Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timur

Rating: 84 out of 100, by 137 users
Pantai Kondang Iwak   Malang - Jawa Timur : Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timur

Pantai Kondang Iwak adalah sebuah pantai yang memilki pasir berwarna hitam yang sangat luas. Pantai ini juga masih sepi, karena masih jarang pengunjung yang datang kesini karena akses jalanya yang sulit. Tetapi anda juga masih bisa berwisata kepantai ini dengan nyaman, untuk karakter pantai ini mempunyai ombak yang lumayan besar sehingga pengunjung dilarang mandi di pantai ini.

Suatu pantai di Malang Selatan yang keindahannya tidak kalah dengan Pantai Kuta di Bali. Meski indah, namun tak banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini. Hal itu dikarenakan selain minimnya promosi, belum banyak orang yang datang ke pantai ini. Keindahan Pantai Kondang Iwak akan membuat takjub pengunjung yang datang. Begitu menginjakkan kaki di bibir Pantai Kondang Iwak akan merasakan panorama yang mirip sekali dengan di Pantai Kuta.

Menurut juru kunci Pantai Kondang Iwak, yaitu Bapak Jemakir, konon pantai ini ditemukan pertama kali oleh Mbah Iman Suwodo sekitar tahun 1920. Nama Kondang Iwak diberikan oleh Mbah Iman Suwodo karena di tepi pantai terdapat kondang (muara air tawar) yang kala itu dipenuhi beragam jenis ikan tawar. Untuk mencapai kondang tersebut pengunjung bisa berjalan menyusuri pantai ke arah barat. Kondang itu sampai sekarang pun menjadi daya tarik masyarakat karena bisa menjadi tempat berenang. Hamparan kolam di kondang ini cukup luas sepanjang 800 meter dan lebar 40 meter. Biasanya pada akhir pekan banyak pengunjung memancing ikan hingga bermalam dengan mendirikan tenda. Sayangnya ikannya tidak sebanyak dahulu, karena seringkali diambil masyarakat yang tidak bertanggung jawab dengan cara diracun.

Warga sekitar pantai saat ini sudah mulai memperkenalkan pantai ini dengan beragam program. Salah satunya yang menjadi andalan adalah labuhan yang dikemas dengan beragam festival, mulai dari acara Offroad, Touring maupun even tradisional Wayangan. Hanya saja promosinya masih sebatas di wilayah sekitar Donomulyo. Beberapa tahun sebelumnya acara labuhan dilakukan setiap tanggal 15 Suro. Namun pada tiga tahun terakhir digeser setiap bulan Juli bersamaan dengan hari libur sekolah.

Lokasi dan Akses menuju Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang berada di Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Dotomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari kota Malang berjarak sekitar 70 kilometer ke arah selatan.

Untuk mencapainya dari Kepanjen lurus saja ke arah selatan sampai di Pagak. Setelah Pasar Pagak kondisi jalan masih beraspal tetapi rusak dan setelah beberapa kilometer jalan berupa makadam hingga pantai.

Akses jalan untuk memasuki Pantai Kondang Iwak sepanjang 3 kilometer dari perkampungan masih sulit dilalui. Jalan berupa bebatuan terjal dan sempit sehingga cukup menyulitkan perjalanan jika membawa kendaraan. Tetapi sekarang sudah lebih baik dibanding dengan dahulu. Dulu mobil sama sekali tidak dapat menjangkau Pantai Kondang Iwak. Sekarang sudah dapat dilalui kendaraan roda empat meskipun harus dengan hati-hati. Tetapi jalan yang rusak ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para offroad dan komunitas trail. Ada juga jasa persewaan mobil oleh penduduk setempat dengan tarif Rp 150 ribu pulang pergi, sedangkan ojek Rp 30 ribu sekali antar.

Atau Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti mikrolet dengan rute Gadang – Kepanjen – Sumbermanjing Kulon (persimpangan jalan) Donomulyo. Setelah itu Anda bisa melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 2 km ke lokasi pantai. Wisatawan juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan rute yang sama. Jika dari kota Malang, waktu tempuh ke pantai sekitar 2,5 jam.

Saat perjalanan sampai di tengah hutan, Anda dapat menjumpai sungai yang jernih dan segar dengan mudah. Lokasi ini cocok untuk sejenak melepas lelah sebelum melanjutkan menuju obyek wisata pantai. Tak hanya itu, sepanjang perjalanan menyusuri jalan terdapat hutan dan pepohonan yang rimbun serta sejuk mengelilingi kita. Selepas keluar dari rimbunnya pepohonan, maka perjalanan akan sampai pada pertigaan jalan. Di sinilah wisatawan bisa memilih dua lokasi yang akan disinggahi pertama kali. Jika Anda menyusuri jalan sisi kanan, akan sampai pada pantai kecil yang diapit oleh dua tebing karang dengan ombak yang cukup besar. Jika memilih menyusuri sisi kiri jalan, maka Anda akan sampai pada lokasi pantai dengan hamparan pasir yang luas dan panjang diperindah dengan dua buah pulau bernama Pulau Lawang.

