Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timur

Rating: 87 out of 100, by 122 users
keindahan pantai jumiang - Jawa Timur : Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timur

Pantai Jumiang – Eksotika alam Pulau Madura, memang memiliki potensi yang cukup besar khususnya dalam bidang pariwisata. Ada banyak potensi wisata yang bisa dijadikan sarana berwisata baik untuk masyarakat sekitar maupun para pendatang.

Salah satu keindahan alam yang mampu membuat mata para pengunjung terpana adalah Pantai Jumiang yang memiliki pesona pantai berbeda dari pantai biasanya.

Lokasi dan Transportasi

keindahan pantai jumiang - Jawa Timur : Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timur
pantai jumiang - Jawa Timur : Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timur

Pantai Jumiang bisa anda temukan di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Lokasi ini berada di kawasan pesisir selatan Pulau Madura, tepatnya berjarak sekitar 12 kilometer ke arah tenggara jika dihitung dari ibukota kabupaten Pamekasan, sehingga hanya menghabiskan waktu kurang lebih 15 hingga 30 menit.

Untuk menuju Pamekasan sendiri, tentu bukan masalah karena akses jalan yang sudah cukup jelas. Anda bisa melewati Jembatan Tol Suramadu dari Surabaya dengan tarif lewat Rp 30.000*) untuk mobil dan Rp 3.000*) untuk motor. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam untuk tiba di Pamekasan dengan jalur ini.

Anda juga bisa menggunakkan penyebrangan dengan kapal ferry dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, menuju Pelabuhan Kamal, Bangkalan, Madura. Satu buah mobil harus membayar Rp 50.000*) serta perorangannya Rp 7.000*). Jadi, akan lebih hemat apabila anda lewat melalui Jembatan Suramadu serta waktu tempuh yang lebih singkat, karena dengan kapal, anda bisa tiba di Pamekasan sekitar 3 jam lebih.

Dari pertigaan jalan setelah melewati Jembatan Tol Suramadu, anda bisa langsung mengambil jalan ke kanan dan melanjutkan perjalanan menuju Pamekasan kemudian bisa langsung menuju Pantai Jumiang.

Sepanjang jalan memasuki kawasan didekat Pantai Jumiang, anda akan melihat lahan-lahan para petani garam serta petani rumput laut dengan suasana alam yang masih sangat alami. Kemudian, anda akan melewati kawasan perbukitan dan tak lama anda akan tiba di Pantai Jumiang.

Untuk anda yang tak membawa kendaraan pribadi untuk ke Pamekasan, anda bisa menaiki bis dari terminal Bungurasih, Surabaya. Untuk bis AC, anda akan melewati jalur Jembatan Suramadu dengan ongkos sekitar Rp 32.000*) per orang. Sedangkan bis ekonomi, anda akan melewati jalur laut dengan kapal ferry, kecuali pada malam hari dimana bis ekonomi diperbolehkan melewati jalur Jembatan Suramadu.

Ongkos untuk bis ekonomi sekitar Rp 25.000*) per orang. Kemudian, anda bisa berhenti di Terminal Ceguk, Pamekasan untuk mencari angkutan lain menuju Pantai Jumiang.

Fasilitas

Walaupun masih belum dikembangkan secara menyeluruh untuk menjadi tempat wisata yang lebih memesona lagi, Pantai Jumiang cukup memiliki kriteria sebagai tempat wisata yang sangat potensial. Di pantai ini juga disediakan berbagai fasilitas untuk outbond, canoing, snorkeling, banana boating, dan fasilitas olahraga air lainnya.

Ombak yang cukup besar dan berwarna putih bersih ini menjadikan salah satu daya tarik dari wisata Pamekasan ini, hal tersebut dapat di lihat dari pengunjungnya yang cukup banyak. Jika anda berniat untuk mengunjungi tempat tersebut, anda dapat mengunjunginya bersama keluarga atau kerabat anda

Wisata

Pantai Jumiang merupakan objek wisata pantai yang memiliki banyak keistimewaan. Setelah anda tiba di Pantai Jumiang dengan kendaraan, anda akan tiba di sebuah tebing dengan jurang yang cukup tinggi.

Dari sini, anda bisa melihat laut luas dengan jarak pandang yang cukup jauh. Ini merupakan salah satu keistimewaan Pantai Jumiang dimana tak setiap pantai memiliki tebing yang cukup tinggi.

Dari atas tebing ini, anda bisa menemukan jalan setapak menurun dengan ditumbuhi banyak ilalang di pinggirnya. Jalan ini merupakan akses untuk turun ke bawah, menuju kawasan bibir Pantai Jumiang. Harap berhati-hati saat melewatinya karena jalanan merupakan turunan dan banyak tertutupi oleh ilalang.

Dari bawah tebing, tepatnya di kawasan pesisir pantai, anda bisa menikmati halusnya pasir putih Pantai Jumiang serta banyaknya bebatuan karang yang bisa mempercantik suasana di Pantai ini. Deburan ombak memang tidak begitu kuat, sehingga juga cocok untuk anda yang ingin berenang dan bermain air di sekitar kawasan pantai.

