Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timur

Rating: 85 out of 100, by 137 users
Taman air Sumberudel - Jawa Timur : Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timur

Panorama alam di Pantai Gorah tak kalah indahnya dengan Pantai Modangan. Pasir pantai yang kecoklatan justru membuat pantai ini semakin menawan. Vegetasi di sekitar pantai ini juga masih lebat, sehingga memberikan background hutan yang alami. Hal itu masih ditambah lagi dengan suasana teluk yang tenang dan panorama Gunung Lanang yang samar-samar terlihat di kejauhan.

Keberadaan Pantai Gurah belum banyak dikenal oleh masyarakat, bahkan oleh penduduk Kecamatan Wates sendiri. Pantai Gurah merupakan sebuah teluk yang relatif sempit yang terdapat pada salah satu garis pantai Samudera Hindia. Dengan pantai Jalasutra, teluk ini terletak berdampingan dan dipisahkan oleh sebuah tanjung sempit yang berupa igir bukit yang cukup terjal.

Lokasi

Pantai Gorah atau Gurah terletak di sebelah barat Pantai Modangan, Desa Tugurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Lokasi pantai ini masih tersembunyi bahkan warga Kecamatan Wates sendiri kurang mengenal Panti Gorah. Pantai Gorah belum dikenal sebagai tujuan wisata dan hanya menjadi tempat berlabuhnya perahu-perahu nelayan.

Secara umum pantai Gurah terletak pada sebuah lekukan yang dikelilingi oleh perbukitan dengan kemiringan yang cukup terjal. Pada saat ini perbukitan disekitar pantai Gurah besar telah digunduli dan dikelola oleh masyarakat sebagai lahan pertanian. Sementara itu, bagian yang relatif datar pada bagian teluk vegetasinya masih cukup rapat dan alami bahkan masih terkesan belum banyak terjamah.

Perjalanan menuju pantai dari arah Blitar

Bisa dibilang rute perjalanan ini hampir tidak bisa didiskripsikan. Rute umum untuk menuju pantai ini kurang lebih sama dengan rute munuju Pantai Jolosutro. Bedanya, setelah sampai di persimpangan arah Wates dan Jolosutro, kami berbelok ke arah Wates. Kami pun menyusuri jalanan yang ada hingga menjumpai perempatan pasar Wates. Kemudian kami berbelok ke kanan dan mengikuti jalanan beraspal hingga pemukiman terakhir di Dusun Wonosari Desa Tugurejo. Sesampai di pemukiman terakhir kami diberi arahan oleh penduduk setempat untuk menyusuri JLS. Mungkin hanya rute dari Blitar hingga JLS yang dapat kami jelaskan. Selebihnya jika benar-benar ingin menyambangi pantai ini silahkan berkutat dengan JLS yang membingungkan. Rajin lah bertanya dan tunjukkan naluri petualangan mu

Wisata

Secara umum panorama pada kawasan ini cukup menarik, terutama bagi para wisatawan yang menginginkan kenampakan / pemandangan yang masih alami. Karena sifat-sifat alami dari suatu pantai masih dapat dinikmati pada kawasan ini. Dari teluk yang sempit tersebut dapat diamati igir perbukitan yang mengapit teluk tersebut vegetasinya relatif masih rapat. Di kejauhan dari pantai dapat diamati sebongkah batu besar yang menyembul dari permukaan air laut yang menyerupai sebuah pulau kecil. Pada bagian belakang dari pantai pasir yang relatif sempit dikawasan ini dilatar belakangi oleh pepohonan hiterogen yang masih rapat dan tampaknya belum banyak terjamah oleh manusia. Melalui sela-sela pepohonan inilah terdapat jalan setapak untuk menuju ke pantai.

Wisata Alam di Blitar yang dapat Anda kunjungi :

Pantai Tambakrejo Blitar – Ds. Tambakrejo Kec. Wonotirto

Pantai Tambakrejo merupakan pantai yang banyak dikunjungi di kota Blitar, dengan pemandangan yang indah dan eksotis, pantai yang cukup bersih, air laut yang biru dan pasir putih yang terbentang luas menjadi sebuah teluk dengan panjang sekitar 10 Km. Ombak pantai Tambakrejo pun tidak terlalu besar, sehingga aman untuk anda bermain-main dengan kerabat keluarga atau bahkan mandi dan berenang di pantainya.

Pantai Gondo Mayit – Ds. Tambakrejo Kec. Wonotirto

Dalam bahasa Jawa, Gondo Mayit memiliki arti bau mayat. Seram memang, tapi sebenarnya ini adalah nama sebuah pantai yang sangat indah. Lokasinya di sebelah selatan Kabupaten Blitar, Jawa Timur, tepatnya berada di balik bukit Pantai Tambakrejo. Pantai ini masih sangat perawan, terbukti masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Tetapi, sesungguhnya Pantai Gondo Mayit adalah pantai yang sangat indah. Perpaduan alam yang asri berkolaborasi dengan pemandangan pantai yang bersih menjadikan pantai ini terlihat sangat menawan.

petilasan rambut monte - Jawa Timur : Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timur
pantai peh pulo - Jawa Timur : Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timur

Pantai Jolosutro Blitar – Ds. Ringinrejo Kec. Wates

Pantai Jolosutro berada di desa Ringenrejo, kecamatan Wates, berjarak sekitar 45 km dari kota Blitar. Pantai Jolosutro merupakan pantai bagian dari kawasan Laut pantai Selatan yang dominan memiliki ombak laut selatan yang besar dan sangat indah.