Wisata

Suasana pantai yang tenang dengan pemandangan dari bibir pantai membuat kita melupakan sejenak kepenatan rutinitas kita sehari-hari. Memandang ombak yang berdeburan cukup besar semakin memanjakan mata ketika melihat laut lepas, setidaknya ombak yang cukup besar itu memperingatkan kita untuk tidak berenang terlalu jauh, disisi kiri kita akan melihat hamparan air payau. Melepas lelah dengan duduk dan makan snack atau bekal yang kita bawa. Pantai Kondang Iwak ini juga sering di kunjungi masyarakat untuk memancing baik di pantai ataupun di air payau.

Hamparan pasir putih demikian bersih sepanjang lebih dari satu kilometer. Sebagian pasir putih ini bercampur dengan pasir besi hitam. Pemandangannya sangat indah karena di antara hamparan pantai itu menjulang batu karang seukuran rumah besar. Batu karang ini berada sedikit menjorok ke laut sekitar 50 meter dari bibir pantai. Oleh masyarakat setempat pulau karang ini dinamakan Pulau Lawang.

Seperti umumnya pantai di laut selatan, ombak di pantai ini cukup besar. Anda harus tetap berhati-hati, jangan sampai terbawa arus yang cukup kuat. Pantai Kondang Iwak biasanya dijadikan jalur para nelayan mencari ikan. Perahu-perahu nelayan tanpa mesin tampak berlalu-lalang di lepas pantai. Hal itu menandakan bahwa pantai ini memang tidak begitu ganas. Bahkan, di pantai ini menjadi jujugan para pemancing dari berbagai daerah di Malang Raya.

Ketika mentari mulai tenggelam kita bisa mendirikan tenda disini atau kembali kerumah sebelum gelap, mengingat jalan yang sudah kita kalahkan saat kita berangkat, dan sebagai kebiasaan yang selalu kita gunakan “Marilah kita jaga dan lestarikan keindahan yang tuhan berikan dengan tidak melakukan hal-hal bodoh yang merusak lingkungan”.

Pantai Kondang Iwak   Malang - Jawa Timur : Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timur
pesona alam pantai kondang iwak - Jawa Timur : Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timur

Tiket masuk ke kawasan obyek wisata ini masih gratis. Untuk pengunjung dari luar kota yang ingin bermalam di Pantai Kondang Iwak bisa menginap di sejumlah kamar rumah warga dengan tarif terjangkau yakni Rp 50.000 semalam.

 

Galeri foto dari informasi tentang Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timur

Ada 6 potret di dalam Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timur informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

pantai kondang iwak saat sedang surut - Jawa Timur : Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timurpantai kondang iwak - Jawa Timur : Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timurpesona alam pantai kondang iwak - Jawa Timur : Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timurhamparan pasir pantai kondang iwak - Jawa Timur : Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timurindahnya pantai kondang iwak - Jawa Timur : Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa TimurPantai Kondang Iwak   Malang - Jawa Timur : Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timur
Diposting pada 31 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Jawa Timur.
Tag: malang, wisata alam, batu, Cara ke Malang, bibir pantai, transportasi, Lokasi Malang .

Apa pendapatmu tentang Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timur

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Tanah Lot Bali
Tanah Lot sebuah objek wisata di Bali yang menawarkan keindahan alam saat matahari ...

Pantai Madasari, Ciamis – Ja
Pantai Madasari yang ada di Desa Masawah Pangandaran memiliki keindahan yang tak terkira. ...

Pantai Putri Serayi / Jawai, S
Keindahan Bebatuan Gunung dan Hamparan Pasir Putih. PANTAI Putri Serayi termasuk salah satu ...

Pantai Tiram, Padang Priaman
Siapa tidak mengenal dengan pantai yang satu ini. Walaupun merupakan pantai yang baru ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe –
Pantai Talang Siring, Madura – Jawa Ti
Pantai Lawar, Sumbawa – NTB
Pulau Siladen, Manado – Sulawesi Utara
Pantai Klara, Ketapang – Lampung
Pulau Rani, Raja Ampat – Papua
Taman Laut Pulau Kangean Besar, Madura
Pantai Bandengan (Tirta Samudera) Jepara

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.