Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timur

Rating: 87 out of 100, by 120 users
luasnya bibir pantai bajulmati - Jawa Timur : Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timur

Selatan Jawa memang terkenal dengan keindahan pantainya yang tidak perlu lagi dipertanyakan. Termasuk kota Malang yang mempunyai deretan pantai-pantai cantik di bagian selatannya. Salah satunya adalah Pantai Bajul Mati. Memang, nama pantai ini tidak sepopuler pantai lain di Malang seperti Balekambang, Sendang Biru, dan Kondang Merak.

Tapi, pantai yang letaknya tidak jauh dari Gua China ini tak kalah indah. Pantai ini baru dibuka dan dikelola profesional pada tahun 2011 dan kunjungan wisatawan juga belum terlalu ramai seperti pantai disekitarnya. Pantai ini ramai wisatawan pada momen-momen tertentu saja, seperti larung sedekah hasil bumi yang menjadi agenda tahunan di pantai tersebut, serta musim liburan.

Konon pantai ini pertama kali ditemukan pada tahun 1890-an. Nama Bajul Mati diambil dari beberapa cerita masyarakat setempat. Bajul Mati sendiri dalam bahasa Jawa berarti “buaya mati”. Pantai ini dinamakan demikian karena gugusan bukit di seberang pantai yang terlihat seperti bajul atau buaya. Ada juga yang mengatakan bahwa pada jaman dahulu ada dua bajul (buaya) yang berkelahi sampai mati di pantai ini.

Rute dan Retribusi Pantai Bajulmati

Harga tiket masuk obyek wisata ini adalah Rp 4.000 per orang. Untuk menuju pantai Bajul Mati dapat ditempuh dengan mobil maupun sepeda motor. Rute yang dapat Anda tempuh adalah Malang – Gadang – Bululawang – Turen. Setelah sampai Turen silakan mengikuti penunjuk arah menuju Pantai Sendang Biru, karena pantai Bajul Mati ini berada satu garis pantai berjajar dengan Pantai Sendang Biru dan Pantai Gua China. Sampai di pertigaan akhir antara Pantai Sendang Biru-Gua China-Bajul Mati, Anda tinggal mengikuti arah lurus mengikuti anak panah menuju Pantai Bajul Mati. Tanda Anda telah sampai dengan area pantai adalah jembatan Bajul Mati yang artistik. Jika tidak membawa kendaraan pribadi dari Kota Malang, lebih baik Anda menyewa mobil. Tarifnya rata-rata Rp 400.000 – Rp 450.000 per hari, termasuk honor sopir dan bahan bakar.

Lokasi

Pantai elok ini berada di Desa Bajulmati, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang atau sekitar 60 kilometer arah selatan dari Kota Malang. Pantai ini cukup dekat dengan lokasi wisata Pantai Gua Cina dan juga Pantai Sendang Biru yaitu sekitar 10 menit perjalanan. jadi anda bisa menikmati keindahan 3 pantai dalam 1 tujuan wisata.

jembatan bajulmati - Jawa Timur : Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timur
pasir putih pantai bajulmati - Jawa Timur : Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timur

Untuk mencapai pantai yang diwarnai beberapa gugusan bukit berbentuk seperti bajul (buaya) mati itu tidaklah sulit, apalagi jalan-jalan beraspal dari deretan jalan lingkar selatan (JLS) juga cukup mulus, meski berkelok-kelok karena banyaknya tikungan tajam.

Fasilitas Wisata Pantai Bajulmati

Karena tempat ini baru dibuka resmi sebagai tempat wisata, beberapa fasilitas belum begitu lengkap, berikut fasilitas yang sudah tersedia di obyek wisata Pantai Bajulmati.

  • Beberapa toko yang menjual makanan kecil di sekitar pantai
  • Tim SAR yang siap setiap saat menolong jika terjadi sesuatu yang membahayakan pada pengunjung ketika berada di pantai.
  • Tempat parkir luas.

Sangat disayangkan tidak terdapat hotel atau homestay di sekitar lokasi wisata ini. Jika anda ingin menginap anda bisa menuju ke kawasan obyek wisata Pantai Sendang Biru.

Obyek Wisata Pantai Bajulmati

Sebelum anda memasuki kawasan pantai, anda akan melewati jembatan unik, banyak wisatawan yang berhenti sejenak untuk berfoto di atas jembatan unik ini. Saat anda memasuki wilayah pantai, keindahan pasir putih yang masih bersih akan menyambut lembut kaki anda. Beberapa batu karang di sekitar pantai berdiri diatas laut dengan gagahnya seakan sedang berpose siap untuk anda abadikan dengan kamera. Jika berkunjung pada hari tertentu, para pengunjung bisa menikmati upacara adat, yaitu Grebeg Kopat.

