Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur

Rating: 90 out of 100, by 102 users
Pantai Prigi Trenggalek - Jawa Timur : Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur

Pantai Prigi Trenggaek, Jawa Timur tepatnya terletak di desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, atau sekitar 48 Km arah selatan Kota Trenggalek. Selain menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi, pantai Prigi juga merupakan pelabuhan nasional, dimana tempat penangkapan ikan terbesar di pantai selatan pulau Jawa.

Lokasinya berjarak sekitar 48 kilometer di selatan dari jantung kota Trenggalek. Sekitar 4 kilometer di sepanjang pantai ini terlihat nyiur melambai. Di seberang teluk, terdapat sebuah bukit yang menghalang laju ombak.

Pantai berpasir putih kecoklatan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur atau akhir pekan. Terdapat beberapa fasilitas di pantai ini seperti penginapan, rumah makan, warung, cafe, bumi perkemahan, sarana olahraga, playground.

Selain berenang dan bermain air dan pasir di pantai, pengunjung bisa mengarungi ombak pantai dengan menggunakan perahu yang bisa disewa dengan harga sekitar 100 ribu ruiah per perahu, atau kalau dihitung per kepala 10 ribu/orang.

Rata-rata pantai yang terletak di selatan pulau Jawa memiliki ombak yang cukup tinggi, namun tidak demikian dengan pantai Prigi ini, ombak yang datang dari laut dihadang oleh beberapa pegunungan yang berada di kanan kiri pantai sehingga ombaknya relatif kecil.

Jalan yang dilalui sebagian besar sudah beraspal hatmix dengan kondisi baik dan sebagian sedang. Pencapaian dari kota Trenggalek dan Tulungagung melalui kecamatan Durenan Trenggalek dari Bandung Tulungagung dengan jarak ±30 km. Jarak dari Bandung ke goa Lowo ± 8k

. Setelah sampai pada km 8 masuk goa Lowo, dari badan jalan menuju lokasi masuk sekitar 200 meter. Jenis transportasi (sepeda motor, mobil dan bus dapat mencapai lokasi, MPU jenis colt/ bison tersedia mulai dari simpang tiga Durenan dari terminal kota Trenggalek menggunakan mini bus kecil jurusan Trenggalek -Durenan – Bandung – Watulimo turun di desa Watuagung dengan waktu pelayanan transportasi dari pukul 06.00 s.d 17.00 WIB

Pantai Prigi merupakan tempat pelelangan dan pengolahan terbesar di pantai selatan Pulau Jawa, sehingga aktivitas ekonomi di daerah ini pun meningkat.

Di sekitar pantai banyak terdapat warung kecil. Walaupun keadaannya masih semrawut, Anda yang menyukai makanan khas Jawa bisa mencicipinya di sini. Beberapa warung bahkan menawarkan cenderamata berupa hasil karya dari kerang.

Di daerah sekitar pantai terdapat berbagai warung ikan laut bakar yang cukup menggugah selera. Jenis ikan lautnya cukup lengkap daripada di daerah pegunungan yang tidak dekat dengan laut.

Di situ kita dapat menyantap menu ikan bakar yang fresh dengan es kelapa muda hijau segar. Ikan bakar tersebut sungguh segar karena baru ditangkap dari laut hari itu juga, kemudian disajikan hari itu juga. Selain itu juga terdapat souvenir-souvenir berupa kaos dan batik tulis khas trenggalek.

Pantai Prigi turut menyediakan penyewaan kapal yang akan membawa Anda berkeliling di sekitar pantai menikmati pemandangan pantai dan tebing dari laut. Pengunjung yang datang ke pantai ini bisa menikmati waktu dengan memancing, berkemah, tenis atau hanya tinggal di beberapa hotel dekat pantai dan menikmati suasana yang elok.

Pantai Prigi akan menjadi lebih ramai di bulan Selo, kalender Jawa, karena para nelayan di pantai ini akan menggelar upacara tradisional Larung Sembonyo, yang merupakan upacara tahunan sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan akan hasil laut yang melimpah.

Selain sebagai upacara ucap syukur, penduduk lokal juga percaya bahwa ritual Larung Sembonyo diadakan sebagai bentuk peringatan pernikahan dalam sejarah Raden Tumenggung Yudha Negara, yaitu seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.

Kondisi pantai prigi bisa dibilang seperti pantai legian bali, tingkat kebersihannya juga seperti pantai legian bali (agak kurang terjaga). Tetapi bedanya adalah pantai ini masih alami, belum ada payung-payung atau tempat bersantai yang disewakan seperti kondisi di pantai legian bali.

Laut di pantai ini termasuk laut selatan dengan kondisi ombak yang cukup besar dan tinggi sehingga olahraga air seperti sewalking, berenang kurang memungkinkan dilakukan di pantai ini. Tetapi jika anda sudah ahli surfing anda dapat mencoba melakukannya di laut pantai prigi ini.

