Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur

Rating: 84 out of 100, by 138 users
indahnya pantai ngantep - Jawa Timur : Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur

Pantai Ngantep adalah pantai yang berada di Malang Selatan yang belum terkelola daerah wisatanya. Pantai Ngantep merupakan salah satu pantai yang berpeluang bisnis baik bagi pengusaha maupun masyarakat yang ada di sekitarnya. Selain pantai, di Ngantep ini juga terdapat tempat religi yang dapat dijadikan  sebuah atraksi budaya umat hindu yang menjalakan upacara disana. Meskipun pantai Ngantep adalah pantai yang belum terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, pantai Ngantep ini salah satu pantai di Malang Selatan yang dapat menghasilkan keuntungan besar bagi masyarakat sekitar maupun pengusaha yang mengelolanya. Dikarenakan potensi alam yang cukup mendukung dan daerahnya yang eksotis.

Kawasan Malang Selatan memang sudah terkenal sebagai surganya objek wisata alam terutama pantai. Di sana banyak sekali keindahan panorama alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti diantaranya pantai yang namanya sudah cukup kondang yakni Pantai Sendang Biru dan Pantai Balekambang. Tidak hanya itu saja masih banyak pantai eksotik lainnya yang namanya masih belum sekondang pantai lainnya yakni Pantai Nganteb.

Pantai Ngantep merupakan salah satu pantai di kawasan Malang Selatan yang bisa dibilang masih “perawan” alias masih alami. Namun sayangnya masih belum banyak wisatawan yang mengetahui akan keberadaan Pantai Ngantep ini. Untuk menuju Pantai Ngantep, Anda akan membutuhkan perjuangan dan semangat agar bisa melewati jalur yang cukup menantang selama perjalanan. Sebab, jalan menuju ke Pantai Ngantep belum berupa jalan beraspal, melainkan hanya jalan tanah biasa.

Lokasi

Pantai Ngantep sendiri berlokasi di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai ini berada di bawah pengelolaan Perhutani Malang.

Jalur menuju Pantai Ngantep cukup mudah. Jika berangkat dari Kota Malang, Anda bisa menuju arah Terminal Gadang lanjut ke Bululawang. Di Bululawang, ada dua cabang jalan, ambil jalur sebelah kiri untuk selanjutnya menuju Gondang Legi.

Setelah itu, Anda tinggal mengikuti papan penujuk arah yang akan sering ditemui di sepanjang jalan. Karena Pantai Ngantep tidak ada di papan penunjuk arah, ikuti saja arah menuju Balekambang.

Saat malam hari, jalanan lumayan sepi dan minim penerangan ketika memasuki daerah Bantur. Jadi Anda di sarankan sebaiknya keberangkatan sejak pagi atau siang hari.

Sesampainya di pintu masuk Pantai Ngantep, ada baiknya kita beristirahat sejenak untuk menyiapkan tenaga kembali. Dari pintu masuk, jarak jalan menuju pantainya kira-kira 4 Km.

Medannya cukup sulit karena hampir keseluruhan adalah jalan tanah berbatu. Bila hujan, tentu lebih sulit lagi. Jadi usahakan berkunjung ke sana saat cuaca cerah. Jangan lupa mengecek ban agar tak bocor saat perjalanan.

Fasilitas

Meskipun baru resmi dibuka beberapa tahun yang lalu, namun fasilitas yang diperlukan untuk wisatawan sudah tersedia. Sebab di objek wisata alam Pantai Ngantep ini sudah dibangun kantor wisata dan lahan parkir yang cukup luas. Di sekitar pantai juga terdapat banyak warung nasi. Tidak hanya itu saja, banyak penduduk desa sekitar yang membuka kios dan warung kopi. Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Malang, Anda tidak perlu khawatir karena di Pantai Ngantep ini menyediakan penginapan yang dibuka untuk umum, dengan hanya membayar tarif seharga Rp. 100.000 per malam. Satu kamar yang Anda sewa tersebut sudah bisa dihuni bersama teman teman, jadi Anda bisa patungan untuk membayar harga sewa kamarnya.

Wisata

Liburan ke Malang biasanya identik dengan jalan-jalan ke Bromo atau Semeru. Cobalah sekali-kali ke Malang Selatan. Daerah ini menyimpan Pantai Ngantep dengan ombaknya yang dahsyat.

Memasuki gerbang, suara deburan ombak sudah terdengar jelas. Setibanya di pantai, atmosfernya seperti di Kuta Bali! Semua kelelahan yang Anda rasakan saat perjalanan langsung terbayar di sini. Hamparan pasir putihnya sungguh cantik. Ombaknya benar-benar layak dinikmati. Pepohonan yang rindang di sekitar pantai menjadi favorit wisatawan untuk menggelar tikar dan makan siang, atau sekadar tiduran di batang pohon dan bermain ayunan.

Jika Anda menyusuri pantai ke sisi kanan, Anda akan bertemu dengan tangga menuju pendopo tempat leluhur warga dimakamkan. Menengok sedikit ke kanan lagi, di balik bukit terdapat pantai yang dikelilingi bukit.

Bagi para peselancar yang berkunjung ke Pantai Ngantep dijamin akan betah berlama lama. Pasalnya ombak di pantai ini tidak kalah serunya jika dibanding dengan pantai pantai yang sudah kondang di luar sana. Meskipun ombak di Pantai Ngantep ini tergolong cukup besar, namun bagi Anda yang hanya ingin bermain air saja tidak perlu khawatir, sebab sampai jarak 10 m dari bibir pantai, airnya masih cukup dangkal. Selain itu di sepanjang Pantai Ngantep yang luas ini jarang sekali ditemui karang.

