Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Sumenep – Jawa Timur

Rating: 87 out of 100, by 119 users
formasi bebatuan di pantai batu sulung - Jawa Timur : Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Sumenep – Jawa Timur

Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Paduan antara objek wisata alam dan seni budaya mungkin bisa menjadi satu paket wisata menarik, apalagi bisa didapatkan sekaligus dalam satu kunjungan. Objek wisata semacam itu tentu bisa anda dapatkan apabila sedang melancong ke Madura tepatnya ke Desa Karduluk dimana anda bisa menemukan karya seni kerajinan daerah yang cantik serta wisata alam berupa pantai yang tak kalah menarik.

Pantai Batu Sulung ini adalah pantai yang bisa dibilang masih ‘perawan’. Belum ada upaya dari pemerintah daerah setempat untuk mengembangkan pantai ini menjadi pantai wisata, padahal dilihat dari keindahannya sungguh tidak kalah memikat dari pantai wisata di Madura lainnya.

Pesona pantai Batu Sulung adalah pada hamparan batu cadasnya yang kurang lebih sepanjang 1 km. tidak ada pasir. Yang ada hanya batu cadas dan batu-batu kecil. Di ujung barat pantai ini ada sebuah batu besar, yang bagi sebagian besar orang setempat, dikenal cukup keramat. Di batu tersebut, konon, ada mahluk halus yang menghuni. Konon pula, ada sebuah kuburan tua di sana. Tapi ketika pertama kali saya kesana tahun 1996, kuburan tersebut memang sudah tidak ada.

Mitos yang sering terdengar tentang Batu Sulung ini adalah, bahwa apabila sepasang kekasih (yang belum menikah) datang ke batu ini untuk bertamasya dan bermesraan, maka sepulang dari sana, tidak lama setelah itu (walaupun hitungan waktunya sangat relatif, bisa minggu, bulan dan bahkan tahun), mereka akan putus. Hubungan mereka tidak akan langgeng

Lokasi dan Transportasi

Pantai Batu Sulung bisa anda temukan di salah satu desa yang sering menjadi tujuan wisata karena kerajinan khasnya yakni Desa Karduluk. Antara desa dan pantai hanya berjarak sekitar 100 meter saja apabila dihitung dari sekitar jalan raya desa. Desa dan pantai ini terletak pesisir selatan pulau Madura tepatnya di Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Jaraknya dari pusat kota Sumenep sekitar 20 kilometer atau sekitar 30 menit ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Jika anda belum tiba di Sumenep, maka kota ini bisa ditempuh dari Surabaya melalui Jembatan Tol Suramadu. Cukup membayar Rp 30.000*) untuk mobil dan Rp 3.000*) untuk motor, anda sudah bisa menyebrang hingga pulau Madura dan melanjutkan perjalanan anda menuju Sumenep.

Karena sumenep merupakan kabupaten paling timur, sehingga perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 4 hingga 5 jam. Anda juga bisa menyebrang dengan kapal ferry melalui Pelabuhan Tanjung Perak menuju Pelabuhan Kamal di Bangkalan, Madura. Ongkos ferry adalah Rp 7.000*) per orang dan untuk satu mobil adalah Rp 50.000*).

formasi bebatuan di pantai batu sulung - Jawa Timur : Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Sumenep – Jawa Timur
hamparan pasir pantai batu sulung - Jawa Timur : Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Sumenep – Jawa Timur

Bagi yang menggunakkan kendaraan umum, anda bisa menggunakkan bis dari terminal Bungurasih Surabaya. Untuk bis AC, ongkosnya sekitar Rp 55.000*) dan melewati Tol Suramadu. Sedangkan untuk bis ekonomi, ongkosnya sekitar Rp 35.000*) dan menyebrang menggunakkan kapal ferry, kecuali bis ekonomi yang berangkat pada malam hari.

Apabila sudah sampai di Sumenep, anda bisa langsung menuju arah selatan tepatnya menuju Pragaan, dekat Jalan Raya Sumenep. Kemudian, tak lama anda bisa menemukan letak dari Desa Kerduluk serta pantainya yakni Pantai Batu Sulung.

Wisata

Ternyata pantai ini sudah dikenal sejak pemerintahan Belanda lho terbukti terdapat sebuah runtuhan bangunan yang berbentuk seperti terowongan yang diperkirakan sebagai terowongan kereta api “Madoera Stoomtram Maatschappij” yaitu sebutan untuk jalur kereta api yang berada di Pulau Madura dan diperkirakan juga sebagai pintu masuk untuk menujur pantai.

