Pantai Sadeng Gunung Kidul

Rating: 90 out of 100, by 101 users
Keindahan Pantai Sadeng Gunung Kidul - Jawa Tengah : Pantai Sadeng Gunung Kidul

Pantai Sadeng terletak di selatan wilayah Gunungkidul berjarak 40 Km dari Wonosari, Gunung Kidul. Terletak di Desa Songbanyu dan Desa Pucung Kecamatan Girisubo, berbatasan dengan Pracimantoro, Wonogiri yang masuk Provinsi Jawa Tengah.

Pantai Sadeng mempunyai Pendaratan Ikan (PPI) yang bertaraf nasional dan merupakan penunjang pengembangan perikanan laut di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, potensi lain adalah Sungai Bengawan Solo Purba. Dahulu kala Sungai Bengawan Solo mengalir tenang dari hulunya di wilayah utara hingga bermuara di Pantai Sadeng yang kini berada di Kabupaten Gunung Kidul.

Namun, empat juta tahun yang silam, sebuah proses geologi terjadi. Lempeng Australia menghujam ke bawah Pulau Jawa, menyebabkan dataran Pulau Jawa perlahan terangkat. Arus sungai akhirnya tak bisa melawan hingga akhirnya aliran pun berbalik ke utara.

Dermaga Kapal Nelayan Pantai Sadeng - Jawa Tengah : Pantai Sadeng Gunung Kidul
Ombak Pantai Sadeng - Jawa Tengah : Pantai Sadeng Gunung Kidul

Jalur semula akhirnya tinggal jejak yang perlahan mengering karena tak ada lagi air yang mengalirinya. Wilayah ini menjadi kaya akan bukit-bukit kapur yang menurut beberapa penelitian, semula merupakan karang-karang yang berada di bawah permukaan laut.

Sadeng merupakan pelabuhan tradisional yang baru dikembangkan sejak tahun 1983, dimulai dari kedatangan serombongan nelayan asal Gombong. Pelabuhan ini pernah tidak aktif sebagai pelabuhan, dikarenakan kepercayaan penduduk setempat yang melarang melaut. Larangan itu berkaitan dengan mitos Ratu Laut Selatan serta kepercayaan bahwa Pantai Sadeng adalah pantai yang wingit.

Pada tahun 1986, kegiatan menangkap ikan yang dilakukan oleh nelayan mulai beraktifitas kembali. Nelayan dengan jumlah yang terus bertambah seiring hasil tangkapan laut yang terus meningkat. Dari kondisi tersebut, pemerintah membangun sebuah mercusuar untuk memandu nelayan yang pulang melaut saat malam hari.

Pengembangan terus berlangsung dengan penambahan infrastruktur pelabuhan dan sekaligus memfungsikan Pantai Sadeng sebagai pantai wisata. Tahun 1995, dibangun unit perkantoran untuk menangani hasil tangkapan nelayan.

Berkeliling ke penjuru pantai adalah cara untuk menikmati kemajua perikanan di sadeng. Akan tampak sekelompok nelayan yang membersihkan perahu, mengangkut ikan dari perahu ke tempat pelelangan, menggiling es batu untuk dibasukkan dalam kotak ikan sebelum didistribusikan hingga ibu-ibu nelayan yang mengasuh anak-anak di pondokan. Seluruh warfa pantai seolah-olah sibuk dengan aktivitas perikanannya.

Selain itu, bisa juga menyusuri bibir pantai di sebelah timur dan menuju gundukan pasir yang berada didekat mercusuar. Pemandangan laut lepas akan tampak jelas, beserta deburan ombaknya yang besar. Tak seperti pantai di Gunung Kidul umumnya, Sadeng tak banyak memiliki karang-karang raksasa sehingga pendangan maata tak akan terhalang. Kadang kita juga disaksikan perahu nelayan yang melaut di pesisir Pantai Sadeng

Dan jika kita berkunjung ke sana sekarang, akan terlihat proses relokasi beberapa titik perairan dangkal untuk mengembangkan mobilitas pelabuhan tersebut. Kesibukan sebuah pelabuhan merupakan wisata budaya yang cukup unik di pantai ini.

Mulai dari sekelompok nelayan yang sedang menambal dinding perahu, mengangkut ikan dari dermaga, tengkulak dan pembeli yang berebut hasil tangkapan dan pondokan para nelayan adalah nuansa tersendiri yang terkadang menyentak rasa haru dan bangga.

Pantai Sadeng bagaikan menyaksikan sebuah proses evolusi. Selama perjalanan, bisa dikenang evolusi daratan rendah jalur aliran Begawan Solo Purba dari tempat mengalirnya air hingga menjadi lading palaawija yang produktif. Sementara, mengunjungi pantainya seolah mengenang pantai yang semula muara sungai menjadi daerah sepi dan akhirnya berkembang menjadi pelabuhan perikanan terbesar di Yogyakarta.

Kumpulan Gambar dari informasi tentang Pantai Sadeng Gunung Kidul

Ada 6 potret di dalam Pantai Sadeng Gunung Kidul informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

Ombak Pantai Sadeng - Jawa Tengah : Pantai Sadeng Gunung KidulPantai Sadeng Gunung Kidul - Jawa Tengah : Pantai Sadeng Gunung KidulPantai Sadeng Jawa Tengah - Jawa Tengah : Pantai Sadeng Gunung KidulDermaga Kapal Nelayan Pantai Sadeng - Jawa Tengah : Pantai Sadeng Gunung KidulGazebo Villa Pondok Pinggir Pantai Sadeng - Jawa Tengah : Pantai Sadeng Gunung KidulKeindahan Pantai Sadeng Gunung Kidul - Jawa Tengah : Pantai Sadeng Gunung Kidul
Diposting pada 30 August 2013 - Oleh dian - Kategori Jawa Tengah.
Tag: wisata pantai, Informasi Sadeng, pondok, wisata alam, Lokasi Pantai Sadeng, gunung, Wisata Gunungkidul .

Apa pendapatmu tentang Pantai Sadeng Gunung Kidul

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Sadeng Gunung Kidul Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kuta di Pulau Lombok
Pantai Kuta Lombok ini berbeda dari Pantai Kuta yang ada di pulau dewata ...

Pulau Asu, Nias – Sumatera U
Pulau Nias, mungkin yang pertama kali ada di benak Anda ketika mendengar nama ...

Pantai Garoga Tigaras, Danau T
Berbicara tentang pesona kota wisata Parapat, tentu tidak akan ada habisnya. Sebab kota ...

Pantai Baron Gunung Kidul Yogy
Pantai Baron terletak di Kabupaten Gunung Kidul, untuk mencapainya terlebih dahulu kita ke ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Balat, Sumbawa – NTB
Pantai Pangumbahan Ujung Genteng, Sukabu
Pulau Belitong – Ingin Mati Tua Sa
Pantai Camplong Madura
Pantai Sawang, Lhokseumawe – Aceh
Pulau Hoga, Wakatobi – Sulawesi Tengga
Pantai Tropical, Sumbawa – NTB
Gili Kapal, Lombok – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.