Pantai Lombang, Sumenep – Madura

Rating: 90 out of 100, by 98 users
pantai lombang 0 - Jawa Timur : Pantai Lombang, Sumenep – Madura

Pantai lombang terletak di Sumenep Madura. Apabila anda berkunjung ke Pulau Madura, sempatkanlah mampir ke Kabupaten Sumenep di ujung timur pulau Madura. Sumenep adalah kabupaten di pulau Madura yang sejak dulu tercatat sebagai daerah dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD)-nya paling besar di Madura. Ini dikarenakan kabupaten ini memiliki sumber gas dan minyak yang cukup besar yang ada di pulau Pagerungan.

Di Kabupaten yang pernah menjadi pusat pemerintahan keratin Sumenep ini, anda dapat menemukan sebuah pantai dengan gugusan pohon cemara udang yang menghiasi hamper seluruh tepiannya. Namanya Pantai Lombang (dalam pelafalan orang Madura diebut ‘lombheng’), terletak 30 kilometer di timur Pusat Kota Sumenep.

pasir pantai lombang - Jawa Timur : Pantai Lombang, Sumenep – Madura
pantai lombang 0 - Jawa Timur : Pantai Lombang, Sumenep – Madura

Pantai yang boleh jadi paling banyak dikunjungi wisatawan diseluruh Pulau Madura ini mulai menjadi objek wista favorit sejak sekitar tahun 2000 lalu, ditandai dengan kunjungan pertama para turis mancanegara ke pantai ini. Beberapa agen perjalanan yang membawa turis dari Jakarta menuju Bali biasanya juga menawarkan kujungan beberapa hari ke pantai ini. Selain turis mancanegara, tentu saja Pantai Lombang juga menjadi lokasi yang sangat diminati oleh turis domestic, naik masyarakat Madura sendiri maupun wistawan lokal yang datang dari Surabaya dan sekitarnya. Pada kutipan website pada pantai Sumenep Desemer 2008 lalu, setiap harinya tak kurang dari 1.200 pengunjung yang menikmati keindahan pantai. Pada hari libur, utamanya ketika Lebaran atau libur Natal, maka pengunjung bisa membludak hingga 75 ribu orang.

Pantai Lombang memiliki kesan istimewa karena memiliki hamparan pasir putih sepanjang 12 kilometer. Berbeda dengan pantai lainnya yang umumnya dihiasi oleh cemara udang. Tinggi pepohonan tersebut sekitar 4 meter di atas tanah, namun tidak dalam kondisi tegak, melainkan agak membungkus sehingga Nampak seperti udang. Ditengah kondisi cuaca di Pulau Madura yang terkenal panas, berlindung dibawah rerimbunan daun pohon cemara ini dapat sedikit menghela cuaca panas tersebut.

Akan tetapi, jika anda tau para pengunjung ining berjemur, hampatan pasir putih di Pantai Lombang sangat cocok untuk aktivitas tersebut. Di pasir putih ini, wisatawan juga dapat melihat bola-bolah pasir kevil yang terbentuk dari galian kepiting-kepiting mini. Kepiting-kepiting tersebut cukup banyak di pantai ini, namun tidak membahayakan karenga mereka biasanya akan lari atau berlindung didalam pasir jika ada orang yang menghampirinya.

Apabila berkunjung bersama keluargam tak ada salahnya untuk mengajak anak-anak bermain pasir membentik pola atau bidang tertentu. Kondisi pantai yang masih bersih dengan ombak yang relative kecil membuat pantai ini juga cocok untuk lokasi berenag, snorkeling atai olahraga air lainnya. Wisatawan yang belum mahir berenang, atau masih dibawah umur, dapat menyewa peralatan renang seperti ban pelampung di sekitar pantai ini.

Selain menikmati ‘fasilitas biasa’ ini, wisatawan yang tidak keberatan membayar uang lebih mahal dapat dinikmati fasilitas yang lebih memadai  seperti pelayanan yang diberikan kepada wisatawan asing. Fasilitas tersbut tudak hanya berupa kunjungan untuk menikmati pesona alam Pantai Lombang, melainkan juga berbagai seni pertunjukan masyarakat setempat, emikmati pesta bakar ikan di malam hari, serta memperolej fasilitas penginapan yang unik. Penginapan ini merupakan pondok-pondok di pinggir pantai dengan bahan dasar kayu, memakai dinding rotan, beratapkan ranting dan daun pohon cemara, serta berlantai kan pasir pantai, selain Nampak natural, pondok inap terebut juga dilengkapi dengan ukiran dan perabot khas Madura sehingga Nampak lebih eksotis.

Galeri gambar dari konten tentang Pantai Lombang, Sumenep – Madura

Ada 6 potret di dalam Pantai Lombang, Sumenep – Madura konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

pemandangan pantai lombang - Jawa Timur : Pantai Lombang, Sumenep – Madurasore di pantai lombang - Jawa Timur : Pantai Lombang, Sumenep – Madurabermain kuda di pantai lombang - Jawa Timur : Pantai Lombang, Sumenep – Madurakarang di pantai lombang - Jawa Timur : Pantai Lombang, Sumenep – Madurapantai lombang 0 - Jawa Timur : Pantai Lombang, Sumenep – Madurapasir pantai lombang - Jawa Timur : Pantai Lombang, Sumenep – Madura
Diposting pada 4 January 2013 - Oleh PasirPantai.com - Kategori Jawa Timur.
Tag: kawasan Lombang, Lokasi Pantai Lombang, indah, olahraga air, madura, Cara ke Madura, Keindahan Alam Jawa Timur .

Apa pendapatmu tentang Pantai Lombang, Sumenep – Madura

Satu Komentar to “Pantai Lombang, Sumenep – Madura”

  1. Pantai yang sangat indah

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Lombang, Sumenep – Madura Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Air Cina, Kupang –
Jauh di ujung barat pulau Timor kurang lebih, 42 km dari Kota Kupang, ...

Pantai Anyer dan Carita –
Sebagi kawasan wisata yang terletak di Pulau Jawa, Pantai Anyer dan Pantai Carita ...

Pantai Randusanga Indah, Brebe
Kabupaten Brebes tidak hanya identik dengan Telur Asin Atau panganan sehat yang lainya, ...

Pantai Mailan Makbon, Sorong &
Pantai Mailan Makbon – Kota Sorong memang terkenal akan wisata Baharinya apalagi bagian ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu War
Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi
Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak
Pantai Amed Bali
Pantai Sundak Mempesona di Gunung Kidul
Pantai Tanah Lot Bali
Pantai Glagah Kulonprogo yang Memukau
Pantai Lagoi, Batam – Kepulauan Ri

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.