Desa Karduluk merupakan sebuah desa yang terkenal akan kerajinan ukiran kayu jatinya. Hasil ukiran yang menarik dan indah ini berhasil menembus pangsa internasional dan memiliki kualitas ekspor. Wajar saja, pembuatan untuk satu buah kursi ataupun satu buah meja saja bisa menghabiskan waktu sekitar satu minggu. Namun, memang hasil yang baik biasanya memiliki harga jual yang tinggi.

Untuk satu kursi ataupun meja biasanya dipasang harga sekitar Rp 6 juta – Rp 7 juta*) per buahnya, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan. Hasil kerajinan desa ini sering dikirim ke beberapa kota di Indonesia diantaranya Bandung, Semarang, Surabaya dan Jakarta. Jadi, apabila anda berkunjung ke desa ini, anda bisa langsung melihat proses pembuatannya dan siapa tahu anda berminat untuk memiliki beberapa hasil kerajinan ini.

Desa Karduluk sebenarnya juga dihuni oleh beberapa masyarakat keturunan Bali. Hal ini bermula dari masa penyerangan kerajaan Klungkung dari Bali terhadap pemerintahan Joko Tole, sehingga banyak dari keturunan pasukkan kerajaan Klungkung yang tertinggal, tumbuh di pesisir selatan Sumenep yang kini merupakan kawasan sekitar Desa Karduluk.

Selain kerajinannya, tak jauh dari jalan raya desa, anda bisa menemukan sebuah pantai yang masih alami dan belum tersentuh oleh tangan pembangunan. Pantai tersebut tak lain adalah Pantai Batu Sulung yang menyimpan kecantikkan dan keunikkan karena di sepanjang pantainya dipenuhi oleh bebatuan cadas.

Tips
1. Sebaiknya bawalah kamera atau mungkin video camera untuk mendokumentasikan kunjungan anda di Desa karduluk, khususnya saat mendokumentasikan para pengrajin ukiran kayu jati tersebut.

2. Gunakkanlah sunblock jika anda tidak ingin kulit anda terbakar matahari ketika anda sedang bersantai di Pantai Batu Sulung.

3. Jika anda tidak ingin merasa sakit saat berjalan di pinggir pantai, gunakkanlah alas kaki. Namun, akan lebih baik jika anda menggunakkan sandal sehingga anda bebas untuk memakai atau menjingjingnya jika anda merasa lebih nyaman tanpa alas kaki.

4. Jika anda berniat untuk memesan karya seni ukiran ini, siapkanlah uang yang cukup serta untuk anda yang ingin memesan rancangan khusus, anda harus rela menunggu karena pembuatan yang cukup lama.

Wisata seni budaya, sejarah serta keindahan alam bisa anda dapatkan dalam satu kunjungan apabila anda mendatangi Desa Karduluk dan pantai alaminya yang siap untuk dijajaki. Akan lebih menarik apabila anda bersama keluarga ataupun rekan-rekan anda untuk memeriahkan suasana.

 

Galeri dari artikel tentang Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Sumenep – Jawa Timur

Ada 4 gambar di dalam Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Sumenep – Jawa Timur artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 gambar high-res.

formasi bebatuan di pantai batu sulung - Jawa Timur : Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Sumenep – Jawa Timurhamparan pasir pantai batu sulung - Jawa Timur : Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Sumenep – Jawa Timurpantai batu sulung - Jawa Timur : Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Sumenep – Jawa Timursisi lain dari pantai batu sulung - Jawa Timur : Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Sumenep – Jawa Timur

Apa pendapatmu tentang Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Sumenep – Jawa Timur

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Sumenep – Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Malalayang, Manado R
Pantai Malalayang merupakan sebuah pantai yang terletak di ujung selatan Kota Manado, Sulawesi Utara. ...

Pantai Karang Tawulan, Tasikma
Pantai Karang Tawulan merupakan pantai indah dengan hamparan aneka bentuk pulau-pulau karang mini ...

Pantai cahaya ( sendang sikuci
Obyek wisata Pantai Cahaya sangat dikenal wisatawan di luar Jateng. Disana ada yang ...

Pantai Sembulang, Batam –
Pulau Batam maupun wilayah-wilayah di Kepulauan Riau tidak akan terlepas dari unsur bahari. ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Teluk Bima, Sumbawa – NTB
Pantai Lakban, Manado – Sulawesi U
Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang –
Pantai Suluban, Eksotisme di Balik Batu
Pantai Ngetun, Gunungkidul – Yogyakart
Tanjung Bajau Beach, Singkawang –
Pulau Bungin, Sumbawa – NTB
Pantai Dan Desa Nepa, Madura – Jawa Ti

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.