Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa timur

Rating: 86 out of 100, by 128 users
panorama  Pantai Ponjuk Timur Talango - Jawa Timur : Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa timur

Di Talango terdapat dua pantai yang bernama PONJUK, keduanya diberi nama sama yang membedakan hanya letaknya yaitu PONJUK TIMUR dan PONJUK BARAT. Kedua tempat ini di beri nama Ponjuk karena letaknya, menurut bahasa talango ponjuk berarti UJUNG atau tempat paling timur dan paling barat dari pulau Poteran atau lebih dikenal sebutan TALANGO.

Ponjuk Barat

Tempat ini banyak didatangi pengunjung walaupun dari penduduk tetap dan penduduk seberang yang digunakan untuk Refreshing dan pacaran.

Setiap tahun Idul Fitri sore hari penduduk pribumi berdatangan pergi ke tempat ini biasanya ada acara Orkes dan Balapan Sepeda Motor.

Ponjuk Timur

Disini tempatnya kurang populer tapi tidak kalah jauh dengan Ponjuk Barat, tempat ini didominasi dengan Batu yang indah dan menarik dilihat, tapi sayang kalau ingin kesana jalannya agak sulit sich dan berbatu tapi hahanya beberapa meter.

Pantai Ponjuk Timur Talango

Pantai Ponjuk Timur Talango – Pulau Madura yang berada di ujung timur Pulau Jawa, juga memiliki beberapa pulau-pulau kecil lainnya yang memiliki eksotika alam yang tak kalah dari tempat wisata lain di pulau induk Madura. Salah satu pulau yang berada tak jauh dari pulau Madura adalah Pulau Talango/Pulau Poteran yang memiliki objek wisata pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai tersebut adalah Pantai Ponjuk Timur Talango.

Lokasi dan Transportasi

Letak dari Pantai Ponjuk Timur Talango ini seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yakni berada di Pulau Talango atau nama lainnya di peta yakni Pulau Poteran. Tepatnya berada di Desa Padike, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Posisinya berada di ujung timur dari Pulau Talango karena ponjuk sendiri memiliki arti ujung.

Untuk mencapai pantai ini, anda harus tiba di Sumenep terlebih dahulu dimana kabupaten ini merupakan kabupaten paling timur di Pulau Madura. Jika anda memulai perjalanan dari Surabaya yang merupakan ibukota provinsi Jawa Timur, maka waktu tempuh kurang lebih sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan jika anda melewati jalur Jembatan Tol Suramadu.

Sedangkan jika anda menyebrang menggunakkan kapal ferry dari pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya menuju pelabuhan Kamal di Bangkalan, Madura, maka waktu tempuh akan menjadi sedikit lebih lama yakni sekitar 6 jam perjalanan. Tarif lewat Jembatan Tol Suramadu untuk motor adalah Rp 3.000*) sedangkan untuk mobil yakni sekitar Rp 30.000*). Untuk tarif kapal ferry memang lebih mahal yakni Rp 50.000*) untuk satu mobil dan Rp 5.700*) untuk satu motor. Sedangkan ongkos perorangannya Rp 7.000*) per orang.

Untuk angkutan umum, anda bisa menggunakkan bis umum dari terminal Bungurasih, Surabaya, baik menggunakkan bis AC atau bis ekonomi malam yang melewati jalur Tol Suramadu dan bis ekonomi siang yang menyebrang menggunakkan kapal ferry. Ongkos untuk bis ekonomi sekitar Rp 43.000*) per orang dan bis AC sekitar Rp 55.000*) per orang.

Setibanya di Sumenep, anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Kalianget yang merupakan pelabuhan terbesar kedua di Madura. Untuk angkutan berupa bis, beberapa diantaranya ada yang mengantar langsung menuju Pelabuhan Kalianget, namun adapula yang berhenti di terminal Arya Wiraja.

Jika anda berhenti di terminal, anda akan menempuh perjalanan sekitar 11 kilometer untuk tiba di pelabuhan Kalianget. Kemudian, jika sudah tiba di pelabuhan, anda bisa langsung menyebrang menuju Pulau Talango dengan kapal tongkang ataupun menggunakkan kapal motor.

Untuk kapal tongkang, anda bisa membawa kendaraan dengan ongkos Rp 10.000*) untuk mobil dan Rp 5.000*) untuk motor. Ongkos perorangannya adalah Rp 1.000*). Waktu tempuh dengan tongkang sekitar 10 menit penyebrangan. Nah, untuk kapal motor, sedikit lebih cepat, yakni sekitar 5 menit saja.

Tapi, anda tidak bisa membawa mobil, hanya motor dan kendaraan yang lebih kecil saja yang bisa diangkut dengan biaya yang sama dengan ongkos tongkang. Setelah tiba di Pulau Talango, anda bisa melanjutkan perjalanan ke ujung timur pulau yang memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari pelabuhan Talango dengan kendaraan bermotor untuk tiba di Pantai Ponjuk Timur Talango.

