Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa Timur

Rating: 85 out of 100, by 134 users
Pesona Pantai Jonggring Saloko - Jawa Timur : Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa Timur

Jawa Timur memang merupakan kawasan yang menawarkan berbagai macam pesona laut yang menakjubkan. Baik wisata laut yang namanya sudah tersohor maupun yang belum begitu terkenal seperti Pantai Jonggring Saloko. Pantai Jonggring Saloko sendiri merupakan sebuah Pantai yang berlokasi di kawasan Donomulyo – Malang Selatan atau lebih tepatnya berada di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Memang hingga saat ini nama Pantai Jonggring Saloko masih belum sepopuler pantai pantai lainnya yang ada di kawasan Malang Selatan, hal ini diperkirakan karena akses jalan menuju ke pantai tersebut lumayan sulit dan tidak bersahabat. Namun meski rute yang kita lewati terbilang terjal, berkelok kelok dan bebatuan, kesulitan dalam melewati jalan tersebut akan terbayar setelah sampai dilokasi utama Pantai Jonggring Saloko.

Hamparan Pasir Pantai Jonggring Saloko - Jawa Timur : Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa Timur
Keindahan Perairan di Pantai Jonggring Saloko - Jawa Timur : Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa Timur

Lokasi

Terletak di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Pantai Jonggring Saloko memang kurang begitu populer. Tidak heran karena akses menuju pantai ini memang kurang bersahabat, maksudnya jalan yang harus Ngalamers lewati masih berupa jalan bebatuan.

Tak banyak yang mengetahui tentang keberadaan Pantai ini. Suasana yang sangat alami masih sangat terasa bila anda mengunjungi pantai Jonggring Saloka. Memang agak sulit sulit untuk melintasi jalan menuju pantai ini, jalanannya berbatu dan bila hujan, jalanan akan terasa sangat licin. Namun ketika anda sudah sampai di Pantai Jonggring Saloka,anda bisa merasakan sejuknya suasana angin dan begitu tenang jika anda melihat deburan ombak-ombaknya yang menghantam karang. Di pantai ini anda akan melihat hamparan pasir pantai yang berwarna hitam pekat dan pasirnya halus juga lembut.

Tempat ini jauh dari pemukiman penduduk, baru bisa ditemui rumah-rumah penduduk sekitar 5 km dari lokasi pantai. Arti dari nama Jonggring Saloka sendiri adalah khayangan atau tempat bersemayam para Dewa.

Wisata

Pantai Jonggring Saloko merupakan Pantai yang memiliki ombak cukup besar. Jonggring Saloko sendiri merupakan sebuah nama kayangan di sebuah cerita pewayangan, yang merupakan sebuah tempat kediaman Batara Narada. Karena status pantai yang masih alami dan belum banyak tersentuh campur tangan manusia membuat Pantai Jonggring Saloko terlihat begitu indah dan alami.

Selain menghadirkan pemandangan yang indah, di Pantai Jonggring Saloko ini Anda juga dapat melihat semburan air yang cukup tinggi dari sisi karang besar di pinggir pantai. Fenomena alam tersebut berasal dari benturan keras ombak yang menghantam karang berlubang sehingga menghasilkan semburan air laut yang cukup tinggi. Bukan hanya itu, Pantai Jonggring Saloko juga terkenal dengan pasirnya yang halus berwarna hitam pekat yang dapat dijumpai di sepanjang bibir pantai.

Pantai yang memiliki ombak yang cukup besar ini sebenarnya merupakan sebuah pantai yang indah. Jonggring Saloko sendiri adalah nama kayangan di sebuah cerita pewayangan, yang merupakan sebuah tempat kediaman Batara Narada. Tidak hanya pantai yang menjadi daya tarik utama, Jonggrong Saloko juga memiliki Ngebros dan Pantai Pasir Hitam.

Ngebros merupakan tempat dimana Ngalamers dapat melihat sebuah karang dengan lubang besar yang akan menghasilkan semburan air yang tinggi saat ombak datang. Sedangkan Pantai Pasir Hitam adalah pantai dengan pasir hitam pekat yang lembut. Sayangnya, di pantai ini Ngalamers tidak bisa berenang karena ombaknya cukup besar.

Pantai Jonggring Saloko Malang, Pantai yang masih jarang di datangi ini berada di Malang Selatan tepatnya di desa Mentaraman Kecamatan Donomulyo. Berjarak sekitar 69Km dari arah kota Malang. Jonggring Saloko adalah nama sebuah Kahyangan yang di tinggali oleh Batara Narada, Batara Narada atau yang biasa di kenal sebagai Sanghyang Kanwakaputra atau Sanghyang Kanekaputra, dia adalah seorang tangan kanan dari Batara Guru yang mendiami Kahyangan bernama Jonggring Saloko.