Hanya saja, Struktur laut di sekitar Pantai Bajulmati yang cukup dalam dan curam membuat pengunjung dilarang berenang hingga ke tengah pantai. Namun, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa area di bibir pantai yang aman untuk berenang di pinggiran laut sepuasnya. Selain area untuk berenang, masih banyak lokasi yang bisa digunakan berfoto ria untuk mengabadikan momen selama menikmati eksotiknya Pantai Bajulmati, seperti jembatan, hamparan laut berlatar belakang gugusan bukit .

Hamparan pantainya juga cukup luas, jadi wisatawan dapat leluasa bermain pasir, voli pantai, atau berjemur. anda juga dapat menuju bukit untuk mendapatkan pemandangan pantai yang jauh lebih indah. Anda juga bisa melihat keindahan sungai yang bermuara di pantai bajulmati. Pantai ini juga kerap dijadikan lokasi berkemah bagi para komunitas pecinta alam. Sambil menunggu malam menikmati sunset pantai bajulmati sambil bernyanyi diiringi gitar bersama temen-teman dan keluarga sungguh amat menyenangkan liburan anda.

Pantai Bajulmati juga memiliki kelebihan lain yaitu dengan teluk-teluk nan indah. Selain menghadirkan panorama alam laut selatan, Pantai Bajulmati juga dikenal sebagai pantai yang unik. Ada beberapa bagian di bibir pantai di sebelah barat yang dapat Anda gunakan untuk bermain air dengan leluasa, yaitu di sebuah muara sungai. Aliran air di muara tampak tenang dan berwarna kehijauan. Pantai ini merupakan pula tempat yang baik untuk berkemah.

Selain menghadirkan pesona alam laut selatan, Pantai Bajul Mati juga dikenal sebagai pantai yang unik. Di kawasan pantai ini terdapat sebuah gua bernama Gua Wil. Lokasi gua ini berada di sisi timur pantai. Untuk menjangkaunya cukup dengan berjalan kaki sekitar 300 meter dari pintu masuk pantai. Posisi gua tepat berada di bawah sebuah bukit karang. Di sekeliling bukit itu terdapat ladang kelapa dan ketela pohon yang ditanam oleh warga sekitar. Meski disebut dengan gua, namun tidak ada lubang masuk menjorok cukup dalam. Gua ini lebih tepat disebut sebagai batu karang yang dasarnya terkena abrasi, karena memang seperti dasar bukit yang agak menjorok sedikit. Meski begitu, lokasi ini dikenal angker oleh penduduk.

Kumpulan Gambar dari artikel tentang Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timur

Ada 5 foto di dalam Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timur artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 foto high-res.

Debur ombak di pantai bajul mati - Jawa Timur : Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timurjembatan bajulmati - Jawa Timur : Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timurluasnya bibir pantai bajulmati - Jawa Timur : Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timurpantai bajulmati - Jawa Timur : Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timurpasir putih pantai bajulmati - Jawa Timur : Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timur

Apa pendapatmu tentang Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timur

Satu Komentar to “Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timur”

  1. pantainya keren. tapi yang menjadi daya terik pantai ini tuh jembatanya sih. hehehehe

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Jayanti Cianjur yang In
Keberadaan Pantai Jayanti memang belum sepopuler Pangandaran, Ciamis, atau Pelabuhan ratu, Sukabumi. Tapi ...

Pantai Ngantep, Malang – Jaw
Pantai Ngantep adalah pantai yang berada di Malang Selatan yang belum terkelola daerah ...

Pantai Ule, Pulau Sumbawa.- Nu
Pantai Ule – Pasir putih, air laut yang biru serta suara deburan ombak ...

Pantai Bugel Panjaitan, Kulon
Pantai Bugel, salah satu pantai di kawasan Panjaitan, Kulon Progo. Perjalanan ke Bugel ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Karang Tirta, Ciamis – Jawa
Pantai Pasir Putih Parbaba, Danau Toba &
Pantai Pandan, Sibolga – Sumatera
Tips Aman dan Menyenangkan di Pantai
Pantai Penyusuk dan Pulau Lampu Bangka
Pantai Pasir Panjang, Singkawang –
Pantai Terindah Di Yogyakarta
Pantai Lahilote, Lengkungan Garis Pantai

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.