Wisata

Pantai Ponjuk Timur Talango merupakan salah satu pantai di Pulau Talango dan berada di ujung timur pulau. Suasana pantai memang belum begitu ramai sehingga lebih digandrungi oleh wisatawan yang menyukai ketenangan. Pemandangan alamnya juga sangat menakjubkan dimana anda bisa melihat banyaknya bebatuan baik di pinggiran pantai ataupun yang berupa tebing-tebing batu besar.

Dari atas tebing batu, anda bisa melihat lebih luas ke arah lautan dan bisa melihat beragam aktivitas nelayan dalam mencari ikan. Mayoritas pekerjaan masyarakat memang lebih ke memanfaatkan hasil laut karena tingkat kesuburan tanah yang kurang baik.

Tak hanya para nelayan, anda juga bisa melihat sebuah pulau cantik lain dari pantai ini. Pulau tersebut adalah Gili Labak yang menyimpan banyak pesona yang sering menyedot perhatian para wisatawan, khususnya pecinta alam bawah laut.

Selain bebatuannya, anda juga akan diteduhi dengan beragam pepohonan yang lebih didominasi oleh pohon siwalan. Ketika bersantai di pantai ini, suara dan pemandangan ombak terlihat sangat indah karena berbenturan dengan tebing-tebing batu. Pantai ini sangat cocok bagi anda yang gemar bersantai di tempat yang tenang.

Pemandangan Pantai Ponjuk Timur Talango dari atas bukit - Jawa Timur : Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa timur
panorama  Pantai Ponjuk Timur Talango - Jawa Timur : Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa timur

Duduk di bawah pohon untuk berteduh sembari memandangi keindahan laut ataupun melakukan hobi-hobi yang bisa dilakukan sambil bersantai seperti membaca ataupun menulis adalah salah satu kegiatan yang cocok untuk dilakukan di tempat ini. Untuk menikmati wisata alam yang menarik di Pantai Ponjuk Timur Talango, anda tidak dipungut biaya apapun, sehingga anda bisa puas menikmati alamnya.

Tips

1. Bawalah bekal makanan apabila anda ingin bersantai cukup lama di kawasan pantai ini. Sebab, di kawasan pantai belum ada penjual makanan ataupun minuman untuk mengisi perut anda selama berwisata di Pantai Ponjuk Timur Talango.

2. Jangan ragu bertanya pada masyarakat sekitar apabila anda bingung arah menuju pantai ini. Namun, ada baiknya anda bisa berbahasa Madura atau mengajak orang yang bisa berbahasa setempat, karena masih ada beberapa warga yang belum menggunakkan bahasa Indonesia.

3. Lebih baik jika datang pada pagi hari, karena suasana masih cukup teduh dan udara terasa lebih segar. Selain itu, anda tidak perlu takut kemalaman karena hari masih panjang.

Berwisata ke tempat yang memiliki nuansa alam natural, merupakan pilihan wisata yang menarik untuk disambangi, terutama bagi anda yang memiliki minat pada wisata alam. Semilir angin dan suara hempasan ombak yang menghantam bebatuan menjadi hiburan alam yang menenangkan.

 

Galeri dari berita tentang Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa timur

Ada 4 potret di dalam Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa timur berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 potret high-res.

Hamparan Pasir di Pesisir  Pantai Ponjuk Timur Talango - Jawa Timur : Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa timurpanorama  Pantai Ponjuk Timur Talango - Jawa Timur : Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa timurPemandangan Pantai Ponjuk Timur Talango dari atas bukit - Jawa Timur : Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa timurSuasana senja di  Pantai Ponjuk Timur Talango - Jawa Timur : Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa timur

Apa pendapatmu tentang Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa timur

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Mentawai Si Cantik nan Eksotis
Sejumlah tempat tidur busa disimpan di uma atau rumah adat Mentawai di Butui, ...

Pantai Pulau Awi, Batam –
Pulau Batam merupakan sebuah pulau yang terletak di bagian barat Indonesia yang populer ...

Pantai Ngurtafur, Kepulauan Ke
Indonesia memang begitu indah, bagaikan surga dengan berjuta keindahan yang mampu memuaskan mata ...

Kampung Wisata Enggros – Jay
Kampung Wisata Enggros – Indonesia yang kaya akan budaya, bisa menjadi daya tarik ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong R
Pantai Pink Lombok, Nusa Tenggara Timur
Pulau Buluh, Batam – Kepulauan Riau
Pantai Suluban, Eksotisme di Balik Batu
Pantai Anyer dan Carita – Keindaha
Pantai Sadeng Gunung Kidul
Pantai Wane, Sumbawa – NTB
Pantai Pasir Putih Lampung

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.