Biasanya di laut pantai prigi ini banyak terdapat kapal-kapal nelayan yang digunakan untuk menangkap hasil laut seperti udang dan ikan-ikan laut.

Daerah ini dulunya merupakan daerah terpencil, bahkan belum terdapat sinyal handphone. Tetapi sejak Ibu Megawati Soekarno Putri berkunjung ke pantai ini pada tahun 2000, masuklah sinyal handphone pertama kali yaitu telkomsel. Bupati Trenggalek sekarang yaitu bapak Mulyadi saat ini sedang menggalakkan peternakan ikan laut yang bertujuan agar sumberdaya laut tetap melimpah.

Rasanya lelah pada saat perjalanan menuju pantai prigi ini terbayar sudah ketika menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan yang berada di pantai ini. Oh ya, di pinggir pantai juga terdapat pohon yang berbentuk cukup unik. Dahan pohon ini bisa di buat untuk tiduran atau berteduh di pinggir pantai sambil menikmati keindahan pantai. Saya beserta keluarga pernah ikut tidur di dahan pohon ini.

Selama perjalanan menuju pantai, sebelumnya kita dapat mampir dulu ke Gua Lowo. Gua ini terletak di daerah jalan yang menuju pantai tapi sebelum pantai prigi. Gua ini sangat besar dan menakjubkan. Penuh dengan stalaktit dan stalagmit. Tiket masuknyapun cukup murah yaitu 5000 rupiah saja. Pada saat menuju ke pintu gua kita akan disuguhi dengan berbagai patung manusia kelelawar ( dewi kelelawar).

Pantai Prigi Trenggalek - Jawa Timur : Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur
Wisata Pantai Prigi - Jawa Timur : Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur

Jalan menuju pintu gua juga cukup unik yaitu terdapat jembatan dan cukup terjal. Di dalam gua juga terdapat aliran sungai. Perjalanan di dalam gua seperti berjalan di tempat misteri tapi karena di sini sudah dipenuhi lampu jadi tempatnya cukup asyik. di akhir perjalanan terdapat tempat seperti aula dengan meja dan di langit-langit terdapat kelelawar.

Untuk dapat ke Pantai Prigi yang unik ini anda bisa melalui jalan yang sebagian besar sudah beraspal hatmix dengan kondisi baik dan sebagian sedang. Pencapaian dari kota Trenggalek dan Tulungagung melalui kecamatan Durenan Trenggalek dari Bandung Tulungagung dengan jarak ±30 km.

Jarak dari Bandung ke goa Lowo ± 8km. Setelah sampai pada km 8 masuk goa Lowo, dari badan jalan menuju lokasi masuk sekitar 200 meter.

Jenis transportasi (sepeda motor, mobil dan bus dapat mencapai lokasi, MPU jenis colt/ bison tersedia mulai dari simpang tiga Durenan dari terminal kota Trenggalek menggunakan mini bus kecil jurusan Trenggalek -Durenan – Bandung – Watulimo turun di desa Watuagung dengan waktu pelayanan transportasi dari pukul 06.00 s.d 17.00 WIB.

Galeri gambar dari posting tentang Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur

Ada 3 potret di dalam Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 potret high-res.

Pantai Prigi Trenggalek - Jawa Timur : Pantai Prigi Trenggalek Jawa TimurWisata Pantai Prigi - Jawa Timur : Pantai Prigi Trenggalek Jawa TimurKeindahan Pantai Prigi - Jawa Timur : Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur
Diposting pada 4 September 2013 - Oleh dian - Kategori Jawa Timur.
Tag: cafe, pantai legian, Tempat wisata di Jawa Timur, Akomodasi di Trenggalek, ombak, pantai selatan, jembatan .

Apa pendapatmu tentang Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur

2 Komentar to “Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur”

  1. wow indah banget browwwwwwwwwwwwwww
    kaoan aku bisa ke sana ya

  2. penjagane kemenyek..

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Mawun, Lombok – N
Pulau Lombok memang dikenal sebagai surganya pantai-pantai indah setelah Bali, karena memang pulau ...

Pantai Cicalobak, Garut – Ja
Pantai Cicalobak adalah salah satu pantai indah yang letaknya berada di Kecamatan Mekarmukti, ...

Gili Kapal, Lombok – NTB
Gili Kapal adalah sebuah gundukan pasir yang membentuk pulau kecil yang indah. Gili ...

Pulau Gam, Raja Ampat –
Hamparan pulau yang dimiliki oleh Kabupaten Raja Ampat memang serasa tak ada habisnya ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Lampu Satu, Merauke – Papua
Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya
Pantai Drini Satu dari Deretan Pantai Ca
Pantai Angsana, Tanah Bumbu – Kali
Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Pandan &#
Pantai Soka, Tabanan – Bali
Pantai Pananjung dan Taman Wisata Alam (
Pantai Bunaken Wisata Pantai dan Laut Lu

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.