Pantai Petanahan Kebumen

Rating: 89 out of 100, by 106 users
Wisata Pantai Petanahan - Jawa Tengah : Pantai Petanahan Kebumen

Pantai petanahan merupakan pantai yang terdapat di kecamatan Petanahan, atau sebelah selatan kota Kebumen. Pantai Petanahan yang indah ini terletak di tepi pantai Lautan Indonesia kira–kira 17 km ke arah selatan dari kota Kebumen.

Objek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan umum atau pribadi, dan dikunjungi banyak wisatawan khususnya pada Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, Natal, dan Tahun Baru. Event yang sering dilaksanakan adalah Festival Layang-layang baik tingkat nasional maupun regional dan Lomba Pancing Ikan. Pesanggrahan Pandan Kuning juga merupakan bagian dari daya tarik karena ditempat inilah banyak wisatawan yang datang untuk berziarah dan menyepi.

Air lautnya yang biru jernih membuat mata tak lelah menatapnya,belum lagi semilir angin makin membuat betah berlama-lama di sana. Dari kecamatan Petanahan biasanya para pengunjung menggunakan sarana transportasi becak atau delman, sambil menikmati keindahan sawah yang terhampar di sepanjang kanan kiri jalan. Namun,ada juga yang memilih untuk naik motor atau bahkan ada yang berjalan kaki rame-rame sekalian olahraga.

Pantai yang terletak di samudera Indonesia ini memang terkenal dengan ombaknya yang bergulung-gulung. Saat cuaca cerah ketinggia ombak bisa mencapai 3-4 meter, sehingga sangat berbahaya untuk mandi. Namun justru disini kelebihannya, dengan ombak besar tersebut, rata-rata orang kesini hanya nongkrong dan ingin menikmati keindahan ombak laut yang menderu-deru. Pantai ini sangat luas membentang dari ujung barat (pantai Karangbolong) sampai ke muara sungai Lukulo.

Ada keyakinan yang dipercaya oleh warga setempat, bahwa dengan berkunjung kesini dosa-dosa kita akab dilebur ke laut. Untuk itu di hari-hari tertentu seperti saat liburan dan hari raya, pantai ini akan sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung.

Idealnya datang ke Pantai Petanahan adalah pagi hari atau sore hari, dimana matahari belum begitu terik. Di pantai banyak orang berjualan seperti bakso, pecel, lotek, mendoan dan makanan / minuman lain, sehingga pengunjung tidak perlu bawa bekal banyak-banyak. Selain itu juga ada penjual souvenir, kerajinan tangan dan lain-lain.

Selain itu, menurut kearifan setempat, kita sangat disarankan untuk memakai pakaian hijau gadung, karena warna tersebut merupakan kesukaan Nyi Loro Kidul. Sehingga bagi yang memakai warna ttersebut bisa tersesat dan hilang. Boleh percaya boleh tidak.

Kegiatan lain yang biasa dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Petanahan selain melihat ombak yaitu, naik kuda, bermain layang-layang sampai dengan bermain pasir. Mampir dan tengoklah Pantai Petanahan ketika anda melintas di jalur Selatan Jawa Tengah.

Disini juga anak-anak bisa menikmati berbagai fasilitas permainan di pantai ini, seperti perosotan yang terletak di dekat pintu masuk. Bahkan kita juga bisa menunggang kuda berkeliling pantai hanya dengan membayar Rp 5000 untuk 15 menit.

Biasanya saat libur hari raya, selalu ada arena hiburan seperti rumah hantu dan sirkus roda gila bahkan ada kolam renang di dekat pintu masuk. Jangan membayangkan sebuah kolam renang yang besar dengan segala aneka permainannya. Karena kolam renang di sini hanyalah tanah pasir yang di gali sampai kira-kira seukuran 6×6 kemudian di tutup dengan terpal dan di isi air.

Wisata Pantai Petanahan - Jawa Tengah : Pantai Petanahan Kebumen
Pantai Petanahan Kebumen - Jawa Tengah : Pantai Petanahan Kebumen

Walaupun kolam renang “darurat” seperti itu luar biasa gembiranya anak-anak berenang disitu.Mungkin karena bentuknya yang demikian sederhana,harga untuk menikmati kolam renang tersebut juga sederhana sekitar Rp. 3000/anak.

Galeri gambar dari konten tentang Pantai Petanahan Kebumen

Ada 4 gambar di dalam Pantai Petanahan Kebumen konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 gambar high-res.

Keindahan Pantai Petanahan - Jawa Tengah : Pantai Petanahan KebumenWisata Pantai Petanahan - Jawa Tengah : Pantai Petanahan KebumenPantai Petanahan Kebumen - Jawa Tengah : Pantai Petanahan KebumenSunset Pantai Petanahan - Jawa Tengah : Pantai Petanahan Kebumen
Diposting pada 1 October 2013 - Oleh dian - Kategori Jawa Tengah.
Tag: wisatawan, karang, Lokasi Kebumen, jawa tengah, Akomodasi di Kebumen, kawasan Petanahan, bermain pasir .

Apa pendapatmu tentang Pantai Petanahan Kebumen

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Petanahan Kebumen Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Mbuu, Ende – NTT
Orang setempat mengenalnya Pantai Nangasesa karena memang ini Kelurahan Nangasesa, tetapi Pantai Mbuu ...

Pantai Namalatu, Ambon –
Sejumlah objek wisata pantai di Kota dan Pulau Ambon dimanfaatkan umat Kristiani sebagai ...

Pantai Lampuuk, Aceh Besar
Pantai Lampuuk merupakan salah satu primadona wisata Aceh Besar. Pantai ini selalu ramai ...

Pantai Saliper Ate, Sumbawa &#
Pantai Saliper Ate – Indonesia, dengan sejuta pesonanya terbentang dari ujung Sumatera hingga ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Likupang, Bitung – Sulawesi
Pantai Karapyak, Ciamis – Jawa Barat
Pantai Kuta di Pulau Lombok
Surga Dunia di Karimun Jawa
Pantai Kuwaru DI Yogyakarta
Gili Kapal, Lombok – NTB
Pesona Baru Pantai Siung
Pantai Pangandaran Ciamis Jawa Barat

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.