Pantai dengan air yang masih jernih dan ombak yang saling berkejaran ini akan memanjakan indera penglihatan Anda. Tapi sayang bagi Anda yang suka berenang di pantai harus menahan keinginan Anda untuk berenang di pantai Jonggring Saloko ini, karena memang ada larangan tertulis untuk pengunjung tidak di perbolehkan berenang di Pantai.

Untuk Anda yang berwisata ke Pantai Jonggring Saloko Malang ini harap membawa perbekalan makanan, karena di kawasan pantai ini tidak ada penjual makanan seperti di Pantai Balekambang, apalagi jarak antara pemukiman warga dan pantai kurang lebih berjarak 5 KM. di dekat pantai hanya ada beberapa rumah dan bisa di hitung dengan jari.

Keunikan Pantai Jonggring Saloko Malang

Satu hal yang unik yang ada di pantai Jonggring Saloko Malang ini, yaitu semburan air laut yang biasa di sebut “ Brosh ” karena memang suara yang di hasilkan oleh semburan itu berbunyi “brooossh”. Semburan air itu terjadi karena hantaman keras dari ombak yang menghantam karang berlubang yang berada di pinggiran pantai, semburan itu bisa mencapai ketinggian 10 meter.

Untuk fasilitas di Pantai Jonggring Saloko Malang bisa di katakan masih sangat minim. Karena memang masih sulitnya akses menuju ke pantai ini, membuat orang masih enggan untuk ke pantai ini.

Watu Nggebros

Sedikit menaiki karang kami menemukan spot lain “ Watu Nggebros ”. Ialah sebuah karang besar dengan gua di bawahnya, sedikit celah untuk air laut dari sisi lain karang masuk dan menyembur keluar melalui lubang goa itu.  Semburannya hingga ketinggian 5 meter ke atas. Karena itulah orang sekitar menyebutnya Watu Nggebros

Berjalan sedikit lagi kami akan sampai pada pantai berpasir hitam. Dari kejauhan hanya terlihat pasir berwarna cokelat seperti biasanya, namun setelah diamati lebih dekat, lapisan atas pantai tersebut adalah pasir besi hitam, sehingga tampak berbalur-balur hitam-cokelat pada setiap bekas seretan ombaknya. Hmm, pasir besi, sebuah potensi yang sayang sekali diabaikan oleh pemerintah.

Gondang Towo

Selain pantai dan potensi tambang pasir besi, di Jonggring Saloko juga terdapat sungai air payau. Yang mengherankan, jarak antara sungai dan bibir pantai hanya kisaran 20 meter. Orang menyebutnya Gondang Towo. Mungkin karena alasan itu juga daerah ini dinamakan Dusun Gondangtowo. Airnya yang bersih, bening kehijauan alami nan hangat menjadi tempat menyenangkan untuk mandi. Apalagi beramai-ramai dengan sorak sorai teman-teman, sejenak melupakan sang waktu.

Adat Suro

Tak selalu sepi, acara adat Jawa “Suroan” rutin dihelat di pantai ini setiap tanggal 1 Suro (kalender Jawa, red). Ratusan warga dan beragam kegiatan adat turut meramaikannya, seperti ngumbah keris dansesembahan Nyi Roro Kidul.

 

Galeri gambar dari artikel tentang Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa Timur

Ada 7 gambar di dalam Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa Timur artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 gambar high-res.

Hamparan Pasir Pantai Jonggring Saloko - Jawa Timur : Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa TimurKeindahan Perairan di Pantai Jonggring Saloko - Jawa Timur : Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa TimurPanorama Pantai Jonggring Saloko - Jawa Timur : Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa Timurpantai jonggring saloko - Jawa Timur : Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa TimurPesona Keindahan Alam Pantai Jonggring Saloko - Jawa Timur : Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa TimurPesona Pantai Jonggring Saloko - Jawa Timur : Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa Timur

Apa pendapatmu tentang Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa Timur

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Jonggring Saloko, Malang – Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Asu, Nias – Sumatera U
Pulau Nias, mungkin yang pertama kali ada di benak Anda ketika mendengar nama ...

Pantai Marina, Batam – K
Sekilas terpampang sebuah tulisan yang berukuran besar untuk mengawali sebuah sambutan bagi para ...

Pantai Baron Gunung Kidul Yogy
Pantai Baron terletak di Kabupaten Gunung Kidul, untuk mencapainya terlebih dahulu kita ke ...

Pantai Bangko, Lombok –
Pantai Senggigi, Pantai Kuta dan Pantai Selong Belanak, tak dipungkiri indahnya, nah pantai Bangko ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Nguyahan, Gunungkidul – Yog
Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan
Pantai Sulamadaha Ternate Nuansa Air Lau
Pantai Tanjung Lesung Kehangatan Pasir P
Kampung Wisata Enggros – Jayapura
Palm Beach (Taman Impian Pasir Panjang),
Pantai Popoh Tulung Agung
Pulau Belitong – Ingin Mati Tua Sa

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.