Pantai Maneron Sepulu sang perawan di Madura, Jawa Timur

Rating: 87 out of 100, by 123 users
keindahan suasana Di Pantai Maneron Sepulu - Jawa Timur : Pantai Maneron Sepulu sang perawan di Madura, Jawa Timur

Pantai Maneron Sepulu – Wisata pantai memang hal yang lazim untuk wilayah pulau seperti Madura. Apalagi pulau yang berada di timur pulau Jawa ini juga dikenal dengan sebutan pulau garam. Dari empat kabupaten yang dimilikinya, ada banyak pantai-pantai menarik baik yang sudah dikembangkan maupun yang masih menyimpan kealamian. Salah satu pantai yang masih alami di wilayah Madura adalah, Pantai Maneron Sepulu yang menyimpan pesona alam yang menawan.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Maneron Sepulu terletak di kawasan yang sudah digambarkan oleh nama pantai ini, yakni di Desa Maneron, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Akses menuju pantai ini memang masih tergolong sulit dan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari kota Bangkalan atau menghabiskan waktu kurang lebih satu jam perjalanan.

Sebelumnya, anda harus tiba di kota Bangkalan. Untuk menuju Bangkalan, anda bisa menyebrang dari Surabaya melalui Jembatan Tol Suramadu dengan membayar Rp 3.000*) untuk kendaraan berupa motor. Untuk mobil tarifnya Rp 30.000*), namun jika anda menggunakkan mobil, anda tidak bisa langsung menuju pantai karena belum adanya akses jalan yang bisa dilewati mobil.

Pasir putih di  Pantai Maneron Sepulu - Jawa Timur : Pantai Maneron Sepulu sang perawan di Madura, Jawa Timur
keindahan suasana Di Pantai Maneron Sepulu - Jawa Timur : Pantai Maneron Sepulu sang perawan di Madura, Jawa Timur

Jadi, bagi anda yang membawa mobil, usahakan ada teman atau saudara yang bisa meminjamkan ataupun mengantarkan anda menuju Pantai Maneron Sepulu dengan motor, karena jika ditempuh dengan berjalan kaki, maka perjalanan masih lumayan jauh dari jalan utama. Anda juga bisa mencapai Bagkalan menggunakkan kapal ferry dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju Pelabuhan Kamal di Bangkalan.

Ongkos ferry adalah Rp 7.000*) per orang. Apabila anda membawa kendaraan berupa mobil ongkosnya Rp 50.000*) untuk satu mobil dan Rp 5.700*) untuk satu motor.

Apabila anda sudah membawa motor, anda bisa langsung menuju Desa Maneron dengan melewati jalan protokol yang menghubungkan Kecamatan Sepulu dengan Kecamatan Bangkalan Kota. Kemudian, anda akan melewati perkampungan penduduk serta sawah-sawah yang terbentang. Setelah mendekati pantai, anda akan melewati kawasan pepohonan dan dari sini anda sudah bisa melihat pantai cantik ini didepan mata anda.

Bagi anda yang menggunakkan kendaraan umum, anda bisa menuju Terminal Bungurasih di Surabaya untuk menggunakkan bis. Untuk bis AC dan bis ekonomi khusus yang berangkat pada malam hari anda akan lewat jalur Jembatan Tol Suramadu, sedangkan bis ekonomi yang berangkat pagi ataupun siang akan menyebrang menggunakkan kapal ferry. Namun, sesampainya di Bangkalan, anda harus mencari angkutan lain berupa motor untuk membawa anda ke pantai.

Wisata

Bentuk pantainya yang melengkung sepanjang 1 km lebih menggelar hamparan pasir putih, halus, padat dan bersih kemilau. Bahkan, karena pantainya menghadap ke ufuk barat, maka di tempat ini pun pelancong dapat menikmati ajaibnya perjalanan alam sunset.

Tidak hanya itu, hamparan pantai Maneron yang menjorok landai ke arah perairan Selat Madura, juga memiliki kandungan air laut amat jernih yang senantiasa menyapa pelancong dengan buaian keramahan gemulungnya ombak. Suasana semacam ini akan menggoda siapa saja untuk mandi dan bercengkerama dengan ombak yang tidak pernah marah atau minta korban.

Lebih asyik lagi, karena mata dimanja dengan kehijauan hamparan hutan khas pantainya. Pantai Maneron yang diceritakan ini merupakan sajian alamiah apa adanya dan belum ada tata riasnya. Pantai yang elok ini memang nyaris belum tersentuh rekayasa tangan manusia, seperti di kawasan wisata yang sudah berkembang. Akibatnya, kehadiran pantai Maneron yang masih bagaikan “perawan” desa hingga saat ini belum mampu menarik perhatian banyak orang.

sejauh ini, potensi kepariwisataan alam Maneron ini belum dilirik oleh Pemda Kab Bangkalan. Andaikata pantai ini dikemas menjadi sebuah industri pariwisata, paling tidak dipoles dengan pengadaan beberapa fasilitas bernuansa pariwisata, bukan tak mungkin suatu saat nanti Maneron menjadi tujuan wisata andalan Bangkalan.

