Pantai Teluk Penyu Cilacap

Rating: 90 out of 100, by 100 users
Benteng Pendem Cilacap - Jawa Tengah : Pantai Teluk Penyu Cilacap

Pantai Teluk Penyu Cilacap adalah Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap), ke selatan (Pulau Nusakambangan) dengan panorama gelombang laut yang cukup besar, kapal-kapal tanker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayan tradisional yang berlalu lalang di sepanjang pantai Teluk Penyu serta tegarnya Kilang Pertamina dan Pulau Nusakambangan menambah indahnya suasana pantai.

Perjalanan untuk sampai ke pantai ini dapat ditempuh dengan jalan darat selama satu jam dengan melewati pinggir sungai besar yaitu sungai Serayu. Pantai Teluk Penyu mempunyai luas sekitar 14 hektar yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap) hingga ke selatan (Pelabuhan Nusakambangan).

Di pantai ini para pengunjung dapat menyaksikan gelombang laut yang cukup besar, hilir mudik kapal-kapal tanker yang keluar-masuk Pelabuhan Tanjung Intan untuk mengangkut minyak mentah dan perahu-perahu nelayan tradisional yang berlalu lalang di sepanjang pantai. Pengunjung cukup membayar tarif masuk pantai seharga Rp. 2.500 per orang.

Panorama yang begitu indah serta alam yang masih asri merupakan daya tarik dari pantai ini. Ada banyak wisata kuliner di pantai ini, hasil tangkapan laut yang masih segar. Juga ada kios–kios yang menjual berbagai macam cinederamata yang unik dan bagus-bagus.

Mengenai nama pantai ini, Pantai Teluk Penyu. Dahulu daerah pantai ini terdapat banyak penyu yang singgah dipantai tersebut untuk bertelur. Daerah sepanjang pantai ini terdapat banyak tumbuhan pandan yang sangat digemari oleh penyu sehingga menjadi habitat penyu.

Sejak tahun 1980-an, penyu sudah tidak mampir lagi ke daerah pantai teluk penyu ini karena menghilangnya tumbuhan pandan dan semakin banyaknya manusia yang berkunjung di sana. Perubahan itulah yang diduga membuat penyu merasa tidak nyaman lagi bertelur di pantai ini.

Di dekat Pantai Teluk Penyu ini terdapat situs benteng peninggalan Belanda yang dikenal dengan Benteng Pendem. Dalam bahasa Belanda, benteng tersebut disebut Kusbatterij od de Lantong te Cilacap yang artinya tempat pertahanan pantai diatas tanah menjorok ke laut menyerupai bentuk lidah. Benteng ini dibangun tahun 1861-1879 M dan memilki luas asli 10.5 hektare. Namun menurut pemandu wisata yang ada di sana, kira-kira 4 hektare diambil oleh pertamina untuk pembangunan salah satu fasilitasnya didaerah tersebut.

Disebut Benteng Pendem, karena bangunan benteng pertahanan tersebut nyaris tertutup tanah perbukitan. Untuk masuk ke situs benteng pendem ini, pengunjung diminta membeli tiket seharga 5000 rupiah, untuk tiket masuk. Sampai saat ini, hanya sebagian saja dari benteng pendem yang sudah ditemukan dan digali. Sebagian yang lain belum tergali atau sudah digunakan oleh pihak pertamina untuk tangki-tangki minyak.

Menurut penuturan pemandu wisata di Benteng Pendem, setiap tanggal 1 Syura biasanya ada sedekah laut dari masyarakat sekitar. Tradisi sedekah laut dipercaya sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan karena telah memberikan keselamatan melaut dan memberikan mereka rezeki yang melimpah. Tradisi ini juga sebagai wujud penghormatan kepada Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Dengan menghanyutkan kepala kerbau dan sesaji lainnya ke tengah laut. Sebelum di hanyutkan ketengah laut kepala kerbau dan sesaji tersebut ditaruh pada sebuah tempat yang diberi nama Jolang.

Setelah dihanyutkan para nelayan yang ikut dalam ritual sedekah laut itu mengambil air laut yang berada disekitar Jolang, kemudian membasuh ke muka mereka. Usapan air laut tersebut dipercaya membawa berkah.

Tidak berapa jauh di depan obyek wisata ini terdapat Pulau Nusakambangan yang luasnya sekitar 210 kilometer persegi. Pulau inilah yang menjadi “tembok penghalang” bagi Pantai Teluk Penyu dari gelombang besar Samudara Hindia. Untuk mencapai Pulau Nusakambangan dapat menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Wijayapura di Cilacap menuju ke Pelabuhan Sodong.

Kuliner di Pantai Teluk Penyu - Jawa Tengah : Pantai Teluk Penyu Cilacap
Indahnya sunset di Pantai Teluk Penyu - Jawa Tengah : Pantai Teluk Penyu Cilacap

Para wisatawan tidak akan merasa rugi bila mengunjungi pantai ini,karena panorama nya yang eksotis mampu memikat hati para pengunjung.

Galeri gambar dari artikel tentang Pantai Teluk Penyu Cilacap

Ada 6 gambar di dalam Pantai Teluk Penyu Cilacap artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

Indahnya sunset di Pantai Teluk Penyu - Jawa Tengah : Pantai Teluk Penyu CilacapKeindahan di Bawah Laut Pantai Teluk Penyu - Jawa Tengah : Pantai Teluk Penyu CilacapKuliner di Pantai Teluk Penyu - Jawa Tengah : Pantai Teluk Penyu CilacapPantai Penyu Cilacap Nusa Kambangan - Jawa Tengah : Pantai Teluk Penyu Cilacapwisata pantai teluk penyu - Jawa Tengah : Pantai Teluk Penyu CilacapBenteng Pendem Cilacap - Jawa Tengah : Pantai Teluk Penyu Cilacap

Apa pendapatmu tentang Pantai Teluk Penyu Cilacap

2 Komentar to “Pantai Teluk Penyu Cilacap”

  1. Aduh, asri tenan pantaine. Marakno aku kepingin mrono kapan-kapan. Tapi ndek endi wae ono penginepan karo opo ono ojek sing iso ngeterno nand depot lesehan cedak kono ?
    Salam kenal. inang39@gmail.com

  2. salam kenal :)

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Teluk Penyu Cilacap Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Baurung, Polewali Manda
Pantai Baurung terletak di Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat ini memang ...

Pantai indah Masceti, Gianyar
Pantai merupakan kawasan wisata yang menjadi favorit banyak orang. Semua usia menyukai aktifitas ...

Pantai Salira di Serang Banten
Dahulu banyak orang menyebut Pantai Salira Indah sebagai Marina Ancol-nya Banten. Karena pantai ...

Semenanjung Totok, Ratatotok
Sulawesi Utara memang terkenal dengan keindahan biota dalam lautnya. Bunaken, ikon nomer satu ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Tiram, Padang Priaman – Sumater
Pantai Losari di Makassar
Pantai Pananjung dan Taman Wisata Alam (
Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat
Pantai Sembulang, Batam – Kepulaua
Pantai Lembah Putri, Kalipucang –
Pantai Sadeng Gunung Kidul
Pantai Tanjung Aan, Lombok – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.