pelengkap waktu santai Anda di tempat ini.

Beranjaklah dari tikar piknik Anda dan jemputlah kesegaran air pantainya dengan berenang. Pantai di kawasan ini landai sehingga memungkinkan Anda berenang di tepi pantainya. Hanya saja jangan berenang terlalu jauh dan tetap memerhatikan keselamatan. Hal menarik yang sudah dilakukan wisatawan yang pernah berkunjung ke pantai ini adalah berkeliling dengan menyewa perahu motor atau banana boat.

Wisata

Pantai yang berjarak sekitar 140 kilometer dari kota Jakarta tersebut, memiliki keunikan serta keindahan tersendiri. Dengan mendengar dari namanya saja, yakni Karang Bolong, sepertinya kita sudah dapat menebak salah satu dari berbagai keunikan dari pantai yang terletak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Serang tersebut. Ya, pesona pertama yang dapat kita saksikan dipantai Karang Bolong, yakni pemandangan eksotik dari berbagai batu-batu karang indah pada beberapa bagian disekitar pantai tersebut.

Pemandangan batu-batu karang tersebut, sungguh begitu mengggumkan untuk disaksikan. Dimana terdapat sebagian batu karang yang terlihat muncul dipermukaan air laut, namun ada pula yang terlihat berada didasar laut pada pesisir pantai Karang Bolong.

Pemandangan tersebut, semakin terlihat begitu sempurna dengan adanya perpaduan warna air laut dipantai Karang Bolong yang berwarna biru dan begitu jernih. Sebuah keserasian perpaduan alam dan mampu memikat serta memanjakan banyak mata untuk datang, guna menikmati keindahan yang begitu memukau tersebut.

Dahulu pantai yang juga berada tidak jauh dari desa Cinangka tersebut, digunakan oleh seseorang bernama Suryadilaga sebagai tempat untuk bertapa dan memanjatkan doa. Cerita inilah yang menyebabkan pantai Karang Bolong disebut juga dengan nama pantai Suraga oleh sebagian penduduk sekitar.

Namun, mengapa pantai Suraga saat ini juga disebut dengan nama Pantai Karang Bolong, jawabannya adalah dikarenakan adanya sebuah batu karang berukuran begitu besar serta membentuk setengah lingkaran , dan tampak menyerupai bentuk sebuah goa atau pintu gerbang besar yang melengkung, berada disekitar pantai tersebut.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana batu karang tersebut dapat terbentuk, dan memiliki sebuah lubang besar ditengahnya. Namun menurut tanggapan dari beberapa ahli, lubang besar pada batu karang tersebut, terjadi akibat adanya proses pengikisan yang terjadi oleh ombak laut disekitar pantai.

Sementara disisi lain, ada pula yang berpendapat bahwa lubang besar yang terdapat pada batu karang tersebut, tejadi sebagai dampak dari letusan gunung Krakatau pada tahun 1883 silam. Apapun penyebanya, batu karang besar inilah yang kemudian menjadikan objek wisata ini disebut dengan Pantai Karang Bolong.

Pemandangan yang disajikan oleh batu karang tersebut, akan terasa begitu mengagumkan dan pastinya mampu memberikan kesan indah bagi wisatawan yang berkunjung. Berbagai kegiatan juga dapat kita lakukan disekitar batu tersebut, diantaranya yakni berjalan menuju pantai dengan masuk dan melewati lubang yang terdapat pada batu karang besar tersebut, atau sekedar bersantai diatas batu karang guna menikmati suasana alam yang disajikan oleh Pantai Karang Bolong. Untuk dapat naik dan bersantai diatas batu karang ini, kita dapat menggunakan tangga kecil dibagian kanan dan kiri batu karang eksotik tersebut.

Pantai Karang Bolong, juga telah begitu dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai penjuru. Umumnya wisatawan yang datang dan berwisata kepantai ini guna menyaksikan pemandangan alam berupa pepohonan hijau dan rindang, serta merasakan lembutnya butiran pasir berwarna putih bersih.

Di kawasan pantai ini juga terdapat Gua Karangbolong, yang terletak di sisi timur. Sebuah lorong yang cukup panjang terbentuk pada lapisan breksi lahar yang terkekarkan. Gua Karangbolong berukuran panjang 30 m, lebar 10 m dan tinggi sekitar 5 m. Breksi yang dikenal sebagai Formasi Gabon ini berumur Oligo-Miosen atau antara 30-15 juta tahun lalu, tersingkap bersama-sama dengan sisipan batu pasir dan batu lempung.

