Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah Laut

Rating: 90 out of 100, by 102 users
Wisata Pantai Papuma - Jawa Timur : Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah Laut

Pantai Papuma merupakan salah satu pantai unik yang ada di Indonesia. Papuma melengkapi daftar pantai di Indonesia yang terkenal dengan keindahannya. Bentuk batuan karangnya yang terkadang tak masuk akal tergambar jelas dan menakjubkan bisa anda temukan di Pantai Papuma.

Letak pantai papuma kurang lebih 38 kilo dari kota jember, ke arah selatan atau lebih tepatnya terletak di desa Lojejer, Pamuma sebagai singkatan dari pasir putih malikan.

Pasir pantainya memang berwarna purih dan memiliki karakter pasir yang mirip dengan telur. Pantai ini memiliki luar kurang lebih 35  hektar, garis pantai diawali dengan titik puncak tanjung papuma dan melingkat sepanjang 25 kilometer.

Gugusan batu karangnya berada di tengah laut dan tentu menjadi daya tarik khas Pantai Papuma. Dari kota Jember anda harus menempuh perjalanan sekitar 45 km ke arah Selatan. Pantai ini juga memiliki suhu udara antara 25-32 derajat celcius.

Di Pantai Papuma ada batu karang tinggi di lepas pantai. Karena bentuknya yang tinggi, karang ini dinamakan Siti Hinggil (bahasa jawa:dataran tinggi). Untuk bisa melihat keindahan laut lepas Pantai Papuma dari Siti Hinggil, anda bisa menyewa perahu nelayan.

Batu karang dengan ketinggian lebih dari 50 mdpl dapat anda gunakan untuk melihat pemandangan objek wisata Gua Lawa (bahasa Jawa: Gua Kelelawar) yang memiliki kedalaman lebih dari 30 mdpl. Gua Lawa ini dapat dicapai pada saat air sedang surut. Konon, lokasi ini merupakan tempat bertapanya Kyai Mataram.

Ada yang lebih mempesona selain jejeran karang, yaitu pasir putih dan panorama matahari terbenam (sunset) semakin menambah keindahan yang sempurna. Jangan terlewat, adacagar alam hutan tropis di sekeliling pantai yang selalu digunakan untuk Pekan Raya setiap tanggal 1-10 Syawal dan Larung Sesaji.

Di sepanjang pantai Papuma terdapat pasir putih yang bersih dan indah, dan memungkinkan para wisatawan asing yang datang untuk berjemur di pantai tersebut. Disamping keindahan alamnya, pantai ini juga kaya akan fauna seperti Biawak, Ayam Alas, burung-burung dengan ragam jenisnya, Babi Hutan, Rusa, Landak dan Trenggiling.

Di pantai ini disediakan beberapa sarana pendukung bagi mereka yang ingin menikmati suasana Papuma lebih lama, seperti penginapan dan bumi perkemahan. Saat matahari terbenam, suasana di pantai Papuma akan semakin indah untuk dinikmati.

Sebagai pantai yang memiliki banyak keindahan alam dan telah dikelola sebagai tempat wisata, Pantai Papuma sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung.

Fasilitas pantai ini juga terbilang cukup lengkap, seperti pantai berkelas lainya, berikut beberapa fasilitas yang bisa anda temukan di pantai papuma :

  • Kios Makanan
  • Kios Souvenir
  • Shelter
  • Listrik/Air
  • Musholla
  • Jalan Aspal
  • Jalan Lintas dan Pendakian
  • Tempat Istirahat/Balairung
  • Bumi Perkemahan
  • Gazebo
  • Playground
  • MCK
  • Telepon Umum
  • Areal Parkir
  • Playground

Pantai Papuma tidak bedanya “surga” bagi kalangan wisatawan. Selain menyajikan berbagai panorama menenangkan, suatu negeri kecil yang menjorok ke laut di pantai selatan Jawa Timur juga menyimpan berbagai flora dan fauna tropis khas.

Siapapun yang telah mengunjungi pantai landai berpasir putih tidak pernah bosan untuk menikmatinya. kondisi geografis yang stabil, bahkan membuat daerah wisata ini bisa dinikmati dalam cuaca apapun, baik di musim kemarau dan selama musim penghujan tiba.

Ketika Tanjung Papuma dalam kondisi gelombang yang cukup tenang. Permukaan laut kelihatan hijau kebiru-biruan selalu mengundang setiap pengunjung untuk berenang atau hanya menyentuh kaki riak gelombang rolling ke pantai.

Selama waktu itu, setiap wisatawan tergoda untukmelayarinya. Lebih dari itu, pasir putih yang sangat halus dan tidak pernah meninggalkan rasa gatal di kulit juga dapat menjadi magnet bagi wisatawan untuk menyukai Tanjung Papuma.

Akses menuju Pantai Papuma

Akses jalan menuju pantai ini sudah bagus dan beraspal. Pantai ini bisa di tempuh dengan menggunakan mobil, motor maupun menyewa mobil dengan harga sekitar Rp.150.000,-. Sebenarnya, segala jenis kendaraan bisa melewati jalan ini. Namun, hingga saat ini pengelolaan dan pengembangan Papuma terkesan dilakukan sekadarnya.

Padahal kalau saja kawasan ini dikembangkan dengan baik, bukan tidak mungkin mampu mendatangkan pendapatan yang tidak kecil, baik untuk pemerintah daerah maupun Perhutani sebagai pemiliknya.