Keistimewaan lain yang akan anda temukan di sini adalah, banyaknya tumbuhan kaktus yang bisa anda lihat di dekat kawasan pantai. Bahkan, dari atas tebing pun, anda sudah bisa melihat beberapa tumbuhan kaktus yang tumbuh, walaupun tidak sebanyak jumlah tumbuhan kaktus yang berada di bawah tebing pantai.

Jika pantai sedang ramai, tak jarang anda akan diminta biaya masuk oleh warga desa setempat sebesar Rp 3.000*) per orang. Namun, resminya ataupun pada saat pantai sepi, anda tidak dipungut biaya untuk menikmati eksotika Pantai Jumiang.

Sudah tersedia pula pendopo atau pondok-pondokkan di pinggir pantai untuk anda bersantai sembari menikmati keindahan alam. Pendopo ini juga dibangun agak tinggi dan anda bisa menaiki tangga-tangganya untuk bersantai di atas pendopo ini.

Pendopo yang tinggi ini dimaksudkan agar para wisatawan bisa lebih luas lagi melihat potensi alam lautan yang dimiliki oleh Pantai Jumiang. Suasana matahari tenggelam serta matahari terbit pun bisa dinikmati dari pantai ini, apalagi karena pantai ini memiliki tebing, sehingga pemandangan pun terlihat lebih luas.

Lebih indah menikmati pantai dari ketinggian

Keindahan Pantai Jumiang yang masih alami ternyata memang memiliki keindahan cukup eksotis. Pantai yang berada di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu itu terlihat cukup menarik dilihat dari berbagai titik. Salah satu titik yang dapat digunakan untuk menangkap semua kesan eksotis dari pantai itu dari atas gardu yang berada di sisi utara pantai.

Dari atas gardu yang tingginya mencapai puluhan meter itu para pengunjung dapat menikmati birunya air laut Selat Madura yang membentang. Selain itu, lalu lalang perahu dan juga kapal dapat dilihat dengan jelas. Kedua mata seakan tidak mau berkedip melihat keindahan nuansa laut. Tidak heran jika di tiap hari-hari libur salah satu tempat yang menjadi incaran para pengunjung adalah menara yang harus dilalui dengan menaiki tangga itu.

”Kalau hari Sabtu dan Minggu saya sering ke sini. Biasanya saya sering ke gardu ini. Dari sini saya dapat melihat hingga jauh ke sana. Pemandangannya bagus sekali,” ungkap salah satu pengunjung yang berasal dari Proppo, Aldiono. Luas gardu yang lumayan luas memungkinkan mengajak beberapa teman untuk bersama-sama menikmati indahnya laut dari ketinggian. Berjam-jam para pengunjung bercengkerama di atas gardu.

Tips

1. Sempatkan untuk mengunjungi lokasi petani garam dan rumput laut saat diperjalanan menuju Pantai Jumiang, sehingga anda bisa menambah wawasan anda sembari berwisata ke Pantai Jumiang.

2. Bawalah makanan saat menuju Pantai Jumiang karena masih jarang ada penjual makanan di sekitar pantai.

3. Jika menginginkan suasana pantai yang sepi dan tenang, sebaiknya datanglah pada hari-hari biasa, bukan pada hari libur ataupun akhir pekan.

Pesona Pantai Jumiang memang mampu membuat mata anda terpana dengan pemandangannya. Apalagi untuk melihat hamparan laut yang terbentang luas dari atas tebing pantai. Sangat cocok sebagai sarana rekreasi keluarga maupun bersama orang-orang terdekat anda.

 

Kumpulan Gambar dari informasi tentang Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timur

Ada 4 foto di dalam Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timur informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

keindahan pantai jumiang - Jawa Timur : Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timurpantai jumiang - Jawa Timur : Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timurpemandangan pantai jumiang dari atas bukit - Jawa Timur : Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timursenja di pantai jumiang - Jawa Timur : Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timur
Diposting pada 8 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Jawa Timur.
Tag: pariwisata, penginapan di Madura, air laut, pantai perawan, sunset, Gambar Jumiang, deburan ombak .

Apa pendapatmu tentang Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timur

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Batu Gong, Kendari R
Pantai Batu Gong terletak di Kendari, Sulawesi Tenggara. Bagi masyarakat setempat Pantai Batu ...

Pantai Sembulang, Batam –
Pulau Batam maupun wilayah-wilayah di Kepulauan Riau tidak akan terlepas dari unsur bahari. ...

Pantai Pok Tunggal, Gunung Kid
Yogyakarta tidak lepas dari pantai - pantainya yang menawan. Di antara Pantai Indrayanti ...

Pantai Randusanga Indah, Brebe
Kabupaten Brebes tidak hanya identik dengan Telur Asin Atau panganan sehat yang lainya, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Cubadak – Surga di Sumatera
Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe –
Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua
Pantai Pasir Putih, Situbondo – Ja
Pantai Jungkat, Pontianak – Kalima
Pantai Batu Karas dan Batu Hiu Pangandar
Pantai Medewi,Jembrana – Bali
Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.