Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur

Rating: 82 out of 100, by 64 users
Keindahan Pantai Jelangkung - Jawa Timur : Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur

Pantai Jelangkung adalah sebuah pantai di pesisir selatan Pulau Jawa yang secara administratif berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini persis di pinggir jalan lintas selatan (JLS). Rona keindahan wajah pantai begitu jelas terlihat dari jalan raya yang sudah mulus beraspal tersebut.

Jika dari Pantai Nganteb menuju Pantai Jelangkung harus melalui jalan-jalan yang rusak parah. Selain kondisi jalannya yang penuh dengan bebatuan sebesar kepala manusia dewasa, juga banyak tanjakan curam. Seperti ketika keluar dari Pantai Nganteb lewat jalur JLS, ada tanjakan dengan kemiringan sekitar 70 derajat. Hutan-hutan yang sebagian sudah gundul berada di sisi kanan dan kiri jalan.

Transportasi

Untuk menuju pantai ini dari Kota Malang bisa mengikuti rute menuju Pantai Sendang Biru, lalu berbelok ke barat menuju Desa Gajahrejo. Bila dari Desa Gajahrejo jalan mulai beraspal mulus karena telah dilewati JLS. Jika telah tiba di Pantai Jelangkung Anda akan terpesona dengan keindahan pantai, pemandangan dari jalan begitu eksotik. Di sisi kanan dan kiri jalan dikelilingi oleh perbukitan yang lumayan tinggi. Namun di sela-sela bukit itu, pandangan bisa menembus pantai yang membiru.

Wisata

Panorama Pantai Jelangkung - Jawa Timur : Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur
Ombak Pantai Jelangkung - Jawa Timur : Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur

Rasanya seperti bukan berada di Malang Selatan, tetapi di luar negeri yang memiliki pantai yang indah. Ombaknya mengalun cukup tinggi, namun begitu sampai di pantai, ombak langsung berubah pelan. Hal ini karena terdapat karang yang rebahan berada sekitar 10 meter sebelum bibir pantai.

Tinggi karang itu hanya sekitar 50 centimeter, namun memanjang sepanjang pantai sekitar 300 meter, sehingga dari jauh tampak seperti seseorang yang sedang rebahan. Setiap kali ombak datang, air terhenti di batu karang ini. Sementara muncratan air melingkar pelan di tubuh karang seperti air sedang membelai.

Nama pantai ini memang unik dan membuat yang baru pertama mendengarnya penasaran. Pantai ini tergolong baru dikenal, karena untuk mengunjunginya Anda tidak dipungut tiket masuk. Nama Pantai Jelangkung kesannya memang cukup sangar, mirip nama cerita legenda makhluk halus. Padahal sebenarnya nama asli pantai ini adalah Jolangkung yang artinya ojo liwat kalau diartikan ke bahasa indonesia (jangan melintasi).

Sebab, dahulu di pantai ini ombaknya terkenal sangat besar hingga meluber ke jalan raya. Siapapun yang lewat di jalan raya saat ada ombak besar, kemungkinan tergulung ombak. Sehingga ketika ada ombak besar, tidak diperbolehkan lewat, harus menunggu sebentar agar ombak reda. Karena itu disebut dengan Jolangkung (jangan melewatinya) yang kemudian masyarakat sekitar menyebut dengan Jelangkung. Pantai itu memang masih berbahaya jika ada ombak besar.

Pantai Jelangkung juga memiliki tembok tembok karang yang memisahkan antara bibir pantai dan laut. Air laut yang terjebak di antara dinding karang dan pasir membentuk kubangan panjang yang menyerupai sungai.

 

Kumpulan Gambar dari berita tentang Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur

Ada 5 gambar di dalam Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

Keindahan Pantai Jelangkung - Jawa Timur : Pantai Jelangkung, Malang – Jawa TimurOmbak Pantai Jelangkung - Jawa Timur : Pantai Jelangkung, Malang – Jawa TimurPanorama Pantai Jelangkung - Jawa Timur : Pantai Jelangkung, Malang – Jawa TimurSuasana Pesisir Pantai Jelangkung - Jawa Timur : Pantai Jelangkung, Malang – Jawa TimurHamparan Pasir Pantai Jelangkung - Jawa Timur : Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur

Apa pendapatmu tentang Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Doom, Sorong – Pap
Jika sebagian besar objek wisata berupa pulau menonjolkan keindahan alam melalui pantainya, lain ...

Pantai Anoi Hitam, Sabang R
Pulau Weh adalah salah satu pulau yang terletak di Kotamadya Sabang. Bersama Pulau Rondo, ...

Pulau Kaget, Barito – Kalima
Pulau Kaget sebenarnya adalah sebuah delta yang terbentuk dari endapan lumpur di muara ...

Gili Meno. Lombok – NTB
Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kusamba di Pulau Bali
Pantai Amai, Jayapura – Papua
Pantai Laguna Ujung Lancang Lampung
Pantai Sembulang, Batam – Kepulaua
Pantai Malalayang, Manado – Sulawe
Pantai Batakan – Wisata Pantai di
Pantai Sembukan Surakarta
Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.