Perhutani baru-baru ini kehilangan Tangkubah Perahu sebagai aset karena tidak bisa mengelola dengan optimal. Atau, demi pengelolaan tempatwisata lebih profesional sebaiknya diswastakan saja. Bisa anda lihat, Indrayanti yang tadinya banyak sampah kini menjadi bagus dan rapi bahkan ada yang mengatakan sekelas dengan Pantai Kuta Bali.

Pantai ini memiliki daya tarik yang luar biasa, diantaranya :

1. Siti Hinggil, wisatawan dapat menikmati pesona keindahan laut dari siti hinggi yang lokasinya berada di ketinggian 100m dari permukan laut.

2. Keindahan alam, keindahan alam akan menyambut setiap pengunjung, kombinasi antara gugusan pulau dewa ( khrisna, Nada dan Bathara Guru, hutan dan laut.)

Pasir Pantai Papuma - Jawa Timur : Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah Laut
Gua Lawa Papuma - Jawa Timur : Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah Laut

3. Goa lawa, kedalamannya kurang lebih 30 m yang dapat dicapai pada saat air laut surut (menurut legenda, lokasi ini merupakan tempat bersemayam Putri Penguasa Laut Selatan ”Dewi Sri Wulan” dan tempat bertapa Kyai Mataram)

Pemandangan alam di pantai papuma masih dibilang masih alami dan belum banyak tercemar. Gugusan hutan vegetasi dan pohon pantan yang mempercantik tepian pantai. Menjadi daya tarik wisata yang tidak akan membuat bosan.

Pantai yang nyaman dan asri ini sering digunakan untuk berjemur oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri, ada banyak pemandangan yang bisa dinikmati. Bagi wisatawan Manca yang ingin berjemur di atas pasir putih adalah hal yang sangat menyenangkan.

Untuk lebih menambah khas suasana di Papuma, disediakan penginapan dan rumah makan yang menyediakan makanan Indonesia dan Ikan Bakar Khas Papuma.

Sisi Lain Pesona Papuma

Keindahan Papuma tidak hanya sebatas itu. Pada sisi lain dari kawasan ini, terdapat pantai dengan hamparan batu-batu kerikil. Pada bagian atas dari pantai berkerikil atau tepatnya di atas bukit, berdiri sebuah gubuk yang biasa digunakan pengunjung untuk menikmati hamparan luas laut selatan.

Memang sangat disayangkan, potensi Pantai Papuma yang begitu indah, tapi belum digarap optimal.

Tercatat, dari sekian turis asing ada sepasang turis asal Perancis yang berkunjung ke pantai ini dan menyatakan bahwa keindahan pantai Papuma memang sangat eksotik. Mereka betah berlama-lama di pinggiran lantai hanya untuk menyaksikan anak-anak mandi di laut.”Pantai ini sangat indah dan sejuk. Saya lihat di pinggiran itu banyak pohon dan hutan. Sungguh sangat nyaman untuk dinikmati”, kata mereka.

Promosi Kerajinan Khas Jember

Banyaknya wisatawan yang mengunjungi Pantai Papuma setidaknya bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan hasil kerajinan masyarakat dan makanan khas Jember. Sedang Perhutani sebagai pengelola sekaligus pemilik wisata Papuma, jelas akan mendapatkan keuntungan dari pendapatan penjualan atau penginapan.

Dibanding dengan pantai di sebelahnya yaitu Watu Ulo, Papuma memiliki sejumlah kelebihan. Di antaranya, gelombang ombak di pantai dengan pasir putihnya ini tidak terlalu besar sehingga memungkinkan anak-anak atau pengunjung bisa menikmatinya sambil bermain-main di pantai.

Lokasinya cukup luas (50 hektar) dan bisa dijadikan tempat bersantai wisatawan. Ada juga monyet-monyet hutan bisa menambah eksotika Pantai Papuma.

Galeri gambar dari informasi tentang Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah Laut

Ada 7 potret di dalam Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah Laut informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 potret high-res.

Pantai Papuma Jember - Jawa Timur : Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah LautPasir Pantai Papuma - Jawa Timur : Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah LautWisata Pantai Papuma - Jawa Timur : Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah LautAtol atol Pantai Papuma - Jawa Timur : Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah LautBatu Karang Besar di Pantai - Jawa Timur : Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah LautGua Lawa Papuma - Jawa Timur : Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah Laut
Diposting pada 4 September 2013 - Oleh dian - Kategori Jawa Timur.
Tag: pantai indonesia, Lokasi Jember, matahari terbenam, keindahan pantai, fasilitas pantai, jember, fauna .

Apa pendapatmu tentang Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah Laut

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubkan Tengah Laut Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Yakoba, Jayapura –
Pantai Yakoba – Kota Jayapura yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik, tentu saja ...

Gili Air, Lombok – NTB
Gili Air, merupakan salah satu bagian dari Tiga gili yang terdapat di Pulau ...

Pantai Minajaya, Sukabumi R
Mungkin banyak dari kita yang ga tau tentang pantai minajaya ini, kebanyakan dari ...

Pantai Indah Kalangan, Tapanul
Bagi Anda yang hobbi berwisata bahari, di Sumatera Utara terdapat salah satu kota ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pangandaran Daya Tarik Istimewa
Pantai Pulau Beras Basah Bontang –
Pantai Ngetun, Gunungkidul – Yogyakart
Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul –
Pantai Jungwok Keindahan Tersembunyi di
Pantai Lombang, Sumenep – Madura
Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
Pantai Tureloto, Nias – Sumatera utara

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.