Pembentukan Gua Karangbolong dipengaruhi oleh peruntuhan yang terjadi di sepanjang batas bidang antara breksi dengan batu pasri atau batu lempung. Lubang peruntuhan akan semakin besar karena lapisan batuan yang menggantung di atap lubang selalu runtuh akibat beratnya. Proses itu juga dipicu oleh kekar-kekar yang ada, yang kehadirannya memperlemah daya ikat antar komponen batuan. Proses pembentukan gua teramati baik di ujung timur dan selatan Goa Karangbolong, di mana pada skala kecil terjadi peruntuhan batuan di sepanjang batas lapisan yang berbeda. Karena bukan gua batu gamping, maka di dalam Goa Karangbolong tidak dijumpai ornamen.

Wisata Pantai Karangbolong Ada pintu gerbang Nyi Roro Kidul indah memikat dan menarik menyongsong kedatangan Anda. Sebuah fenomena alam yang hanya dapat Anda saksikan di sini. Legenda Nyi Roro Kidul tidak dapat dipisahkan dari Pantai Selatan Laut Jawa. Hal ini diperkuat lagi oleh beberapa peninggalan dan petilasannya yang konon ditinggalkannya di beberapa tempat, yang masih dapat kita saksikan saat ini.

Keberadaan peninggalan-peninggalan inilah yang menyebabkan Pantai Selatan Laut Jawa sepertinya mempunyai daya magnit yang begitu kuat sehingga selalu mengundang wisatawan untuk datang dan datang lagi. Salah satu dari pantai-pantai tersebut adalah Pantai Karangbolong, yang terletak di Gombong Selatan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini terkenal pula karena ada sarang burung walet yg terkenal. Diorama pemanenan burung walet ada di salah satu goa. Disebut Karang Bolong karena ada sebuah karang yang berlubang (bolong) seperti gua dan merupakan tempat burung walet bersarang.

Aktivitas wisata yang juga tak kalah menarik dilakukan adalah tracking menuju ke puncak karang. Anak tangga yang dinaiki sedikit sempit dan berkelok namun pemandangan hijau pepohonan di sekitar anak tangga akan menjadikan pendakian Anda terasa ringan, mungkin inilah kekuatan dari sebuah keindahan. Mendekati akhir perjalanan, Anda akan sedikit menuruni anak tangga.

Di sini terdapat tempat yang cukup lapang untuk menikmati pemandangan pantai dari atas karang. Dari atas karang ini, pemandangan spektakuler siap menyambut Anda. Keindahan birunya laut lepas tepat berada di hadapan. Sedikit ke arah kiri, Anda dapat melihat tebaran batu karang di tepi pantai yang dihantam ombak. Dari sini juga Anda bisa menyaksikan Gunung Anak Krakatau sembari menghirup udara pantai dan merasakan lebutnya sentuhan angin membelai kulit.

Tips

  • Anda sebaiknya tidak lupa untuk membawa pakaian renang dan baju ganti.
  • Jangan berenang terlalu jauh, perhatikan wialyah dan marka peringatan yang tersedia
  • Untuk terus menjaga kebersihan dan keberlangsungan wisata pantai ini, sangat diharapkan agar Anda tidak membuang sampah sembarangan.

 

Galeri dari posting tentang Pantai Karang Bolong, Serang – Banten

Ada 6 potret di dalam Pantai Karang Bolong, Serang – Banten posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

indahnya perairan di pantai karang bolong - Jawa Tengah : Pantai Karang Bolong, Serang – Bantenjalan menuju gua karang bolong - Jawa Tengah : Pantai Karang Bolong, Serang – Bantenkeindahan pantai karang bolong - Jawa Tengah : Pantai Karang Bolong, Serang – Bantenpantai karang bolong - Jawa Tengah : Pantai Karang Bolong, Serang – Bantenpesona pantai karang bolong - Jawa Tengah : Pantai Karang Bolong, Serang – Bantensuasana pesisir pantai karang bolong - Jawa Tengah : Pantai Karang Bolong, Serang – Banten

Apa pendapatmu tentang Pantai Karang Bolong, Serang – Banten

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Karang Bolong, Serang – Banten Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Asei, Jayapura – P
Seperti hal nya danau Toba yang mempunyai Pulau Samosir, maka danau Sentani pun ...

Pantai Brang Sedo, Sumbawa 
Pantai Brang Sedo – Jika anda mencari tempat yang indah, asri, alami, nyaman ...

Pantai Balian, Jembrana –
Pantai Balian (Balian Beach), salah satu pantai di Tabanan. Berada di wilayah Desa ...

7 Pantai Di Indonesia Dengan O
Surfing, olahraga seru untuk Anda yang ingin menantang ombak. Indonesia pun menjadi destinasi ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen
Pantai Tambakrejo Blitar
Pantai Nyang Nyang Bali, Alami nan Elok
Pantai Tanjung Pesona Bangka Belitung
Pantai Batu Hiu, Ciamis – Jawa Bar
Pantai Pink Lombok, Nusa Tenggara Timur
Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua
Pantai Tureloto, Nias – Sumatera utara

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.