Pantai Dalegan Panceng Gersik

Rating: 90 out of 100, by 104 users
Bermain di Pantai Dalegan - Jawa Timur : Pantai Dalegan Panceng Gersik

Pantai ini terletak di desa Delegan Kecamatan Panceng dari Gresik kota berjarak sekitar 40 km, setelah dari Sidayu dan melewati hutan jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Dalegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi.

Pasir Pantai Dalegan - Jawa Timur : Pantai Dalegan Panceng Gersik
Permainan pantai Dalegan - Jawa Timur : Pantai Dalegan Panceng Gersik

Lokasi Pantai Delegan berada di ujung Jalan Delagan yang panjangnya juga sekitar 2,3 km ini. Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini setiap bulan Agustus diadakan atraksi wisata berupa perlombaan yang terkait dengan wisata bahari.

Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini setiap bulan Agustus diadakan atraksi wisata berupa perlombaan yang terkait dengan wisata bahari.

Pantai Delegan dibuka untuk umum sejak tahun 2003. Sebelumnya pantai ini belum pernah dikelola, hanya sekedar untuk tempat bermain anak-anak. Namun lambat laun pengunjung semakin banyak sehingga untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung kemudian dikelola oleh desa.

Pantai Delegan memiliki luas 2.5 hektar dan pasirnya berwarna putih. Ombak yang ada disini cukup stabil. Sehingga banyak pengunjung yang sangat menikmati pantai ini dan tidak sedikit diantara mereka yang berenang dipantai.

Untuk menuju ke pantai ini, sepertinya agak sulit kalau menggunakan kendaraan umum. Jaraknya memang cuup jauh dari pusat kota Gresik, tepatnya di Desa Delegan, Kecamatan Panceng sekitar 40 kilometer dari pusat kota. Perjalanan menuju ke pantai ini melewati hutan jati. Selebihnya, perjalanan cukup mudah karena ada plang penunjuk jalan menuju pantai ini.

Untuk fasilitas, meski dibilang minim, tapi inilah yang menjadi daya tarik sendiri sehingga pantai ini terlihat alami. Disini juga tersedia tempat bermain anak-anak, tempat bilas, dan makanan. Untuk bisa menikmati panorama pantai Delegan, pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp.3500 untuk dewasa dan Rp.2500 untuk anak-anak. Cukup murah bukan.

Gresik mungkin memang bukan kota wisata. Tempat wisata yang ada di Kabupaten Gresik bisa dihitung dengan jari. Itupun masih kalah tenar dengan kota Malang atau Batu yang kerap menjadi rujukan liburan masyarakat Jawa Timur, tak terkecuali juga masyarakat Gresik.

Tidak mengherankan, karena Gresik yang punya julukan kota Santri (Kawasan Industri) memang memiliki banyak pabrik. Baik pabrik BUMN, swasta, ataupun perusahaan asing. Bahkan bisa dibilang hampir setiap jengkal Kabupaten Gresik bisa ditemukan sebuah pabrik. Nggak heran kalau Gresik suhunya panas, udah di pesisir banyak pabrik pula.

Masuk ke pantai ini tidak gratis, namun juga tidak mahal kok. Untuk dewasa, kita hanya perlu bayar sebesar 3500 rupiah. Sedangkan untuk anak-anak, tiketnya sebesar 2500 rupiah per kepala. Cukup murah untuk dijadikan sebagai tempat wisata bersama keluarga.

Terlebih bagi warga Gresik yang cukup miskin tempat wisata atau mereka yang tengah melakukan perjalanan bisnis ke Gresik dan ingin memperoleh hiburan. Kebanyakan masyarakat yang datang ke sini lebih banyak menikmati deburan ombak atau berenang.

Pemandangan di pantai ini pun cukup bagus dengan pasirnya yang berwarna putih dan ombak yang tak terlalu besar. Pada akhir pekan biasanya menjadi waktu yang paling ramai di pantai ini. Namun sayangnya, banyak yang kurang menjaga pantai ini dengan baik.

Yang paling kentara adalah sampah. Tak heran banyak yang mengeluhkan masalah kebersihan di pantai ini, meskipun sudah banyak yang melakukan kegiatan pembersihan, tapi ya tetap saja. Akar permasalahannya kan orang yang buang sampah sembarangan.

Cobalah untuk berkunjung dan berwisata ke Pantai Delegan, lihat pasir putih dengan garus pantai yang lebar. Anda bisa menikmati hawa sejuk di pantai ini, pohon-pohon rindang akan memberikan suasana libur yang menyenangkan, tembok rendah lebar licin yang bisa digunakan untuk duduk, serta beberapa buah payung dan amben.

Fasilitas pantai ini sangat lengkap, anda bisa menyewa perahu, untuk menikmati pesona laut pantai delegan. Atau menyewa ban karet untuk berenang di pantai, karena air laut lumayan jernih dan sangat mengasyikkan digunakan untuk berenang. Anak-anak juga bisa bermain bola dipinggir pantai, cukup lapang untuk bermain bola bersama keluarga.

Anda tidak perlu takut kelaparan, warung makanan dan minuman berjajar di pinggir pantai, nikmati kelapa muda sambil bersantai bersama keluarga.

Kumpulan Gambar dari berita tentang Pantai Dalegan Panceng Gersik

Ada 6 foto di dalam Pantai Dalegan Panceng Gersik berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

Permainan pantai Dalegan - Jawa Timur : Pantai Dalegan Panceng GersikPantai Dalegan Menjelang Senja - Jawa Timur : Pantai Dalegan Panceng GersikPandai Dalegan Gresik - Jawa Timur : Pantai Dalegan Panceng GersikBermain di Pantai Dalegan - Jawa Timur : Pantai Dalegan Panceng GersikPasir Pantai Dalegan - Jawa Timur : Pantai Dalegan Panceng GersikWisata Pantai Dalegan - Jawa Timur : Pantai Dalegan Panceng Gersik
Diposting pada 11 September 2013 - Oleh dian - Kategori Jawa Timur.
Tag: Kawasan wisata Gersik, Obyek wisata Dalegan Panceng, dewa, warung, nyaman, hutan, Gersik .

Apa pendapatmu tentang Pantai Dalegan Panceng Gersik

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Dalegan Panceng Gersik Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Skouw Sae, Jayapura 
Bumi Papua banyak menyimpan tempat indah yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah ...

Pantai Bagus di Lampung
Sedikit Sepi memang. Tapi justru oleh karena itu pula, tempat ini dapat menjadi ...

Pantai Pok Tunggal, Gunung Kid
Yogyakarta tidak lepas dari pantai - pantainya yang menawan. Di antara Pantai Indrayanti ...

Pantai Indrayanti yang Indah
Pantai Indrayanti terletak di sebelah timur Pantai Sundak, pantai yang dibatasi bukit karang ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Rani, Raja Ampat – Papua
Pulau Sabolon, Flores – NTT
Pulau Dewata Bali
Pantai Minajaya, Sukabumi – Jawa B
Pantai Suluban, Eksotisme di Balik Batu
Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan H
Pantai Wediawu, Malang – Jawa Timur
Tanjung Ringgit, Lombok – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.