Pantai Pangi Blitar – Ds. Tumpakkepuh Kec.  Bakung

Pantai indah ini berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Blitar dan bisa ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan motor atau mobil. Pintu masuk Pantai Pangi tepatnya di Dusun Krajan, Desa Tumpak Kepuh

Pantai Serang Blitar – Ds. Serang Kec. Panggungrejo

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang landai dengan ombak yang tidak begitu deras. Dahulu di sekitar pantai ini dipenuhi oleh batu-batuan putih yang indah orang menyebutnya dengan batu Lintang karena model batunya yang putih berkilauan, akan tetapi saat ini batu-batuan tersebut telah dieksplorasi karena nilainya yang mengiurkan.

Pantai Peh Pulo Blitar – Ds. Serang Kec. Panggungrejo

Pantai indah nan menawan dengan gugusan pulau karang tidak hanya di Raja Ampat saja. Di Blitar, Jatim juga ada Pantai Peh Pulo, di Desa Panggungrejo. Pesonanya bagai sekeping surga yang jatuh di tanah Blitar.

Lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat kota, tepatnya daerah Panggung Rejo. Sekitar 40 km atau satu setengah jam perjalanan jika mengendarai mobil dan bisa dihemat sekitar 50 menit sampai satu jam jika memakai sepeda motor dihitung dari daerah Kademangan.

Petilasan Rambut Monte – Ds. Krisik Kec. Gandusari

Wisata Rambut Monte merupakan wisata alam yang terdapat sebuah telaga, candi, petilasan atau tempat untuk bermeditasi dan di latar belakangi dengan pemandangan yang hijau dari perkebunan teh dan sawah warga setmempat, yang terhampar sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini.

Wisata Rambut Monte terletak di desa Krisik, kecamatan Gandusari, kurang lebih 30 km dari kota Blitar. Candi yang terdapat di lokasi Rambut Monte ini merupakan tempat pemujaan bagi penganut agama Hindu pada jaman Kerajaan Majapahit. Di bawah candi terdapat sebuah telaga yang dihuni oleh ikan, yang oleh warga sekitar di sebut dengan Ikan Dewa.

Wisata Sirah Kencong – Wisata Kebun Teh Di blitar

Sirahkencong merupakan suatu areal perkebunan yang terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar yang termasuk dalam areal perkebunan teh Persero Perkebunan Bantaran PTPN XII. Lokasinya kurang lebih 36 km ke timur dari pusat Kabupaten Blitar. Perkebunan ini berada di lereng barat daya Gunung Kawi pada ketinggian kurang lebih 100 M dari permukaan laut. Untuk mencapai tempat ini bisa dijangkau dengan 2 jalur, jalur pertama melalui Kecamatan Wlingi dan jalur kedua melalu sisi timur yaitu melalui Desa Pijiombo.

Taman Air Sumberudel

Taman ini merupakan taman air yang paling megah se kabupaten Blitar. Taman ini mempunyai banyak wahana yang lengkap serta fasilitas yang lengkap untuk kita pergunakan. Taman air ini berada di Jl. Kali Brantas, Kelurahan Bendo, atau sekitar 100 meter dari Makam Bung Karno. Jika pada akhir pekan atau hari Minggu banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata di Blitar ini untuk berwisata bersama teman-teman atau keluarga.

Goa Embultuk

Goa Embultuk merupakan salah satu tempat wisata di Blitar yang menakjubkan. Goa satu ini berada di Desa Tumpak Kepuh Kecamatan Bakung. Keindahan stalakmit dan stalaktit pada dinding goa ini menarik banyak pengunjung. Keindahan lain adalah suara gemericik air yang akan membuat kita merasa takjub dan puas untuk mengunjungi objek wisata ini. Untuk menelusuri goa ini, anda akan dilengkapi dengan lampu petromak dan wajib membawa pakaian ganti dari rumah dan bisa dititipkan kepada loket yang tersedia karena di Goa Embultuk ini tempatnya gelap dan permukaan air cukup tinggi. Tempat wisata menakjubkan satu ini wajib anda kunjungi jika anda pergi ke Blitar.

 

Galeri dari konten tentang Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timur

Ada 14 potret di dalam Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timur konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 14 potret high-res.

batuan karang di pantai gorah - Jawa Timur : Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timurgua embultuk - Jawa Timur : Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timurpantai gondo mayit - Jawa Timur : Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timurpantai gorah   Blitar - Jawa Timur : Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timurpantai jolosutro - Jawa Timur : Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timurpantai pangi blitar - Jawa Timur : Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timur
Diposting pada 29 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Jawa Timur.
Tag: coklat, wisata alam, Akomodasi di Gurah, pantai jolosutro, objek wisata, laut selatan, perahu .

Apa pendapatmu tentang Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timur

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Sundak Mempesona di Gun
Sundak, sebuah pantai di wilayah kabupaten Gunungkidul, tepatnya di desa sidoharjo kecamatan tepus. ...

Pantai Modangan, Malang – Ja
Kota Malang dikenal menyimpan banyak pantai yang indah. Pantai-pantai eksotik itu membentang mulai ...

Pantai Batakan – Wisata
Pantai dengan hamparan pasir dan deburan ombak yang aman serta cahaya bewarna biru ...

Pantai Ketaping, Kota Pariaman
Pantai Ketaping – adalah sebuah lokasi pantai yang ada di Kota Pariaman dan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Talang Siring, Madura – Jawa Ti
Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Jayanti Cianjur yang Indah dan Me
Pantai Krakal Gunung Kidung – Kein
Pantai Kijing, Pontianak – Kaliman
Semenanjung Totok, Ratatotok – Sulawes
Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari –
Gili Banta, Bima – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.