Pantai Ngantep sendiri sebenarnya terbagi dalam 2 bagian yakni pantai pertama merupakan pantai yang luas yang biasanya selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sedangakan pantai kedua berada di sebelah barat dan terbilang lebih sepi sehingga menjadikan pemandangan pantainya lebih eksotis. Selain pantai, Anda juga bisa berwisata religi ke Gunung Batok. Inilah bukit yang di atasnya terdapat makam leluhur. Uniknya, di bawah bukit terdapat gua kecil bernama Goa Batok. Kedua tempat itu sering dipakai pengunjung untuk menyepi, bahkan bertapa.

Jika Anda ingin menemukan kedua pantai itu, coba Anda naik ke atas bukit lewat jalan setapak yang biasanya dilalui warga untuk berladang. Tak kurang dari 15 menit, Anda sudah sampai di surga tersembunyi pertama. Karang-karang besar berjajar rapi di sepanjang tepian pantai. Suara ombak yang pecah di batu-batu karang besar mempesona pendengaran.

Cobalah naik lagi kurang lebih 5 menit, membelah ladang petani, Anda akan sampai di surga tersembunyi kedua. Karang di sini tidak tajam sehingga nyaman untuk duduk sambil menikmati ombak Ngantep.

Lumut-lumut hijau yang tumbuh di sepanjang karang semakin mempercantik pantai ini. Anda akan terpikat dengan suasana di sini. Jika beruntung, Anda bisa menemukan bulu babi dan kepiting. Kedua pantai yang lebih cantik dari pantai utama Ngantep ini sangat sepi.

Potensi Pantai Ngantep untuk Masyarakat sekitar

Di pantai ini terdapat banyak potensi – potensi alam yang berpeluang bisnis bagi pengusaha maupun masyarakat sekitar. Selain berpeluang bisnis, adanya pengembangan atau pengelolaan pantai Ngantep ini dapat menyebabkan masyarakat sekitar menjadi sadar wisata akan hal yang ada disekitarnya.

senja di Pantai Ngantep - Jawa Timur : Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur
hamparan pasir pantai ngante - Jawa Timur : Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur

Sadar wisata itu sendiri yang dimaksud adalah dengan banyakanya masyarakat sekitar yang membuka toko kecil atau warung – warung di depan rumah masing – masing untuk mempermudah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ngantep. Hal ini berpotensi bagi masyarakat untuk mendapatkan keuntugan dari hasil yang mereka jual di depan rumah mereka masing masing.

Potensi lainnya yang dapat digali bagi masyarakat sekitar adalah dengan cara memberi arahan kepada seluruh masyarakat sekitar untuk mengembangkan kekreatifan mereka dalam bentuk kerajinan sehingga dapat dijual di pasar sebagai buah tangan atau souvenir. Ini juga dapat menghasilkan keuntungan bagi masyarakat pengrajin maupun menambah devisa desa setempat.

Dan potensi yang mendukung investor atau pengusaha adalah dapat membangun sebuah lapangan kerja yang dapat mengadopsi masyarakat sekitar untuk terlibat di dalamnya seperti membangun hotel, restaurant, ataupun pabrik kerajinan tangan hasil penduduk setempat. Potensi – potensi yang ada di Pantai Ngantep ini dapat di manfaatkan oleh masyarakat sekitar maupun investor atau pengusaha yang mau menghasilkan keuntungan dari peluang bisnis yang ada di Pantai Ngantep ini.

Tips

Adapun tips yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan atau mengelola Pantai Ngantep Malang Selatan adalah :

1. Perlu adanya perbaikan jalanan untuk menuju Pantai Ngantep untuk mempermudah aksesbilitas.

2. Adanya sebuah kelompok masyarakat untuk membentuk karakter masyarakat sadar wisata.

 

 

Galeri dari konten tentang Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur

Ada 5 foto di dalam Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 foto high-res.

debur ombak di pantai ngantep - Jawa Timur : Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timurhamparan pasir pantai ngante - Jawa Timur : Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timurindahnya pantai ngantep - Jawa Timur : Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timurpantai ngantep   malang - Jawa Timur : Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timursenja di Pantai Ngantep - Jawa Timur : Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur
Diposting pada 31 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Jawa Timur.
Tag: Obyek wisata di Malang, kamar, atraksi, Akomodasi Pantai Ngantep, lumut, penginapan di Malang, objek wisata .

Apa pendapatmu tentang Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur

Satu Komentar to “Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur”

  1. Kami adalah komunitas penggemar mancing di laut
    adakah disana spot mancing yg baik ?
    mohon dapat diinfokan lokasi tepatnya ….

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai APRA, Cianjur – Jawa
Namanya pantai APRA. Pantai ini terletak dekat dengan muara sungai Cisadea dan biasanya ...

Mentawai Si Cantik nan Eksotis
Sejumlah tempat tidur busa disimpan di uma atau rumah adat Mentawai di Butui, ...

Pantai Purnama, Gianyar –
Pulau Bali merupakan pesona wisata yang tiada bandingannya. Tuhan begitu baik dengan menganugerahkan ...

Gili Bedil, Sumbawa – NT
Wisata bahari di Indonesia memang patut untuk dikembangkan. Walaupun banyak diantaranya masih kurang ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai cahaya ( sendang sikucing ), kend
Pantai Jamursba Medi, Sorong – jay
Pantai Canggu Surga Terkenal Para Pesela
Pantai Pananjung dan Taman Wisata Alam (
Pantai Laguna Ujung Lancang Lampung
Pantai Mak Jantu, Singkawang – Kal
Pantai Malalayang, Manado – Sulawe
Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.