Pantai Maneron Sepulu memiliki pemandangan alam yang masih sangat natural. Hamparan pasir putihnya begitu halus dan bersih serta sangat nyaman untuk dipijak tanpa alas kaki di atasnya. Bibir pantai yang terbentang sepanjang satu kilometer ini, menyuguhkan bentangan lautan berwarna biru jernih yang bisa memuaskan pandangan anda karena paduan pasir dan laut yang begitu selaras, ditambah lagi apabila langit sedang cerah sehingga memberikan warna biru dan putih pula di kaki langit.

Di tengah lautan, anda bisa melihat api yang tampak mencuat. Api tersebut muncul dari cerobong pengeboran minyak di lepas pantai milik salah satu perusahaan asing yakni kodeco. Hal ini bisa menjadi pemandangan yang cukup unik, apalagi bila anda datang pada malam hari di mana hari sudah mulai gelap dan api tampak sangat jelas ditambah lagi dengan taburan bintang-bintang di langit malam.

Pantai ini juga sering dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto karena suasananya yang indah dan alami. Pepohonan bakau juga masih bisa anda temui disekitar sini serta beberapa pepohonan khas pantai lainnya yang terkadang menghasilkan bunga-bunga indah di sekitarnya.

Posisi pantai yang menghadap ke barat menjadi pesona yang tak kalah cantiknya apabila anda datang ke pantai ini. Suasana matahari terbenam pun bisa anda saksikan langsung dari bibir pantai yang memiliki bentuk melengkung dan landai. Ombak yang tenang dan bergulung santai tampak gemulai mempercantik suasana wisata anda di Pantai Maneron Sepulu.

Sayangnya, karena belumnya tersentuh tangan pembangunan, fasilitas penunjang untuk memberikan kenyamanan wisata di tempat secantik ini memang belum ada. Sehingga, keinginan anda untuk menginap di kawasan sekitar pantai belum bisa terlaksana kecuali jika anda berniat untuk mendirikan tenda di sekitar pantai.

Tips

1. Jika ingin berlama-lama di Pantai Maneron Sepulu, bawalah bekal makan siang ataupun makanan ringan lainnya karena memang belum ada penjual makanan di sekitar pantai. Namun, tetap ingat untuk menjaga kebersihan pantai dan bawalah sampah anda karena memang belum ada tempat sampah di pantai ini.

2. Jika anda ingin bermain air ataupun berenang di pantai tentu tidak masalah, namun karena belum adanya kamar mandi untuk membilas tubuh, jadi anda bisa menundanya hingga tiba di rumah ataupun di penginapan.

3. Apabila anda membawa mobil ataupun angkutan umum, sebaiknya pastikan dahulu ada teman, saudara ataupun kenalan lainnya yang bisa menyediakan motor ataupun tumpangan untuk anda. Karena, penyewaan motor masih sulit ditemui.

Walaupun tergolong sebagai objek wisata alam yang masih kekurangan fasilitas, namun tempat ini sangat cocok bagi anda yang mencintai suasana natural dan alami. Suasana tenang juga bisa anda dapatkan di pantai ini karena jumlah wisatawan yang memang tidak begitu banyak. Kemungkinan karena faktor akses jalan yang memang belum memadai. Nah, apabila anda sudah menyiapkan semuanya, bersiaplah meluncur ke Pantai Maneron dan nikmati eskotika alamnya.

 

Galeri gambar dari cerita tentang Pantai Maneron Sepulu sang perawan di Madura, Jawa Timur

Ada 3 potret di dalam Pantai Maneron Sepulu sang perawan di Madura, Jawa Timur cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 potret high-res.

keindahan suasana Di Pantai Maneron Sepulu - Jawa Timur : Pantai Maneron Sepulu sang perawan di Madura, Jawa TimurPasir putih di  Pantai Maneron Sepulu - Jawa Timur : Pantai Maneron Sepulu sang perawan di Madura, Jawa TimurSunset yang indah di  Pantai Maneron Sepulu - Jawa Timur : Pantai Maneron Sepulu sang perawan di Madura, Jawa Timur

Apa pendapatmu tentang Pantai Maneron Sepulu sang perawan di Madura, Jawa Timur

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Maneron Sepulu sang perawan di Madura, Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Ponjuk Talango, Madura
Di Talango terdapat dua pantai yang bernama PONJUK, keduanya diberi nama sama yang ...

Pantai Kijing, Pontianak ̵
Wisata pantai Kijing sejak lama telah menjadi obyek wisata primadona di Kabupaten Pontianak. Pantai ini menarik wisatawan ...

Pantai Balekambang Kabupaten M
Pantai Balekambang berada di pesisir selatan provinsi Jawa Timur yang terletak di Kabupaten ...

Pantai Baluk Rening, Jembrana
Pulau Bali. Siapa yang tak kenal dengan pulau ini. Pulau yang sudah terkenal ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepu
Tanjung Bajau Beach, Singkawang –
Pantai Batu Gong, Kendari – Sulawe
Pulau Dodola, Morotai – Maluku
Indahnya Pantai Mutun Plus Bonus Pulau T
Pantai Depok, Bantul – Yogyakarta
Gili Laba, Sumbawa Timur – NTB
Pantai Rontu, Sumbawa – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.